fbpx

Layak Anda Coba, Ini 5 Kelebihan Bisnis Kosmetik & Personal Care

Seiring dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya penampilan, peluang bisnis kosmetik dan personal care turut meningkat. Bahkan di kala pandemi COVID-19 yang kini melanda, permintaan produk kosmetik dan perawatan diri tetap alami pertumbuhan.

Hal tersebut diungkapkan Statista, salah satu portal data dan statistik, menyebutkan bahwa Indonesia merupakan pasar yang berkembang untuk produk kosmetik dan personal care, yang memberikan peluang bagi pelaku usaha tingkat global dan lokal. 

Permintaan konsumen Indonesia terhadap produk kosmetik internasional dan lokal terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini tercermin dari tren kenaikan pendapatan pasar kecantikan dan perawatan tubuh di Tanah Air sejak tahun 2017.

Pendapatan pasar kosmetik di Indonesia mencapai 2 miliar dolar AS pada tahun 2020. The Statista Consumer Market Outlook memperkirakan bahwa pendapatan pasar di sektor ini akan mencapai lebih dari 2,7 miliar dolar pada tahun 2025.

Berdasarkan uraian data di atas, bisnis kosmetik dan personal care dapat menjadi jawaban untuk Anda yang ingin membangun bisnis menguntungkan. 

Selain memiliki peluang yang besar, bisnis kosmetik dan personal care juga memiliki 5 kelebihan yang perlu Anda ketahui, berikut di antaranya:

Kosmetik dan Personal Care Jadi Kebutuhan Dasar

Sejak pandemi, banyak orang menjadi lebih sadar dengan kebersihan, termasuk kebersihan kulit. Untuk mencapai kebersihan tersebut, orang-orang menjadi lebih fokus pada perawatan diri dan perawatan kulit yang penuh manfaat.

Tak heran bahwa produk kosmetik terutama personal care berhasil memperoleh pangsa pasar dengan penjualan tertinggi dari semua kategori kecantikan selama tahun 2020. Produk personal care di antaranya adalah produk perlengkapan mandi, skincare, bodycare, haircare dan lain-lain.

Didukung oleh data yang diungkapkan Statista, rata-rata pengeluaran konsumen per kapita untuk kosmetik dan perlengkapan mandi di Indonesia adalah sebesar 20,2 dolar AS. 

Nilainya diprediksi akan meningkat 7 dolar AS pada tahun 2024, menunjukkan pertumbuhan pasar yang berkelanjutan.

Melihat hal tersebut, Anda bisa memenuhi permintaan dan kebutuhan pasar dengan membangun bisnis kosmetik dan personal care brand sendiri. 

Terkendala dengan modal? Tenang, Anda bisa memulai dengan memilih produk kosmetik yang tak membutuhkan modal besar, misalnya bisnis sabun bar kecantikan. 

Produk sabun bar kecantikan membutuhkan modal yang relatif kecil dibandingkan produk kosmetik lainnya karena tidak membutuhkan bahan yang kompleks. 

Luasnya Pasar Kosmetik dan Personal Care

Indonesia memiliki jumlah penduduk yang cukup besar dengan demografi yang sangat beragam. Menurut data dari BPS, jumlah penduduk Indonesia pada tahun 2020 adalah sebanyak 270,20 juta jiwa, di mana 133,54 juta jiwa di antaranya adalah penduduk wanita. 

Jumlah tersebut tentu membuat Indonesia menjadi pasar yang potensial untuk sektor industri kosmetik dan kecantikan. 

Tak hanya jumlahnya yang besar, wanita di Indonesia juga memiliki usia yang beragam. Hal ini tentu menjadikan brand kosmetik dan personal care bisa menyasar berbagai segmen pasar. 

Contohnya adalah PT Paragon Technology and Innovation yang memiliki 3 merek kosmetik di antaranya Wardah, Make Over, dan Emina untuk menyasar ke target pasar yang berbeda.

Bagi Anda yang baru ingin mulai berbisnis, sebaiknya tentukan target pasar terlebih dahulu. 

Misalnya target pasar Anda adalah untuk wanita remaja dengan segmen menengah. Maka, sebaiknya buat produk yang bisa memenuhi kebutuhan konsumen dengan harga yang terjangkau. 

Sebaliknya, ketika Anda memiliki target pasar untuk wanita dewasa dengan segmen menengah ke atas. Maka, sebaiknya pilih bahan aktif dan komposisi yang lebih premium. Bahkan desain kemasan pun harus diperhatikan dan dipilih sesuai dengan tone of voice brand Anda. 

Bisnis yang Mampu Bertahan Lama

Bisnis kosmetik dan personal care terbukti bertahan di berbagai resesi ekonomi. Bisnis kosmetik dan personal care tidak hanya tumbuh dengan stabil, tetapi juga sekaligus menciptakan generasi konsumen yang setia. 

Selama krisis keuangan 2008, pengeluaran di industri kosmetik dan personal care hanya turun sedikit dan sepenuhnya bangkit kembali pada tahun 2010. 

Meskipun besarnya dampak ekonomi dari pandemi COVID-19 terhadap seluruh brand akan jauh lebih besar daripada resesi apa pun, ada tanda-tanda yang menunjukan bahwa industri kecantikan mungkin sekali lagi terbukti relatif tangguh dan bisa bertahan lama.

Kosmetik dan personal care juga akan tetap menjadi kebutuhan karena pada dasarnya manusia ingin selalu tampil menarik. 

Keuntungan Besar

keuntungan

Bisnis kosmetik dan personal care berpotensi mendapatkan keuntungan yang besar karena biaya produksinya ternyata cukup terjangkau, lho.

Contohnya biaya pembuatan produk kosmetik dan personal care di ADEV dapat dimulai dari Rp7.000-30.000 saja. Sedangkan, biaya maklon kosmetik dapat dimulai dari Rp30.000.000.

Dengan biaya produksi yang terjangkau tersebut, Anda menjadi lebih leluasa menentukan harga yang sesuai dengan target pasar.

Anda pun bisa mendapatkan keuntungan yang tak sedikit dari margin suatu produk. Bahkan salah satu mitra PT ADEV Natural Indonesia bisa mendapatkan margin sampai 600 % dari bisnis sabun batang.

Syaratnya Mudah

syarat maklon kosmetik

Bisnis kosmetik terlihat sebagai bisnis yang memiliki syarat rumit. Apalagi bagi Anda yang tak punya kemampuan dalam menentukan formulasi produk kosmetik yang aman. 

Namun, tenang saja, bisnis kosmetik menjadi bisnis yang memiliki syarat paling mudah ketika Anda bekerja sama dengan jasa maklon kosmetik ADEV!

Tanpa harus memiliki pabrik, tanpa modal awal yang besar, Anda bisa mengembangkan bisnis kosmetik brand sendiri yang legal dan berstandar BPOM. 

Seluruh proses pembuatan kosmetik di ADEV juga diproses di pabrik yang sudah memiliki sertifikat CPKB. Jadi seluruh produk kosmetik yang dibuat pasti sudah terjamin mutu dan kualitasnya. 

Nah, itu lah 5 kelebihan bisnis kosmetik dan personal care yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas bermanfaat dan dapat menginspirasi Anda untuk memulai bisnis kosmetik! 

5/5 - (2 votes)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WeCreativez WhatsApp Support
Business Consultant
Halo, dengan Damai sebagai Business Consultant di sini. Ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top