fbpx

Apa itu Distributor Kosmetik? Keuntungan Jadi Distributor

Distributor kosmetik adalah orang atau organisasi yang membeli produk kosmetik dari pabrikan/manufacturer (biasa disebut sebagai produsen atau prinsipal) dan dijual kembali atas nama dirinya sendiri.

Untuk menjadi distributor kosmetik Adev itu cukup mudah. Kamu cukup membeli layanan jasa maklon Adev, apapun jenis produknya.

Pelajari caranya di sini.

Saluran Distribusi Kosmetik

saluran distribusi kosmetik & produk secara umum

Elemen pokok dalam suatu sistem distribusi produk adalah supplier, manufacturer, wholesaler, retailer, dan customer. Setiap elemen mempunyai fungsi dan peran tersendiri.

Bentuk retailer dalam saluran distribusi produk adalah supermarket, department store, toko obat dan farmasi, specialty stores, salon kecantikan, pasar online, and pemasaran produk MLM.

Untuk mendapatkan barang, biasanya distributor harus memenuhi perjanjian distribusi terlebih dahulu dengan produsen.

Distributor mendapat keuntungan dari margin atau selisih harga pembelian dari produsen dan harga penjualan kepada konsumen.

Bila mau maklon produk kosmetik di Adev, maka mitra diwajibkan untuk mencantumkan keterangan tentang lingkup pekerjaan berupa “menjual atau mendistribusikan kosmetik” di dalam akta pendirian perusahaan. Jika belum tercantum, akta perusahaan harus diperbarui.

Keuntungan Kerjasama dengan Distributor Kosmetik Terdekat

Dalam dunia usaha, biasanya pebisnis mencari distributor kosmetik terdekat dengan kota dimana dia tinggal.

Harga Kosmetik Lebih Murah

Distributor adalah pihak yang mendapatkan produk dengan harga pabrik. Tentunya mereka akan mendapatkan harga termurah. Bila produk dijual kembali, maka keuntungannya lebih maksimal.

Bila menggunakan sistem keagenan, maka harga produk di saluran distribusi di bawahnya akan lebih tinggi. Hal ini wajar untuk menjaga sistem bisnis tetap sehat.

Sistem keagenan atau reseller akan memudahkan distributor untuk memasarkan produknya. Karena mendapatkan harga pabrik, distributor biasa membeli produk dalam jumlah besar.

Hemat ongkir

Ongkos kirim atau ongkir adalah elemen biaya yang harus diminimalisir. Untuk menghemat biaya kirim ongkos kirim, sebaiknya kamu mencari distributor kosmetik terdekat.

Komplain lebih cepat dan mudah

Tidak selamanya, bisnis yang dijalankan berjalan lancar sesuai rencana. Ada kalanya, satu waktu mengalami permasalahan. Misalnya, saja produk cacat atau tidak sesuai pesanan atau ditemukannya produk palsu.

Dengan bekerjasama distributor kosmetik yang dekat lokasinya, maka permasalahan tersebut dapat diselesaikan secara tatap muka dengan lebih cepat.

Kamu bisa mengunjungi pabrik/perusahaan distributor dan menyampaikan permasalahan yang kamu hadapi. Kamu pun bisa mendapatkan solusi terbaik dengan lebih cepat.

Bisa order dalam jumlah besar

Jika mendapatkan distributor kosmetik tangan pertama, maka kamu bisa order produk dalam jumlah besar. Harga pun bisa lebih turun.

Penjual yang menjual kosmetik dengan sistem reseller, keagenan, dan dropship tentu memerlukan pasokan yang stabil.

Pastikan kamu kerjasama dengan distributor terpercaya, sehingga masalah kehabisan produk (out of stock) tidak terjadi, terlebih di saat pembelian produk lagi tinggi-tingginya.

Produk Terdaftar BPOM

Distributor kosmetik tentunya sudah memastikan bahwa produk yang dia pasarkan adalah legal, yakni terdaftar BPOM. Bila sudah terdaftar BPOM, maka produk tersebut disyaratkan memenuhi Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik (CPKB).

Kecurangan dalam Distribusi Kosmetik

Pemalsuan produk

Distributor Kosmetik dan Alat Kecantikan Murah di Jakarta dan Surabaya

Sebagai distributor, pernah mendapat komplain konsumen bahwa produk yang mereka beli tidak sesuai dengan ekspektasi?

Bisa jadi produk tersebut terindikasi palsu. Kamu harus hati-hati.

Kadangkala, untuk mendapatkan keuntungan berlipat pelaku dalam saluran distribusi memalsukan produk. Pelakunya bisa berasal dari distributor, grosir/agen, hingga penjual eceran.

Buat kamu yang menjadi distributor kosmetik Adev (baca: beli jasa maklon), maka kamu akan mendapatkan tools untuk cek keaslian produk.

Dengan tools cek produk Adev ini, kamu bisa melindungi bisnis kamu dari resiko pemalsuan produk. Selain itu, customer kamu pun bisa merasa lebih aman ketika produk yang dibeli adalah asli.

Permainan harga

Secara psikologis, konsumen selalu mencari harga termurah saat membeli produk.

Karena alasan tersebut, beberapa oknum distribusi mempermainkan harga karena mereka mendapat pasokan produk ilegal (palsu).

Padahal, ada 3 hal yang tidak akan kamu peroleh saat membeli produk, yaitu murah, cepat dan bagus.

Kalau pengen barang murah dan bagus, bisa jadi proses pelayanan lambat karena banyak yang antri beli.

Jika customer kamu melaporkan harga yang tidak wajar, maka kamu patut waspada. Pasalnya, jika dibiarkan akan mengganggu omzet bisnis kamu secara keseluruhan.

Jika kamu maklon di adev, kamu bisa melacak agen kamu yang nakal dengan menggunakan bantuan tools authentic checker.

Tips Menjadi Distributor yang Sukses

  • Menjaga barang selalu ready stock
  • Manfaatkan layanan platform B2B
  • Meningkatkan kemampuan pegawai
  • Jangan menggunakan harga sebagai faktor kunci dalam persaingan
  • Usahakan layanan pesanan customer sesingkat mungkin
  • Menjaga hubungan baik dengan customer

Catatan:

Cara menjadi distributor Adev adalah seperti halnya cara menjadi supplier tangan pertama.

5/5 - (17 votes)

8 komentar untuk “Apa itu Distributor Kosmetik? Keuntungan Jadi Distributor”

    1. Silahkan anda hubungi pemilik merk produk kosmetik yang bersangkutan dan sampaikan bahwa anda ingin memasarkan produk mereka. Misalnya anda menghubungi Klinskin, PT HNI atau sejenisnya.

      Adev, adalah produsen kosmetik dan saat ini tidak menjual produk yang mereknya milik klien.

      Makasih

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mau bisnis kosmetik merek sendiri?

WeCreativez WhatsApp Support
Business Consultant
Halo, dengan Damai sebagai Business Consultant di sini. Ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top