fbpx

Tren Kecantikan 2022, Simak untuk Kembangkan Bisnis Kosmetikmu!

Industri kecantikan merupakan salah satu industri yang berkembang cukup pesat dan dinamis. Setiap tahun selalu ada tren baru seputar industri kecantikan. 

Nah, para beauty enthusiast hingga pebisnis kosmetik wajib mengetahui tren terbaru agar tak ketinggalan zaman. Yuk, simak tren kecantikan 2022 yang diprediksi akan populer berikut ini! 

Kembali ke Sains

science lab

Tren back to science atau kembali ke sains diprediksi akan berkembang di 2022. Konsumen sudah semakin paham dengan bahan aktif dalam produk yang mereka gunakan. Konsumen juga kini lebih sadar dan tertarik dengan konsep clean beauty

“Dalam dunia perawatan kulit, kamu akan melihat meningkatnya kemunculan ilmuwan perawatan kulit dan ahli kimia kosmetik di platform media sosial seperti TikTok, Instagram, dan Youtube. Para ahli kecantikan ini menggunakan platform untuk menyediakan konten informatif yang membantu mendidik audiens tentang fakta dan mitos dalam dunia kecantikan” kata Joanne Ang, pendiri merek perawatan kulit Kansoskin yang berbasis di Singapura.

Kunci utama untuk brand kosmetikmu: Menekankan brand kosmetik untuk lebih berhati-hati dengan klaim produkmu.

Ketika brand tidak bisa membuktikannya dengan ilmiah, ada kemungkinan bahwa brand tersebut akan kehilangan kredibilitas. Jadi pastikan bahwa produkmu sesuai dengan klaim yang disebutkan, ya!

Water Conscious Beauty

sabun organik

Pertumbuhan penduduk, percepatan konsumsi dan pembangunan ekonomi meningkatkan permintaan global akan air sebesar 1% dari tahun ke tahun. 

Rata-rata, manusia menggunakan sekitar 4.600 km kubik air setiap tahun, dengan 70% digunakan untuk pertanian, 20% untuk industri dan 10% di rumah. 

Rata-rata orang di dunia Barat mengonsumsi 140 liter per hari, dan dengan populasi global yang diprediksi mencapai 10,2 miliar pada tahun 2050, permintaan akan melebihi pasokan.

Krisis air akan menimbulkan sejumlah masalah bagi brand kecantikan, baik dalam proses pembuatannya maupun bagi konsumen dalam menggunakan produknya.

Meningkatnya kesadaran akan kualitas dan kelangkaan air menginspirasi tren kecantikan 2022 konsumen untuk menuntut produk yang menggunakan lebih sedikit air untuk membuat dan menggunakannya.

Mengurangi air dalam komposisi kosmetik dapat memberikan dampak yang sangat positif untuk lingkungan. 

Penggunaan lebih sedikit air dalam pembuatan kosmetik akan menciptakan produk yang lebih compact atau padat. Tak hanya dari sisi penggunaan air, kosmetik padat juga jauh lebih ramah lingkungan karena meninggalkan jejak karbon dan sampah kemasan plastik yang lebih rendah. 

Hybrid Beauty

tren kecantikan 2022

Adanya pandemi COVID-19 membuat konsumen kini lebih peduli dengan kesehatan diri. 

Konsumen juga disebutkan menghabiskan lebih banyak waktu untuk ritual perawatan kulit mereka daripada sebelumnya. 

Ini memicu tren kecantikan 2022 di mana banyak dari konsumen mencari kosmetik dekoratif yang dapat sekaligus memberikan manfaat produk skincare.  

Semenjak pandemi, banyak yang membiarkan tekstur kulit alami mereka bersinar. Mereka selalu mencari produk yang bertindak sebagai perawatan kulit dan make-up untuk mendapatkan kulit yang tampak sempurna sambil membantu merawatnya juga.

Mereka menginginkan produk yang tidak hanya memiliki efek kosmetik instan, tetapi juga memperbaiki penampilan kulit mereka dalam jangka panjang.

Produk make-up dan perawatan kulit yang digabungkan dalam satu produk tidak hanya menghemat uang dan waktu, tetapi juga menghemat sumber daya. Alih-alih berinvestasi dalam lima produk berbeda, konsumen dapat memperoleh satu manfaat sekaligus, yang juga mengurangi limbah kemasan.

Tren kecantikan di tahun 2022 menekankan pada kegunaan suatu produk. Konsumen semakin tertarik pada produk yang mudah dan cepat untuk digunakan, produk yang berpotensi multifungsi, dan produk yang mengurangi kebutuhan akan rutinitas yang rumit. 

Gerakan minimalisme juga mendukung tren ini karena konsumen mengharapkan produk kecantikan multifungsi. 

Beauty on-demand 

Tak berhenti pada tren hybrid beauty, pandemi juga telah mengubah perilaku konsumen dalam kegiatan berbelanja. Kini konsumen lebih memilih untuk berbelanja secara online. Secara tidak langsung, konsumen pun mengharapkan pengalaman berbelanja yang baik. 

Salah satu hal penting untuk menciptakan pengalaman berbelanja online yang baik adalah pengiriman yang tepat waktu. Pengiriman yang cepat akan membuat kenyamanan konsumen dalam berbelanja online meningkat. 

Asian fragrances go global

bisnis parfum

Selama ini konsumen di asia biasanya membeli parfum dari brand ternama dari Amerika atau Eropa, sebut saja Diptyque, Le Labo, Byredo, Jo Malone, dll. 

Namun kini, generasi konsumen di Asia yang lebih muda seperti Milenial dan Gen Z menginginkan parfum yang lebih personal. Maka dari itu brand-brand parfum dari Asia mulai menunjukan eksistensinya. 

Selain didukung oleh jumlah konsumen yang potensial, menjamurnya brand-brand parfum di Asia juga terjadi karena meningkatnya gelombang wirausaha. 

Nah, itu lah 5 tren kecantikan 2022 yang diprediksi akan berkembang. Kamu bisa menjadikannya sebagai ide untuk mengembangkan bisnis kosmetikmu.

Semoga informasi ini bermanfaat untukmu ya, sahabat ADEV!

Please rate this post

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mau bisnis kosmetik merek sendiri?

WeCreativez WhatsApp Support
Business Consultant
Halo, dengan Damai sebagai Business Consultant di sini. Ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top