fbpx

Mengenal Charcoal dan Manfaatnya dalam Kosmetik

Bahan activated charcoal (arang aktif) banyak dijumpai pada komposisi (ingredient) produk skin care. Tapi apa sebenarnya charcoal itu?

Charcoal terkenal sebagai agen penyerap komedo, kotoran, dan polusi pada produk skin care. Charcoal dibuat dengan memanaskan bahan organik seperti tumbuh-tumbuhan atau tulang hewan dalam lingkungan rendah oksigen. 

Sebagai pebisnis kosmetika, kamu harus memanfaatkan bahan ini. Mengutip fortunebusinessinsights.com, pasar charcoal di tahun ini sebesar 4,98 miliar dollar AS dan diperkirakan akan menyentuh 7,73 miliar dollar AS di tahun 2030.

Membuat skin care dengan kandungan charcoal adalah satu hal yang patut dicoba, yuk, sebelum produksi kita simak dulu artikel charcoal ini!

 

Apa itu Charcoal?

manfaat charcoal pada skincare

Charcoal adalah residu (ampas) hitam dari hasil dipanaskannya tumbuh-tumbuhan atau tulang hewan dan juga benda lainnya. Charcoal dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai arang aktif.

Pada proses pembuatannya, benda yang dipanaskan akan tersebut akan kehilangan kandungan air dan komponen volatilnya. Setelah proses itu selesai kita akan mendapatkan benda hitam, ringan, dan mudah hancur yang disebut arang aktif.

Menurut situs wikipedia.org charcoal terdiri dari 85% – 98% karbon, sisanya abu atau benda kimiawi lainnya. Untuk kebutuhan industri, karbon tersebutdiaktivasi dengan cara kimia atau fisika, karenanya charcoal dikenal juga sebagai karbon aktif atau arang aktif.

Kandungan karbon yang diaktivasi menjadikannya semakin hebat untuk menarik dan menyerap uap, gas, zat atau partikel lainnya. 

Charcoal juga memiliki kemampuan untuk melawan bakteri, oleh karena itu charcoal digunakan sebagai bahan aktif pada skin care. Charcoal bermanfaat untuk merawat kulit, mengatasi masalah kulit seperti jerawat, dan mengatasi masalah bau badan. 

Kira-kira apa lagi ya fungsi dan manfaat charcoal pada produk skin care? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Komposisi Fisiko-Kimia Bahan Charcoal

Komposisi Fisiko-Kimia Charcoal
No.
Nama
Ukuran
1
Carbon
95%
2
Oxygen
7%
3
Sulfur
1%
4
Nitrogen
0,5%
5
Hydrogen
0,5%
6
Abu atau Zat Kimia Lain
1%
Keterangan: Charcoal yang diukur adalah charcoal yang telah diaktivasi
Sumber: Kwaśny, Justyna & Balcerzak, Wojciech. (2016). Sorbents Used for Biogas Desulfurization in the Adsorption Process

Apa Fungsi Charcoal pada Produk Skin Care?

fungsi charcoal pada produk skincare

Menurut situs guardian.ng charcoal telah digunakan sebagai bahan perawatan kulit sejak zaman Mesir kuno. Orang-orang mesir saat itu menjuluki arang aktif sebagai “si hitam ajaib”.

Arang aktif yang digunakan pada skin care adalah charcoal aktif yang sudah berbentuk bubuk, atau bentuk lainnya yang memungkinkan untuk diekstraksi pada skin care.

Berikut fungsi charcoal pada skin care

Charcoal Berfungsi Sebagai Eksfolian

Eksfolian adalah bahan yang dapat mengangkat sel kulit mati dari permukaan kulit, baik itu oleh bahan kimia, zat granular (butiran), atau alat eksfoliasi.

Menurut situs healthline.com kulit kita memiliki kemampuan alami untuk melepaskan sel-sel kulit mati setiap 30 hari atau lebih untuk memberi ruang bagi sel-sel baru.

Namun, terkadang sel-sel kulit mati tidak dapat terlepas sepenuhnya, hal itu yang kemudian menyebabkan kulit kita bercak kering, bersisik, dan pori-pori tersumbat. Nah, bahan eksfolian ini hadir untuk mencegah hal tersebut.

Sifat charcoal yang mampu mengikat dan meresap zat yang tidak diinginkan pada kulit, menjadikannya sebagai eksfoliator yang baik pada produk skin care. Selain sel-sel kulit mati, kotoran dan polutan dari kulit akan ikut terangkat.

Charcoal Berfungsi Sebagai Bahan Antibakteri

Bahan antibakteri pada produk skin care dan kosmetik dikenal sebagai bahan yang berfungsi untuk mengatasi masalah kulit berjerawat.

Menurut situs thebodyshop.co.id kulit berjerawat adalah kulit yang sedang mengalami peradangan dan terjadi semacam luka, luka tersebut yang kemudian berpotensi menjadi sarang bakteri dan memperparah kondisi kulit berjerawat.

Arang aktif memiliki kemampuan untuk melawan bakteri penyebab jerawat, arang aktif mengunci sarang berkembangnya bakteri jerawat seperti kotoran, minyak berlebih, dan cairan yang ada di sekitar luka jerawat.

Menurut jurnal yang ditulis Burchacka, dkk. (2021) menunjukan bahwa, charcoal mengandung zat antijamur dan antibakteri yang dipantau sangat efektif untuk melawan bakteri Escherichia coli (E. coli)dan Staphylococcus aureus.

Selain itu arang aktif juga bersifat anti-inflamasi, artinya aman dan dapat menenangkan kulit yang sensitif. Jadi arang aktif ramah digunakan pada konsumen kita yang memiliki jenis kulit sensitif. 

Apakah Bahan Charcoal Sudah BPOM?

Bahan Charcoal yang digunakan pada skin care dapat dipastikan sudah teruji aman oleh BPOM. Saat ini sudah banyak produk skin care yang mengandung charcoal di pasaran.

BPOM adalah badan resmi yang mengawasi kebijakan, standardisasi, peraturan, dan klasifikasi produk Indonesia seperti makanan, minuman, obat-obatan, alat kesehatan, suplemen kesehatan, dan kosmetik yang diimpor, didistribusikan, dan dijual di Indonesia.

Karena saat ini sudah banyak skin care dengan kandungan arang aktif  yang beredar, jadi dapat dipastikan bahan arang aktif itu aman dan teruji oleh BPOM.

Penasaran produk skin care apa saja yang mengandung charcoal, baca sampai habis artikel ini ya!

Apakah Bahan Charcoal Cocok untuk Semua Jenis Kulit?

Masalah keamanan dan kecocokan selalu menjadi pertanyaan konsumen saat akan membeli sebuah produk skin care, karena setiap konsumen memiliki jenis kulit yang berbeda-beda.

Menurut situs almirall.com jenis kulit yang sehat sendiri terdapat lima jenis, diantaranya: kulit normal, kulit kering, kulit berminyak, kombinasi (kulit berminyak dan kering), dan kulit sensitif.

Setiap jenis kulit memiliki cara perawatan yang berbeda sesuai karakteristiknya masing-masing, setiap jenis kulit juga memiliki kecocokan tertentu dengan bahan aktif yang ada pada skin care.

Lalu, bagaimana dengan bahan charcoal? Apakah cocok dan aman untuk semua jenis kulit? Berikut penjelasan dari situs hollandandbarret.com, yuk simak!

Charcoal Cocok untuk Kulit Berminyak

Kulit berminyak adalah hal yang normal, itu terjadi secara biologis karena tubuh kita memproduksi terlalu banyak sebum. Hal itu yang kemudian membuat kulit kita berminyak, tersumbatnya pori-pori, dan munculnya masalah jerawat.

Produk skin care dengan kandungan charcoal dapat mengatasi kondisi kulit berminyak. Charcoal dapat menyerap minyak berlebih, mengurangi komedo, dan menghentikan potensi munculnya jerawat.

Tak hanya minyak pada kulit wajah, charcoal juga dapat diaplikasikan pada kondisi kulit kepala yang berminyak. Minyak di kepala akan terserap dan mencegah munculnya ketombe.

Charcoal Cocok untuk Kulit Sensitif

Kulit sensitif adalah kondisi kulit yang mudah teriritasi/radang dan juga muncul kemerahan. Kulit sensitif terjadi karena faktor biologis, di mana sistem imun bereaksi terlalu berlebihan pada iritasi atau alergen di permukaan kulit.

Menurut situ houstonmethodist.org orang-orang dengan kulit sensitif tidak dapat sembarangan menggunakan produk skin care, mereka perlu teliti dan melihat bahan aktif apa yang terkandung di dalamnya. 

Lalu, bagaimana dengan charcoal?

Charcoal sendiri berasal dari bahan alami, sifatnya yang anti bakteri dan anti inflamasi cocok digunakan untuk mereka yang memiliki jenis kulit sensitif. 

Charcoal Cocok untuk Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi adalah kondisi kulit wajah di mana pada area tertentu ada yang berminyak dan kering. Biasanya yang berminyak ada di sekitar dahi, hidung, dan dagu. Kulit kering ada ada di sekitar pipi.

Produk face care dengan kandungan charcoal cocok untuk jenis kulit kombinasi, hasil yang signifikan akan terlihat pada area kulit berminyak karena kemampuan penyerapannya. 

Kandungan charcoal juga akan membuat konsumen kita yang memiliki jenis kulit kombinasi tidak terlalu berminyak dan mengalami lebih sedikit jerawat pada wajahnya.

Charcoal Cocok untuk Kulit Normal 

Jenis kulit yang ideal, yaitu kulit normal yang tidak terlalu kering atau terlalu berminyak dan lembut untuk disentuh. 

Kamu dapat membuat produk skin care dengan kandungan charcoal untuk konsumen yang memiliki kulit normal, untuk kulit jenis ini tidak akan ada masalah sama sekali. Dapat dikatakan sangat aman.

Skin care charcoal menjadi agen detoksifikasi kotoran dan racun, charcoal bekerja sangat baik untuk menghilangkan kotoran dan residu, apalagi kotoran yang disebabkan oleh polusi.

Charcoal untuk Kulit Kering Harus Diformulasikan dengan Tepat

Kita telah mengetahui bahwa, charcoal memiliki kemampuan yang hebat sebagai agen penyerap dan detoksifikasi. 

Pertanyaannya adalah bagaimana jika charcoal digunakan pada kulit kering yang memang hanya memiliki sedikit minyak?

Jawabannya adalah para konsumen kita yang kulit kering akan merasa tidak nyaman, karena kulit mereka akan terasa semakin kering. Karena mereka yang memiliki kulit kering memiliki kandungan minyak dan kelembaban yang sedikit.

“Jadi charcoal tidak direkomendasikan untuk kulit kering?”, dapat dijawab tidak jika formulasinya tidak tepat.

Charcoal tetap aman digunakan pada kulit kering dengan catatan bahwa, produk skin care yang menggunakan charcoal harus dikombinasikan dengan bahan aktif lain yang memiliki kemampuan melembabkan kulit.

Punya ide bisnis untuk membuat masker pelembab wajah dengan merek sendiri? Yuk, lihat penawaran kami tentang maklon masker.

Manfaat Charcoal untuk Wajah

Charcoal yang diformulasikan pada produk-produk face care menurut situs medicalnewstoday.com memiliki manfaat sebagai berikut:

Mencerahkan Kulit Wajah

Charcoal memiliki manfaat untuk mencerahkan wajah, kemampuannya untuk mengangkat sel kulit mati dan juga kotoran pada wajah membuatnya efektif menjadi salah satu agen pencerah.

Membersihkan Wajah secara Mendalam

Charcoal memiliki kemampuan daya serap yang tinggi, bahan aktifnya mampu mengangkat kotoran karena polusi sampai lapisan terdalam kulit luar. Manfaat ini jelas sangat dibutuhkan oleh konsumen memiliki banyak aktivitas dan sering terpapar polusi.

Mengangkat Sel-sel Kulit Mati pada Wajah

Sebagai bahan eksfolian Charcoal dapat membantu proses pengangkatan sel-sel kulit mati pada wajah, dengan terangkatnya sel kulit mati akan memperbaiki warna kulit, terhindar dari kekeringan, dan memperbaiki tekstur permukaan kulit.

Menyerap Minyak Berlebih pada Wajah

Kulit wajah kita memiliki kemampuan untuk menjaga diri, salah satunya adalah memproduksi sebum. Sebum ini yang kemudian akan membuat wajah kita tampak berminyak.

Kelebihan terlalu banyak sebum akan menimbulkan masalah kulit, seperti tersumbatnya pori-pori wajah. Apabila pori-pori tersumbat dan terdapat kotoran terjebak di dalamnya, hal itu akan menimbulkan jerawat pada wajah.

Mengatasi Kulit Berjerawat

Charcoal memiliki kemampuan mengangkat sarang dimana bakteri jerawat berkembang, yaitu minyak dan kotoran yang terperangkap di dalam kulit wajah. Karena hal tersebut charcoal juga dikenal sebagai bahan anti bakteri.

Manfaat Charcoal untuk Tubuh

Selanjutnya kita akan membaca manfaat formulasi body care yang mengandung bahan aktif charcoal, apa saja manfaat yang dimaksud? Yuk, kita simak terus artikel Adev!

Membersihkan Kulit Tubuh dari Kotoran dan Polusi

Body care dengan formulasi charcoal cocok digunakan untuk membersihkan kulit setelah melakukan aktivitas sehari-hari, apalagi aktivitas di luar ruang dan sering terpapar polusi.

Charcoal memiliki kemampuan untuk menyerap dan mengangkat kotoran yang menumpuk. Ini menjadi solusi untuk konsumen kita yang sering terpapar polusi, mereka tentu akan sangat senang jika kulit mereka selalu bersih kembali setelah beraktivitas.

Mengusir Bakteri dan Jamur

Sebagai bahan anti bakteri, charcoal efektif untuk menyerap dan mengusir bakteri dan jamur yang ada di kulit. Manfaat ini sangat baik sekali untuk menjaga kulit dari penyakit-penyakit kulit. 

Mengurangi Iritasi dan Rasa Gatal

Sebagai bahan anti inflamasi, formulasi charcoal pada produk body care dapat meredakan iritasi, radang, dan rasa gatal pada kulit tubuh. Manfaat ini cocok sekali untuk diberikan pada konsumen-konsumen kita yang memiliki jenis kulit sensitif.

Mengangkat Sel Kulit Mati pada Kulit Tubuh

Charcoal sebagai agen eksfolian dapat mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk pada tubuh, manfaat ini akan membuat konsumen kita senang karena mereka akan terhindar dari kulit kering dan bersisik.

Mengurangi Warna Gelap pada Kulit Ketiak

Kulit ketiak yang gelap dapat disebabkan oleh penumpukan kulit mati pada ketiak, jika hal itu terjadi tentu dapat diatasi dengan menggunakan formulasi charcoal. Charcoal dapat mengangkat sel-sel kulit mati tersebut dan membuat ketiak lebih cerah.

Manfaat Charcoal untuk Rambut dan Kulit Kepala

Selain memberikan manfaat pada kulit wajah dan tubuh, charcoal juga dapat memberikan manfaat untuk rambut dan kulit kepala lho! Apa saja manfaatnya? Yuk simak rangkuman kami dari situs byrdie.com ini!

Menyerap Kulit Kepala yang Berminyak

Kemampuan utama charcoal adalah penyerapannya yang begitu kuat, masalah rambut di antaranya dapat bermula dari kulit kepala 

Meningkatkan Kilau pada Rambut

Charcoal yang diformulasikan pada produk hair care dapat membersihkan rambut kita secara menyeluruh, hal ini kemudian yang menghilangkan kekusaman pada rambut, dan akhirnya rambut kita akan tampak lebih berkilau.

Menjaga Volume Rambut

Kemampuan charcoal untuk menyerap minyak serta kotoran pada kulit kepala dan rambut, dapat membuat rambut kita lebih ringan, bebas, mengalir, dan tidak terbebani. Charcoal juga membuat rambut lebih sehat dan mengembang secara alami.

Menenangkan Kulit Kepala Sensitif

Kulit kepala sensitif dapat ditenangkan oleh bahan charcoal sebagai bahan anti inflamasi. Charcoal dapat mengurangi rasa gatal karena ruam merah kulit sensitif. Manfaat ini pasti akan dicari oleh konsumen kita yang memiliki kulit sensitif.

Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Charcoal yang membersihkan kulit kepala dari kotoran dan minyak, tentu akan membuat kulit kepala lebih sehat. Saat kulit kepala lebih sehat tentu pertumbuhan rambut juga akan lebih sehat dan lebat.

Inspirasi Produk yang Mengandung Charcoal Untukmu

inspirasi produk skincare charcoal

Setelah kita membahas tentang fungsi, keamanan, dan manfaat dari charcoal. Sekarang saatnya kita melihat produk-produk mengandung charcoal yang dapat kamu jadikan sebagai inspirasi.

Ada produk apa saja ya? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Sabun Badan

Lifebuoy Sabun Cair Charcoal

Merek Lifebuoy merilis produk sabun cair yang menggunakan bahan charcoal, Lifebuoy memberikan klaim bahwa produk mereka dapat mengangkat polusi akibat beraktivitas sehari-hari. 

Produk ini dijual seharga 34.400 rupiah per 450 ml. Kamu dapat menjadikan produk ini sebagai inspirasi untuk membuat produk dengan target konsumen yang sering beraktivitas di luar.

Yuk, lihat penawaran Adev tentang jasa pembuatan sabun custom.

Humphrey Charcoal Body Wash

Merk Humphrey juga merilis produk sabun cair yang menggunakan bahan charcoal dalam produknya. Humphrey memberikan klaim bahwa produk dapat mengontrol minyak berlebih, membantu mengendalikan bau badan, melindungi kulit dari jerawat, dan anti bakteri.

Humphrey mematok produk sabun cair charcoal yang kaya manfaat ini seharga 80.750 rupiah per 250 ml. Produk ini dapat kamu jadikan inspirasi untuk membuat produk dengan target konsumen yang memiliki masalah bau badan.

Yuk, lihat penawaran Adev tentang jasa pembuatan produk body wash brand sendiri.

Scrub (Lulur)

NU Aroma Body Scrub / Lulur Black Charcoal

NU Aroma merupakan brand lokal dari Denpasar, Bali. NU Aroma banyak meluncurkan produk scrub (lulur), mereka melabeli produk mereka sebagai bentuk inovasi dari resep turun temurun lulur tradisional Bali.

NU Aroma membuat produk lulur dengan kandungan charcoal, produk ini sangat efektif sekali sebagai agen eksfolian untuk konsumen yang ingin mengangkat sel kulit mati, pori-pori yang tersumbat, kotoran, polusi, kuman, dan juga bakteri.

Produk lulur dari NU Aroma ini dipatok sebesar 25.000 rupiah per 130 gram. Kamu dapat menjadikan produk ini sebagai inspirasi, khususnya untuk menyasar konsumen yang membutuhkan produk lulur yang dapat mengangkat sel kulit mati.

Yuk, lihat penawaran Adev tentang jasa pembuatan body scrub.

Face Wash (Sabun Wajah)

Rodeos Bamboo Charcoal Bar Soap

Rodeos merek lokal Indonesia merilis produk sabun batang untuk wajah dengan kandungan charcoal, selain itu Rodeos juga melakukan kombinasi dengan menambahkan bahan aktif berupa aloe vera dan collagen.

Rodeos memberikan klaim bahwa produk mereka dapat detoksifikasi kulit, membersihkan pori-pori wajah, membantu membersihkan kotoran penyebab jerawat, membantu menyerap minyak berlebih, dan mengurangi komedo.

Rodeos mematok harga sabun batang charcoal seharga 65.000 rupiah. Rodeos membuat produknya tersebut di Adev, kamu dapat juga membuat produk sabun batang dengan berbagai bahan aktif di Adev lho!

Yuk, cek penawaran Adev tentang jasa pembuatan sabun bar untuk wajah.

SOME BY MI Charcoal BHA Pore Clay Bubble Mask Cleanser

Merek SOME BY MI merilis produk bubble cleanser dengan kandungan charcoal yang juga diformulasikan dengan dua jenis clay: kaolin dan manicouagan. Kombinasi tersebut menurut mereka dapat menyerap sebum, mengangkat komedo, dan sel kulit mati di wajah.

SOME BY MI mematok produk tersebut dengan harga 200.000 rupiah per 120 ml. Kamu dapat menjadikan produk ini inspirasi untuk membuat produk wajah dengan kandungan charcoal yang dikombinasikan dengan bahan aktif lain.

L’Oreal Paris Men Expert Pump Cleansers Pure & Matte Charcoal

L’Oreal Paris membuat produk face wash dengan kandungan charcoal yang inovatif, tidak seperti yang lain, face wash L’Oreal Paris tersebut bertekstur liquid.

L’Oreal Paris juga menambahkan ekstrak ginger root, dengan kombinasi tersebut mereka mengklaim produknya dapat menyerap minyak secara maksimal, menyingkirkan kotoran sampai ke pori-pori.

Karena produk face wash L’Oreal Paris ini bertekstur liquid, maka cukup aman untuk digunakan setiap hari setelah beraktivitas.

L’Oreal Paris mematok produk face wash liquid tersebut seharga 70.000 rupiah. Kamu dapat menjadikan produk ini sebagai inspirasi untuk membuat produk face wash yang mengandung charcoal atau bahan aktif lainnya dengan tekstur liquid.

Masker

The Body Shop Himalayan Charcoal Purifying Glow Mask

Merek internasional asal Brighton, Inggris yaitu The Body Shop juga membuat produk yang mengandung charcoal. Mereka menggunakan charcoal untuk produk masker wajah.

The Body Shop sudah terkenal sejak awal kemunculannya sering menggunakan bahan aktif yang natural, kali ini pun pada masker wajah mereka mengkombinasikan bahan natural seperti charcoal, ekstrak daun teh hijau, dan minyak pohon teh.

Masker wajah dari The Body Shop diklaim dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati, membersihkan dan mendetoksifikasi kulit. Hasil yang akan didapat oleh konsumen adalah kulit terasa bersih dan segar.

Produk ini dipatok seharga 130.000 rupiah untuk ukuran 15 ml. Kamu dapat menjadikan produk ini sebagai inspirasi untuk membuat masker wajah dengan kandungan charcoal.

Yuk, lihat penawaran Adev tentang jasa pembuatan masker wajah.

Garnier Serum Mask Pure Charcoal Series

Terakhir dari inspirasi produk face care dengan kandungan charcoal adalah sheet mask (masker wajah instan) dari merek Garnier.

Garnier membuat banyak varian masker charcoal, mereka mengkombinasikan charcoal dengan beberapa bahan aktif seperti black algae, hyaluron, dan black rice.

Produk ini juga jadi jawaban untuk konsumen kita yang memiliki kulit kering tapi ingin merasakan manfaat dari charcoal, produk ini selain membersihkan dapat juga menyegarkan dan melembabkan.

Produk masker instan dari Garnier ini dipatok dengan harga 22.000 untuk 1 lembar masker. Kamu dapat menjadikan produk ini sebagai inspirasi membuat produk charcoal yang aman digunakan untuk konsumen yang memiliki kulit kering.

Yuk, lihat penawaran Adev tentang jasa pembuatan serum wajah.

Face Care (Perawatan Wajah)

PONDS Micellar Water Charcoal

Merek PONDS merilis produk micellar water yang mengandung charcoal. Produk ini diklaim dapat membersihkan sisa make up secara maksimal dan sekaligus dapat membuat kulit wajah glowing.

Micellar water sangat dibutuhkan oleh konsumen kita yang sering menggunakan make up dekoratif, dengan manfaat penyerapan charcoal tidak akan ada lagi sisa-sisa make up yang melekat di kulit wajah.

PONDS mematok harga micellar water tersebut seharga 26.000 rupiah. Kamu dapat menjadikan produk ini sebagai inspirasi produk yang akan kamu buat nanti.

Deodorant

Rexona Men Roll On Natural Fresh Charcoal Fresh

Merek Rexona Men mengeluarkan produk deodorant untuk pria dengan kandungan charcoal. Rexona Men juga melabeli produknya tersebut natural, ya hal itu dapat diklaim karena charcoal adalah bahan organik walaupun diproses secara kimiawi.

Rexona Men menyatakan bahwa produk deodorant mereka dapat menjaga ketiak tetap segar, terhindar dari bakteri penyebab bau ketiak, dan awet selama 72 jam. Manfaat tersebut merupakan hasil dari charcoal yang dapat menyerap bakteri.

Rexona Men mematok produk mereka tersebut seharga 25.000 rupiah. Kamu dapat menjadikan produk ini sebagai inspirasi untuk membuat produk charcoal yang dapat mengangkat bakteri penyebab bau tidak sedap di ketiak.

NIVEA Men Deodorant Deep Black Charcoal Spray

Merek NIVEA MEN merilis produk deodorant dengan jenis spray yang mengandung charcoal. Klaim yang disebut NIVEA MEN adalah produknya dapat mengatasi masalah bau tidak sedap di ketiak dan juga area badan.

Kamu dapat menjadikan produk ini salah satu inspirasi untuk produk kamu yang akan menggunakan charcoal. Produk ini cukup inovatif karena dapat dipakai tidak hanya di ketiak, tapi di area lain yang potensial menimbulkan bau badan.

NIVEA MEN merilis produk tersebut dengan harga sekitar 45.000 rupiah, kamu dapat menjadi produk ini sebagai inspirasi membuat produk deodorant spray dengan kandungan charcoal.

Shampo & Hair Spa

Head & Shoulders Shampoo Anti Apek with Charcoal

Merek Head & Shoulders merilis shampo dengan kandungan charcoal, produk ini menurut mereka efektif membersihkan ketombe basah, kulit kepala gatal, dan bau kulit kepala.

Head & Shoulders selain menggunakan charcoal juga menambahkan ekstrak mint untuk memberikan rasa segar, konsumen yang cukup aktif beraktivitas pasti akan sangat suka dengan hal tersebut.

Head and Shoulders mematok produknya tersebut seharga 32.000 rupiah untuk ukuran 160 ml. Kamu dapat menjadikan produk ini sebagai inspirasi membuat shampo dengan kandungan charcoal yang juga memberikan rasa kesegaran.

Yuk, lihat penawaran Adev tentang jasa pembuatan shampoo.

Cute Press Hair Spa – Activated Charcoal

Merek lokal Indonesia yaitu Cute Press merilis produk hair spa yang mengandung charcoal. Hair spa adalah produk yang berguna untuk memperbaiki dan meremajakan rambut yang rusak dan kusam.

Kombinasi antara charcoal dan keratin pada produk ini memberikan manfaat seperti menutrisi kulit kepala & batang rambut, melembutkan rambut, Mengurangi minyak berlebih pada rambut, dan membuat rambut lebih bervolume.

Cute Press mematok produknya tersebut seharga 75.000 rupiah. Kamu dapat menjadikan produk ini sebagai inspirasi untuk membuat produk perawatan rambut rusak dan kusam dengan kandungan charcoal.

Pomade

Tezzen Bravo Activated Charcoal Pomade

Tezzen merek lokal spesialis produk perawatan rambut pria, merilis produk pomade dengan kandungan charcoal. Pomade adalah produk yang digunakan untuk menata gaya rambut.

Tezzen berinovasi dengan menambahkan kandungan charcoal dan vitamin pada produknya, jadi tidak hanya untuk menata rambut tapi dapat merawat kesehatan rambut.

Tezzen mematok harga produknya sebesar 155.000 rupiah. Kamu dapat menjadikan produk ini sebagai inspirasi untuk membuat produk pomade yang memiliki manfaat untuk merawat rambut.

Yuk, lihat penawaran Adev tentang jasa pembuatan pomade.

Kesimpulan dan Rekomendasi

Itu dia penjelasan tentang charcoal dan juga manfaatnya yang dapat diekstrak ke produk skin care.

Charcoal pada produk skin care berfungsi sebagai agen penyerap dan antibakteri, jadi charcoal sangat ampuh untuk mengatasi kulit berminyak atau kusam karena beraktivitas terkena paparan polusi.

Charcoal juga dapat diaplikasikan ke berbagai macam produk skin care, mulai dari sabun badan, lulur, sabun wajah, masker wajah, deodorant, shampo, dan juga pomade.

Bagaimana? Kamu sudah paham kan sekarang tentang fungsi dan manfaat dari bahan charcoal? Ada rencana untuk membuat sabun dengan merek sendiri? Yuk, lihat penawaran kami tentang maklon sabun.

Referensi

  • Arang – Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. (2022). Retrieved 24 October 2022, from https://id.wikipedia.org/wiki/Arang 
  • All You Need To Know About Activated Charcoal In Skincare. (2020). Retrieved 24 October 2022, from https://guardian.ng/life/all-you-need-to-know-about-activated-charcoal-in-skincare/
  • Meaning of Exfoliating: What Is It, Why You Should, and How to Start. (2022). Retrieved 24 October 2022, from https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/meaning-of-exfoliating 
  • Skincare Antibakteri Untuk Kulit Berjerawat | The Body Shop® indonesia. (2022). Retrieved 24 October 2022, from https://www.thebodyshop.co.id/blog/skincare-antibakteri-untuk-kulit-berjerawat 
  • Burchacka, E., Pstrowska, K., Beran, E., Fałtynowicz, H., Chojnacka, K., & Kułażyński, M. (2021). Antibacterial Agents Adsorbed on Active Carbon: A New Approach for S. aureus and E. coli Pathogen Elimination. Pathogens, 10(8), 1066. doi: 10.3390/pathogens10081066
  • Barrett, H. (2021). How Activated Charcoal Helps Your Skin | Holland & Barrett. Retrieved 26 October 2022, from https://www.hollandandbarrett.com/the-health-hub/natural-beauty/skincare/activated-charcoal/activated-charcoal-helps-skin-types/
  • Anon (2022). Retrieved 26 October 2022, from https://www.almirall.com/your-health/your-skin/types-of-skin
  • Is Your Skin Sensitive Or Just Dry? (Plus, 5 Skin Care Tips to Help You Avoid Both). (2022). Retrieved 26 October 2022, from https://www.houstonmethodist.org/blog/articles/2022/feb/sensitive-skin-symptoms-common-triggers-how-its-treated/
  • Benzaquen. (2021). What Causes Dark Underarms – How to Get Rid of Dark Armpits. Retrieved 1 November 2022, from https://duradry.com/blogs/hyperhidrosis/what-are-the-causes-of-dark-underarms-and-its-treatments 
  • Charcoal For Hair: Benefits and How To Use It. (2022). Retrieved 1 November 2022, from https://www.byrdie.com/charcoal-hair-5080242 
  • Kwaśny, Justyna & Balcerzak, Wojciech. (2016). Sorbents Used for Biogas Desulfurization in the Adsorption Process. Polish Journal of Environmental Studies. 25. 10.15244/pjoes/60259. Retrieved 8 November 2022, from https://www.researchgate.net/figure/Composition-of-activated-carbon-element-content-percentage_tbl2_287967568
  • Activated Carbon Market Size, 2. (2022). Activated Carbon Market Size, Trends & Growth Analysis [2030]. Retrieved 9 November 2022, from https://www.fortunebusinessinsights.com/activated-carbon-market-102175
5/5 - (3 votes)

1 komentar untuk “Mengenal Charcoal dan Manfaatnya dalam Kosmetik”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *