fbpx

Kulit Sensitif: Apa itu, Penyebab +Cara Mengatasi Kulit Sensitif

Kulit sensitif mudah gatal ketika menggunakan produk kosmetik dapat diatasi dengan menggunakan masker dan mengkonsumsi makanan tertentu. Dalam artikel ini, kami akan membahas pengertian, penyebab, ciri-ciri dan cara mengatasi kulit sensitif.

Pengertian apa itu kulit sensitif

Kulit sensitif adalah jenis kulit yang memiliki ciri seperti memerah, gatal saat terkena keringat atau air, benjolan pada kulit dan kulit yg tipis.

Ciri-ciri atau tanda kulit yang sensitif terhadap produk kosmetik adalah setelah menggunakan produk kecantikan untuk kulit, muncul gejala pada kulit seperti kemerahan dan terkadang disertai rasa gatal. Mungkin karena jaringan epidermis kulit yang tipis.

Kulit Sensitif: Apa itu, Penyebab +Cara Mengatasi Kulit Sensitif

Masalah kulit sensitif biasanya disebabkan karena seringnya seseorang menggunakan foam, cream, make up yang banyak mengandung zat kimia berbahaya. Masalah kulit yg sensitif cukup sulit cara pengobatannya. Dikarenakan jika terjadi kesalahan dalam memilih obat akan memberikan efek gatal-gatal pada wajah.

Cara mengetahui jenis kulit sensitif

Cek sendiri

Anda dapat mengetahui apakah kulit anda termasuk kulit yg sensitif atau tidak dengan tips berikut. Caranya adalah dengan mengoleskan sedikit produk kosmetik jenis pelembab atau pembersih seperti krim/cream, facial foam, facial wash, masker, sunblock, bedak, sabun, jeruk nipis, atau foundation, selanjutnya anda lihat dan rasakan perubahan yang terjadi di kulit anda. Jika menjadi kemerahan atau terasa gatal/iritasi, itu adalah tanda kulit anda sensitif.

Pergi ke ahli dermatologi

Untuk lebih validnya, anda bisa pergi ke ahli dermatologi untuk memeriksa jenis kulit anda. Ahli dermatologi bisa menentukan apakah kulit anda memang sensitif atau karena hal lain yang menjadikannya merah dan gatal.

Penyebab Kulit Sensitif

Mungkin anda bertanya, kenapa/mengapa kulit wajah menjadi lebih sensitif? Kulit yang sensitif bisa saja terdapat pada pria maupun wanita. Bahkan bayi pun juga kadang memiliki kulit yg sensitif. Dilansir dari laman webmd.com, berikut ini adalah beberapa penyebab kulit sensitif :

Gangguan kulit atau reaksi karena alergi

Gangguan kulit atau reaksi karena alergi pada kulit seperti eksim, rosacea, atau gangguan dermatitis

Kulit terlalu kering atau terluka

Kondisi demikian menyebabkan kulit tidak dapat melindungi ujung saraf dan memicu reaksi pada kulit

Paparan berlebihan

Faktor lingkungan yang merusak kulit seperti matahari, angin, atau panas dan dingin yang berlebihan

Faktor genetik, usia, jenis kelamin

Faktor genetik, usia, jenis kelamin, dan perbedaan ras adalah beberapa faktor yang belum diketahui secara jelas pengaruhnya terhadap kulit sensitif. Namun demikian, faktor tersebut masih berperan dalam menyebabkan reaksi kulit.

Simak video tentang senstifitas kulit berikut ini.

Produk Untuk Kulit Sensitif

Pahami karakteristik kulit

Kulit memang memiliki berbagai macam masalah yang berbeda-beda sesuai dengan jenis kulitnya. Berbagai macam masalah kulit mengancam sebagian besar penduduk indonesia. Masalah kulit diantaranya, kulit kusam, kulit berminyak, kulit berjerawat, kulit kering, dan kulit yg sensitif alergi.

Masalah yang sangat merepotkan bagi orang yang memiliki kulit sensitif adalah ketika kulit wajahnya berjerawat dan kusam. Tidak berbeda dengan jenis kulit kering & berminyak, kulit yg sensitif pun perlu solusi perawatan ekstra.

Hati-hati sebelum membeli produk

Solusi untuk masalah kulit sensitif adalah selektif dalam membeli dan memakai produk kecantikan, termasuk obat herbal tradisional ataupun yang kimiawi. Beberapa orang menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti pelembab. Jadi, anda tidak perlu menormalkan tipe kulit sensitif anda.

Cara mengatasi kulit wajah sensitif dari jerawat secara alami yang benar perlu anda ketahui dengan membaca artikel ini. Dengan mengetahui apa itu penyebab kulit wajah sensitif, maka anda dapat menerapkan cara merawat dan memutihkan/mencerahkan kulit tersebut.

Mengobati jerawat pada kulit wajah sensitif agar cepat sembuh memerlukan kehati-hatian. Produk kecantikan dengan kandungan vitamin untuk kulit berjerawat juga perlu diuji kecocokannya dengan kulit. Hati hati dalam memilih produk kecantikan, sekalipun merk produk tersebut adalah wardah atau oriflame yang sudah terkenal. Baca review positif dan negatif dari pemakai produk kecantikan tersebut.

Jangan gunakan produk yg bikin alergi kulit

Selain itu, anda juga perlu memperhatikan produk kecantikan yang anda gunakan untuk perawatan. Jika menggunakan produk tersebut kulit anda menjadi terasa berbeda dari biasanya (terasa gatal, menjadi kemerahan), maka sebaiknya hindari produk tersebut. Jika anda memiliki jenis kulit super/hiper/sangat sensitif, maka dengan takaran kosmetik sedikit saja (lebih sedikit dari kulit sensitif) sudah mempengaruhi kulit anda.

Kosmetik Untuk Kulit Sensitif

Kulit wajah sensitif mudah sekali terganggu dengan hal-hal seperti konsumsi makanan, kosmetik atau pelembab wajah. Maka dari itu bagi yang memiliki kulit yang sensitif harus benar berhati-hati dalam memilih kosmetik dan pelembab wajah. Haruslah dicocokkan dengan jenis kulit  agar tidak semakin parah.

Tips untuk kulit sensitif dan berjerawat

Ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh anda yang memiliki kulit sensitif.

Konsumsi vitamin C

Sebanyak mungkin mengkonsumsi vitamin C. Vitamin C memiliki manfaat mempercantik kulit dari dalam. Selain itu, vitamin C termasuk tips alami tanpa adanya efek samping kimia. Kulit wajah sensitif juga dapat disiasati dengan konsultasi pada dokter kulit. Biasanya disarankan untuk melindungi dengan tabir surya, dikarenakan tabir surya memiliki khasiat untuk perawatan semua jenis kulit.

Konsumsi makanan untuk kulit sensitif

Cara mengatasi kulit wajah sensitif yang pertama adalah mengkonsumsi makanan dengan asupan rempah anti peradangan. Seperti, kunyit, jahe, kayu manis, lada hitam dll. Dikarenakan rempah bisa membantu mengatasi peradangan pada kulit serta mencegah timbulnya garis kerutan pada wajah. Bahan kecantikan alami dan diolah secara tradisional relatif lebih aman digunakan bila dibandingkan dengan produk kosmetik sintetis.

Jaga kebersihan kulit wajah

Gunakan pembersih wajah bentuk lotion untuk mengangkat kotoran pada kulit. Itu adalah Cara mengatasi kulit wajah sensitif yang kedua. Hindari penggunaan foam yang mengandung scrub, karena akan memperparah kulit sensitif.

Kurangi pemakaian kosmetik sintetis

Cara mengatasi kulit wajah sensitif yang selanjutnya adalah mengurangi pemakaian kosmetik berbahan kimia. Bagi wanita, setiap harinya bisa memakai 5 macam produk kecantikan. Bila dihitung sudah berapa macam bahan kimia yang terkandung dalam kulit wajah Anda. Wajar jika kulit merasa gatal-gatal, memerah dan terjadi iritasi.

Simak video tentang cara mengatasi kulit sensitif berikut ini.

Jasa Maklon Kosmetik dan Sabun Kecantikan

Bagi anda pengusaha kosmetik yang membutuhkan tambahan varian produk, silakan membeli jasa maklon sabun kami, salah satunya sabun beras. Kami telah memproduksi aneka sabun seperti sabun transparan, sabun cair, sabun batang, dan jenis sabun herbal lainnya. Selain sabun, kami juga memproduksi kosmetik seperti lotion, cream, scrub, butter dan masker. Semua produk terdaftar di Badan POM.

Jika anda berminat untuk menggunakan jasa maklon sabun kecantikan, silakan hubungi kami. Kami akan infokan harga, biaya dan syarat maklon kosmetik sabun kecantikan kepada anda. Perbesar bisnis kosmetik anda dengan menggunakan jasa kami.

Nah…bagi Anda yang mengalami gangguan kulit sensitif, lebih baik hindari hal-hal seperti dalam penjelasan diatas. Agar kulit sensitif Anda lekas pulih dan tidak menganggu aktifitas keseharian Anda. Semoga ulasan mengenai kulit wajah sensitif bermanfaat bagi pembacanya. Selamat mencoba.

4.8/5 - (25 votes)

2 komentar untuk “Kulit Sensitif: Apa itu, Penyebab +Cara Mengatasi Kulit Sensitif”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WeCreativez WhatsApp Support
Business Consultant
Halo, dengan Damai sebagai Business Consultant di sini. Ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top