fbpx

Bahan Aktif Ini Dijamin Bikin Bisnis Kosmetik Untung Besar, Apa Saja?

Penggunaan produk skincare dengan bahan aktif tertentu bertujuan untuk merawat kulit bahkan mengatasi masalah yang terjadi pada kulit wajah.

Maka dari itu membeli produk kosmetik seperti skincare terkadang memerlukan banyak pertimbangan. Karena bahan aktif yang terkandung dalam suatu produk skincare harus disesuaikan dengan kebutuhan kulit. 

Mempertimbangkan skincare berdasarkan bahan aktif juga dilakukan oleh kebanyakan orang. Oleh sebab itu, sebagai pebisnis, Anda harus memilih bahan-bahan apa saja yang akan digunakan dalam produk skincare brand sendiri. 

Masih bingung harus memilih bahan apa dalam produk skincare yang akan dikembangkan untuk produk Anda? Simak artikel di bawah ini!

Bahan Aktif Natural, Diminati dan Jadi Pilihan Banyak Orang

bahan aktif

Bahan aktif dalam produk skincare bisa menjadi salah satu faktor yang menentukan keputusan pembelian konsumen. 

Namun, tak semua bahan aktif menarik minat konsumen. Kini konsumen telah lebih cerdas dalam memilih kandungan skincare yang akan mereka gunakan.

Oleh sebab itu, sebagai pebisnis sebaiknya Anda mengerti bahan seperti apa yang dibutuhkan dan diminati oleh konsumen. Lalu, bahan seperti apa yang disukai?

Kini, bahan aktif natural sedang banyak diminati dan menjadi pilihan banyak orang. 

Hal ini didukung oleh data dari Euromonitor terkait tren kecantikan dan personal care yang menekankan pada penggunaan bahan natural organik dengan formulasi aman dan klinis yang bisa mendukung kesehatan dan kebugaran.

Selain dapat mendukung kesehatan dan kebugaran, banyak orang lebih memilih menggunakan produk yang mengandung bahan aktif natural karena adanya kekhawatiran atas bahan-bahan yang berpotensi berbahaya dalam suatu produk. 

Di antara banyaknya bahan-bahan natural yang bisa digunakan dalam produk skincare, berikut adalah beberapa bahan-bahan aktif yang banyak diminati dan berpotensi datangkan keuntungan besar untuk bisnis kosmetik Anda. 

Centella Asiatica

centella asiatica
Centella asiatica leaves green nature leaf medical herb in the garden background / Gotu kola , Asiatic Pennywort

Centella asiatica atau cica merupakan bahan aktif natural yang mulai populer dan banyak diminati beberapa tahun belakangan ini. 

Cica kaya akan antioksidan, seperti flavonoid dan phenolic acid. Antioksidan dari tanaman ini dapat mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan sel yang dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit.

Selain kaya akan antioksidan, centella asiatica juga mengandung zat saponin yang bermanfaat untuk memberikan perlindungan pada kulit dan meredakan iritasi kulit dengan cara menghambat sel-sel yang memicu peradangan.

Centella asiatica biasanya digunakan di dalam produk skincare dengan klaim manfaat mengatasi jerawat. Namun selain itu, tanaman ini juga dapat sekaligus menjaga kelembapan dan elastisitas kulit.

Moringa

Daun kelor atau moringa menjadi salah satu bahan aktif natural yang digunakan untuk perawatan kulit.

Tumbuhan moringa oleifera sudah dikenal memiliki khasiat yang baik dari segi kesehatan maupun kecantikan. Bahkan WHO telah menobatkan moringa oleifera sebagai tumbuhan ajaib di dunia karena segala khasiatnya. 

Moringa memiliki banyak nutrisi yang sehat untuk kulit di antaranya adalah vitamin A, yang membangun kolagen, vitamin C yang membantu melawan tanda-tanda penuaan, dan vitamin E yang memiliki sifat anti-inflamasi.

Bakuchiol

Bakuchiol merupakan ekstrak tanaman Psoralea Corylifolia. Bakuchiol adalah kandungan bahan aktif natural dalam skincare yang dikenal sebagai alternatif dari retinol. 

Bahan aktif ini memiliki sifat sebagai antioksidan, antiinflamasi dan antibakteri.

Bakuchiol memiliki manfaat utama yang bisa mencegah tanda-tanda penuaan dini pada kulit, karena sifatnya sebagai antioksidan. 

Bahan aktif ini juga bisa membantu mencerahkan kulit wajah, melembutkan tekstur kulit, merangsang sel kulit baru dan meningkatkan produksi kolagen di kulit.

Sifat antiinflamasi dan antibakteri di dalam bakuchiol, bisa membantu menyembuhkan jerawat, mengurangi peradangan kulit, menghilangkan luka dan mencegah munculnya jerawat baru

Marine Collagen

Marine collagen bermanfaat untuk menjaga elastisitas kulit, tekstur kulit, meminimalkan munculnya keriput dan menghidrasi kulit. 

Dengan demikian, marine collagen dapat membantu meningkatkan dan mencegah tanda-tanda penuaan kulit yang terlihat. Cocok digunakan untuk bahan aktif skincare dengan klaim manfaat anti aging.

Kombucha

kombucha

Pernahkah Anda mendengar bahan aktif yang satu ini? Kombucha adalah minuman teh hitam atau hijau yang difermentasi. 

Teh dikombinasikan dengan induk bakteri (disebut scoby) dan gula yang dibiarkan berfermentasi untuk jangka waktu tertentu membuat Kombucha kaya akan probiotik. 

Kombucha yang mengandung banyak probiotik bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit dengan menyeimbangkan bakteri jahat dan memulihkan fungsi skin barrier

Kombucha memiliki lebih dari sekadar probiotik, tetapi juga mengandung vitamin B1, B12 dan vitamin C. Vitamin-vitamin ini adalah antioksidan penting yang membantu menjaga elastisitas kulit. 

Nah, itulah beberapa bahan aktif natural yang bisa digunakan dalam produk skincare brand Anda sendiri. Apalagi di masa pandemi brand kecantikan kini bisa memposisikan diri seperti brand kesehatan dan kebugaran. 

Caranya adalah dengan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk kecantikan/kosmetik dengan menggunakan pendekatan sains atau ilmiah. 

Pendekatan ini bekerja dengan berkata jujur dan apa adanya tentang klaim bahan-bahan yang terkandung di dalam suatu produk kosmetik. 

Edukasi konsumen bahwa tidak semua bahan aktif cocok untuk kulitnya, tetapi bagikan juga tentang apa bahan terbaik untuk jenis kulit mereka. 

ADEV sebagai jasa maklon kosmetik berkualitas menyediakan beberapa bahan aktif natural yang populer dan banyak diminati seperti di atas.

cpkb

Formulasi produk yang dibuat ADEV juga terjamin kualitas dan mutunya karena dibuat di pabrik kosmetik yang telah memiliki sertifikat CPKB A dari BPOM dan Halal dari LPPOM MUI. 

Khawatir soal biaya maklon kosmetik dan syarat maklon? Tenang saja, semua proses maklon di ADEV sangat mudah! Business Consultant ADEV siap untuk membantu dan memberikan informasi yang Anda butuhkan dengan cepat dan tanggap.

Bagaimana? Tertarik untuk memulai bisnis skincare dengan bahan aktif natural ini?

Selengkapnya, Anda bisa klik tombol di bawah ini untuk berkonsultasi tentang membuat produk skincare brand sendiri. 

Please rate this post

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WeCreativez WhatsApp Support
Business Consultant
Halo, dengan Damai sebagai Business Consultant di sini. Ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top