fbpx

Manfaat Shea Butter dalam 5 Produk Kosmetik untuk Bisnis

Shea butter oleh para wanita Afrika disebut sebagai “Women’s Gold”, bahan yang sangat berharga karena memiliki khasiat super dalam melembapkan dan membantu menyembuhkan masalah kulit. Sifat tersebut tidak ditemukan dalam bahan kosmetik lainnya.

Melansir Serious Shea, komponen alami dan nutrisi yang tinggi dalam shea butter membuatnya benar-benar cocok untuk produk lip care, moisturizer, hair care, body care, dan lainnya. Terbukti, permintaan akan bahan ini terus meningkat seperti dalam laporan Allied Market Research.

Nilai perdagangan shea butter di pasar global cukup tinggi. Angkanya mencapai Rp9,74 triliun juta pada tahun 2020, dan diperkirakan akan menghasilkan $35,6 triliun pada tahun 2030, dengan pertumbuhan sebesar 14,1% setiap tahunnya.

Penasaran dengan kandungan nutrisi shea butter? Ingin tahu lebih lanjut tentang manfaat dan contoh produk skincare berbahan shea butter?

Tunggu apa lagi? Simak artikel berikut ini dan pastikan tak ada informasi yang kamu lewatkan!

Apa itu Shea Butter?

Shea butter adalah lemak nabati yang diekstrak dari biji tanaman Shea (Vitellaria paradoxa). Pohon yang tumbuh di daerah Afrika Barat dan Timur ini memiliki nilai sosial budaya yang kuat di tengah masyarakat. 

Sumber: specialtyproduce.com

Daun, batang, hingga akar pohon ini telah lama  digunakan masyarakatnya untuk mengatasi masalah kesehatan. Sementara itu, ekstrak biji Shea digunakan untuk bahan makanan dan produk perawatan diri (personal care).

Shea butter memiliki kombinasi super antara pelembap dan sifat penyembuhan yang tidak akan kamu temukan dalam minyak biji lainnya.

Lebih lanjut, Serious Shea menjelaskan bahwa ekstrak shea memiliki zat penyembuhan antara 7-12% dibandingkan minyak alpukat yang hanya sebesar 2-6%.

Dengan begitu, shea butter memungkinkan membantu mengatasi beragam permasalahan kulit. 

Selain itu, menurut Healthline, shea butter mengandung vitamin dan asam lemak dengan konsentrasi tinggi, membuatnya menjadi produk yang baik untuk menenangkan, melembutkan, dan menjaga kelembapan bibir, kulit, dan rambutmu.  

Selain vitamin dan asam lemak, berikut ini kandungan nutrisi shea butter.

Kandungan Nutrisi Shea Butter

Kandungan Shea Butter

Dilansir dari laman Core, kandungan shea butter adalah:

  • Vitamin (A, E, F)
  • Mineral
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Protein
  • Air

Kandungan nutrisi itulah yang membuat shea butter memiliki sederet fungsi atau manfaat untuk kecantikan. Penasaran apa saja manfaat shea butter untuk kulit dan rambut? Simak ulasannya berikut ini!

Manfaat Shea Butter untuk Kulit

Manfaat shea butter untuk kulit

Bahan alami dari pohon shea ini memiliki manfaat yang baik bagi kulit, contohnya membantu mengurangi  peradangan yang terjadi pada kulit karena memiliki aktivitas anti-inflamasi. 

Dilansir dari Journal of Biology, daftar manfaat shea butter untuk wajah (kulit) adalah:

  • Memberi dan menjaga kelembapan kulit
  • Menyamarkan bekas luka dan bintik hitam pada kulit
  • Menenangkan kulit
  • Membantu melindungi kulit dari bahaya sinar UV
  • Membantu  memproduksi kolagen
  • Membantu proses regenerasi kulit dan mengurangi tanda penuaan dini

Sebagian orang berpikir bahwa shea butter hanya berperan sebagai pelembap dan cocok untuk kulit saja. Faktanya, bahan ini dapat dimanfaatkan untuk variasi produk lainnya seperti produk lip care, hair care, bahkan deodorant.

African Fair Trade Society menyebutkan shea butter mengandung protein yang sangat rendah, serta belum ada laporan medis terkait bahan ini menyebabkan alergi. 

Shea butter tidak mengandung iritan (pemicu iritasi kulit) dan tidak menyumbat pori-pori.

Dengan demikian, bahan ini pun tak hanya cocok untuk kulit kering saja, hampir semua jenis kulit bisa menggunakan produk perawatan yang mengandung shea butter.

Manfaat Shea Butter untuk Rambut

manfaat shea butter untuk rambut

Shea butter merupakan bahan pelembab populer yang tak hanya digunakan dalam produk skincare, tetapi juga produk hair care. Manfaatnya sebagai bahan pelembap tak perlu diragukan lagi.

Shea butter mampu mengunci dan menambah kelembapan, membuat rambut lebih halus, dan membuatnya mudah diatur. Tak hanya itu, bahan ini mampu memberikan manfaat seperti yang diulas Healthline berikut ini.

  • Membantu mengatasi rambut kering dan bercabang
  • Membantu membuat rambut tampak berkilau
  • Membantu mengurangi iritasi dan inflamasi pada kulit kepala
  • Membantu melawan bakteri penyebab ketombe
  • Membantu melindungi rambut dari kerusakan akibat polusi dan sinar UV
  • Membantu mempercepat pertumbuhan rambut

Manfaat Shea Butter untuk Bibir

manfaat shea butter untuk bibir

Bahan ini merupakan bahan penghidrasi terbaik dan kebanyakan orang mengetahui shea butter hanya digunakan dalam produk perawatan rambut dan kulit. Namun, siapa sangka, shea butter juga punya manfaat hebat untuk bibir.

Laman mindbodygreen.com menyebutkan beberapa manfaat shea butter untuk bibir sebagai berikut:

  • Membantu melembutkan bibir
  • Membantu memproteksi lapisan terluar bibir
  • Memberikan perlindungan terhadap sinar UV
  • Membantu bibir tampak lebih merah menarik

Itulah beberapa manfaat shea butter untuk perawatan kulit, rambut, hingga bibir. Pernah membayangkan membuat produk kosmetik dengan bahan skincare ini? 

Coba simak penjelasan berikut ini, siapa tahu bisa menjadi inspirasi bisnis kosmetikmu!

Dengan Shea Butter, Kamu Bisa Ciptakan Produk Kosmetik Seperti ini

Shea Butter, Bahan Kosmetik

Body Butter

Body butter adalah produk body care berupa krim pelembap yang kaya akan nutrisi. Produk ini memiliki tekstur yang lebih kental dibandingkan body lotion dan cocok untuk jenis kulit kering. 

Body butter merupakan produk pelembap yang menggunakan bahan utama shea butter. Di Afrika, bahan ini biasanya digunakan sebagai obat dan menjaga kesehatan kulit bayi. 

Kini, produk body butter semakin berkembang dan banyak diminati banyak kalangan. Bagaimana tidak? Bahan ini memiliki kandungan pelembap yang tinggi dan kaya akan nutrisi.

Sebelum order layanan maklon body butter, kamu bisa mempelajari dahulu body butter secara lebih mendalam. Mulai dari manfaat, bahan body butter yang lain, hingga inspirasi produk body butter yang akan kamu maklon.

Selain body butter, ini dia jenis produk skincare yang bisa kamu buat dengan kandungan shea butter.

Body Lotion

Produk perawatan tubuh satu ini juga berfungsi untuk melembapkan kulit. Berbeda dengan body butter, body lotion memiliki tekstur yang lebih ringan daripada body butter.

Bahan pelembap yang terkandung dalam produk ini di antaranya zat oklusif, humektan, dan emolien. Produk shea butter lotion bisa jadi ide bisnis kosmetikmu karena bahan ini merupakan pelembap yang baik.

Lip butter

Lip butter merupakan produk perawatan bibir (lip care) yang semakin diminati konsumen. Produk ini mampu menghidrasi dan mengunci kelembapan alami bibir.

Biasanya, lip butter memiliki tekstur yang lebih lembut (creamy), mengandung minyak yang lebih tinggi, dan mengandung essential oil

Salah satu bahan yang populer untuk produk lip butter adalah shea butter, bahan lezat yang memiliki allantoin, zat yang mampu menyembuhkan luka dan iritasi.

Serum

Serum adalah salah satu produk skincare berupa sediaan likuid yang mengandung lebih banyak bahan bioaktif dan sedikit kandungan pelarut. 

Serum wajah (face serum) adalah jenis produk perawatan wajah yang dirancang khusus untuk men-deliver bahan aktif dalam konsentrasi tinggi ke dalam kulit (skin). 

Secara fisik, serum terlihat jernih (clear), berbentuk cairan atau berbasis gel dan cenderung lebih encer dibandingkan moisturizer. Saat ini, banyak produk serum yang menggunakan bahan aktif shea butter untuk mengunci kelembapan kulit secara optimal.

Conditioner 

Hair conditioner merupakan rangkaian lanjutan produk perawatan rambut shampo. Kondisioner  berfungsi membantu menjaga kondisi rambut agar tetap lembab, lembut, dan tampak bersinar.

Selain itu, hair conditioner membantu rambut agar lebih mudah diatur.

Bagi kamu yang berencana memiliki bisnis skincare dengan bahan ini, produk-produk tersebut bisa kamu buat dengan merekmu sendiri, lho. Bersama jasa maklon Adev, spesifikasi produk skincare dapat disesuaikan dengan keinginanmu dan tren yang berkembang di pasaran.

Sekarang, ayo simak terlebih dahulu brand skincare yang telah menggunakan shea butter untuk kandungan produknya. Siapa tahu, bisa menjadi inspirasi bisnismu!

Brand Produk Skincare yang Pakai Shea Butter

The Body Shop Shea Butter

Dari sekian banyak merek skincare, The Body Shop merupakan merek yang menggunakan bahan-bahan alami dalam produk kecantikannya.  Yap, brand ini memang terkenal dengan image-nya yang ramah lingkungan.

Mengutip situs Well and Good, kemasan produk yang digunakan The Body Shop juga ramah lingkungan, menggunakan plastik PET yang dapat didaur ulang. Hal ini sesuai dengan semangat mereka untuk menjadi merek yang sustainable. 

The Body Shop mengklaim dirinya menggunakan bahan 100% vegan sehingga tidak ada produk yang berasal dari hewan, serta pengujian produknya cruelty free. Salah satu bahan alami yang kerap digunakan dalam produk skincare merek ini adalah shea butter. 

Tak heran, shea butter memang bahan yang terbukti baik dalam merawat kulit. Ini dia beberapa produk The Body Shop yang mengandung shea butter.

Shea Nourishing Body Butter

Selain mengandung shea butter sebagai bahan utama, body butter satu ini diperkaya bahan aktif lainnya seperti cocoa butter, babassu oil, dan beeswax. 

Keunggulan produk ini di antaranya, kamu tidak perlu re-apply karena produk memberikan kelembapan yang tahan lama hingga 48 jam. 

Terlebih, Shea Nourishing Body Butter ini memberikan aroma nutty yang lembut. Keharuman dan daya tahan kelembapan produk ini menciptakan pengalaman perawatan kulit yang menyenangkan. 

Produk body shea butter (200 ml) ini dijual dengan harga Rp299.000 di situs resmi The Body Shop.

Shea Lip Butter Moisturizer

Bibir merupakan bagian tubuh yang paling tipis dan mudah kering sehingga perlu dirawat agar tak menimbulkan masalah seperti bibir pecah-pecah, bibir menghitam, peradangan, atau iritasi. 

Produk lip butter The Body Shop seharga Rp119.000 ini, selain melembapkan juga mampu menutrisi bibir dan membantu mencegah masalah kulit bibir.  Selain itu, harum kacang-kacangan (nutty) membuat produk ini kian diminati.

Shea Butter Richly Replenishing Shampoo / Conditioner

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pelembap dari shea butter juga punya sederet benefit untuk perawatan rambut. The Body Shop pun meluncurkan Shea Butter Richly Replenishing Shampoo dan juga Conditioner.

Harga yang dibandrol untuk shea butter shampoo 400 ml yaitu Rp199.000,- dan conditioner 250 ml yaitu Rp169.000,-.

Produk yang dirancang untuk rambut kering dan mudah rusak akibat styling ini diakui sangat baik memberikan kelembapan dan kelembutan. Terlebih, produk ini menawarkan aroma yang lembut dan tahan lama.

Nah itulah beberapa contoh produk perawatan diri yang mengandung  shea butter. Tak hanya merek The Body Shop, merek kecantikan lainnya seperti Bath & Body, Bloomka, St. Ives, Herborist, Wardah, atau Bali Ratih. 

Bukan tidak mungkin, merek skincare-mu masuk dalam deretan tersebut dan produkmu jadi salah satu yang unggul di pasar. 

Mau memulai bisnis kosmetikmu sekarang? Mari, biar Adev temani! 

Sebelum itu, kamu perlu tahu bahwa di luar sana banyak konsumen yang bertanya, “Apakah shea butter halal?” 

Kehalalan sebuah produk memang menjadi faktor penting dalam keputusan pembelian produk, terutama bagi mayoritas umat muslim di Indonesia. Berikut kami ulas sedikit mengenai kehalalan produk shea butter.

Kehalalan Produk Shea Butter 

Shea Butter, Bahan Maklon Body Butter

Shea butter adalah salah satu bahan skincare yang terbuat atau berasal dari biji tanaman Shea.

Melihat sumber bahan tersebut adalah tanaman, mudahnya kita dapat menyimpulkan bahwa shea butter ini halal. 

Akan tetapi, shea butter tentu tidak akan bisa menjadi satu-satunya bahan dalam produk skincare, ada bahan-bahan lain yang tercampur dalam produk.

Untuk itu, kita perlu menelusuri lebih lanjut pada proses pembuatan produk dengan shea butter. Apakah bisa dipastikan proses dan bahan lain yang digunakan dalam sebuah produk terjamin halal? 

Melansir laman LPPOM MUI, pebisnis kosmetik dan konsumen perlu mencermati titik kritis keharaman bahan-bahan kosmetik seperti sebagai berikut.

  • Lemak dan turunanya, bisa diperoleh dari hewan
  • Kolagen dan elastin, bisa diperoleh dari hewan
  • Ekstrak plasenta, bisa diperoleh dari hewan, bahkan manusia
  • Vitamin, penstabilnya bisa berasal dari hewan 
  • Asam Alfa Hidroksi (AHA), media pembuatannya bisa dari hewan
  • Hormon, bisa diperoleh dari hewan

Jadi, kita perlu lebih kritis lagi dalam penggunaan produk kosmetika. Salah satu solusi agar terhindar dari produk yang tidak jelas kehalalannya adalah dengan memastikan produk tersebut telah tersertifikasi Halal MUI. 

Namun, tenang saja, bagi kamu yang berbisnis produk skincare, bodycare, lipcare, atau haircare dengan bahan shea butter tak perlu khawatir dengan kehalalannya.  Produk yang dihasilkan oleh PT Adev Natural Indonesia sudah pasti terjamin halal karena kami telah memiliki sertifikat Halal MUI.

Punya Ide Bisnis Kosmetik dengan Bahan Shea Butter? Yuk, Konsultasikan dengan Adev

Percayakan pembuatan produk skincare-mu pada Adev. Kami telah berpengalaman lebih dari 15 tahun dalam menciptakan produk-produk perawatan diri sesuai dengan keinginan konsumen dan tren kecantikan yang ada.

Bersama maklon kosmetik Adev, kamu akan merasakan kemudahan dalam mewujudkan bisnis kosmetik atau skincare yang selama ini kamu idamkan. Setidaknya, sejumlah pelayanan ini yang akan kamu dapatkan.

  • Diskusi produk dengan business consultant 
  • MOQ bervariasi sesuai paket yang tersedia
  • Layanan pembuatan sampel produk 
  • Layanan  pembuatan logo dan/atau desain kemasan
  • Proses produksi sesuai standar CPKB
  • Layanan perizinan legalitas (HAKI, BPOM, dan Halal MUI)
  • Layanan after sales (foto dan video produk)

Selain itu, masih ada layanan lainnya yang belum kami sebutkan. Untuk mengetahui informasi selengkapnya seperti syarat maklon dan biaya maklon kosmetik, bagaimana jika kamu langsung menghubungi kami saja?

Kesimpulan

Itulah penjelasan mengenai salah satu bahan skincare yang populer dengan kandungan pelembap terbaik. Kami tak sabar membantumu mewujudkan produk perawatan kulit dan tubuh menggunakan bahan shea butter.

Atau mungkin kamu tertarik menggunakan bahan aktif lainnya? Tenang, apapun keinginanmu akan kami usahakan, kami akan membantumu dalam menciptakan produk yang terbaik dan terjamin kualitasnya.

Soal jasa maklon tak perlu kompromi lagi ya, PT Adev Natural Indonesia solusinya. Klik tombol di bawah ini untuk terhubung dengan Customer Support kami.

4.9/5 - (7 votes)

2 komentar untuk “Manfaat Shea Butter dalam 5 Produk Kosmetik untuk Bisnis”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *