Inspirasi Branding

7 Tips Rebranding Produk Kosmetik Agar Bisnis Kian Dilirik

Published:

Updated:

purwanto

No Comments

Rebranding produk kosmetik itu penting buat pengusaha.

Kita setuju bahwa salah satu aset yang paling berharga dalam bisnis adalah brand. Tindakan pelanggan dipengaruhi besar oleh kekuatan brand, bagaimana sebuah brand dapat memenuhi kebutuhan, menjadi solusi dari masalah, dan terhubung dengan nilai-nilai yang dimiliki pelanggan.

Konsumen atau pelanggan yang merasa dimenangkan hatinya tentu akan dengan senang hati menunjukkan loyalitasnya, mereka akan lebih sering mengikuti dan berbelanja produk kosmetik dari brand kita.

Lalu pertanyaannya, sudahkah brand produk kosmetik Anda telah memenangkan hati konsumen? Masihkah relevan visi-misi yang melekat pada brand dengan perkembangan zaman? Apakah posisi brand saat ini jauh tertinggal dari kompetitor?

Jika hasil analisa pemasaran Anda menunjukkan perlu adanya perubahan ke arah yang jauh lebih baik, maka mungkin ini waktu yang tepat untuk melakukan rebranding.

Namun, Anda perlu melakukan strategi yang tepat dalam pelaksanaannya agar rebranding membuat bisnismu semakin dekat dengan kesuksesan. 

Mau tahu strateginya? Simak artikel ini sampai habis ya!

Apa itu Rebranding?

rebranding

Rebranding adalah strategi bisnis yang dilakukan untuk mengubah atau memperbarui identitas brand sesuai tujuan pengembangan bisnis. Strategi ini dapat melibatkan perubahan citra, konsep, filosofi, tampilan, logo, atau desain kemasan dari sebuah brand.

Rebranding produk kosmetik adalah strategi bisnis yang dilakukan untuk mengubah atau memperbarui identitas brand produk kecantikan (kosmetik) sehingga lebih sesuai dengan tujuan pengembangan bisnis. Strategi ini dapat melibatkan perubahan citra, konsep, filosofi, tampilan, logo, atau desain brand.

Lalu, kapan rebranding dilakukan? Sebenarnya, tidak ada waktu pasti kapan sebuah perusahaan melakukan rebranding.

Namun, ada beberapa alasan mengapa sebuah perusahaan melakukan rebranding. 

Alasan Melakukan Rebranding

Ekspansi pasar

Produk kosmetik Anda sudah dikenal hingga ke luar Indonesia? Mungkin ini waktunya Anda berekspansi pasar dan melakukan rebranding. Pastikan produk Anda memiliki nama, tagline, atau atribut lainnya yang mudah dipahami oleh pasar yang lebih luas.

Akuisisi oleh Perusahaan Lain

Ketika brand diakuisisi oleh perusahaan lain, kegiatan rebranding menjadi salah satu hal utama yang perlu dilakukan. Selain untuk alasan agar perubahan terlihat, hal ini juga didasari persyaratan hukum.

Memperbaiki Reputasi

Dalam berbisnis tak selamanya damai tanpa masalah, adakalanya bisnis mengalami guncangan besar hingga berpengaruh pada reputasi brand. Salah satu solusi agar sebuah brand tidak tenggelam dan ditinggal pasar, rebranding dapat mengembalikan kepercayaan konsumen bahwa brand berupaya memperbaiki keadaan dan menjaga kepercayaan.

Namun, perlu diingat rebranding bukan dijadikan sebagai jalan untuk menghilangkan ingatan konsumen terkait reputasi yang buruk. Pemilik brand juga harus menunjukkan kepada konsumen bahwa pelayanan atau produk akan jauh lebih baik.

Memperjelas Identitas

Identitas brand menjadi suatu hal yang penting bagi konsumen, kejelasan identitas berperan dalam menunjukkan kredibilitas brand. Konsumen cenderung akan membeli pada brand yang memiliki identitas seperti logo, tipografi, pemilihan warna atau elemen-elemen lainnya yang jelas dan tidak memberikan kesan yang membingungkan. 

Logo, misalnya, Anda perlu memastikan bahwa logo dapat merepresentasikan sebuah brand, sesuai dengan nilai yang dibawa.

Pergantian Pimpinan (CEO) Perusahaan

Pemimpin memiliki peranan yang penting dalam perusahaan, saat terjadi pergantian pimpinan, biasanya akan ada beberapa perubahan yang terjadi. Tak terkecuali citra sebuah brand

Seorang CEO cenderung telah mempelajari perusahaan yang dipimpinnya, mempertimbangkan kinerja dari strategi yang selama ini dilakukan, mereka telah menyiapkan strategi baru yang lebih segar dan relevan yang dapat mengembangkan bisnisnya, contohnya dengan melakukan rebranding.

Modernisasi

Rebranding juga dilakukan ketika brand terkesan ketinggalan zaman dapat terlihat dari tampilan visual yang tampak usang dan kuno. Logo dengan bentuk yang berlebihan, warna yang tidak nyaman ditangkap mata, atau pemilihan tipografi yang sulit dimengerti. 

Saat ini, banyak brand yang mulai bertransformasi dengan logo atau kemasan yang lebih sederhana tetapi dapat dengan mudah diingat dan memberikan kenyamanan.

Elemen yang Bisa di-Rebranding

Produk

Pembaruan produk dapat meliputi tampilan visual produk seperti kemasan, penambahan fitur, atau perbaikan kualitas produk.

Rebranding produk kerap kali dilakukan karena beberapa hal antara lain penjualan perusahaan yang tidak mengalami perkembangan, adanya stigma negatif yang muncul di pasar dari produk yang diciptakan, atau untuk meningkatkan kepercayaan dan menarik perhatian lebih banyak konsumen.

Kami pun telah menyediakan beberapa contoh rebranding produk kosmetik di Indonesia pada bagian akhir konten ini.

Logo

Rebranding logo dilakukan saat logo brand saat ini kurang menarik, tidak mencerminkan brandimage, atau penggunaan bentuk dan warna yang tidak sesuai dan tidak nyaman dipandang. 

Selain itu, rebranding logo juga dapat terjadi apabila ternyata ada kemiripan logo dengan brand yang lain dan dapat menimbulkan masalah hukum di kemudian hari. 

Dengan demikian, dalam pembuatan logo, Anda perlu memperhatikan filosofinya, pemilihan bentuk, warna, tipografi, hingga HAKI. Pikirkan juga siapa target pasar, sesuaikan dengan karakter brand dan konsumen agar Anda dapat saling terkoneksi melalui logo. 

Pastikan juga Anda tidak meniru logo yang sudah ada, buatlah logo yang unik dan berbeda dari yang lainnya.

Tagline

Tagline merupakan salah satu senjata yang dapat menarik perhatian konsumen. Tagline dapat juga disebut sebagai slogan yang memiliki kaitan erat dengan sebuah brand.

Slogan ini dapat menjadi jurus jitu agar konsumen mudah mengingat brand, biasanya kalimat dibuat singkat dan berisi pesan yang kuat. Ketika konsumen atau audiens mendengar tagline tersebut, brand langsung terbayang di benak mereka.

Tagline dibuat untuk menunjukkan jati diri dan pembeda sebuah brand dengan yang lainnya. Lebih lanjut, tagline ini berhubungan dengan logo. Biasanya tagline ditempatkan di dekat logo untuk memperjelas dan memperkuat identitas brand.

Nama merek (brand)

Nama merupakan hal utama bagi sebuah brand. Wajib bagi perusahaan atau pebisnis memikirkan nama brand yang tepat. Tidak mudah memang, nama brand sudah semestinya dibuat dengan mempertimbangkan banyak hal, perlu adanya riset terlebih dahulu. 

Dalam bisnis, perubahan nama terkadang diperlukan untuk lebih memperjelas brand. Rebranding nama brand biasanya dilakukan karena perusahaan ingin memperjelas produk atau layanan yang ditawarkan kepada konsumen. 

Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika rebranding nama antara lain kemudahan dalam mengucapkan dan mengeja nama, kesesuaian dengan bisnis (dapat mencerminkan bisnis), serta keunikan (mudah diingat, berbeda dengan nama brand lain).

Perusahaan

Perusahaan melakukan rebranding bertujuan agar tetap bisa bertahan dan berkembang dalam dunia persaingan. Perusahan dapat melakukan brand ulang citranya dengan membangun kembali konsep, visi misi, target perusahaan, identitas, atau pembaruan produknya.

Transformasi perusahaan biasanya terjadi akibat adanya perubahan struktur organisasi seperti pergantian pimpinan atau pengaruh tim marketing yang mendapat sinyal untuk melakukan rebranding.

Rebranding perusahaan dapat dilakukan secara keseluruhan atau sebagian tergantung alasan dan tujuan masing-masing pengembangan bisnis.

Anda juga bisa memadupadankan rebranding dengan strategi pemasaran produk lainnya, seperti co-branding.

Bagi Anda yang ingin melakukan rebranding simak tips berikut agar strategi berjalan mulus dan tujuannya dapat tercapai.

7 Strategi Rebranding Kosmetik

Strategi Rebranding Kosmetik

1. Mulai dengan Mengetahui Alasan

Setiap ingin melakukan strategi bisnis, Anda perlu mengetahui alasan mengapa Anda harus melakukannya. Rebranding tidak bisa dilakukan secara asal-asalan tanpa ada ‘Strong Why’. 

Apakah Anda melakukan rebranding didorong oleh keinginan untuk mempercepat pertumbuhan bisnis? Apakah Anda ingin mengungguli pesaing yang lebih besar? Anda tentu harus mengetahui alasannya.

Selain alasan yang telah disebutkan di atas, melansir dari Hinge, alasan sebuah bisnis melakukan rebranding diantaranya adalah:

  • Brand perlu bersaing di tingkat yang lebih tinggi atau di pasar baru
  • Brand tidak lagi mencerminkan citranya
  • Adanya alasan hukum 
  • Brand ingin menyederhanakan dan memfokuskan pesan kepada konsumen
  • Adanya tim marketing baru (yang membawa nilai-nilai yang segar dan relevan dengan zaman)
  • Brand ingin meluncurkan layanan baru

2. Pilih Rebranding Parsial atau Total?

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan agar strategi ini berhasil adalah mengidentifikasi terlebih dahulu brand Anda perlu branding ulang secara total atau parsial.

Rebranding parsial adalah perubahan brand yang dilakukan sebagian saja, misalnya Anda melakukan perubahan logo atau tagline dari brand kosmetik Anda.

Sementara itu, rebranding total adalah perubahan brand secara menyeluruh mencakup brand identity seperti konsep, value, visi dan misi.

3. Meriset Pasar dan Kompetitor

Melakukan rebranding tidak boleh hanya mengandalkan perspektif internal, Anda juga perlu melakukan riset pasar atau target audiens. 

Cari tahu apa yang konsumen butuhkan, bagaimana perilaku pembelian konsumen, seperti apa karakteristik konsumen.

Tujuannya untuk memiliki pemahaman yang objektif tentang persepsi dan kompetensi brand Anda saat ini. Riset juga membantu Anda untuk menemukan target pasar baru yang tepat dan mempertahankan loyalitas konsumen.

Selanjutnya, Anda perlu riset kompetitor. Jika ingin masuk ke dalam pasar milik kompetitor, Anda harus tahu apa kelebihan dan kekurangan kompetitor, siapa target konsumennya, bagaimana mereka memenangkan hati konsumen, strategi pemasarannya.

4. Posisikan Brand Anda di Benak Konsumen

Anda ingin menciptakan kesan seperti apa di benak konsumen? Brand kosmetik yang memimpin inovasi? Brand kosmetik yang menyediakan produk terjangkau?

Positioning bertujuan untuk menempatkan produk untuk mendapatkan posisi yang lebih unggul di benak konsumen. Nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah produk atau brand akan mempengaruhi konsumen dalam mengartikan posisi produk.

Nilai-nilai ini mencakup kualitas, atribut, dan fitur produk. Apakah produk tersebut dapat memenuhi kebutuhan, mengatasi masalah, dan memberikan kepuasan lebih terhadap konsumen?
Oleh karena itu, Anda perlu mendeskripsikan posisi brand Anda di ruang pasar. Pikirkan value apa yang akan Anda sampaikan dan membuat konsumen meletakkan brand Anda di benak dan hati mereka.

5. Membangun Identitas Brand yang Lebih Segar

Sekarang, Anda akan mengembangkan elemen visual yang akan mengkomunikasikan brand Anda. Pikirkan nama, logo, tagline, warna, desain, dan elemen-elemen lainnya yang menggambarkan brand Anda. 

Bangun identitas brand dengan dengan hati-hati, ingat brand adalah reputasi dan visibilitas Anda. Pastikan identitas brand Anda unik (berbeda dan eksklusif), lebih segar dari sebelumnya, mudah diingat oleh konsumen, serta pesan dan kesan tersampaikan.

6. Tunjukkan Wajah Baru dari Brand Anda

Langkah selanjutnya agar strategi rebranding Anda berhasil adalah menunjukkan kepada pasar wajah brand Anda yang baru. Anda perlu membuat rencana untuk mempromosikan dan memperkuat brand Anda. Pastikan semua orang tahu bahwa Anda membangun identitas brand yang lebih segar dan lebih unggul dari sebelumnya.

Hal ini juga bertujuan agar tidak menimbulkan kebingungan. Anda perlu memperbarui website bisnismu sesuai dengan identitas yang baru, buat juga pengumuman di setiap sosial media bahwa brand kosmetik Anda hadir kembali dengan lebih banyak keunggulan. 

Pastikan Anda meningkatkan kepercayaan konsumen, beritahu mereka bahwa perubahan yang terjadi bertujuan untuk memberikan pelayanan atau produk yang lebih baik.

Ingat, kunci sukses branding adalah menjaga hubungan emosional dengan konsumen. Dengan memberikan pengalaman terbaik, konsumen akan mengungguli brand-mu dari yang lain.

7. Optimalkan dengan Peran Influencer

Anda dapat mengandalkan peran influencer untuk membantumu memperkenalkan tampilan baru dari brand kosmetik anda. Para influencer memiliki pengaruh yang kuat dalam membangun kepercayaan audiens.

Mereka bahkan dapat menjangkau lebih luas target pasar baru, didukung brand identity yang saat ini semakin kuat, tentu akan menarik perhatian audiens lebih banyak. 

Baca artikel ini juga untuk tahu bagaimana cara mengoptimalkan branding untuk produk kosmetik.

Contoh Rebranding Produk Kosmetik

Wardah: Ubah Persepsi Cantik dengan ‘Feel The Beauty’ 

Salah satu brand kosmetik yang terkenal di Indonesia,Wardah, tahun 2019 lalu melakukan rebranding. Wardah mengubah tagline yang semula ‘Inspiring Beauty’ menjadi ‘Feel The Beauty’.

Perubahan tagline ini berangkat dari perspektif bahwa kecantikan lebih dari sekadar penampilan. Wardah ingin mengajak masyarakat untuk lebih merasakan kecantikanyang ada di sekitar kita.

Putri Diah Paramitha, Marketing Director PT Paragon Technology & Innovation, mengatakan, “Lebih daripada penampilan, Wardah percaya kecantikan adalah perasaan positif yang mampu membawa perubahan yang dapat dirasakan dan berarti bagi sesama,” 

Dengan demikian, tagline ‘Feel The Beauty’ ini hadir untuk mengubah persepsi masyarakat akan kecantikan.

PIXY: Konsep Barunya Memberi Energi untuk Wanita Asia

Contoh Rebranding PIXY x

Tahun 2018 lalu, PIXY mengubah konsep dan tagline menjadi “My Beauty, My Energy”.

Brand kosmetik ini mengubah citranya menjadi brand yang lebih feminin, sederhana, dan modern.

PIXY Director Domestic Sales & Advertising Mandom Indonesia, Masahiro Ozaki, menyampaikan, “Pembaruan ini kami lakukan untuk menyempurnakan PIXY dan mendukung kecantikan dan pesona perempuan Asia modern sehingga dapat membantu memunculkan energi positif yang mereka miliki,”

Ozaki mengungkapkan bahwa rebranding yang dilakukan PIXY meliputi perubahan tone dan manner, logo, tagline, produk, dan seluruh komunikasinya. 

Unilever: Fair & Lovely Resmi Bertransformasi Menjadi Glow & Lovely

Transformasi produk kosmetik besutan Unilever, Fair & Lovely, dilatarbelakangi isu rasisme tentang standar warna kulit harus ‘putih’ yang meledak secara global.

Unilever tidak tinggal diam, “Kami membuat portofolio perawatan kulit kami lebih inklusif dan ingin memimpin perayaan penggambaran kecantikan yang lebih beragam. Merek ini tidak pernah dan bukan merupakan produk pemutihan,” terang Kepala Hindustan Unilever India, Sanjiv Mehta.

Transformasi menjadi Glow & Lovely adalah wujud komitmen Unilever dalam mendukung keberagaman dan inklusivitas yang dilakukan di tataran brand. Melalui nama baru ini, Unilever secara konsisten mendorong para perempuan muda meraih cerah mereka tidak hanya melalui outer glow, tetapi terus memberdayakan diri melalui pendidikan agar inner glow terpancar.

Dengan langkah cepat, Unilever mengumumkan rebranding-nya secara global, salah satunya melalui iklan di TV dan kemasan yang secara tegas memberi keterangan perubahan nama . Lebih lanjut, transisi Glow & Lovely diikuti dengan kembalinya diselenggarakan program pendidikan bernama “Glow & Lovely Bintang Beasiswa”. 

Nah, itulah strategi rebranding kosmetik. Anda juga bisa lho menerapkan strategi ini jika dirasa brand kosmetik anda jauh tertinggal dari kompetitor atau Anda ingin meningkatkan jangkauan target pasar.

Pastikan setiap strateginya Anda lakukan secara presisi ya, jangan terburu-buru dan nikmati prosesnya. Jadikan dua contoh rebranding kosmetik Wardah dan PIXY sebagai inspirasi, brand kosmetik juga bisa kok melesat lebih tinggi!

Semoga artikel ini dapat bermanfaat ya Sahabat ADEV, kunjungi artikel strategi marketing lainnya agar semakin banyak insight yang Anda dapatkan.

About

purwanto

Penulis merupakan pribadi yang gemar menulis artikel tentang bisnis dan enterpreneurship. Namun, artikel ini dibuat hanya untuk tujuan informasi dan tidak ditujukan sebagai saran profesional atau konsultasi bisnis.

adev maskot

Tinggalkan komentar


Index
whatsapp-adev