fbpx

Bahan Kosmetik Alami yang Mudah Ditemui

Tahukah kamu bahwa produk kosmetik alami tanpa bahan kimia lebih disukai wanita remaja masa kini?

Tentunya, kesehatan menjadi alasan utama mengapa bahan kosmetik alami lebih dipilih.

Dalam artikel ini kami akan mengulas beberapa kosmetik dari bahan alami yang mudah dibuat sendiri di rumah.

Apa itu Bahan Kosmetik Alami?

Bahan kosmetik alami adalah bahan nabati dan hewani yang digunakan dalam formula produk kosmetik. Bahan alami tersebut dapat diperoleh dari organ hewan maupun bagian tanaman/ tumbuhan (baik darat dan laut).

Beberapa bagian hewan yang diambil untuk bahan kosmetik adalah tulang, sumsum, kulit, air mata, cakar dan lain sebagainya. Selanjutnya, bahan tersebut diproses menjadi ekstrak kolagen atau gelatin.

Jika diamati produk kosmetik dari bahan alami masih jarang dijumpai di pasaran. Hal itu terlihat dari pajangan produk di etalase toko kosmetik yang didominasi oleh produk branded yang import.

Sejatinya, mengutip dari laman OmicsOnline.org, leluhur bangsa Indonesia telah menggunakan bahan kosmetik alami sejak dulu kala. Mereka memanfaatkan khasiat obat (herbal) dalam tanaman menjadi produk kecantikan.

Selain kulit terawat, produk kosmetik dari bahan alami juga bermanfaat untuk pengobatan penyakit kulit, menetralisir racun dalam tubuh, dan menyehatkan badan.

Kelebihan Bahan Kosmetik Alami

Lebih aman digunakan

Menurut penuturan pakar, kosmetik dari bahan alami lebih aman digunakan.

Umumnya bahan alami untuk kosmetik bersifat antialergi (sesuai dengan hasil uji ahli kulit dermatologist). Karena itu, masalah ruam atau iritasi (kulit gatal) karena alergi bisa diminimalisir.

Bisa diaplikasikan untuk semua jenis kulit

Hampir semua kosmetik dari bahan alami bisa diaplikasikan untuk semua jenis kulit. Tidak peduli apakah anda gelap atau terang, kering atau berminyak.

Warna alami pada kosmetik yang diperoleh dari tumbuhan lebih aman digunakan untuk kulit.

Banyak pilihan jenis produknya

Anda dapat menjumpai bahan kosmetik alami dari nabati/hewani pada foundation, eye shadow, lipstik, blush on, maskara, concealer dan banyak lagi lainnya.

Minim efek samping

WHO memperkirakan sekitar 80% dari populasi dunia menggantungkan perawatan kesehatan mereka pada produk dari bahan alami. Alasannya adalah lebih minim efek samping.

Bahan kimia dalam kosmetik dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan jerawat. Contohnya adalah pengawet, paraben. Paraben dapat mengganggu fungsi hormon (gangguan endokrin).

Selengkapnya baca artikel kami tentang bahan berbahaya dalam kosmetik.

Harganya lebih murah

Kosmetik Alami : Bahan alam yang aman dan halal untuk kulit wajah

Kosmetik alami dari bahan nabati/alami termasuk murah.

Bahkan kamu bisa membuat kosmetik dari bahan yang ada di dapur atau tanaman di sekitar rumah. Misalnya saja kunyit, lidah buaya, alpukat, bubuk kopi atau daun teh.

Berikut ini ada beberapa bahan kosmetik alami yang dapat kamu coba untuk memperoleh kulit yang awet muda dan sehat. Kamu bisa menjadikannya jus atau masker untuk perawatan wajah.

Jenis Bahan Kosmetik Alami

Bahan Alami untuk Memutihkan Kulit Wajah dan Tangan Secara Cepat

Inilah beberapa bahan alami yang baik untuk membantu perawatan kulit.

Berikut kami tampilkan tabel nama buah yang baik untuk kulit

Nama Buah
Mekanisme
Apel
Asam malat membuat kulit awet muda dan kencang
Alpukat
Biotin atau vitamin B7 membantu regenerasi dan pertumbuhan sel
Pisang
Potasium melembabkan dan menghidrasi kulit
Kiwi
Vitamin C meningkatkan daya tahan tubuh
Lemon
Secara alami mencerahkan dan mengencangkan kulit
Pepaya
Enzim papain menangkal kerusakan kulit karena radikal bebas
Pomegranate
Antioksidan mengembalikan kerusakan kulit karena radikal bebas
Plum
Membantu sistem pencernaan untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh
Nanas
Enzim bromlin mengeksfoliasi kulit saat dioleskan
Stroberi
Antioksidan mencegah kulit keriput
Sumber data : caloriebee.com

Madu

Jika anda ingin menghilangkan bulu-bulu halus di wajah, maka anda bisa menggunakan madu.

Caranya sederhana. Anda cukup mengoleskan madu di wajah anda, lalu memijatnya secara perlahan selama kurang lebih 15 menit. Ketika seluruh wajah anda sudah dipijat dengan madu, maka tahap selanjutnya adalah dengan menggosokkan buah lemon ke seluruh wajah sampai kering, lalu membilasnya dengan bersih.

Selain dapat menghilangkan bulu-bulu halus, masker tersebut sangat baik karena dapat meremajakan sel kulit wajah dan mengangkat sel kulit yang mati.

Teh Hijau

Bahan alami yang satu ini tidak diseduh lalu diminum. Teh hijau bisa digunakan sebagai bahan pencuci wajah.

Kandungan dalam teh hijau sangat bagus digunakan sebagai bahan alami untuk mencuci wajah di pagi hari.

Mencuci muka dengan teh hijau dapat membantu menyegarkan kulit dan mengurangi jerawat wajah.

Lakukan hal tersebut secara rutin, maka masalah jerawat dan flek hitam kulit dapat teratasi dengan mudah.

Air Kelapa

Banyak orang yang masih membuang air kelapa karena mereka beranggapan jika air kelapa tidak memiliki manfaat. Padahal air kelapa memiliki banyak manfaat kesehatan dan juga kecantikan. Bagi anda yang ingin memiliki kulit wajah yang sehat, air kelapa salah satu solusinya.

Caranya juga cukup mudah.

Pertama, cucilah wajah anda dengan air bersih, setelah itu cuci kembali wajah anda dengan menggunakan air kelapa.

Nutrisi yang terkandung dalam air kelapa mampu untuk membantu menyingkirkan kotoran yang membandel pada wajah.

Susu

Susu dikenal sebagai bahan alami yang digunakan sebagai bahan perawatan kecantikan. Kandungan nutrisi dalam susu dapat membantu kulit wajah anda semakin cerah, lembut dan kenyal.

Untuk mendapatkan kulit wajah seperti itu anda wajib membasuh wajah anda dengan susu dingin untuk setiap harinya.

Jika anda melakukan perawatan ini secara rutin, maka anda bisa memperoleh wajah yang cantik dan sehat alami.

Satu pemanfaat susu yang cukup populer adalah untuk mandi. Dengan mandi susu secara teratur, maka kulit menjadi lebih putih/cerah dan terawat.

Susu juga dapat digunakan untuk membasuh muka. Tuangkan beberapa tetes susu pada sapu tangan, lalu gunakan untuk mengusap wajah dengan perlahan. Perawatan ini bisa membantu menghilangkan bintik flek pada wajah dan menghilangkan sel kulit mati.

Anda juga dapat merasakan manfaat susu dalam bentuk produk seperti sabun susu atau sabun kefir.

Stroberi

5 Bahan Perawatan Wajah Secara Alami di Pagi Hari

Stroberi adalah buah yang memiliki rasa manis sekaligus asam. Buah pinky ini memiliki manfaat untuk kecantikan wajah.

Cara memperoleh manfaat baik dari buah stroberi juga tidak sulit. Anda cukup menggunakan stroberi sebagai masker pada saat pagi hari.

Masalah kerutan di wajah dan mata panda yang akan mengganggu penampilan wajah dapat diatasi dengan masker stroberi.

Bengkoang

Anda tahu buah bengkoang biasanya digunakan sebagai bahan- bahan utama untuk kosmetik sejak zaman kerajaan.

Bangkoang merupakan buah yang kaya vitamin C. Vitamin C dalam Bangkoang berperan sebagai zat antioksidan alami. Zat ini mampu memerangi radikal bebas dari polusi, debu, sinar matahari dan lainnya.

Menurut artikel di laman web hellosehat.com; jika tidak dinetralisir, maka radikal bebas bisa mengakibatkan kerusakan kulit, penyakit jantung dan kanker.

Anda bisa memarut bengkoang untuk dijadikan hand body lotion agar kulit anda lebih mulus.

Memanfaatkan bengkoang sebagai masker wajah sangat mudah, yaitu dengan memarutnya hingga halus, campurkan air secukupnya dan peras airnya, kemudian diendapkan.

Endapan bengkoang bisa disebut extrak bengkoang, kemudian oleskan extrak bengkoang pada wajah anda sampai mengering, kemudian bilas dengan air.

Ekstrak bengkoang sering difungsikan sebagai bahan pemutih kulit secara alami.

Apel

Buah apel memang sangat mudah didapatkan. Selain itu, harga buah apel memang sangat ekonomis. Apel tersebut bisa langsung dimakan.

Apel berfungsi untuk mengencangkan kulit seseorang. Selain itu, apel bisa diparut lalu digunakan untuk masker wajah seseorang.

Kandungan bahan alami buah apel mampu menyerap minyak berlebih juga bisa melembabkan kulit, sehingga wajah terlihat lebih segar dan bercahaya.

Alpukat

Alpukat/avocado kaya akan kandungan nutrisi yang baik untuk mencerahkan dan melembabkan sekaligus menutrisi kulit. Kadungan vitamin C dalam avocado dapat membantu mencerahkan kulit dan membuat kulit terlihat sehat.

Mengapa demikian? Alasannya adalah vitamin C membantu memproduksi glutathione. Dilansir dari laman web cosmopolitan.co.id. glutathione dapat meregenerasi kulit dengan baik sehingga kerap disebut sebagai master anti-oxidant.

Selain vitamin C, buah alpukat juga sarat dengan kandungan vitamin E. Vitamin E dapat membantu untuk penghambatan munculnya gejala penuan dini sebagai akibat paparan UV sinar matahari.

Kentang

Sayuran yang bisa ditemukan di dapur ini dapat digunakan untuk memutihkan dan mencerahkan kulit secara alami. Kandungan vitamin C pada kentang cukup tinggi. Perannya sebagai antioksidan sangat membantu mencerahkan/memutihkan kulit.

Beberapa review dan testimoni yang menggunakan kentang ternyata hasilnya tidak mengecewakan dalam memutihkan kulit. Selain itu, kentang tidak ada efek samping pada kulit.

Timun

Siapa yang tidak mengenal mentimun? Sayuran ini sering dijadikan lalapan atau dimakan mentah karena memiliki rasa yang manis dan segar.

Mentimun memiliki manfaat yang baik untuk meremajakan sel kulit wajah. Manfaat mentimun tidak hanya dapat membantu menenangkan kulit saja namun juga sangat dapat membuat kulit menjadi lebih halus dan kenyal. Selain itu kulit juga akan menjadi lebih cerah dan berkilau.

Buah timun bisa dijadikan masker untuk wajah agar kulit anda lebih segar. Timun memang sangat mudah didapatkan dan harga timun memang sangat ekonomis.

Mentimun memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit.

Anda bisa menggunakan masker alami yang terbuat dari 1 sendok jus mentimun dicampurkan dengan 1 sendok susu. Lalu oleskan pada kulit yang ingin Anda putihkan. Dan diamkan selama 15 menit. lalu bilas dengan air dingin. Masker ini cocok digunakan untuk semua jenis kulit.

Cara memanfaatkan timun menjadi masker:

  1. ambil satu buah mentimun dan bersihkan
  2. parut mentimun
  3. Oleskan parutan mentimun pada wajah
  4. Diamkan masker selama 15 menit
  5. Setelah 15 menit, bilaslah wajah dengan air dingin.

Jadi buat anda yang tidak bisa membeli kosmetik dengan harga mahal, bisa menggunakan masker dari bahan alami ini.

Tomat

Buah tomat memang sangat efektif dalam mengatasi dan menghilangkan masalah timbulnya garis – garis hitam dan membuat kulit kamu terlihat lebih cerah.

Tomat mampu menghilangkan segala macam penyakit mulai dari komedo, jerawat dan berbagai macam flek hitam kandungan vitaminnya untuk kulit benar-benar mampu membuat kulit lebih sehat.

Cara menggunakannya juga cukup mudah tinggal blender dan oleskan sama dengan apel.

Untuk memperoleh manfaat dari buah tomat ini, cukup dengan menghaluskan tomat lalu mengoleskannya pada wajah kamu. Diamkan sebentar masker tomat pada bagian wajah, kemudian bilas dengan menggunakan air hangat. Untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal, sebaiknya kamu melakukan perawatan ini rutin setiap hari.

Selain itu, anda bisa mencampurkan tomat dengan melon. Menggunakan masker jus melon mix jus tomat juga merupakan salah satu cara efektif untuk membantu proses pemutihan kulit.

Caranya, campurkan 1 sendok jus lemon dan 1 sendok jus tomat. Oleskan pada bagian kulit dan diamkan selama 15 menit, lalu bilas hingga bersih. Lakukan seminggu dua kali, agar manfaat segera terasa pada kulit kita.

Pepaya

Buah pepaya memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kulit. Maskeran pepaya dapat menjadikan kulit lebih halus dan cerah.

Selama ini, orang beranggapan bahwa pepaya hanya bagus untuk melancarakan pencernaan saja. Padahal pepaya memiliki manfaat yang baik untuk kulit terutama sebagai peremajaa sel-sel kulit mati.

Pepaya memiliki kandungan enzim papain yang dapat dimanfaatkan dalam perawatan memutihkan kulit. Baca apa itu papain di Wikipedia.

Pepaya yang digunakan biasanya pepaya yang berwarna hijau atau sedikit keoranyean.

Pepaya dapat menutrisi dan menyehatkan kulit wajah.

Cara maskeran pepaya

  1. Haluskan/parut pepaya
  2. Ambil 1 sendok pepaya yang masih muda (hijau)
  3. Campurkan dengan 1 sendok pepaya yang sudah matang
  4. Oleskan pada wajah secara merata
  5. Diamkan selama 15-20 menit
  6. Untuk hasil yang maksimal gunakan setiap hari.

Untuk dapat memperoleh manfaatnya kamu bisa membuat pasta pepaya dan mengoleskannya pada kulit yang mulai timbul garis – garis halusnya. Diamkan pasta tersebut pada wajah selama kurang lebih 20 menit dan bilas dengan air sampai bersih. Untuk memperoleh hasil yang maksimal kamu bisa melakukan perawatan ini secara teratur dan rutin.

Wortel

Manfaat buah dan sayur untuk kecantikan dan kesehatan tubuh adalah menjaga kulit supaya awet muda dan sehat secara alami dan aman.

Untuk sayuran pertama yang dapat kamu konsumsi untuk menjaga kesehatan kulit wajah adalah sayur wortel. Sayuran ini kaya akan beta karoten yang baik untuk kulit.

Untuk mendapatkan Manfaat Buah dan Sayur untuk Kecantikan Kulit dari wortel bisa dengan berbagai cara, yakni bisa langsung mengkonsumsinya dengan cara dimakan, minum atau bahkan digunakan langsung pada wajah kamu. Sayuran wortel mampu memberikan manfaat yang baik untuk kulit. Selain itu, wortel juga tidak hanya mampu menunda munculnya keriput pada wajah saja, melainkan lebih dari itu.

Wortel juga bisa memberikan manfaat baik lainnya yakni mampu memperlambat proses penuaan dini pada kulit. Jadi sebaiknya mulai saat ini, kamu bisa selalu memasukkan sayur wortel ini ke dalam daftar menu makan setiap harinya.

Jeruk Nipis

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Jeruk Nipis Secara Alami

Jeruk nipis dikenal dengan khasiat yang terkandung di dalamnya berupa vitamin C serta memiliki kemampuan untuk membuat pori kulit disekitar wajah menjadi lebih rapat, serta mampu mengangkat kotoran dan debu pada wajah sehingga tampak lebih bercahaya.

Es Batu

Es batu bisa berfungsi mengencangkan wajah seseorang. Selain itu, es batu juga bisa mengecilkan pori- pori seseorang. Es batu sangat mudah didapatkan untuk setiap orang. Selain itu, harga es batu sangat ekonomis.

Itulah beberapa bahan alami yang dapat anda gunakan sebagai alternatif produk kosmetik alami. Cantik tidak harus mahal kan??

Manfaat Produk Kosmetik dari Bahan Alami

Perlu kamu ingat, jika setiap harinya makanan yang kita asup nantinya akan direfleksikan oleh tubuh. Maka dari itu, bagi kamu yang ingin memiliki kulit sehat dan juga awet muda memang sangat disarankan untuk mengkonsumsi berbagai macam jenis sayur serta buah – buahan dalam jumlah yang lebih banyak. Setiap buah memiliki manfaat tertentu untuk kulit, baik kulit wajah maupun kulit tubuh. Ada yang bagus dan cepat memutihkan kulit, ada juga buah yang cocok untuk kulit kulit kering.

Menangkal radikal bebas

Pepaya kaya akan enzim papain. Zat aktif dalam pepaya ini akan menangkal radikal bebas.

Mencegah keriput

Nah, bagi kamu yang ingin menjaga agar kulit kamu terlihat lebih awet muda dan terbebas dari semua masalah seperti keriput serta kerutan di wajah, maka anda bisa mengkonsumsi stroberi. Buah ini kaya akan antioksidan yang menghambat penuaan sel.

Membantu regenerasi dan pertumbuhan sel

Biotin atau vitamin B7 dalam buah alpukat sangat baik untuk regenerasi dan pertumbuhan sel.

Untuk relaksasi

Tips Perawatan Wajah Secara Alami

Wangi produk kosmetik dari bahan alami bisa menjadi aroma terapi tersendiri sehingga dapat menenangkan pikiran dan membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Aroma alami tersebut berasal dari bahan-bahan yang dipergunakan sehingga wanginya menjadi khas. Misalnya saja minyak nilam atau sereh wangi.

Dapat menyembuhkan

Khasiat yang terkandung dalam alami (herbal) terbukti mampu membantu penyembuhan penyakit kulit jika digunakan secara rutin.

Untuk mengencangkan kulit

Mengencangkan kulit wajah yang kendur pasti hal yang paling penting untuk mendapatkan wajah cantik, segar, dan menarik. Bagi wanita, wajah adalah salah satu bagian tubuh paling penting sebab berpengaruh terhadap penampilannya.

Nah, kulit wajah yang kendur dan keriput seperti ini sering dikait eratkan dengan faktor usia, proses alamiah ini terjadi karena elastin dan kolagen kulit mengalami kerusakan. Selain dengan faktor tersebut, tak banyak orang yang memiliki tubuh gemuk lalu berubah jadi kurus juga bisa sebabkan kulitnya jadi kendur. Adapun faktor lain adalah pengaruh gaya hidup yang kurang sehat.

Sebenarnya ada cara paling efektif sebagai cara mengencangkan kulit wajah, yakni dengan bahan-bahan alami. Selain jauh lebih terjangkau, perawatan wajah dengan menggunakan bahan alami tersebut pastinya juga lebih aman bagi kesehatan. Nah, berikut ini ada beberapa bahan alami yang bisa Anda jadikan untuk merawat untuk wajah agar tidak kendur lagi.

Merawat tubuh dan wajah memang hal yang sangat penting. Maka dari itu, anda harus pandai- pandai memilih kosmetik. Alangkah lebih baiknya lagi jika anda menggunakan kosmetik yang alami. Karena kosmetik yang alami yang anda buat sendiri lebih terjamin mutunya dibandingkan dengan kosmetik yang diproduksi oleh produsen kosmetik. Maka dari itu gunakanlah kosmetik yang alami agar wajah anda terawat dengan baik. Perusahaan kosmetik menawarkan jasa maklon kosmetik dan maklon sabun.

Supplier Kosmetik Herbal

Permintaan kosmetik herbal

Permintaan tehadap produk “obat” herbal meningkat tajam karena bahan tersebut lebih bersahabat dengan kulit dan sedikit efek samping. Oleh karenanya wajar banyak bermunculan Supplier Kosmetik Herbal.

Untuk mendapatkan produk kosmetik herbal yang terbaik, maka produk tersebut harus dibuat dari bahan alami 100%. Dengan demikian produk tersebut dapat dikatakan bebas efek samping. Kandungan alami dalam tanaman herbal tidak memberikan efek samping pada tubuh, bahkan memberikan nutrisi dan mineral yang bermanfaat buat tubuh.

Sudah disebutkan di atas bahwa bisnis kosmetik herbal merupakan salah satu bisnis produk kecantikan yang relatif baru dalam industri kosmetik dan trend menunjukkan produknya makin diminati. Banyak kelebihan kosmetik herbal dibandingkan kosmetik sintentis menjadikan produknya makin populer di pasar bisnis kosmetik. Munculnya Supplier Kosmetik Herbal di pasar kosmetik merupakan jawaban atas permintaan yang makin meningkat.

Kualitas produk kosmetik herbal

Kosmetik herbal yang berkualitas tinggi tidak hanya diinginkan oleh konsumen atau pengguna kosmetik, tetapi juga diinginkan oleh penjualnya. Dengan menjual kosmetik yang bermutu, pedagang kosmetik akan semakin dipercaya oleh konsumen dan ini bagus untuk meningkatkan reputasi bisnis. Trusted trader atau trusted seller tidak dibangun secara instan. Butuh masa untuk membentuknya. Salah satu caranya adalah dengan menjual kosmetik herbal yang berkualitas.

Produsen Kosmetik Alami

Kosmetik memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia modern, terlebih lagi masa belakangan ini. Para wanita karir pun berusaha tampil cantik maksimal saat di tempat kerja, pergi kondangan atau ketika keluar rumah meski sebentar. Tak heran aneka kosmetik yang dijajakan di pasaran, laris manis terjual, terlebih lagi kosmetik yang berasal dari bahan alami.

Beberapa produsen produk kecantikan menawarkan berbagai macam merk kosmetik alami. Dengan kosmetik tersebut, wanita dapat merawat tubuh dan wajahnya supaya lebih cantik dan menawan. Untuk lebih menarik minat pembeli, produsen kosmetik menawarkan varian kosmetik dengan berbagai harga yang bervariasi. Mulai dari yang murah sampai yang mahal.

Perlu anda ketahui, bahwa kosmetik dari bahan alami lebih mahal daripada kosmetik yang berasal dari bahan kimia saja (lebih berbahaya buat kulit). Anda bisa membeli produk kosmetik sesuai dengan kebutuhan dan isi kantong anda.

Cantik karena Kosmetik

Kemampuan kosmetik menjadikan penggunanya bisa tampil lebih cantik dan lebih menawan, membuat kosmetik berperan penting bagi penggunanya, terutama kaum hawa. Kulit wajah yang awalnya gelap, dapat diputihkan (lebih cerah) dengan bantuan lotion pemutih. Kerut muka yang menandakan tua, bisa dikurangi dengan bantuan pengencang kulit seperti kolagen. Kami menyarankan anda untuk menggunakan kosmetik yang terbuat atau mengandung bahan alami.

Jika anda menginginkan kosmetik alami dan kemampuan anda pas-pasan untuk membelinya, maka anda dapat menggunakan bahan alami yang ada di sekitar anda sebagai kosmetik. Ibarat pepatah, tiada rotan akar pun jadi. Oleh karena itu, silakan simak beberapa bahan alami seperti bengkoang, apel, timun dan es batu, yang dapat membantu anda tampil lebih cantik dan prima.

5/5 - (23 votes)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mau bisnis kosmetik merek sendiri?

WeCreativez WhatsApp Support
Business Consultant
Halo, dengan Damai sebagai Business Consultant di sini. Ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top