fbpx

Jojoba Oil: Minyak Multifungsi untuk Kulit, Bibir, & Rambut

Pernah berpikir membuat produk kecantikan yang mampu menutrisi dan merawat kulit wajah, bibir, dan rambut sekaligus? Produk dengan bahan jojoba oil akan menjadi inspirasi yang hebat untuk bisnis kosmetikmu.

Minyak jojoba telah dimanfaatkan oleh banyak beauty brand sebagai bahan andalan yang menghasilkan efek mengagumkan dalam perawatan diri.

Produk beauty care merekmu sendiri bisa ikut hadir meramaikan pasar global minyak jojoba yang diprediksi mencapai US$ 271,2 juta pada 2028 mendatang.

Ingin tahu lebih dalam mengenai minyak jojoba? Penasaran dengan kandungan hingga manfaat ajaib jojoba oil?

Sebentar lagi, artikel ini akan membantumu selangkah lebih dekat dengan bisnis kosmetik impianmu. Jadi, pastikan tak ada informasi penting yang terlewat!

Apa itu Jojoba Oil?

Bahan Aktif Skincare Jojoba Oil

Jojoba oil adalah minyak alami yang diekstrak dari biji tanaman jojoba (Simmondsia chinensis) yang berasal dari gurun Amerika Utara dan Tengah. Minyak jojoba telah digunakan oleh penduduk asli Amerika sejak 1400-an untuk penyembuhan luka.

Minyak jojoba merupakan bahan yang cukup lembut dan dapat digunakan sebagai carrier oil untuk dicampur dengan minyak esensial lainnya atau dapat digunakan sendiri.

Minyak jojoba mentah diperoleh secara langsung dengan metode cold press expression atau solvent extraction dari bijinya.

Karakteristik Jojoba Oil

Karakteristik Jojoba Oil

Minyak jojoba itu seperti apa?

Minyak ini memiliki warna keemasan atau kuning menyala apabila hasil ekstraksi tersebut melalui proses modifikasi, pemurnian, atau pengolahan. Minyak ini sedap dengan sedikit rasa dan bau kacang-kacangan. Sementara itu, jojoba oil olahan tidak memiliki warna dan bau.

Tahukah kamu? Sebenarnya jojoba oil dalam perspektif kimia bukanlah minyak, melainkan ester lilin (wax esters) karena memiliki sediaan yang berbeda dari minyak lainnya.

Kandungan Jojoba Oil

Melansir Jurnal MDPI, minyak jojoba memiliki kandungan kimia berikut ini.

  • Hampir 98% terdiri dari lilin murni, terutama ester lilin
  • Sedikit lemak bebas asam
  • Alkohol
  • Hidrokarbon
  • Sterol
  • Vitamin, dan
  • Ester trigliserida

Meskipun begitu, masyarakat akan lebih akrab dengan sebutan jojoba oil atau minyak jojoba. Jadi, tak perlu diambil pusing!

Dermatologis New York, Y. Claire Chang dalam Byrdie menjelaskan bahwa minyak jojoba yang sebenarnya ester lilin ini seperti tiruan minyak alami (sebum) yang terdapat dalam kulit manusia. Tak heran, minyak jojoba merupakan bahan aktif yang hebat untuk perawatan kulit.

Lalu, apa sih peran jojoba oil dalam produk kecantikan? Apa yang membuat bahan aktif skincare ini disukai banyak orang?

Peran dan Manfaat Jojoba Oil dalam Kecantikan

Aktivitas biologi jojoba oil

Meningkatnya penggunaan jojoba oil pada industri kosmetik dan farmasi mendorong pertumbuhan pasar sebesar 8%setiap tahunnya dan pada 2028 mendatang, pasar global bahan ini diperkirakan mencapai US$ 271,2 juta.

Hal ini pun terbukti dengan banyaknya merek kecantikan yang menggunakan minyak jojoba sebagai bahan baku produk perawatan diri. Sama seperti mereka, kamu tentu tidak mau ketinggalan segudang peran dan manfaat minyak jojoba untuk kecantikan.

Menurut tinjauan komprehensif mengenai jojoba oil, bahan ini memiliki sejumlah aktivitas biologi yang berperan penting untuk kesehatan kulit di antaranya.

  • Agen emolien
  • Antioksidan
  • Anti-jerawat dan anti-psoriasis
  • Anti-inflamasi
  • Antimikroba

Lebih dalam mengenai manfaat bahan ini telah kami kelompokkan berdasarkan bagian tubuh yang diaplikasikan produk jojoba oil.

Manfaat Jojoba Oil untuk Kulit

Minyak jojoba paling banyak terkandung dalam produk perawatan kulit seperti moisturizer, serum, face oil, hingga massage oil. Yap, manfaat jojoba oil tak hanya untuk wajah, tapi juga untuk perawatan tubuh lainnya.

Inilah manfaat jojoba oil dalam produk skincare!

  1. Membantu menghidrasi dan melembapkan kulit
  2. Membantu melindungi skin barrier dari kerusakan
  3. Membantu mengontrol minyak atau sebum yang berlebih
  4. Aktivitas antioksidannya mampu melawan kerusakan oksidatif
  5. Membantu menyamarkan tanda-tanda penuaan dini
  6. Membantu menenangkan kulit akibat inflamasi
  7. Membantu merawat dan mengurangi jerawat

Bagian terbaik dan terpenting dari minyak jojoba, yakni bahan ini non komedogenik dan tidak akan menyumbat pori-pori wajah. Oleh karena itu, fungsi jojoba oil untuk wajah dapat bekerja lebih optimal. Siapa yang tidak senang mendengarnya?

Manfaat Jojoba Oil untuk Rambut

Peran utama minyak jojoba adalah melembapkan, tak hanya untuk kulit, loh, tapi juga untuk rambut. Sejumlah penelitian telah mengonfirmasi manfaat minyak jojoba untuk rambut seperti yang ada dalam daftar berikut ini.

  1. Membantu mencegah kerusakan rambut
  2. Membantu mengurangi ketombe
  3. Membantu mengurangi kulit kepala kering dan gatal
  4. Membantu memperkuat akar rambut
  5. Membuat rambut halus dan tampak berkilau

Selain itu, minyak jojoba merupakan mikroemulsi dalam produk hair care yang berfungsi membantu kolaborasi minyak dan air agar menyatu dengan baik, serta menawarkan manfaat pelembap.

Beberapa contoh produk perawatan rambut dengan minyak jojoba adalah shampo, conditioner, hair serum, hair oil, dan hair mask.

Manfaat Jojoba Oil untuk Bibir

Kalau jojoba oil bisa digunakan untuk kulit kering, kenapa tidak dengan bibir? Bagian tubuh satu ini faktanya lebih tipis dan sensitif dari yang lainnya, mudah kering dan terkelupas. Bibir memerlukan perawatan khusus agar selalu tampak sehat dan menarik.

Jojoba oil adalah pilihan yang tepat untuk produk perawatan bibir seperti lip balm, lip therapy, lip scrub, bahkan produk dekoratif sekalipun. Yap, kita juga bisa menambahkan jojoba oil pada produk lip tint atau lip gloss.

Ini dia manfaat jojoba oil untuk bibir dalam produk lip care.

  1. Memberikan dan mengunci kelembapan bibir
  2. Membantu mencegah kerusakan bibir akibat paparan sinar matahari
  3. Mencerahkan dan mengurangi hiperpigmentasi pada bibir
  4. Membantu bibir tampak lebih berisi dan plump

Itulah sederet manfaat bahan aktif minyak jojoba yang menakjubkan. Kamu bisa menawarkan manfaat hebat tersebut melalui produk kecantikan merekmu sendiri, loh.

Namun, ketahui terlebih dahulu, apakah minyak jojoba dapat dikombinasikan dengan bahan lainnya? Bahan ini akan bekerja dengan baik ketika dikombinasikan dengan apa, ya?

Jojoba Oil Bekerja Efektif dengan Bahan ini

Manfaat minyak jojoba, bahan aktif skincare

Kabar baik untukmu, bahan ini cocok dikombinasikan dengan sebagian besar bahan lainnya. Seringnya, jojoba oil diformulasikan dengan emolien atau bahan pelembap lain seperti hyaluronic acid,shea butter, ceramide, atau beeswax.

Dan terbukti, mulai dari produk perawatan kulit, bibir, rambut hingga riasan, jojoba oil bisa masuk!

Selain itu, dikabarkan bahwa tidak ada bahan yang diketahui memiliki efek negatif dengan minyak jojoba. Bagi pemilik kulit sensitif, bahan ini dapat ditoleransi dengan baik.

Meskipun begitu, Marnie Nussbaum dalam Byrdie mengatakan bahwa kasus ruam atau iritasi akibat minyak jojoba sangat sedikit atau jarang terjadi. Tetap berhati-hati mungkin cara terbaik yang bisa kamu lakukan.

Contoh Produk Kosmetik yang Mengandung Jojoba Oil

Organic Supply Co. Jojoba Oil

Organic supply co. jojoba oil

Minyak jojoba dari Organic Supply Co. ini merupakan minyak multifungsi yang bisa digunakan untuk merawat kulit dan rambut.

Tak hanya itu, produk ini dapat digunakan untuk membersihkan kotoran dan sisa makeup dengan baik. Minyak jojoba yang diklaim tersertifikasi ini pun bisa dicampur dengan produk lulur atau scrub untuk memberikan hasil yang optimal dalam perawatan kulit.

Selain itu, ulasan dari sejumlah pengguna produk ini mengatakan bahwa produk ini memiliki aroma natural dan tekstur cukup lightweight yang mudah diaplikasikan. Terlebih, kemasan mini-size dengan aplikator pompa membuatnya mudah dibawa dan digunakan.

Wardah Fruity Sheer Lip Balm

Wardah Fruity Sheer Lip Balm Review

Selain memiliki berbagai produk skincare, pelopor kosmetik halal Indonesia ini juga memiliki produk perawatan bibir. Wardah Fruity Sheer Lip Balm, salah satunya.

Seperti namanya, lip balm ini terdiri dari sejumlah varian buah-buahan, ada strawberry, grape, aloe vera, dan orange. Di samping itu, produk lip balm Wardah mengandung triple moisture care system dengan bahan jojoba oil, olive oil, dan squalane.

Bahan-bahan tersebut dapat bekerja dengan baik dalam perawatan bibir. Terbukti dari sejumlah ulasan yang mengatakan lip balm ini mampu membantu mengatasi bibir kering dan pecah-pecah, menjaganya tetap lembap, bahkan mencerahkan bibir dan membuatnya tampak lebih segar.

Nah, itulah dua contoh produk yang mengandung jojoba oil yang bisa menjadi inspirasi produk untuk bisnis kosmetikmu.

Buat Produk Kosmetik Jojoba Oil Bersama Adev

Setelah menyelami bersama salah satu bahan aktif terbaik, semoga semangatmu memiliki bisnis kosmetik semakin menyala. Jangan tunggu lama, mari kita wujudkan bersama!

Kamu bisa mempercayakan produksi kosmetik dengan bahan jojoba oil pada Adev. Silakan ceritakan pada kami produk kosmetik apa yang ingin kamu buat.

Maklon kosmetik Adev akan memberikan layanan diskusi secara gratis dan intensif sampai konsep produkmu matang dan siap diproduksi dalam skala besar. Soal formulasi, desain kemasan produk, hingga izin legalitas, semuanya pasti tuntas!

Bahkan, Adev memiliki layanan after sales yang dapat membantumu dalam pembuatan foto dan video produk untuk kebutuhan pemasaran. Kalau begini, tak perlu repot sendirian.

Eits, masih ada layanan Adev lainnya yang tak kami bocorkan di sini! Kami, sih, berharap kamu main ke Marketing Office Adev untuk mengetahui informasi selengkapnya dan mencoba langsung beberapa sampel produk yang tersedia.

Namun, pastikan kamu menghubungi Customer Support kami terlebih dahulu ya. Kami tunggu kabar baik darimu!

5/5 - (23 votes)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *