fbpx

Aplikasi Cek BPOM Mobile Mudahkan Cek Keaslian Kosmetik

Waspada dengan produk kosmetik yang beredar di pasar, pastikan aplikasi cek BPOM tersedia di ponselmu!

Tahukah kamu? Maraknya peredaran produk ilegal di tengah masyarakat mendorong BPOM mencari solusi efektif agar konsumen mendapatkan informasi produk ilegal atau produk yang tak terdaftar BPOM dengan mudah.

Oleh karena itu, kehadiran aplikasi cek BPOM Mobile menjadi jawaban dari tantangan Badan POM terkait peredaran produk-produk palsu atau ilegal. Aplikasi cek BPOM Mobile ini pun disambut hangat oleh masyarakat. 

Penasaran dengan aplikasi Cek BPOM ini? Sudah tahu bagaimana cara menggunakannya? 

Simak artikel ini sampai habis ya, temukan juga cara lain agar terhindar dari produk kosmetik abal-abal, serta informasi peredaran kosmetik ilegal di pasar yang akan membuat pebisnis kosmetik berpikir dua kali untuk tidak mengurus legalitas produk.

Apa itu Aplikasi Cek BPOM?

Aplikasi Cek BPOM, KLIK, KOSMETIK

Aplikasi cek BPOM merupakan aplikasi yang menampilkan daftar produk pangan, obat-obatan, dan kosmetik yang diperbolehkan beredar di Indonesia. Produk-produk tersebut telah melewati proses evaluasi oleh Badan POM. 

Data produk yang ditampilkan dalam aplikasi cek BPOM antara lain.

  1. Nomor Registrasi 
  2. Jenis Produk (Obat, Obat Tradisional, Suplemen Makanan, Kosmetika dan Makanan dan Minuman) 
  3. Nama Produk 
  4. Tanggal Terbit 
  5. Nama Dagang (Merk) 
  6. Jumlah dan Kemasan 
  7. Bentuk Sediaan Komposisi 
  8. Nama Perusahaan Pendaftar dan Produsen

Adapun aplikasi BPOM Mobile merupakan inovasi pelayanan publik yang dirancang oleh Badan POM agar konsumen mendapatkan informasi mengenai produk  kosmetik hanya dengan memindai 2D barcode atau QR (quick response) code melalui smartphone.

Aplikasi ini tidak hanya menyediakan fitur cek produk dengan Scan QR Code saja, lho. BPOM Mobile menyediakan fitur lain seperti Cek NIE, fitur pengaduan, firu lapor iklan, dan notifikasi berita klarifikasi BPOM.

Penasaran seberapa banyak produk kosmetik ilegal atau palsu yang tersebar di Indonesia? Mau tahu cara agar terhindar dari produk ilegal?  

Mengapa Perlu Cek Keaslian Kosmetik

Produk Kosmetik Ilegal, BPOM

Melansir Katadata, Perhimpunan Perusahaan dan Asosiasi Kosmetika (PPAK) Indonesia menduga 85% produk kosmetika yang beredar di pasar masuk dalam kategori ilegal. Kita sepakat bahwa persentase tersebut tidaklah kecil. 

Mirisnya, jumlah kosmetik ilegal tersebut meningkat pesat dibandingkan proyeksi sebelumnya yang berkisar 20%. Solihin Sofian, Ketua PPAK, menyatakan bahwa maraknya produk kosmetik ilegal tersebut dipicu tingginya penjualan produk kosmetik asing di marketplace

Adapun yang dimaksud dengan produk kosmetik ilegal terdiri dari dua tipe, yaitu kosmetik yang tidak memiliki izin edar dan kosmetik yang dipalsukan dari produsen lain. 

Keduanya perlu diwaspadai, konsumen harus lebih berhati-hati dalam membeli produk kosmetik. Jangan sampai kosmetik yang digunakan malah menimbulkan masalah kulit atau berdampak berbahaya pada kesehatan. 

Sudah tahu bagaimana cara cek izin edar produk kosmetik melalui aplikasi Cek BPOM Mobile?

Ada dua cara untuk mengecek keaslian produk kosmetik, yaitu.

  1. Cek kosmetik dengan fitur Scan Barcode Produk
  2. Cek kosmetik dengan fitur Cek NIE

Cara Cek Keaslian Kosmetik dengan Barcode Produk

Aplikasi Cek BPOM, Scan Produk

1. Instal Aplikasi Cek BPOM

Aplikasi cek BPOM Mobile memudahkan masyarakat untuk mengecek legalitas produk guna menjamin keamanan produk sebelum dibeli.

Untuk mengecek legalitas kosmetik, langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengunduh aplikasi cek BPOM di Google Play Store atau Apple Apps Store.  Kamu bisa langsung mengunduhnya aplikasi Cek BPOM di sini.

Aplikasi khusus cek BPOM saja:

Download Aplikasi Cek BPOM untuk Android 

Aplikasi BPOM dengan fitur lengkap: 

2. Buka aplikasi BPOM Mobile

Saat membuka aplikasi BPOM Mobile kamu akan diarahkan ke beranda yang menampilkan beberapa fitur aplikasi di antaranya.

  • Scan produk
  • Pengaduan
  • Cek NIE
  • Berita
  • Riwayat Iklan
  • Link Aplikasi
  • Pengaduan Iklan

3. Pilih fitur Scan Produk

Selanjutnya, pilih fitur Scan Produk untuk mengecek keaslian kosmetik hanya dengan memindai barcode atau QR code.

4. Pindai QR Code,  hasil verifikasi akan ditampilkan

Saat memindai QR code, pastikan kamera ponselmu fokus agar produk terdeteksi dikenali oleh sistem. Jika produk dikenali maka akan muncul notifikasi seperti pada gambar di atas.

5. Klik Cek Detail, informasi lengkap produk akan ditampilkan

Klik Cek Detail untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai produk kosmetik yang telah diverifikasi.

Cara Cek Keaslian Kosmetik Melalui Aplikasi BPOM dengan Cek NIE

Aplikasi Cek BPOM, Cek NIE Kosmetik

1. Instal Aplikasi BPOM Mobile

cari aplikasi bpom mobile

Langkah pertama adalah kamu perlu masuk ke Google Play Store (android). Cari aplikasi BPOM mobile di Apps Store Android dan IOS.

Setelah itu, klik tombol Install berwarna hijau (pasang, bahasa indonesia) . Lihat gambar di bawah ini.

klik tombol install untuk memasang aplikasi bpom mobile

2. Buka aplikasi BPOM Mobile

Jika sudah terinstall, maka buka aplikasi BPOM mobile dengan cara klik Icon aplikasi.

3. Pilih fitur Cek NIE

Fitur ini adalah alternatif jika kamu kesulitan untuk memindai barcode. Ada beberapa kategori pencarian yang bisa kamu pilih untuk verifikasi legalitas produk kosmetik, yaitu nomor registrasi, nama produk / nama dagang, serta nama produsen / pendaftar.

4. Pilih kategori pencarian dan masukkan kata kunci pencarian

Setelah memilih salah satu kategori pencarian, masukkan kata kunci pencarian. Misalnya kamu ingin mengecek produk kosmetik merek Cantik Sempurna, maka kamu bisa memilih kategori “Nama Produk / Nama dagang” dan menulis merek tersebut di kolom pencarian. 

Cara yang sama untuk kategori pencarian lainnya.

6. Klik cari produk, hasil verifikasi akan ditampilkan

Satelah klik cari produk, sistem akan menampilkan hasil verifikasi seperti contoh pada gambar di atas.

7. Klik hasil verifikasi untuk info lebih detail

Untuk informasi lebih detail, kamu bisa klik sekali lagi pada hasil verifikasi tersebut.

Nah, itulah cara mengecek produk kosmetik legal melalui aplikasi cek BPOM.

Berita Harian Kompas melaporkan bahwa peredaran kosmetik palsu di Indonesia cukup mengkhawatirkan.  Selain dengan cara mengecek bpom kosmetik asli atau palsu melalui website ataupun aplikasi mobile, pastikan kamu membeli produk kosmetik di tempat yang resmi seperti official store, swalayan, atau distributor resmi.

Cek KLIK BPOM, Tips Aman Belanja Kosmetik Asli

Kemasan Cek KLIK BPOM

Kemudian, saat akan membeli produk kosmetik, konsumen wajib Cek KLIK BPOM terlebih dahulu. KLIK merupakan singkatan dari Kemasan, Label, Izin Edar (nomor notifikasi), Kadaluarsa. Penting bagi setiap pengguna kosmetik mengecek KLIK sebelum memutuskan membeli produk.

Cek Kemasan

Kemasan produk, selain berfungsi sebagai identitas merek, juga berfungsi untuk melindungi produk dari kontaminasi kotoran dan zat berbahaya.

Oleh karena itu, kamu perlu memastikan kemasan dalam keadaan yang baik. Jangan membeli produk jika kemasan sobek, berlubang, penyok, dan lembek akibat lembap. 

Cek Label

Selanjutnya, penting untuk selalu mengecek label kemasan. Bacalah informasi produk yang tertera dalam kemasan dengan teliti. Periksa komposisi, bahan aktif produk, gramasi, manfaat produk, cara pakai, informasi penggunaan dan penyimpanan. 

Cek Izin Edar (Nomor Notifikasi)

Poin ini yang telah kita bahas sebelumnya. Jadi, jangan sampai lupa untuk mengecek nomor izin edar produk menggunakan aplikasi cek BPOM untuk memastikan kosmetik tersebut terdaftar di BPOM. 

Cek Kedaluwarsa

Tak kalah penting dari poin-poin sebelumnya, kamu perlu mengecek kadaluarsa. Pastikan produk kosmetik yang ingin dibeli tidak melewati batas waktu berlakunya (expired date). Produk yang telah kedaluwarsa tidak akan efektif bahkan bisa berdampak buruk pada kulit.

Jika kamu maklon produk di Adev, maka kamu akan memperoleh layanan untuk mengecek keaslian produk Adev.

Itu dia Sahabat Adev, jangan lupa cek KLIK dan cek legalitas produk dengan aplikasi BPOM ya!

Kesimpulan

Tak hanya konsumen yang perlu berhati-hati, para pebisnis kosmetik atau calon pebisnis kosmetik jangan sampai menganggap enteng legalitas BPOM kosmetik.  Meningkatnya kosmetik ilegal yang beredar, diikuti dengan konsumen yang semakin aware dengan legalitas.

Sebagai pebisnis kosmetik, kamu tentu tidak ingin kehilangan banyak konsumen yang semakin cerdas akan pentingnya legalitas produk kosmetik.

Jadi, pastikan ya produk kosmetik merekmu sudah  terdaftar di BPOM supaya konsumen yang mencari informasi legalitas di aplikasi cek BPOM langsung menemukan produkmu dan semakin percaya dengan merekmu. 

Oke, itulah penjelasan mengenai aplikasi cek BPOM, cara menggunakannya, hingga informasi sekilas mengenai peredaran kosmetik ilegal. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi pebisnis kosmetik, calon pebisnis kosmetik, maupun konsumen.

Baca juga konten Adev terkait BPOM

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *