fbpx

Kosmetik Aman BPOM: Pengertian dan Daftar Kosmetik Tidak Berbahaya

Produk kosmetik sejatinya digunakan untuk memperbaiki penampilan menjadi lebih menarik. Kini, beragam produk kosmetik telah tersebar di pasaran dan bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. 

Namun, pastikan bahwa produk yang Anda pilih merupakan kosmetik aman BPOM dan telah memiliki izin legalitas. 

Penggunaan kosmetik yang aman tentu akan membawa manfaat yang baik untuk kulit. Lain halnya dengan produk kosmetik abal-abal yang bisa membahayakan kesehatan Anda. 

Agar tak keliru memilih kosmetik, yuk, ketahui penjelasan selengkapnya tentang kosmetik aman BPOM berikut ini. 

Pengertian Kosmetik Aman BPOM

Kosmetika adalah bahan atau sediaan yang dimaksudkan untuk digunakan pada bagian luar tubuh manusia (epidermis, rambut, kuku, bibir, dan organ genital bagian luar) atau gigi dan membran mukosa mulut terutama untuk membersihkan, mewangikan, mengubah penampilan, memperbaiki bau badan dan melindungi atau memelihara tubuh pada kondisi baik.

Kosmetik dapat dikatakan aman ketika menggunakan bahan yang memenuhi standar dan persyaratan mutu serta persyaratan lain yang harus ditetapkan. 

Kosmetik juga harus diproduksi dengan menggunakan cara pembuatan kosmetik yang baik dan sesuai dengan prosedur. Tak kalah penting, produk kosmetik harus terdaftar dan mendapatkan izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan. 

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sendiri merupakan lembaga pemerintah di Indonesia yang bertugas melakukan regulasi, standarisasi, dan sertifikasi produk makanan dan obat yang mencangkup keseluruhan aspek pembuatan, penjualan, penggunaan, dan keamanan makanan, obat-obatan, kosmetik, dan produk lainnya.

Dengan kata lain, kosmetik aman BPOM dapat diartikan sebagai kosmetik yang telah diproduksi dan diedarkan dengan memenuhi standar keamanan, manfaat, mutu, penandaan, klaim dan notifikasi. 

Kriteria Kosmetik Aman Menurut BPOM

Kosmetik dapat dikatakan sebagai kosmetik yang legal ketika memenuhi 3 kriteria berikut ini:

Memiliki Kemasan Produk Sesuai Standar

kosmetik aman bpom
  • Save

Keputusan Kepala BPOM Republik Indonesia Nomor Hk.00.05.4.1745 Tentang Kosmetik mendeskripsikan tentang kemasan. Dalam ketentuan tersebut, kemasan produk kosmetik yang sesuai standar terdiri dari  kemasan primer dan sekunder. 

Kemasan primer adalah kemasan yang bersentuhan langsung dengan isi, sedangkan kemasan sekunder adalah kemasan yang tidak bersentuhan langsung dengan isi (pembungkus). 

PT ADEV Natural Indonesia sebagai jasa maklon yang berstandar BPOM dan CPKB, sudah melaksanakan ketentuan tersebut. Seluruh produk kosmetik yang diproduksi oleh ADEV telah dipastikan memiliki kemasan yang baik dan sesuai standar. 

Kemasan yang baik dan sesuai standar ini bertujuan agar produk kosmetik tetap terjaga kualitasnya dan tidak terkontaminasi bahan-bahan dari luar sampai diterima oleh konsumen. 

Setiap kosmetik diwajibkan oleh peraturan untuk mencantumkan Penandaan/ Label yang benar pada kemasan, meliputi:

  • Nama produk.
  • Nomor batch atau kode produksi.
  • Nama dan alamat lengkap pemohon notifikasi.
  • Nama dan negara produsen (untuk kosmetika impor).
  • Netto.
  • Komposisi.
  • Tanggal kedaluwarsa.
  • Kegunaan dan cara penggunaan dalam Bahasa Indonesia, kecuali untuk produk yang sudah jelas penggunaanya.

Memiliki Izin Edar Kosmetika

kosmetik aman bpom
  • Save

Setiap kosmetika yang diedarkan di wilayah Indonesia wajib memiliki izin edar berupa notifikasi dari Kepala Badan POM. 

Nomor notifikasi dari Badan POM ditandai dengan kode N diikuti 1 huruf dan 11 digit angka. Pastikan Anda memilih kosmetik yang sudah memiliki NA karena hal tersebut sebagai salah satu tanda kosmetik aman BPOM. 

Namun, Anda tetap perlu berhati-hati karena maraknya peredaran kosmetik berbahaya seperti kosmetik palsu yang meniru produk yang sudah memiliki legalitas. 

Mencantumkan Kedaluwarsa

Kedaluwarsa adalah istilah untuk sesuatu yang sudah melewati batas waktu. Kosmetik aman BPOM harus mencantumkan tanggal kedaluwarsa untuk melindungi konsumen dari produk yang tidak layak digunakan. 

Pelaku usaha dilarang memproduksi dan memperdagangkan barang atau jasa yang tidak mencantumkan tanggal kedaluwarsa atau jangka waktu penggunaan yang paling baik atas barang tertentu. 

Meskipun pencantuman masa kedaluwarsa menjadi tanggung jawab pelaku usaha yang menjalankan kegiatan usaha, sebagai konsumen sebaiknya Anda teliti kembali tanggal kedaluwarsa kosmetik sebelum membeli. 

Daftar Kosmetik yang Aman Menurut BPOM

Dari ketiga kriteria di atas, berikut adalah kosmetik aman yang terdaftar di BPOM dan diproduksi oleh perusahaan maklon kosmetik PT ADEV Natural Indonesia:

Kedas Beauty

  • Save

Kedas Beauty adalah salah satu brand kosmetik aman BPOM yang mempercayakan produksinya maklon sabun ADEV. 

Produknya yang paling dikenal adalah Kedas Brightening Soap, yaitu sabun kecantikan yang memiliki manfaat untuk mencerahkan dan membuat wajah lebih lembap. Karena manfaatnya tersebut, Kedas Brightening Soap sudah terjual sebanyak ratusan ribu produk. 

Tak perlu khawatir soal legalitas, karena Kedas Brightening Soap yang diproduksi ADEV sudah memiliki NA BPOM dan dibuat dengan mengikuti standar BPOM serta CPKB. 

Klinskin

cerita sukses
  • Save

Produk Klinskin seperti Klinskin Beauty Soap, Klinskin Acne Soap, dan Klinskin Whitening Hand & Body Lotion merupakan kosmetik aman BPOM. 

Klinskin adalah salah satu mitra ADEV yang sukses dalam berbisnis kosmetik. Kisah sukses brand Klinskin bisa Anda jadikan sebagai inspirasi dalam memulai bisnis kosmetik, lho.

Rodeos

Produk Rodeos seperti Rodeos Charcoal Soap dan Rodeos Facial Treatment merupakan kosmetik aman BPOM yang diproduksi oleh maklon kosmetik ADEV. 

Rodeos awalnya di-branding sebagai brand kosmetik khusus pria. Ingin membantu lebih banyak orang yang bermasalah dengan jerawat, kini Rodeos melakukan re-branding sebagai kosmetik yang bisa digunakan oleh pria dan wanita. 

Penggunaan bahan aktif charcoal dan aloe vera yang berkualitas tersebut terbukti membuat sabun Rodeos sangat diterima masyarakat, baik pria maupun wanita.

Itulah beberapa merk kosmetik aman BPOM di Indonesia dan juga halal yang bisa Anda pilih untuk menunjang penampilan sehari-hari agar lebih menarik. 

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, sahabat ADEV!

0 Shares

1 komentar untuk “Kosmetik Aman BPOM: Pengertian dan Daftar Kosmetik Tidak Berbahaya”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WeCreativez WhatsApp Support
Business Consultant
Halo, dengan Ira sebagai Business Consultant di sini. Ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top
Copy link
Powered by Social Snap