Strategi Bisnis

Key Opinion Leader Bisa Jadi Kunci Sukses Bisnis di Media Sosial, Masa sih?

Published:

Updated:

Desya Nur Fitriyani

No Comments

Media sosial merupakan platform digital marketing yang efektif digunakan untuk meningkatkan penjualan bisnis kosmetik. Namun, untuk benar-benar menang di persaingan digital marketing yang semakin ketat, kamu tentu harus memiliki strategi tersendiri. 

Strategi promosi bersama Key Opinion Leader atau KOL bisa jadi strategi yang kamu terapkan, lho. Bahkan kolaborasi bersama Key Opinion Leader yang tepat disebut bisa menjadi kunci sukses dalam berbisnis kosmetik di media sosial. 

Mengapa bisa disebut demikian? Yuk, ketahui penjelasan selengkapnya seputar Key Opinion Leader pada artikel berikut ini. 

Apa Itu Key Opinion Leader

key opinion leader

Key Opinion Leader adalah orang-orang yang dianggap sebagai juru kunci untuk mengendalikan opini pengikut (followers) di akun media sosial. 

Key Opinion Leader atau yang biasa disingkat KOL biasanya merupakan individu yang sudah mendapatkan kredibilitas dari masyarakat pada bidangnya masing-masing.

Oleh sebab itu, pendapat seorang KOL seringkali memberi pengaruh besar atas suatu produk, jasa, layanan, maupun brand, dan rekomendasi mereka berdampak pada keinginan followers  untuk memiliki produk yang sama.

Ketika KOL memberikan ulasan yang baik untuk suatu produk, brand, atau jasa, biasanya akan berpengaruh baik pula terhadap opini pengikut di media sosialnya. 

Key Opinion Leader dibagi berdasarkan bidangnya dan platform yang mereka gunakan. Maka dari itu, pemilihan kolaborasi dengan KOL yang tepat bisa menjadi salah satu strategi digital marketing yang bermanfaat jika digunakan dengan benar.

Peran Penting Key Opinion Leader untuk Brand Kosmetik

produk kosmetik

Setelah mengetahui pengertian KOL di atas, seorang pebisnis tentu harus mengetahui apa peran penting dari KOL sebelum menerapkan strategi pemasaran ini. 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Key Opinion Leader memiliki peran yang kuat untuk menjadi sumber informan yang kredibel dan mampu menyakinkan audiens. 

Kemampuan seorang KOL dalam meyakinkan audiens ini lah yang bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan brand awareness, brand image, hingga meningkatkan keuntungan penjualan produk kosmetik.

Disebutkan dalam riset Kolsquare, sebuah perusahaan pemasaran yang khusus menangani influencer, selain berperan penting dalam meningkatkan beberapa poin di atas, KOL juga memiliki peran dalam melengkapi sistem teknologi baru di media sosial. 

Sistem teknologi baru di media sosial seperti augmented reality dan live shopping bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan citra brand kosmetikmu. 

Hasil studi tersebut juga mengungkapkan bahwa akhir-akhir ini industri kecantikan menjadi sangat penting di media sosial karena industri ini banyak mengandalkan visual dan pengalaman. 

Digitalisasi kecantikan membuka jalan bagi inovasi teknologi. Misalnya kini kamu dapat mengikuti tutorial atau menguji warna lipstik dengan menggunakan ponsel. 

Maka dari itu, penting bagi suatu brand untuk memanfaatkan teknologi ini dengan pemilihan KOL yang tepat. 

KOL berperan dalam melengkapi teknologi baru ini dengan tindakan yang nyata. Misalnya memberikan tutorial penggunaan rutinitas skincare routine melalui siaran langsung, swatch produk lip cream, dll. 

Bagaimana Key Opinion Leader Mempengaruhi Kesuksesan Brand Kosmetik?

influencer

Pernahkan kamu mendengar istilah endorse? Istilah ini tentu sudah tak asing lagi di telinga pengguna media sosial. Endorsement merupakan strategi pemasaran dengan mengirimkan suatu produk kepada seorang tokoh influencer, KOL, atau selebriti untuk diberikan ulasan. 

Dengan berkolaborasi bersama tokoh seperti KOL tersebut, masyarakat luas tentu akan lebih cepat mengenal brand maupun produk kosmetik yang kamu tawarkan. Bahkan, KOL bisa menjadi salah satu elemen penting dalam teknik viral marketing

Kolaborasi bersama KOL yang tepat akan membuat banyak orang penasaran dengan produk yang mereka gunakan. Ini karena audiens yang merupakan followers mereka cenderung mudah mengikuti sikap dan perilaku dari para tokoh panutannya tersebut. 

Kamu pun mungkin pernah merasa penasaran ingin mencoba suatu produk karena digunakan oleh tokoh terkenal, bukan?

Bayangkan jika itu adalah produk kamu, tentu akan memberikan keuntungan dalam hal penjualan. Efek positif berikutnya, profit bisnis kosmetik yang kamu jalani pun bisa mengalami peningkatan.

Selain itu, produk yang dipromosikan oleh KOL juga lebih terukur target sasarannya. 

Misalnya, untuk produk kosmetik, kamu tentu memilih berkolaborasi bersama seorang Key Opinion Leader wanita yang jumlah pengikutnya sebagian besar kaum hawa. Para KOL yang dipilih juga idealnya identik dengan produk kosmetikmu. 

Tips Memanfaatkan Key Opinion Leader untuk Brand Kosmetik

Untuk melakukan kerja sama dengan KOL, kamu sebagai pebisnis di bidang kosmetik harus menentukan KOL seperti apa yang tepat untuk brandmu. Pilih KOL yang memiliki demografi followers yang sesuai dengan target pasar brand mu. 

Misalnya, kamu adalah brand kosmetik yang berfokus untuk mengatasi masalah kulit remaja, maka idealnya memilih KOL yang berusia remaja pula. 

Penyampaian suatu informasi yang tidak sesuai dengan target sasaran tentu akan membuat hasil promosi menjadi kurang efektif, bukan? 

Kemudian, tentukan platform mana yang akan digunakan untuk media promosi. Melansir studi yang sama dari Kolsquare, Instagram sejauh ini menjadi media nomor satu untuk kecantikan dan gaya hidup/beauty and lifestyle.

Dalam praktiknya, format yang paling banyak digunakan oleh merek kosmetik adalah gambar yaitu sebanyak 85,9%. Kemudian video sebesar 10,3%, Instagram Stories sebanyak 2%, dan IGTV sebanyak 1% saja.

Data statistik juga menunjukan angka yang cukup jelas, yaitu sebanyak 90,4% dari 1.210.622 publikasi terkait kecantikan yang dianalisis pada tahun 2020 ada di Instagram.

Dari segi audiens, TikTok disebutkan mulai mengalami perkembangan, terutama di kalangan generasi muda. Di TikTok, kecantikan adalah inti dari tren, bersama dengan tema lain seperti video game, olahraga, mode, keluarga, dan pendidikan. 

Menurut laporan TikTok for Business terbaru, pada tahun 2020, video kecantikan tumbuh sebesar 90% di Prancis, 41% di Jerman, Swiss, dan Austria, dan hingga 238% di Spanyol. 

Berdasarkan penjelasan di atas, media sosial mana yang akan kamu pilih? Kamu juga tentunya bisa memilih berbagai media sosial yang dirasa sesuai.

Itu lah penjelasan tentang KOL yang bisa diterapkan untuk bisnis kosmetikmu. Semoga artikel ini membantu ya, Sahabat ADEV!

Penulis merupakan pribadi yang gemar menulis artikel tentang bisnis dan enterpreneurship. Ia telah berupaya memberikan informasi terbaik dan akurat di artikel ini berdasarkan literasi dan penelitiannya.

Namun artikel ini dibuat hanya untuk tujuan informasi dan tidak ditujukan sebagai saran profesional atau konsultasi bisnis. Setiap pembaca bertanggung jawab penuh terhadap penggunaan informasi dalam artikel ini dan penulis tidak bertanggung jawab atas kerugian atau kerusakan dalam bentuk apa pun yang diduga timbul dari kesalahan, kelalaian, atau kelalaian dalam menyusun artikel ini.

adev maskot

Tinggalkan komentar


whatsapp-adev