fbpx

Desain Kemasan yang Bisa Bikin Produk Kosmetik Anda Makin Laris

Desain kemasan menjadi salah satu aspek penting yang tidak bisa dipisahkan dari produk kosmetik itu sendiri. 

Bagaimana tidak? Desain kemasan bisa berperan sebagai daya tarik dan perangkap emosional yang bahkan bisa menciptakan adanya keputusan pembelian oleh konsumen. 

Desain kemasan juga merupakan hal pertama yang dilihat konsumen dan memainkan peran penting dalam membedakan produk kosmetik Anda dari pesaing. 

Bahkan, menurut studi dalam Journal of Business Strategies, konsumen sangat dipengaruhi oleh kemasan suatu produk yang mereka pertimbangkan untuk membeli.

Lalu, desain kemasan seperti apa yang bisa membuat produk kosmetik Anda semakin laris dan banyak dibeli? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini. 

Desain Kemasan Minimalis Diprediksi Jadi Tren 2021

Awal tahun merupakan saat yang tepat untuk mengadopsi tren kecantikan 2021 karena bisa sekaligus menjadi inovasi bisnis Anda. Melansir Pinterest Predicts, salah satu tren kecantikan yang diprediksi akan berkembang di tahun 2021 adalah skinimalism

Pinterest mendefinisikan ‘skinimalism‘ sebagai praktik minimalis dari rutinitas kecantikan dengan membiarkan tekstur kulit alami bersinar dengan sendirinya. 

Pebisnis bisa mengadopsi tren skinimalism dengan membuat produk skincare yang bermanfaat untuk membuat kulit menjadi cerah serta bersinar. 

Salah satu aspek penting yang tak bisa dilupakan untuk menyelaraskan tren skinimalism adalah desain kemasan produk kosmetik yang dibuat minimalis dan sederhana. 

Gaya desain minimalis adalah gaya artistik yang ditandai dengan tidak adanya elemen visual yang tidak perlu. Dalam beberapa tahun terakhir, gaya desain minimalis telah menjadi mode, ditandai dengan banyak brand merevisi logo mereka ke arah minimalis. 

Walaupun jauh dari kata ramai, desain kemasan minimalis yang berfokus pada kesederhanaan dan skema warna yang bersih justru membantu brand lebih menonjol dari yang lain dan memberikan kesan klinis pada suatu brand. 

Desain kemasan minimalis selaras dengan konsep keseluruhan skinimalism yang bertujuan untuk menghemat waktu, uang, dan hal-hal lain yang tidak perlu. 

Contoh desain kemasan minimalis banyak digunakan dalam produk kosmetik dan skincare asal Korea Selatan.  Berikut di antaranya:

  • Save
sumber: dear_klairs Instagram
desain kemasan
  • Save
sumber: COSRX Official Instagram
  • Save
sumber: Benton Official Instagram

Nah, desain-desain kemasan di atas terlihat sederhana tetapi tetap elegan, bukan? Anda juga bisa membuat desain kemasan seperti di atas untuk produk Anda sendiri dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini:

Menguasai kesederhanaan (Mastering simplicity)

Dalam hal desain grafis untuk kemasan, kesederhanaan memainkan peran penting dalam memandu konsumen untuk memahami suatu produk. Semakin sedikit elemen yang digabungkan, semakin baik pemahaman yang akan dicapai.

Desain kemasan produk kosmetik yang baik dan fungsional harus selalu menyenangkan untuk dilihat dan mudah digunakan. Jika ada elemen grafis yang secara negatif mempengaruhi keterbacaan atau kegunaan desain produk, elemen tersebut harus diganti atau dihilangkan.

Menghargai netralitas (Appreciating neutrality)

Minimalisme mengatur penggunaan warna yang terbatas, sehingga harus cermat dalam mengeksplor palet warna. Namun, bukan berarti ada warna yang dilarang digunakan dalam desain kemasan yang minimalis. 

Dengan penggunaan kontras yang dipikirkan secara matang, desain kemasan dapat menggunakan sentuhan warna-warna cerah untuk menarik perhatian ke elemen yang paling penting. 

Kontras sendiri terjadi apabila terdapat perbedaan antara dua atau lebih elemen desain yang berlawanan. Kontras paling umum adalah hitam vs putih, gelap vs terang, besar vs kecil, tradisional vs modern, dan seterusnya.

Prinsip ini dapat memandu orang-orang yang melihatnya, sehingga setiap sisi desain dapat dibaca atau dilihat.

Selain kontras, hal yang juga perlu diingat adalah desain kemasan minimalis hanya memperbolehkan font yang sederhana dan mudah dibaca. Tipografi ekspresif, aneh, dan mencolok sebaiknya dihindari. Perhatikan juga penggunaan kombinasi font yang berbeda. 

Mencapai keseimbangan (Achieving balance)

Balance (keseimbangan) memberikan struktur dan stabilitas pada desain secara menyeluruh. Agar dapat memahaminya dengan baik, cobalah anggap bahwa, di setiap elemen-elemen desain memiliki bobot.

Baik itu shape, teks, dan image merupakan elemen utama yang membentuk desain Anda, jadi sangat disarankan untuk terbiasa dalam memperhatikan bobot visual yang dimiliki masing-masing elemen.

Keseimbangan elemen tidak harus selalu dengan ukuran yang sama rata, tetapi lebih tepatnya ke arah keseimbangan simetris dan asimetris.

Keseimbangan simetris adalah ketika bobot elemen dibagi secara merata pada kedua sisi desain, sedangkan keseimbangan asimetris adalah penggunaan skala, kontras, dan warna untuk mendapatkan flow dalam desain.

Harmoni visual antara semua elemen grafis adalah aspek penting lainnya dari desain kemasan minimalis. Keseimbangan sebagai tujuan desain sesuai dengan hubungan antara bentuk, warna, dan ruang negatif, yang perlu didistribusikan dengan tepat ke seluruh tata letak. 

Menetapkan hierarki (Establishing hierarchy)

Hierarki visual membantu konsumen mengikuti jejak elemen yang direncanakan, memberi tahu mereka bagian informasi mana yang harus dilihat pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya. Elemen desain seperti warna, ukuran, komposisi, dan tipografi memainkan peran penting dalam menetapkan hierarki dan menetapkan prioritas visual.

Visual hirarki dalam suatu desain  didapat dengan beberapa cara yang antara lain:

  1. Menggunakan font yang lebih besar atau tebal untuk judul.
  2. Isi pesan utama ditempatkan lebih tinggi dari isi teks lainnya.
  3. Memberikan fokus tersendiri terhadap gambar yang lebih besar, detil, lebih berwarna ketimbang gambar yang kurang relevan.

Menaklukkan ruang negatif (Conquering negative space)

Salah satu elemen desain yang paling menarik, terutama yang penting dalam desain minimalis, adalah ruang negatif. Ruang negatif umumnya berwarna putih, bisa juga warna lain. 

Desain kemasan minimalis mengatur perencanaan banyak ruang negatif dalam desain, untuk membantu menyeimbangkan dan menonjolkan elemen desain yang selaras.

Seiring tren desain kemasan minimalis yang terus tumbuh dan berkembang, besar kemungkinan hal itu akan menjadi lebih disederhanakan dan menggunakan lebih sedikit bahan. Pada akhirnya desain minimalis yang sederhana akan menciptakan dampak yang minim untuk lingkungan.

Desain kemasan minimalis sangat cocok untuk Anda yang mengusung prinsip produk kosmetik ramah lingkungan. Pebisnis seperti Anda dapat menggunakan desain ini dan mengurangi jumlah bahan dalam kemasan produk, menggunakan lebih sedikit tinta, cat, maupun label. 

Hal tersebut terjadi karena kemasan minimalis hanya menggunakan dua warna atau kurang dalam desainnya. Dengan menggunakan pilihan warna kontras tinggi dan variasi kombinasi warna yang lebih sedikit, desain kemasan minimalis dapat menjadi perhatian konsumen yang berjiwa lingkungan.

Adanya inovasi dalam desain kemasan bisa mendukung bisnis kosmetik Anda untuk terus relevan dengan perkembangan zaman. Anda tentu tak mau produk yang dijual malah ditinggalkan, bukan? 

Maka dari itu, sepatutnya pebisnis seperti Anda dapat mengikuti desain minimalis yang bisa menjadi aspek pendukung tren kecantikan di tahun 2021 ini. 

Lantas, bagaimana jika Anda ingin membuat desain kemasan produk kosmetik tetapi tak memiliki keahlian dalam desain? Berikut ini solusinya!

Jasa Pembuatan Desain Kemasan Produk Kosmetik

cara maklon kosmetik
  • Save

Tertarik membuat desain kemasan yang minimalis dan elegan untuk produk kosmetik Anda? Percayakan saja pada jasa maklon kosmetik ADEV! Anda bisa memilih desain kemasan sesuai dengan selera serta konsep brand yang ingin dibangun. 

ADEV, sebagai perusahaan maklon kosmetik, melayani proses pembuatan produk kosmetik, mulai dari konsultasi, pembuatan sampel, pengurusan izin legalitas kosmetik (HAKI, BPOM, dan Halal), hingga desain kemasan. 

Jasa desain kemasan ADEV juga memiliki tim Quality Control tersendiri agar desain yang dibuat dapat memenuhi ketentuan klaim dan standar BPOM.

Bersama jasa maklon kosmetik ADEV, Anda akan menerima produk kosmetik yang siap untuk dipasarkan. Tak perlu lagi repot untuk mengurus desain kemasan, pembuatan produk di pabrik, dan legalitas produk kosmetik seorang diri. 

Tunggu apa lagi? Yuk, mulai berbisnis kosmetik bersama jasa maklon kosmetik ADEV, ciptakan produk kosmetik impian dengan brand Anda sendiri, dan raih keuntungan besar di pasaran! 

Klik tombol di bawah ini dan isi formulirnya untuk berkonsultasi dengan Business Consultant ADEV!

0 Shares

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WeCreativez WhatsApp Support
Business Consultant
Halo, dengan Ira sebagai Business Consultant di sini. Ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top
Copy link
Powered by Social Snap