fbpx

Makin Berkah di Momen Ramadhan, Yuk Mulai Beralih ke Kosmetik Halal!

Memiliki jumlah penduduk mayoritas muslim sebanyak 87,2%, membuat Indonesia menjadi pasar dengan permintaan kosmetik halal yang besar. Mayoritas umat Islam Indonesia yang diharapkan dapat mendorong peningkatan permintaan kosmetik halal. 

Laporan Future Market Insight (FMI) September 2015 memperkirakan pasar kosmetik halal di Asia Tenggara termasuk Indonesia akan tumbuh rata-rata 9,9% pada periode 2015-2020.

Namun, menurut Direktur LPPOM MUI Lukmanul Hakim, kesadaran konsumen akan kosmetik halal di Indonesia muncul sedikit terlambat dibandingkan dengan negara lain. 

Padahal dalam pandangan Islam, perilaku konsumen tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan fisik tetapi juga memenuhi kebutuhan spiritual. 

Dengan kata lain, kini pemilihan kosmetik yang dilakukan oleh konsumen muslim selayaknya merupakan bagian dari ibadah sehingga harus sesuai dengan kaidah Islam. 

Artikel ini akan membahas alasan mengapa Anda harus beralih dan meningkatkan kesadaran pada produk kosmetik halal. 

Apa Itu Kosmetik Halal?

kosmetik halal
  • Save

Kosmetik halal adalah kosmetik yang telah mendapatkan pengakuan halal dalam bentuk sertifikat dari LP POM MUI setelah melalui serangkaian tahapan audit dari MUI.

Tahapan audit MUI meliputi penilaian bahan baku, proses pembuatan produk, proses pengendalian kualitas, peralatan, gedung, dan personel yang terlibat dalam produksi kosmetik.

Untuk mendapatkan legitimasi halal, produk kosmetik harus memenuhi standar tertentu seperti dibuat dari bahan yang halal, proses pembuatan (alat, mesin, tahapan produksi) yang tidak mengandung unsur haram.

Di momen ramadhan ini, yuk, raih lebih banyak keberkahan dengan menggunakan kosmetik yang halal dan sesuai dengan syariat islam. 

Selain lebih berkah, terdapat beberapa alasan penting mengapa Anda harus memilih kosmetik halal, lho. Apa saja? yuk, simak di bawah ini. 

Mengapa Harus Kosmetik Halal?

  • Save

Rasa Aman dalam Menggunakan Kosmetik

Pemberian sertifikat halal pada suatu produk kosmetik sejatinya bertujuan untuk melindungi konsumen muslim terhadap produk yang tidak halal dan memberikan rasa aman dan nyaman bagi konsumen untuk menggunakan suatu produk. 

Karena tidak ada keraguan lagi bahwa produk tersebut terindikasi dari hal-hal yang diharamkan sesuai Syariat Islam.

Selain untuk memastikan segala proses pembuatan produk telah mengikuti Syariat Islam, tahapan audit MUI untuk sertifikasi halal sebenarnya juga dilakukan untuk menjamin kelayakan dan kualitas produk.

Sertifikat halal ini penting untuk memastikan tubuh tidak terkontaminasi bahan-bahan yang diharamkan Islam, sekaligus menjadi penentu ibadah seorang muslim diterima oleh Allah SWT.

Bagi produsen, sertifikasi halal merupakan wujud komitmen dan tanggung jawab perusahaan untuk menyediakan produk yang berkualitas, aman, dan nyaman digunakan terutama bagi konsumen muslim di Indonesia. 

Formulasi yang Terjamin

Kosmetik yang memiliki sertifikasi halal bisa dikatakan sudah terjamin formulasinya, karena telah melalui pengujian dari  LPPOM MUI. 

Selain itu, menurut perspektif islam, kosmetik halal sendiri adalah kosmetik yang tidak terbuat dari bahan najis, bahan berbahaya, bersih dari kotoran, memberikan nilai kemurnian, kebaikan, kesehatan, keamanan, kecantikan, dan memberi manfaat bagi umat baik secara spiritual maupun materil. 

Jadi, Anda dapat merasa aman dalam menggunakan produk kosmetik yang halal karena formulasinya sudah pasti baik serta bebas dari segala bahan berbahaya. 

Pertimbangan teologis Islam pun menginstruksikan setiap muslim untuk memilih konsumsi halal dan thayyib (baik) dan menjauhi yang haram, untuk menjaga kesehatan jasmani dan rohani.

Ramah Lingkungan

Selain digunakan oleh konsumen muslim, kosmetik bersertifikasi halal juga banyak diminati oleh konsumen non-muslim. 

Hal tersebut disebutkan pada sebuah penelitian dalam Journal of Marketing Management and Consumer Behavior, bahwa Non-Muslim pun tertarik pada kosmetik berlabel halal karena bahan-bahannya yang alami dan ramah lingkungan.

Kosmetik halal telah melalui serangkaian proses yang hati-hati dari masih bahan mentah hingga produk sampai di tangan pelanggan. 

Sertifikasi halal dan sertifikasi bahan meningkatkan standar etika, dan mereka terhubung dengan konsep tanggung jawab sosial dan gagasan saling ketergantungan dan keberlanjutan, yang mencakup lingkungan, komunitas, ekonomi dan manajemen bisnis dan praktik manufaktur.

Kosmetik halal disebutkan lebih ramah lingkungan, organik dan hijau, dengan pendekatan non-eksploitasi dan kemanusiaan. 

Merek kosmetik yang benar-benar mengikuti persyaratan halal secara langsung juga melawan kekejaman pada binatang dan pencemaran lingkungan. 

Terbukti bahwa produk halal lebih alami dan ramah lingkungan, tidak hanya memenuhi persyaratan agama tetapi juga menyelamatkan alam semesta secara keseluruhan.

Tidak Membahayakan Hewan (Animal Cruelty Free)

Pernahkah Anda mendengar istilah animal cruelty free? Sesuai namanya, animal cruelty free merupakan prosedur pembuatan produk kosmetik yang tidak menggunakan hewan sebagai bahan percobaan.  

Seperti yang disebutkan di atas, ketentuan sertifikasi kosmetik halal tak hanya berdasarkan pada bahan yang digunakan saja. Namun juga termasuk proses pembuatan produk, proses pengendalian kualitas, peralatan, gedung, dan personel yang terlibat.

Dalam islam, segala bentuk penyiksaan terhadap hewan diharamkan. Maka, kosmetik halal bisa dikatakan merupakan kosmetik yang juga berlabel animal cruelty free, yaitu bebas dari tindakan kekerasan terhadap hewan. 

maklon kosmetik bogor
  • Save

Nah, itulah beberapa alasan mengapa Anda harus memilih kosmetik halal. ADEV sebagai perusahaan jasa maklon kosmetik halal bisa membantu Anda untuk membuat beragam produk kosmetik yang legal serta halal. 

Seluruh bahan baku, bahan tambahan, proses produksi, dan pengendalian kualitas di pabrik maklon kosmetik ADEV telah memenuhi standar halal yang ditetapkan. 

Anda juga tak perlu khawatir soal pengurusan sertifikasi halal untuk produk kosmetik, karena ADEV akan membantu segala prosesnya hingga produk siap untuk dijual. 

Bagaimana? Tertarik untuk memulai maklon kosmetik dan membangun brand kosmetik halal dengan brand Anda sendiri? Yuk, hubungi ADEV sekarang juga!

0 Shares

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WeCreativez WhatsApp Support
Business Consultant
Halo, dengan Ira sebagai Business Consultant di sini. Ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top
Copy link
Powered by Social Snap