fbpx

11 Contoh Kemasan Kosmetik Ini Bisa Jadi Inspirasi Anda

Munculnya beragam merek kosmetik yang ada di pasaran tak dipungkiri menimbulkan persaingan yang semakin ketat. 

Agar produk kosmetik Anda dilirik konsumen dan memiliki nilai jual lebih, tentu ada beberapa faktor yang harus diperhatikan, salah satunya adalah kemasan kosmetik. 

Kemasan suatu produk kosmetik disebut menjadi faktor penting karena berperan dalam mempengaruhi citra dan membentuk kesan pertama terhadap brand Anda. 

Bahkan melansir sebuah penelitian pada Global Journal of Business Research, 70% keputusan pembelian dibuat saat melihat kemasan produk. Maka dari itu, kemasan produk telah diidentifikasi sebagai metode komunikasi utama dan telah berkembang dari waktu ke waktu.

Kemasan sendiri adalah pembungkus suatu produk yang menyimpan informasi mengenai produk dan produsennya. Desain atau kemasan produk yang dipilih konsumen biasanya melibatkan respons psikologis yang dibagi menjadi respons kognitif dan respons afektif. 

Respon kognitif adalah respon yang muncul sebagai persepsi visual yang memproses diferensiasi unsur-unsur, sedangkan respon afektif mengevaluasi berbagai alternatif yang mungkin dihadirkan suatu produk untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan mereka.

Kemasan kosmetik yang menarik bahkan dapat merangsang perilaku pembelian impulsif konsumen, meningkatkan pangsa pasar, hingga mengurangi biaya promosi. 

Bukan tanpa alasan, hal ini disebabkan karena setiap manusia pada hakikatnya menemukan kesenangan melalui penggunaan indera penglihatan mereka. Dengan demikian, manusia menemukan keindahan visual dalam objek yang beragam termasuk desain kemasan.

Maka dari itu, sebagai seseorang yang ingin membangun brand kosmetik, Anda harus memperhatikan kemasan kosmetik seperti apa yang akan meningkatkan minat beli konsumen. Yuk, ketahui selengkapnya tentang tren dan contoh kemasan kosmetik yang berpotensi diminati berikut ini. 

Tren Kemasan Kosmetik Seperti Apa yang Akan Berkembang?

Melansir dari situs resmi WGSN, salah satu pelopor industri peramalan tren, menyebutkan bahwa tren kemasan kosmetik akan berkembang menuju kemasan yang mementingkan kesederhanaan, keberlanjutan (sustainable) dengan desain yang cerdas. 

Bukan hanya sekadar informatif, tren kemasan kosmetik juga akan bertujuan untuk mengurangi limbah. Tren ini disebut dengan design wise

Design wise didorong oleh permintaan konsumen yang meningkat akan produk, pengalaman, dan sistem yang lebih cerdas, lebih sederhana, dan lebih berkelanjutan. 

Dalam bidang kecantikan, kemasan kosmetik akan berfokus pada detail fungsional yang praktis dan mengutamakan kenyamanan dari segi kemudahan penggunaan. 

Warna desain kemasan yang digunakan juga cenderung memilih warna yang percaya diri dan jelas, baik secara keseluruhan atau sebagai aksen. Menurut WGSN, berikut adalah salah satu desain kosmetik yang menerapkan design wise.

kemasan kosmetik

Selain itu, konsep meminimalisir limbah dengan menyederhanakan rutinitas kecantikan akan menjadi kunci utama di tahun 2023, karena orang-orang berupaya membatasi dampak plastik terhadap planet ini dengan mengurangi tingkat konsumsi. 

Kemasan akan dapat digunakan kembali, dapat diisi ulang, dan membatasi limbah produk. Kemasan ini tentu lebih menarik bagi konsumen yang menerapkan nilai-nilai ramah lingkungan. Berikut adalah beberapa contohnya.

kemasan kosmetik cair
kemasan kosmetik
kemasan kosmetik pasta

Warna yang sederhana tapi meyakinkan diprediksi akan berkembang di masa depan, karena konsumen mencari ketenangan dalam kehidupan sehari-hari. 

Anda dapat menerapkan kemasan dengan satu warna yang mengubah produk terlihat sebagai kesatuan dari potongan-potongan yang menarik. Berikut adalah beberapa contoh kemasan dengan warna yang sederhana dan monoton. 

Itu lah beberapa contoh kemasan kosmetik yang bisa menjadi inspirasi untuk produk Anda.

Tertarik membuat desain kemasan yang sesuai tren? Percayakan saja pada jasa maklon kosmetik ADEV! Anda bisa memilih desain kemasan sesuai dengan selera serta konsep brand yang ingin dibangun. 

Jasa desain kemasan ADEV juga memiliki tim Quality Control tersendiri agar desain yang dibuat dapat memenuhi ketentuan klaim dan standar BPOM.

Tunggu apa lagi? Yuk, mulai berbisnis kosmetik bersama jasa maklon kosmetik ADEV, ciptakan produk kosmetik impian dengan brand Anda sendiri, dan raih keuntungan besar! 

Klik tombol di bawah ini dan isi formulirnya untuk berkonsultasi dengan Business Consultant ADEV!

Please rate this post

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WeCreativez WhatsApp Support
Business Consultant
Halo, dengan Damai sebagai Business Consultant di sini. Ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top