fbpx

4 Tips Bisnis Kosmetik Saat Ramadhan agar Profit Melejit

Keuntungan bisnis kosmetik saat Ramadhan itu bisa berlipat dibandingkan bulan lain loh.

Bulan Ramadhan adalah momentum yang sayang dilewatkan oleh bisnis kosmetik. Saat Ramadhan, pengeluaran belanja masyarakat meningkat pesat. Seperti Ramadhan 2021 lalu, pengeluaran meningkat sebanyak 8% mencapai $38,5 triliun daripada bulan-bulan lainnya. Bagian terbaiknya, produk beauty & personal care sukses menjadi salah satu kategori paling laris di marketplace saat momen berkah tahun lalu.

Mau memaksimalkan budget konsumenmu untuk belanja produk kosmetik dari brand kamu di bulan Ramadhan tahun ini? 

Beruntungnya kamu, dalam artikel ini, kamu akan menemukan alasan pentingnya bisnis kosmetik saat Ramadhan hingga 4 tips jitu membuat produk kosmetik laku keras di pasaran selama Ramadhan.

Tentu, kamu tidak mau melewatkan waktu-waktu emas ini, bukan?

Jadi, baca artikel tentang cara bisnis kosmetik saat Ramadhan ini hingga tuntas ya!

Bisnis Kosmetik Saat Ramadhan? Inilah Alasannya…

bisnis kosmetik saat ramadhan

Rasa-rasanya tidak ada seorang pebisnis yang mengabaikan waktu Ramadhan sebagai ajang meraih lebih banyak keuntungan. Bahkan, strategi bisnis sudah direncanakan secara matang jauh-jauh sebelum Ramadhan datang.

Mengapa demikian? Berikut alasan mengapa pebisnis kosmetik wajib memanfaatkan bulan penuh keberkahan ini untuk meraih pundi-pundi rupiah.

Masyarakat Kita Semakin Doyan Berbelanja

Pandemi yang saat ini berjalan memasuki tahun ke-3 telah membentuk kebiasaan baru masyarakat, salah satunya kebiasaan berbelanja secara daring. Maraknya kemunculan marketplace dengan segudang kemudahan yang ditawarkan semakin mendorong sisi konsumtif masyarakat.

Tak berhenti di situ, tren belanja online semakin melonjak saat bulan Ramadhan. Melansir Indonesian Ecommerce Association (IdEA), transaksi belanja online meningkat dua kali lipat lebih tinggi dari transaksi harian sebelum ramadhan.

Mengutip Sirclo, pada tahun 2021, dua marketplace penting yang kian populer, yakni Shopee dan Tokopedia melaporkan bahwa penjualannya meningkat pesat selama Ramadhan. Berikut datanya:

  • Sebanyak 130 juta produk milik UKM terjual di Shopee
  • Sebanyak 100.000 produk berbeda terjual dalam waktu 1 jam di Tokopedia

Menggiurkan bukan ketika bisnis kosmetik saat Ramadhan?

Pengguna Internet Baru dengan Jumlah Fantastis

Sukses Bisnis Kosmetik Saat Ramadhan

Setiap pebisnis wajib bersiap menyambut kedatangan pengguna internet baru yang bisa jadi target konsumen bisnis kosmetikmu. Jumlahnya terbilang fantastis, Think With Google menyebutkan bahwa sebanyak 21 juta jiwa pengguna internet baru di Indonesia pada tahun 2021 lalu. 

Lebih lanjut, dengan pergerakan arus digital yang cepat dan peningkatan konsumsi digital yang signifikan ini berarti akan lebih banyak masyarakat Indonesia yang berbelanja secara online

Produk Beauty & Personal Care Jadi Kategori Paling Top

Mau bisnis kosmetik saat Ramadhan, tapi bingung mau produk apa yang akan laris?

Yeah!

Kabar menyenangkan untukmu, ternyata produk perawatan dan kecantikan menjadi kategori yang paling top di e-commerce selama Ramadhan 2021. 

Tidak usah heran, di bulan Ramadhan ini masyarakat berlomba-lomba merawat diri agar kulit dan tubuh tetap ternutrisi. Apalagi, selama berpuasa kulit cenderung kurang terhidrasi sehingga skincare diperlukan untuk menjaga kelembapan kulit.

Lebih dari itu, penggunaan beauty & personal care adalah upaya untuk menjalankan ibadah Ramadhan dengan penampilan terbaik.

Selain itu, Ramadhan identik dengan bulan berbagi kebahagiaan. Masyarakat banyak yang memanfaatkan momen ini untuk berbagi bingkisan atau parsel hadiah ke pada keluarga, sanak saudara, dan sahabat.

Yap! Parsel kecantikan menjadi produk pilihan.

4 Tips Bisnis Kosmetik Saat Bulan Ramadhan

Tips Bisnis Kosmetik Saat Ramadhan

Mengenali Pola Pembelian Konsumen

Seperti yang telah disinggung di awal, masyarakat semakin gemar berbelanja saat memasuki bulan Ramadhan. Bukan tanpa alasan, kebutuhan yang meningkat dan banyaknya promo bertebaran mendorong aktivitas berbelanja.

Sun Tzu mengatakan bahwa untuk memenangkan peperangan, kamu perlu mengenali medan perang dan mengenali musuh dengan baik.

Hal ini juga berlaku saat menjalankan bisnis kosmetik saat Ramadhan. Salah satunya adalah pola pembelian.

Nah, penting bagi kamu untuk mengetahui pola pembelian konsumen. Mari kita mulai dengan kilas balik pada Ramadhan 2021 lalu, Ginee mengeluarkan data kebiasaan waktu pengguna marketplace selama bulan Ramadhan.

Rinciannya sebagai berikut.

  • Satu bulan sebelum Ramadhan terjadi kenaikan sebesar 21%
  • Pada awal Ramadhan mengalami kenaikan sebesar 23%
  • Puncak kenaikan penjualan terjadi di pertengahan Ramadhan dengan kenaikan sebesar 35%

Selanjutnya, kebiasaan konsumen melakukan transaksi pada waktu Sahur mulai dari 03.00 s.d. 06.00 WIB meningkatkan sebesar 152% dan waktu ngabuburit mulai dari jam 12.00 s.d. 17.00 mengalami peningkatan sebesar 12%.

Data tersebut menjelaskan kepada kita bahwa Ramadhan memang berpengaruh pada perubahan pola pembelian konsumen. Masyarakat yang berpuasa cenderung menghabiskan waktu di jam-jam santai seperti waktu sahur atau waktu ngabuburit untuk mencari barang atau produk kebutuhan mereka.

Dengan mengenali peta bisnis kosmetik saat Ramadhan, maka peluang kamu memenangkan persaingan akan semakin tinggi

Menganalisa Produk Kosmetik Terlaris Selama Ramadhan

Salah satu kategori e-commerce yang top di periode Ramadhan 2021 adalah produk kecantikan dan perawatan. Berdasarkan data Compas Trend Ecommerce, berikut adalah produk kosmetik yang laris selama bulan Ramadhan tahun lalu.

  • Serum
  • Lip Care (Lipstick, Lip Balm)
  • Pelembap (Moisturizing, Hydrating)
  • Toner 

Produk-produk tersebut banyak dicari oleh konsumen karena efeknya yang bermanfaat bagi kulit khususnya selama berpuasa.

Produk skincare seperti serum, pelembap, hingga toner dapat menjaga wajah agar tetap terhidrasi dan ternutrisi sehingga kulit bebas kering dan kusam. Produk skincare ini dapat memberikan efek menyegarkan dan menenangkan selama menjalani puasa. 

Sementara itu, produk lip care juga dibutuhkan agar bibir tetap lembap, tidak mengelupas, serta wajah tampak lebih cerah dan tidak pucat. 

Selengkapnya kamu bisa membaca maklon skincare dan mengetahui lebih lanjut manfaatnya!

Nah, Sahabat ADEV, bersiaplah produk skincare-mu akan banyak diserbu oleh konsumen. Jadi, pastikan gudang kamu tidak kekosongan stok produk ya! 

Eits, tapi tidak bisa hanya berhenti di sini, kamu juga perlu melakukan tips bisnis kosmetik saat Ramadhan selanjutnya.

Menyiapkan Strategi Pemasaran Spesial Ramadhan

Iklan Wardah Spesial Ramadhan #BergerakHidupkanHarapan

Nah, setelah mengetahui pola pembelian konsumen, produk-produk kosmetik terlaris, kemudian memastikan stok barang aman, tips satu ini wajib dieksekusi sebaik mungkin.

Ketepatan strategi pemasaran adalah kunci keberhasilan. Sudah melekat di benak masyarakat, Ramadhan menjadi bulan promo, diskon, dan big sale bertebaran.

Agar produk kosmetik atau skincare dari brand kamu ikut diserbu masyarakat, kamu perlu melakukan strategi promosi yang kuat dan menonjol.

Begini beberapa cara promosi bisnis kosmetik saat Ramadhan:

  1. Hadirkan nuansa Ramadhan di official store dan media sosial kamu
  2. Membuat konten spesial Ramadhan dan tingkatkan engagement (keterlibatan) dengan audiens, misalnya membuat kuis Ramadhan, kisah-kisah inspiratif, fakta-fakta menarik selama Ramadhan, dan lain-lain
  3. Membuat paket bundling atau parsel hadiah skincare/kosmetik yang cantik dan eksklusif
  4. Membuat promo atau diskon khusus Ramadhan dan Lebaran

Menerapkan Strategi Pemasaran di Waktu yang Tepat

Kapan sih waktu yang tepat untuk melakukan promosi bisnis kosmetik saat Ramadhan? Apakah sebelum, saat berlangsung, atau sesudah Ramadhan?

Berdasarkan Riset Google, untuk sukses berjualan selama momentum Ramadhan, promosi dilakukan sebelum Ramadhan tiba. Namun, kamu perlu mengetahui bahwa setiap produk memiliki waktu emas-nya masing-masing dicari oleh konsumen.

Konsumen memiliki kebiasaan mencari informasi terlebih dahulu menggunakan mesin pencari untuk memastikan dan membuat keputusan pembelian, Google menyebutkan sebanyak 94% pembeli mencari informasi produk atau brand terlebih dahulu.

Nah, berikut rangkuman pencarian produk selama Ramadhan tahun 2021 lalu.

Thinkwithgoogle - Infografis Skincare

Berdasarkan data tersebut, produk makeup, hair care,fashion, dan home improvement banyak dicari pada minggu ketiga Ramadhan.

Memuncaknya minat masyarakat terhadap produk tersebut dipengaruhi oleh kebutuhan mereka menjelang kunjungan silaturahim saat lebaran.

Hasil pemasaran produk kosmetik tidak bisa instan dalam semalam, artinya kamu butuh perencanaan strategi pemasaran jauh sebelum Ramadhan, kemudian meningkatkan intensitas promosinya mendekati minggu ketiga hingga lebaran.

Pastikan strategi yang dibuat tidak asal-asalan, harus terukur, targetnya jelas, dan tepat sasaran! Kamu bisa membaca artikel kami tentang strategi marketing seperti rebranding dan co-branding.

Waktunya Optimalkan Bisnis Kosmetik Saat Ramadhan

Sahabat ADEV, tunggu apalagi? Coba ukur sudah sejauh mana persiapanmu menyambut Ramadhan 2022 ini? Selain persiapan pribadi, bisnismu juga perlu mengikuti tren Ramadhan ya, momen besar ini seharusnya menjadi ajang pertumbuhan brand kamu.

Lakukan tips menjalankan bisnis kosmetik saat Ramadhan yang telah ADEV berikan, optimalkan momen Ramadhan! Kami yakin kamu akan menjangkau lebih banyak konsumen dan meraup sebanyak-banyaknya keuntungan.

Yuk, kasih bintang 5 untuk post ini

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *