fbpx

Lakukan 5 Tips Ini Agar Konsumen Selalu Repeat Order

Dalam menjalani sebuah bisnis, Anda tentu merasa senang ketika produk yang dijual laku dan diminati di pasaran. Apalagi, ketika produk Anda bisa membuat konsumen loyal untuk selalu melakukan repeat order.

Repeat order atau pembelian berulang biasanya menjadi pertanda bahwa konsumen merasa puas dengan produk serta pelayanan Anda. Selain itu, terdapat beberapa faktor yang bisa menyebabkan konsumen melakukan repeat order

Dalam artikel ini, ketahui secara lengkap tentang apa itu repeat order dan tips agar konsumen selalu melakukan pembelian berulang terhadap produk Anda.

Repeat Order Artinya?

ide bisnis
  • Save

Repeat order atau pembelian berulang adalah perilaku seorang pelanggan atau konsumen guna membeli kembali atau menjalankan transaksi terhadap suatu produk yang sama dan pada toko yang sama pula.

Secara singkat, repeat order artinya kondisi saat konsumen melakukan pembelian kembali atas produk Anda. 

Hal ini tentu menjadi suatu pencapaian yang baik bagi para pebisnis. Karena pembelian berulang bisa menghemat biaya promosi dan berpotensi membentuk loyalitas konsumen.

5 Tips Agar Konsumen Selalu Repeat Order

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar konsumen selalu melakukan repeat order. Berikut di antaranya: 

Beri Kesan yang Baik

Tips pertama yang bisa Anda lakukan agar konsumen selalu repeat order adalah memberikan kesan yang baik untuk pertama kali. 

Anggap lah diri Anda sebagai seorang konsumen, kami yakin bahwa kesan yang baik sangat mempengaruhi kemungkinan untuk melakukan repeat order

Maka dari itu, buatlah konsumen menjadi nyaman untuk pertama kalinya membeli produk yang Anda jual. 

Karena kesan dari konsumen yang pertama kalinya datang pada Anda adalah yang menentukan konsumen tersebut akan kembali lagi untuk membeli atau tidak akan sama sekali.

Kesan yang baik dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor yang mungkin paling mempengaruhi adalah layanan dan produk yang memiliki kualitas tinggi. 

Di bidang kosmetik, konsumen tentu akan melakukan repeat order ketika kualitas produknya cocok di kulit, bahkan memberikan hasil yang diharapkan.

Oleh sebab itu, pastikan Anda mempercayakan pembuatan produk kosmetik kepada ahlinya seperti pabrik maklon kosmetik ADEV. Pembuatan kosmetik di ADEV ditangani oleh tim Research and Development berpengalaman. Pabrik ADEV juga telah mengantongi sertifikat CPKB grade A dari BPOM. 

Jadi, seluruh proses pembuatan kosmetik sudah terjamin mutu dan kualitasnya. 

Selalu Bersikap Komunikatif 

komunikasi
  • Save

Komunikasi adalah hal yang yang penting dalam menjalin hubungan baik dengan konsumen. Komunikasi yang baik dapat mempererat hubungan Anda dan konsumen. Bahkan, bukan tak mungkin hal tersebut akan membentuk loyalitas konsumen. 

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk bersikap komunikatif. Informasikan segala kebutuhan yang diperlukan oleh konsumen, seperti informasi mengenai produk, pembayaran, serta pengiriman. 

Pastikan juga mengatasi segala permasalahan yang dialami konsumen dengan menjelaskan permasalahan secara jelas dan rinci. Hal ini akan membuat konsumen menjadi lebih percaya dan merasa nyaman pada pelayanan Anda.

Saat konsumen sudah merasa nyaman dengan pelayanan, maka kemungkinan besar mereka akan membeli produk Anda kembali suatu hari nanti. 

Begitu juga sebaliknya, ketika dari awal Anda sudah tidak mampu memberikan kesan yang baik, maka konsumen juga tidak akan mau membeli produk Anda.

Selalu Tepat Waktu dalam Memberikan Pelayanan

delivery
  • Save

Di era digital yang semakin berkembang ini, Anda tentu mempertimbangkan untuk melakukan strategi pemasaran produk secara online. Salah satu titik kritis dalam berbelanja online biasanya adalah persoalan pengiriman. 

Anda juga pasti merasa kesal ketika suatu toko memiliki respon yang lambat untuk pengiriman. Untuk menghindari hal tersebut dan membuat konsumen melakukan repeat order, pastikan Anda mengirim barang sesuai dengan waktu yang ditentukan. 

Jangan sampai barang yang dikirimkan tersebut mengalami keterlambatan. Karena hal ini bisa membuat konsumen merasa kecewa dan enggan kembali lagi.

Berikan Penawaran Menarik

Siapa yang tak tergoda dengan penawaran dan promo menarik? Anda bisa melakukan tips yang satu ini! 

Berbagai macam promo menarik bisa Anda terapkan agar konsumen melakukan repeat order, seperti gratis ongkir atau harga spesial untuk konsumen setia. 

Namun, pastikan bahwa promo yang ditawarkan tidak mengganggu laporan keuangan Anda. Alih-alih untung, Anda malah harus menanggung kerugian karena tidak cermat dalam melakukan promosi.

Pastikan untuk Menjaga Kepercayaan

Tips yang kelima agar konsumen selalu repeat order adalah dengan menjaga kepercayaan yang diberikan. 

Tak peduli sebesar apapun brand sudah berkembang, selalu pastikan untuk menjaga kepercayaan konsumen-konsumen Anda. Perlakukan setiap konsumen dengan baik karena tanpa kepercayaan dari mereka Anda mungkin tidak bisa mencapai di titik yang diinginkan. 

Nah, itu lah beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar konsumen selalu repeat order. Semoga membantu, Sahabat ADEV!

0 Shares

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WeCreativez WhatsApp Support
Business Consultant
Halo, dengan Ira sebagai Business Consultant di sini. Ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top
Copy link
Powered by Social Snap