fbpx

Langkah Awal Memulai Bisnis Online untuk Pemula

Bisnis Online untuk Pemula

Memulai bisnis online untuk pemula bisa menjadi langkah yang menarik untuk dicoba. Namun, banyak yang merasa bingung tentang bagaimana memulainya.

Jangan khawatir, karena dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah mudah yang bisa diambil untuk memulai bisnis online.

Dengan panduan ini, Anda bisa lebih siap dan percaya diri untuk memulai bisnis online Anda sendiri.

Simaklah contoh-contoh sukses yang akan memberikan wawasan lebih dalam tentang peluang dan potensi bisnis online.

Jadi, mari kita mulai perjalanan menuju kesuksesan dalam dunia bisnis online!

Apa itu Bisnis Online untuk Pemula?

Bisnis online untuk pemula adalah kegiatan berbisnis yang dilakukan melalui platform digital, seperti internet dan media sosial.

Jenis bisnis digital merupakan cara yang populer untuk memulai usaha tanpa harus memiliki toko fisik.

Dalam bisnis online, produk atau layanan dijual dan dipromosikan secara online kepada calon konsumen.

Pemula yang ingin memulai bisnis online bisa menjual produk fisik, digital, atau layanan, seperti fashion, kosmetik, makanan, jasa konsultasi, dan lainnya.

Langkah-langkah Mudah Memulai Bisnis Online untuk Pemula 

Sumber: Freepik

1 Cari inspirasi dan ide bisnis online

Anda bisa mendapatkan inspirasi bisnis online dari kelima kisah sukses di atas atau dari pebisnis sukses lainnya. Dari para pengusaha bisnis online yang sukses, Anda bisa mempelajari:

  • Model bisnis yang mereka gunakan
  • Strategi pemasaran yang efektif
  • Cara mereka berinteraksi dengan pelanggan

Cara paling mudah selanjutnya dalam mencari ide bisnis adalah mulai dari hal-hal yang sesuai dengan hobi, minat atau keahlian Anda. Bisnis yang sesuai dengan ketiga hal tersebut bisa membuat Anda lebih senang dan puas dalam menjalaninya, serta lebih kuat menghadapi tantangan yang muncul, lho. 

Selain itu, Anda bisa mendapat inspirasi dari berbagai sumber seperti tren-tren terbaru di industri yang Anda minati, menganalisis kebutuhan atau bahkan masalah di sekitar Anda yang membutuhkan solusi, atau mengadaptasi jenis bisnis online yang sudah ada dengan memberikannya pembeda. 

Apalagi, bisnis online adalah bisnis yang berkembang dengan cepat dan peluang baru muncul setiap saat. Selalu up-to-date dengan tren dan teknologi dalam industri yang diminati, Anda akan lebih mudah untuk mengidentifikasi berbagai peluang bisnis yang menarik. 

Sebagai langkah pertama, Anda bisa melakukan riset pasar secara sederhana tetapi mendalam, terkait keinginan dan kebutuhan target pasar yang Anda tuju. Dengan melakukan riset, Anda bisa mengetahui: 

  • Apakah ada atau tidaknya peluang untuk menciptakan solusi untuk kebutuhan atau keinginan tersebut?
  • Masih adakah celah yang belum terpenuhi atau apakah solusi yang sudah ada masih membutuhkan penyempurnaan atau perbaikan?

Jika ada, maka itu bisa jadi peluang bisnis Anda. 

Anda juga bisa mencari ide bisnis sambil scrolling media sosial dan platform e-commerce. Dari dua kegiatan tersebut, Anda bisa mempelajari tentang tren konsumen dan preferensi mereka, lho. 

2. Mengikuti Bimbingan atau Pelatihan Bisnis dengan Coach   

Dibandingkan mempelajarinya  bisnis online secara otodidak, mengikuti bimbingan dan pelatihan digital marketing bersama coach memiliki lebih banyak manfaat, di antaranya:

  • Sebagai seorang pemula, seorang coach bisa membantu Anda menemukan dan mengembangkan ide bisnis yang sesuai dengan minat atau keahlian Anda. 
  • Coach akan membantu Anda mengidentifikasi peluang pasar, mempelajari tren-tren terbaru, menemukan keunikan bisnis, membangun brand, dan menarik konsumen.
  • Anda bisa mendapatkan panduan, strategi, dan pengetahuan yang sangat diperlukan untuk memahami dunia digital marketing dengan lebih mendalam.Mulai dari SEO untuk mengoptimalkan promosi Anda di mesin pencarian, mengelola media sosial, menjalankan iklan, dan masih banyak lagi. 
  • Dalam beberapa pelatihan digital marketing, Anda bisa mendapatkan sesi konsultasi dan pembelajaran yang lebih intensif. 
  • Anda bisa terhubung dengan komunitas bisnis terutama digital marketing yang lebih luas.
  • Anda bisa mendapatkan evaluasi atau memperbaiki kesalahan bisnis yang dilakukan, terutama dari segi pemasaran 

3. Mempersiapkan Visualisasi Produk

Visualisasi produk yang menarik menjadi salah satu kunci untuk menarik minat calon konsumen dan membeli produk Anda. Nah, untuk mempersiapkan visualisasi produk, berikut hal-hal yang harus Anda perhatikan:

  1. Pahami karakteristik produk Anda. Mulai dari keunikan, manfaat, keunggulan atau nilai tambahnya. Memahami karakteristik produk bisa membantu Anda membuat visualisasi yang sesuai dan mengomunikasikan produk Anda kepada calon konsumen. 
  2. Gunakan elemen-elemen desain yang menarik. Mulai dari pemilihan warna, tata letak, gambar tambahan, dan semacamnya.
  3. JIka mungkin diperlukan, Anda bisa menggunakan jasa fotografi profesional 
  4. Pastikan visualisasi produk sesuai dan konsisten dengan pesan yang ingin brand Anda sampaikan.

 Misalnya, font dan warna yang sesuai dengan identitas brand. Kesesuaian identitas brand dan visualisasi produk akan menciptakan kesan yang lebih kuat dan membuat bisnis atau produk Anda lebih mudah dikenali konsumen. 

  1. Perhatikan pengalaman pengguna dalam melihat visualisasi produk Anda. Pastikan konsumen mendapatkan gambaran produk yang jelas. 

Misalnya, gambar produk dari berbagai sudut, gambar-gambar detail dari bagian-bagian produk, dan semacamnya. Dengan hal tersebut, konsumen akan lebih mudah memahami dan melihat detail serta keunggulan produk Anda.

4. Mempelajari cara pemasaran secara digital (Digital Marketing)

Salah satu hal penting yang harus Anda pelajari dalam memulai bisnis online sebagai pemula adalah digital marketing. Anda harus memahami konsep dan membangun strateginya karena digital marketing berperan besar untuk membuat produk Anda terlihat bahkan terjangkau oleh banyak orang. 

Beberapa hal yang harus Anda pelajari tentang digital marketing adalah: 

  • Pengoptimalan media sosial

Pelajari cara memaksimalkan media sosial mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, dan Linkedin. Selain promosi, platform-platform tersebut dapat membantu Anda untuk memperluas jaringan dan membangun komunitas dengan konsumen. 

Optimalkan media sosial bisnis Anda dengan membuat profil dan konten yang menarik, serta berinteraksi dengan konsumen. 

  • SEO (Search Engine Optimization)

SEO akan membantu bisnis Anda lebih terlihat di mesin pencarian. Dalam mengoptimasi SEO, Anda perlu mempelajari penggunaan kata kunci yang relevan, mengoptimalkan situs, sampai membuat konten atau artikel yang berkualitas. 

Ketika situs bisnis Anda mencapai peringkat teratas di mesin pencarian, konsumen pasti akan lebih mudah menemukannya. 

  • Paid Ads (Iklan Berbayar)

Agar bisnis Anda menjangkau audiens yang lebih luas, iklan berbayar atau paid ads mungkin dibutuhkan. 

Anda bisa mulai mempelajari google ads atau iklan di media sosial. Pelajari cara membuat dan mengelola kampanye iklan yang efektif dengan target audiens yang tepat. Pelajari juga memahami data sepertik jumlah klik, tayangan, konversi, dan semacamnya, agar Anda bisa mengevaluasi strategi yang dilakukan, mengoptimalkan pengeluaran iklan, dan mendapatkan hasil yang lebih maksimal. 

  • Ikuti Tren Digital Marketing 

Dunia digital bergerak dengan cepat. Algoritma media sosial misalnya, bisa berubah dengan cepat. Termasuk perubahan perilaku konsumen. Itulah pentingnya mempelajari tren dan teknologi terkini supaya bisa terus beradaptasi dengan semua perubahan tersebut dan bersaing di pasar yang kompetitif.

5. Memilih Platform Online yang Sesuai 

Dalam memilih platform online untuk berbisnis, sesuaikan dengan kebutuhan dan jenis bisnis Anda. Namun, tidak ada salahnya juga Anda mencoba semua platform. Berikut ini penjelasan singkat berbagai platform yang biasa digunakan untuk berbisnis.

E-Commerce

E-Commerce adalah platform bisnis online yang membuat Anda bisa menjual produk secara langsung kepada konsumen melalui aplikasi atau situs web pribadi.

Marketplace 

Marketplace pasti menjadi platform yang paling familiar dengan Anda. Banyak pilihan marketplace yang bisa Anda pilih untuk menjual produk bersama dengan penjual lain dalam satu platform.

Website 

Di website, Anda lebih punya space untuk membagikan konten atau informasi bisnis Anda. Dengan personal website, bisnis Anda juga akan terlihat lebih eksklusif dan profesional, lho. 

Media Sosial 

Platform bisnis online yang juga pastinya sudah familiar dengan Anda. Mulai dari Facebook, Instagram, dan masih banyak lagi. 

Anda bisa memilih platform media sosial yang sesuai dengan target pasar, karena masing-masing media sosial pasti memiliki pengguna mayoritasnya tersendiri. Misalnya, Facebook lebih banyak digunakan oleh pengguna kelompok umur dewasa tua, sementara Instagram mayoritas digunakan oleh kelompok umur remaja sampai dewasa muda.

5 Contoh Bisnis Online “Sukses” untuk Pemula

Sumber: Freepik

Berbisnis secara online sudah menjadi pilihan banyak orang yang ingin mulai berwirausaha, termasuk para pebisnis pemula.

Bahkan, menurut beberapa orang, bisnis online untuk pemula bisa dibilang lebih mudah ketimbang bisnis offline.

Selain itu, dengan mudahnya akses internet, peluang bisnis online juga semakin terbuka lebar. Hampir semua orang bisa mencobanya.

Sebelum memulai bisnis online sendiri, mungkin cerita-cerita sukses dari beberapa bisnis online ini bisa memotivasi Anda. 

Bisnis kosmetik B Erl oleh Dewa Prayoga

Siapa yang tidak kenal praktisi digital marketing yang satu ini dengan ‘gurita’ bisnisnya?

Salah satu bisnis yang terdapat ‘campur tangan’ Dewa di dalamnya adalah B Erl Kosmetik.

Brand kosmetik yang didirikan oleh Erlyani Fitri, seorang mantan pembantu rumah tangga yang menjadi miliarder muda berkat kegigihannya merintis berbagai bisnis. 

Dewa berhasil meraup keuntungan dalam industri kecantikan melalui inovasi-inovasi produk kosmetik B Erl dan strategi pemasarannya yang efektif. 

Formula produk-produk B Erl menggabungkan manfaat dari bahan-bahan alami dan teknologi terkini, serta aman digunakan tanpa efek samping yang berbahaya untuk kulit.

Sementara dari segi pemasaran, di sinilah Dewa juga berperan penting. Dewa memilih strategi pemasaran dengan berkolaborasi bersama influencer-influencer kecantikan. 

Setelah berhasil menjangkau target pasar yang luas melalui para beauty influencer, B Erl juga mengoptimalkan media sosial dan situs web resmi mereka untuk melakukan promosi dengan memberikan informasi mengenai lengkap tentang produk dan cerita-cerita para konsumen serta reseller mereka yang menginspirasi. 

Alhasil, tidak hanya penjualan yang meningkat, B Erl juga mendapatkan banyak testimoni positif dan penghargaan dari para konsumennya.

101 Red by Christina Lie

Pebisnis sukses yang satu ini, Anda mungkin mengenalnya lewat video tips-tips bisnis yang sering muncul di media sosial. 

Tidak banyak yang tahu salah satu langkah Christina Lie memulai kesuksesannya di dunia bisnis adalah dengan membangun brand 101Red. 

Dilansir dari media sosialnya, 101Red merupakan penyedia layanan bisnis online sekaligus distributor atau importir produk-produk fashion dan kecantikan terbesar di Indonesia. 101Red juga bisa dibilang sebagai distribution channel dengan konsep mirip dropship. 

Pada awalnya, produk yang tersedia di 101Red adalah produk-produk aksesoris import terutama aksesoris K-Drama atau K-Pop. Baru pada tahun 2018, 101Red mulai berkolaborasi dengan brand lokal. 

Selain produk, 101Red juga menyediakan kebutuhan pemasaran atau marketing kit untuk para pebisnis seperti media promosi dan replikas website.

Replika website tersebut bisa langsung diisi dengan 45.000 produk. Semua orderan yang masuk ke website tersebut pun akan dilayani oleh tim dari 101red.

Tentu hal ini sangat praktis untuk para pemula, bukan? 

Kisah inspiratif di balik 101Red adalah, bisnis online ini dirintis oleh Christina Lie ketika dia mengalami kerugian hingga 3M akibat trading.

Saat itu dia berusaha memperbaiki kondisi ekonominya dengan mencoba mendirikan berbagai jenis bisnis, salah satunya dengan mendirikan 101red. 

Dikutip dari salah satu sumber, Christina Lie bercerita bahwa latar belakang dirinya mendirikan 101Red adalah karena dirinya melihat banyak orang yang ingin berjualan online tetapi terhambat karena tidak memiliki produk atau memiliki produk tetapi tidak tahu cara memasarkannya. 

Melalui 101Red, Christina dapat membantu orang-orang seperti itu dengan menyediakan produk untuk dijual, website sebagai platform promosi, dan bimbingan dalam hal pemasaran. Terlebih, Christina Lie juga ahli dalam mengoperasikan Facebook Ads dan sering membagikan ilmunya di Facebook. 

Selain itu, Christina juga memiliki brand kecantikannya sendiri melalui 101Red, yakni Lumecolors Cosmetics.

Dia berhasil menjual produk lipstiknya hingga mencapai 161 ribu pcs hanya dalam tiga bulan! Dan tidak hanya kosmetik, Christine Lie juga memiliki 40 ribu produk lain di sana.

Buat anda yang tertarik untuk memulai bisnis produk perawatan kulit, maka silahkan baca artikel kami tentang cara membuat bisnis plan skincare.

Bisnis cuci sepatu ala Dr Tirta

Siapa sangka bisnis cuci sepatu dokter sekaligus pebisnis sukses ini dimulai dengan modal hanya Rp 400 ribu?

Dr Tirta memulai bisnis jasa cuci sepatunya, “Shoes and Care” dengan modal Rp400 ribu di emperan kos-kosan.

Awalnya, Dr Tirta memulai bisnis jual-beli sepatu bekas sejak masih menjadi mahasiswa kedokteran di tahun 2009.

Karena sebagian besar konsumennya menginginkan sepatu bekas yang bersih, dia mulai membersihkan sepatu-sepatu bekas yang dijual dengan pembersih impor.

Akhirnya, Dr Tirta beralih ke bisnis jasa cuci sepatu dan fokus mengelola bisnis tersebut setelah lulus kuliah. 

Konsumennya saat itu adalah orang-orang yang dia kenal dari forum online, komunitas pecinta sneakers, dan teman-teman kosan. 

Bisnisnya semakin dikenal setelah peristiwa meletusnya Gunung Kelud tahun 2014.

Dr Tirta mengunggah sebuah foto sepatu berdebu yang berubah menjadi bersih mengkilap setelah dicuci dengan jasanya. Saat itu juga bisnisnya menjadi viral di media sosial. 

Akhirnya, Dr Tirta membuka toko pertama Shoes and Care pertamanya di tahun yang sama ramai didatangi pelanggan. 

Tahun 2018, Dr Tirta memutuskan mengembangkan bisnisnya ke Jakarta dengan mengorbankan tabungannya sampai dia harus tidur berbulan-bulan di emperan jalan.

Dia membuka toko pertamanya di Jakarta di daerah Mendawai, Blok M. 

Hingga saat ini, Shoes and Care Jakarta sudah dikenal banyak orang dan semakin berkembang.

Dr Tirta mempekerjakan anak-anak jalanan, pengangguran, anak-anak putus sekolah, dan mahasiswa magang di outletnya tersebut. Shoes and Care sudah tersebar dengan 17 gerai di Jakarta dan 72 gerai di seluruh Indonesia. 

Keunggulan bisnis Dr Tirta di antaranya adalah penggunaan teknik cuci sepatu yang canggih, bahan-bahan pencuci berkualitas, dan layanan perawatan sepatu yang tidak hanya membersihkan tapi juga restorasi warna, perbaikan detail sepatu, sampai perawatan sepatu agar tahan lama.

Tidak heran, hasil pekerjaannya sangat memuaskan untuk para pelanggan. 

Sementara dalam segi pemasaran, Dr Tirta memaksimalkan media sosial dan website untuk mempromosikan bisnisnya. Mayoritas promosi memperlihatkan visual sepatu sebelum dan sesudah dilakukan, serta testimoni dari para pelanggan. 

Terbukti, kan, testimoni bisa bermanfaat sebagai ‘alat promosi’ yang efektif?

Hal ini dikarenakan, orang akan lebih percaya jika orang lain sudah mengalaminya, bukan hanya si pemilik bisnis yang mengatakannya.

Tidak hanya kepercayaan konsumen lama, testimoni juga sangat mungkin menarik pelanggan baru. 

Ternak Uang by Raymond Chin

Dilansir dari CNBC, Ternak Uang adalah sebuah platform digital yang menyediakan layanan edukasi seputar keuangan khususnya investasi untuk para investor pemula. 

Melalui aplikasinya, Ternak Uang membagikan berbagai informasi terkait keuangan seperti dana darurat, KPR, asuransi, investasi pasar moda, hingga kripto tersedia di platform tersebut.

Termasuk cara mengalokasikan dan mengelola aset untuk menghasilkan keuntungan secara berkelanjutan.

Seiring meningkatnya kesadaran masyarakat untuk berinvestasi, platform Ternak Uang semakin diminati.

Bahkan, platform ini mengalami peningkatan pertumbuhan pengguna di masa pandemi. Dan saat ini, Ternak Uang digunakan oleh kurang lebih 350 ribu pengguna. 

Selain melalui aplikasi, Ternak Uang memberikan pemahaman tentang konsep dan strategi investasi melalui buku, seminar, dan platform edukasi online. 

Ternak Uang juga terlihat memaksimalkan media sosial untuk memberikan informasi-informasi keuangan dan investasi, serta tentu saja, mempromosikan Ternak Uang itu sendiri.

Bahkan, Ternak Uang disebut-sebut sebagai pionir konten investasi di Tiktok karena rajin membagikan video-video edukasi pendek seputar keuangan dan investasi. 

Bisnis online yang didirikan oleh Raymond Chin dan Timothy Ronald ini akhirnya tidak hanya menghasilkan keuntungan, tetapi juga menjadi inspirasi untuk banyak orang dalam memaksimalkan potensi keuangan mereka. 

Kedas Beauty by Candra Dewi Maharani 

Dari namanya, Anda pasti tahu bisnis online yang satu ini bergerak di bidang kecantikan. 

Kedas Beauty didirikan oleh Candra Dewi Maharani, yang merintis bisnisnya mulai dari 0. Produk-produk kecantikan dari Kedas Beauty di antaranya adalah sabun kecantikan, krim wajah, dan body serum. 

Bukan hanya produk-produknya yang memang berkualitas, Kedas Beauty menjadi brand kecantikan yang berhasil mencuri perhatian karena konten-konten promosinya di media sosial.

Sebagian orang menilai konten-konten tersebut berlebihan dan semacamnya, tetapi tidak dipungkiri, banyak juga orang yang menyukainya. Dan hal terpenting, konten tersebut berhasil meningkatkan peminat produk-produk mereka. 

Hal itu membuktikan bahwa strategi promosi yang dilakukan oleh Kedas Beauty sesuai dengan target pasar mereka dan berhasil menjangkau audiens yang luas. 

Konten-konten promosi Kedas Beauty biasanya berupa video pendek dengan drama singkat yang juga menampilkan produk-produk mereka di dalamnya.

Selain itu, Candra Dewi Maharani sebagai pemilik Kedas Beauty pun memiliki akun media sosial dengan jumlah pengikut yang tidak sedikit.

Dari kelima kisah sukses bisnis di atas, banyak hal yang bisa Anda pelajari.

Namun, dalam hal memulai bisnis online untuk pemula, salah satu hal yang paling penting untuk dipelajari agar Anda bisa mencapai kesuksesan dalam memulai bisnis online adalah aktif melakukan promosi di platform online, salah satunya media sosial, dengan cara atau strategi yang menarik dan sesuai dengan target pasar Anda. 

Nah, setelah mendapatkan motivasi dan pelajaran dari kisah-kisah di atas, ayo, simak dan pelajari langkah-langkah mudah memulai bisnis online di bawah ini!

Kesimpulan 

Sebenarnya, bisnis online cukup mudah untuk dilakukan karena beberapa platformnya mudah untuk diakses.

Sama seperti bisnis offline, salah satu tahap memulai bisnis online adalah membuat rencana bisnis atau business plan.

Yuk, baca juga artikel kami tentang contoh dan cara membuat bisnis plan toko kosmetik.

4.9/5 - (26 votes)
Creative at Adev | Website

Hobi membaca buku sejak kecil membuatnya tertarik dengan bidang tulis menulis. Pernah menulis di beberapa situs penjualan produk, jasa dan situs hiburan sebagai content dan copywriter.  Aktif juga menulis blog pribadi.
Lulusan dari Program Studi Rusia Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia pada Februari 2019
Disclaimer: Artikel ini tidak sepenuhnya berada di bawah tanggung jawab penulis.

Ayah 3 anak yang suka ngopi "tanpa gula". Menjadi content editor dan penanggungjawab performa website secara organik "SEO Wordpress".

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top