fbpx

3 Faktor yang Jadi Pertimbangan Wanita Indonesia Memilih Kosmetik

Memilih kosmetik tak bisa dilakukan dengan sembarangan. Bagaimana tidak? Pemilihan produk kosmetik tentunya berhubungan erat dengan kondisi kulit Anda. 

Anda tentu tak ingin mengambil risiko dengan menggunakan sembarang produk kosmetik. Apalagi semakin banyak pilihan produk yang muncul di pasaran dengan harga yang berbeda-beda.

Nah, konsumen di Indonesia yang masih didominasi wanita ternyata juga memiliki beberapa pertimbangan ketika memilih kosmetik. 

Apa saja faktor yang mempengaruhi wanita Indonesia membeli dan memilih kosmetik? Simak selengkapnya di sini. 

3 Faktor yang Menjadi Pertimbangan Wanita Indonesia Memilih Kosmetik

Kosmetik yang beredar luas di pasaran datang dari brand yang berbeda dan tentunya memiliki karakteristik yang berbeda-beda pula.

Dihadapkan dengan banyaknya pilihan produk kosmetik, ternyata wanita Indonesia punya pertimbangannya tersendiri, lho. 

Menurut sebuah survei yang dilakukan oleh ZAP Beauty dan Markplus Inc, setidaknya ada 5 faktor yang menjadi pertimbangan dalam memilih kosmetik yang sesuai. 

Survei ini melibatkan 6.440 responden yang terdiri dari wanita Indonesia generasi X, Y, dan Z dengan berbagai latar belakang mulai dari pelajar, mahasiswa, wiraswasta, ibu rumah tangga hingga kalangan profesional. 

Hasil dari survei ini bisa sekaligus menjadi acuan bagi para pebisnis kosmetik seperti Anda untuk memenuhi permintaan pasar di Indonesia. Berikut adalah 3 faktor yang menjadi pertimbangan wanita Indonesia ketika memilih kosmetik. 

Keamanan Produk 

Faktor pertama yang menjadi pertimbangan dalam memilih kosmetik adalah keamanan produk. 

Lebih dari separuh wanita Indonesia (65,4%) yang mengikuti survei ini terbukti memperhatikan keamanan produk yang terdiri dari adanya izin BPOM, kejelasan legalitas, dan lain-lain.

Konsumen yang cerdas memang semestinya memilih kosmetik yang memiliki legalitas izin BPOM, karena adanya legalitas suatu produk bertujuan untuk mencegah adanya kerugian untuk masyarakat, melindungi mereka terhadap klaim kosmetika yang tidak objektif, tidak benar, dan menyesatkan.

Hasil survei yang membuktikan bahwa pentingnya legalitas BPOM pada produk kosmetik ini sudah sepatutnya menjadi catatan bagi pebisnis kosmetik untuk memperhatikan keamanan produk. 

Pastikan produk yang dibuat menggunakan bahan aktif yang aman untuk kulit dan ditangani oleh SDM yang memiliki kompetensi di bidang pembuatan kosmetik. 

Produk yang aman digunakan atau memiliki label BPOM membuat wanita Indonesia lebih tenang dalam menggunakannya.

Mau menjual produk kosmetik brand sendiri yang keamanannya sudah terjamin? Yuk, konsultasikan bersama jasa maklon ADEV! 

ADEV bisa membantu proses produksi kosmetik bagi para pebisnis yang mau memulai usaha kosmetik brand sendiri. Proses produksi dilakukan di pabrik kosmetik yang bersertifikasi CPKB A dari BPOM. 

Selain proses produksi, ADEV juga akan membantu Anda dalam pengurusan legalitas seperti izin BPOM, HAKI Merek, dan sertifikasi Halal. 

Tertarik membuat brand kosmetik sendiri yang legal? Hubungi ADEV dengan mengisi formulir yang tertera. 

Review Produk

Era digital dan media sosial membuat wanita Indonesia mudah mencari informasi tentang apa pun, termasuk informasi tentang suatu produk kosmetik. Informasi seperti spesifikasi produk sampai review produk kini sangat mudah dicari secara online

Nah, informasi yang didapatkan tentang produk kosmetik tersebut ternyata menjadi salah satu faktor pertimbangan wanita Indonesia sebelum membelinya. Kami yakin, Anda pun pernah melakukan hal ini sebelum membeli suatu produk. 

Mereka cenderung mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang suatu produk untuk menghindari ketidak cocokan di kemudian hari. 

Apa lagi, berdasarkan tren pasar kecantikan, konsumen kini lebih memilih berbelanja secara online. Tak heran review produk menjadi pertimbangan yang cukup berperan sebelum membeli kosmetik. 

Hal ini didukung dengan hasil survei yang menyebutkan bahwa sebanyak 64,7% wanita Indonesia nyatanya melihat review produk sebelum memutuskan membeli sebuah produk kecantikan. 

Review produk memiliki pengaruh paling besar pada Gen Z (70,9%) dan memiliki pengaruh paling kecil pada Gen X yang hanya sebesar 45,3%.

Ketika memulai bisnis kosmetik secara online, pastikan untuk memberikan informasi tentang produk kosmetik Anda secara lengkap dan jujur. Dengan memberikan informasi yang lengkap, diharapkan akan mendatangkan review yang baik. 

Produk kosmetik yang mendapatkan review baik bisa menjadi keuntungan untuk Anda sebagai penjual kosmetik. 

Karena review produk atau online customer reviews disebut sebagai salah satu bentuk word of mouth communication pada penjualan online, dimana calon pembeli mendapatkan informasi tentang produk dari konsumen yang telah mendapatkan manfaat dari produk tersebut. 

Secara tidak langsung, melalui review yang baik tersebut akan membantu Anda dalam mempromosikan dan meningkatkan penjualan produk kepada konsumen lainnya. 

Harga Terjangkau

Yang penting harganya murah” 

Pernah mendengar ungkapan seperti di atas? Atau bahkan Anda pernah mengucapkannya? 

Harga memang seringkali menjadi pertimbangan dalam membeli produk. Tak heran harga yang terjangkau menjadi faktor yang jadi pertimbangan 61,4% wanita Indonesia dalam memilih produk kosmetik. 

Harga dapat menunjukkan kualitas dari suatu produk, dimana konsumen mempunyai anggapan bahwa harga yang mahal biasanya mempunyai kualitas yang baik. 

Pada umumnya harga mempunyai pengaruh yang positif dengan kualitas, semakin tinggi harga maka semakin tinggi kualitas. 

Namun, perlu diingat bahwa memilih kosmetik sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan finansial masing-masing individu.

Sebagai pebisnis kosmetik juga pastikan Anda tidak membuat kesalahan dalam menentukan harga. 

Karena dapat menimbulkan berbagai konsekuensi dan dampak, tindakan penentuan harga yang melanggar etika dapat menyebabkan pelaku usaha tidak disukai pembeli. Akibatnya produk kosmetik yang Anda jual pun tak akan laku di pasaran.

Nah, itu lah 3 faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian wanita Indonesia sebelum memilih kosmetik. Sebagai pebisnis kosmetik, penuhi hal-hal di atas agar produk Anda diminati oleh konsumen. 

Anda juga bisa memproduksi kosmetik brand sendiri bersama jasa maklon kosmetik ADEV. Biaya maklon kosmetik, syarat maklon kosmetik dan segala prosesnya sangat memudahkan Anda, lho! 

Yuk, klik tombol di bawah ini untuk memulai konsultasi bersama Business Consultant ADEV.

5/5 - (2 votes)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WeCreativez WhatsApp Support
Business Consultant
Halo, dengan Damai sebagai Business Consultant di sini. Ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top