fbpx

Hasil Riset Ungkap 4 Kunci Sukses Bisnis Kosmetik di Tahun 2021

Menjalankan suatu bisnis di masa pandemi memang bukanlah hal yang mudah. Namun, bukan berarti bisnis di kondisi ini tak memiliki peluang yang bisa menjadi kunci sukses. 

Bisnis kosmetik bahkan diprediksi bangkit dengan lebih kuat di tahun 2021, seperti yang diungkapkan oleh Euromonitor International. Karena permintaan akan produk kosmetik dan perawatan diri juga disebutkan terus mengalami peningkatan. 

Cerahnya peluang bisnis kosmetik di tahun 2021 ini tentu layak Anda manfaatkan. Namun, peluang yang ada tentunya harus dibarengi dengan strategi yang apik agar bisnis bisa berjalan dengan sukses. 

Dengan kata lain, Anda dituntut untuk menerapkan strategi yang bisa membuat bisnis beradaptasi dengan kondisi yang sesuai dengan pasar. 

Masih bingung hal apa saja yang harus dilakukan agar bisnis kosmetik berjalan dengan sukses? Yuk, pelajari 4 kunci sukses bisnis kosmetik di artikel berikut ini.

Tunjukan Bahan Utama Produk Anda

bahan aktif
  • Save

Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi, kini konsumen produk kecantikan juga berkembang menjadi lebih cerdas. Konsumen lebih tahu tentang apa yang mereka cari dalam sebuah produk. 

Dilansir dari laporan Think with Google: Year in Search 2020, ada perubahan terhadap kebutuhan konsumen, dari solusi sederhana untuk masalah perawatan kulit sehari-hari menjadi produk dengan bahan aktif dan manfaat tertentu. 

Nah, sebagai pelaku bisnis kosmetik brand sendiri, Anda bisa memanfaatkan perubahan kebutuhan tersebut dengan menyoroti bahan aktif utama dalam produk kosmetik. 

Selain menyoroti bahan aktif, lakukan juga edukasi pada konsumen tentang bahan tersebut 

Transparansi bahan dalam produk kosmetik telah menjadi prioritas utama konsumen. Maka dari itu, mengetahui apa yang menjadi kebutuhan konsumen merupakan kunci sukses berbisnis kosmetik. 

Hadirkan Solusi yang Bisa Produk Anda Berikan

Orang Indonesia kini cenderung mencari di internet tentang cara mengatasi masalah perawatan wajah di rumah.

Terbukti dari data menurut Think with Google: Year In Search 2020 bahwa konsumen kecantikan di Indonesia menggunakan fitur pencarian Google untuk mencari solusi masalah kulit.

Untuk mencapai kunci sukses dalam berbisnis kosmetik, Anda bisa membuat produk kosmetik yang menghadirkan solusi untuk permasalahan wajah konsumen. 

Lakukan riset terlebih dahulu tentang masalah kulit apa yang banyak dihadapi oleh konsumen. Setelah mengetahuinya, Anda bisa mengembangkan produk kosmetik dan perawatan yang bisa mengatasi masalah tersebut. 

Pastikan untuk mengembangkan produk kosmetik dan perawatan yang berkualitas dan aman. Produk yang berkualitas dan aman tentunya bisa memberikan solusi bagi permasalahan kulit yang dialami konsumen. 

Untuk menerapkan salah satu kunci sukses berbisnis kosmetik ini, Anda bisa mempercayakan pembuatan kosmetik yang aman dan berkualitas pada jasa maklon kosmetik ADEV. 

Seluruh proses pembuatan kosmetik ADEV dilakukan di pabrik kosmetik yang sudah memiliki sertifikat CPKB A. Selain itu, produk Anda juga ditangani oleh SDM yang berpengalaman. 

Fokus pada Hal yang Jadi Perhatian Utama Konsumen

Hidup di masa pandemi membuat konsumen beradaptasi dengan prioritas mereka. Untuk mencapai kunci sukses berbisnis kosmetik, Anda dapat memfokuskan produk Anda terhadap prioritas yang menjadi perhatian utama konsumen. 

Temukan cara-cara inovatif untuk memenuhi kebutuhan mereka akan produk kecantikan dengan solusi terfokus, seperti produk yang bisa meredakan maskne, kosmetik dekoratif yang tidak membekas di masker seperti lip serum), dan lain-lain. 

Lakukan Kolaborasi 

  • Save

Setelah selesai dengan proses pengembangan kosmetik, kini Anda harus memikirkan tentang strategi pemasaran. 

Salah satu kunci sukses dalam pemasaran bisnis Anda adalah dengan melakukan kolaborasi. Kolaborasi dapat dilakukan bersama influencer, KOL, atau bahkan skinfluencer yang lebih menyasar target yang lebih spesifik. 

Kolaborasi bersama influencer dapat meningkatkan brand awareness kepada audiens yang lebih luas. Ketika banyak konsumen yang mengenal brand Anda, tentu konsumen juga akan lebih percaya, apalagi ketika kolaborasi tersebut menghasilkan review yang bagus. 

Jadi tak ada salahnya untuk berkolaborasi dengan influencer. Hal ini bahkan bisa membuat produk kosmetik Anda menjadi viral di pasaran. 

Nah, itu lah 4 kunci sukses yang bisa Anda lakukan dalam berbisnis kosmetik di tahun 2021. Pastikan untuk melakukan riset dan perencanaan terlebih dahulu sebelum Anda mengaplikasikannya dalam bisnis. 

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda yang ingin memulai bisnis kosmetik brand sendiri

0 Shares

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WeCreativez WhatsApp Support
Business Consultant
Halo, dengan Ira sebagai Business Consultant di sini. Ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top
Copy link
Powered by Social Snap