fbpx

7 Cara Memutihkan Kulit secara Alami, Aman dan Mudah

Kulit yang cerah tentu menjadi dambaan bagi setiap orang. Sayangnya, gaya hidup yang tak sehat dan paparan sinar matahari kerap membuat kulit menjadi kusam dan gelap. 

Namun, tak perlu khawatir, terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat kulit menjadi cerah kembali. 

Yuk, simak cara memutihkan kulit secara alami dengan bahan-bahan yang aman dan mudah di bawah ini!

Memutihkan Kulit Secara Alami Dimulai dari Kebiasaan Sehari-Hari

Ada banyak sekali produk pemutih wajah yang saat ini bereda di pasaran dengan menjanjikan mampu menjadikan kulit wajah kita jadi lebih putih, bersih, bersinar, hingga kinclong bercahaya. Akan tetapi, pada kenyataannya ada banyak yang tidak mampu memenuhi janji-janji yang telah diberikannya tersebut. Oleh karena itulah, dari pada Anda terus-terusan membeli sejumlah produk yang tidak jelas seperti itu, akan jauh lebih baik lagi bila Anda mencoba untuk membuat pemutih wajah alami sendiri di rumah.

cream

Gambar ilustrasi cream pemutih

Bukan saja bahan alami yang bisa menjadikan kulit Anda tampak lebih putih, akan tetapi juga menjadikannya lebih sehat dan kencang. Ada banyak situs populer di luar negeri yang telah membahas hal ini, yang salah satunya adalah seperti yang telah kami lansirkan dari laman homeremediesforlife.com berikut ini.

Manusia dilahirkan dengan memiliki kulit yang terdiri dari lapisan epidermis dan dermis. Pada lapisan epidermis, terdapat pigmen melanin yang dapat menghasilkan warna kulit. 

Namun jika pigmen melanin diproduksi terlalu berlebihan, seseorang yang memiliki kulit putih pun akan terlihat lebih gelap, dan bahkan terlihat kusam jika tidak dirawat.

Lalu bagaimana kita bisa menekan produksi pigmen melanin pada lapisan epidermis di kulit kita? 

Berikut adalah 7 cara atau langkah yang harus Anda lakukan untuk memutihkan kulit secara alami.

Konsumsi Air Putih

minum air putih

Minum air putih secara teratur dikenal bermanfaat untuk membantu tubuh untuk memperlancar pendistribusian oksigen dan nutrisi dalam sel-sel darah kita. 

Namun selain itu, mengonsumsi air putih ternyata juga dapat memberikan kelembaban dan bekerja sebagai pencerah alami untuk kulit Anda. 

Mengonsumsi cukup air putih akan memperbaiki tekstur dan penampilan kulit Anda dengan membuang racun dalam tubuh.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, Anda harus mengonsumsi setidaknya 2 liter air dalam sehari untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. 

Tidur yang Cukup

Apa hubungannya tidur yang cukup dengan memutihkan kulit secara alami? Ternyata hal ini cukup berkaitan erat, lho. Faktanya, kurang tidur dapat mengacaukan kesehatan kulit. 

Karena saat tidur, tubuh sedang meningkatkan aliran darah ke kulit yang bisa membuat Anda bangun dengan kulit yang sehat dan bercahaya. 

Oleh sebab itu, Anda perlu memberikan waktu yang cukup bagi tubuh untuk beristirahat.

Sebaliknya, kurang tidur akan membuat kulit Anda terlihat kusam dan tak bernyawa, belum lagi ditambah dengan munculnya lingkaran hitam.

Rutin Menggunakan Tabir Surya (Sunscreen

sunscreen

Terik matahari yang panas dapat membuat kulit menjadi lebih gelap atau bahkan terbakar dan teriritasi. 

Bagi Anda yang memiliki banyak aktifitas di luar ruangan lindungilah kulit dengan memakai tabir surya (sunscreen) yang mengandung formula anti UVA dan UVB. 

Kulit kecoklatan akibat sinar matahari akan menutupi kulit yang cerah alami dan butuh waktu untuk mendapatkannya kembali, lho. Maka dari itu, gunakan tabir surya dengan jumlah yang banyak. 

Gunakan juga pakaian lengan panjang berbahan ringan agar kulit semakin terlindungi dari paparan sinar matahari terutama di siang hari.

Mengkonsumsi Sayuran dan Ikan Salmon

Sel kulit mati yang terkena paparan terik matahari dapat sulit tergantikan dengan sel kulit baru. Apalagi saat Anda tak menjaga pola makan, kulit dapat terlihat lebih kusam, gelap, dan tidak sehat. 

Maka dari itu, konsumsilah sayuran dan ikan salmon karena lemak baik yang terkandung di dalamnya dapat membantu kulit meregenerasi sel-sel kulit baru yang lebih baik dan tentunya terlihat lebih cerah.

Memutihkan Kulit Secara Alami

Cara Memutihkan Kulit Alami dengan Buah Bengkuang

Salah satu buah yang sangat baik untuk kecantikan dan kesehatan kita adalah buah bengkuang.

Mengapa bengkuang baik untuk kecantikan? Hal ini dikarenakan buah bengkuang mengandung senyawa kalsium dan fosfor alami, seperti yang kita tahu bahwa senyawa ini sangat baik untuk kulit.

Berikut adalah cara memutihkan kulit dengan buah bengkuang :

  1. Siapkan buah bengkuang secukupnya, bersihkan kulit dan parut buah bengkuang.
  2. Peraslah hasil parutan buah bengkoang dan ambil airnya saja
  3. Tuangkan air perasan kedalam mangkuk bening, diamkan sampai mengeluarkan endapan putih dibawah.
  4. Setelah endapan putih muncul, buang air bersihnya dan gunakan endapan bengkuang untuk masker wajah alami.

Cara Memutihkan Kulit Alami dengan Kunyit

clear drinking glass with brown liquid

Kunyit dikenal sebagai salah satu bumbu dapur yang sering digunakan untuk memberikan warna pada makanan. 

Namun, ternyata kunyit juga memiliki manfaat yang baik untuk kecantikan kulit karena merupakan sumber antioksidan yang kaya dan mengurangi peradangan pada kulit.

Kunyit memiliki senyawa yang disebut kurkumin. Menurut studi yang dipublikasikan dalam Journal of Cellular Physiology, kandungan kurkumin dalam kunyit telah digunakan sebagai obat untuk pencegahan penuaan kulit dan gangguan seperti psoriasis, infeksi, jerawat, radang kulit, dan kanker kulit. 

Dalam mencerahkan kulit, kurkumin dalam kunyit juga dapat menghambat produksi melanin dan menghasilkan warna kulit yang lebih merata. 

Cara memutihkan kulit secara alami menggunakan kunyit adalah dengan mencampurkan bubuk kunyit dan yogurt untuk membuat pasta. Lalu, oleskan pasta ke kulit Anda.

Anda juga bisa mendapatkan kulit putih alami dengan kunyit sebagai bahan alami alternatifnya. Caranya kurang lebih hampir sama, yakni silakan campurkan satu sendok makan air perasan jeruk nipis dengan satu sendok makan bubuk kunyit. Aduk-aduk hingga merata, setelah itu oleskan di wajah Anda sampai merata. Diamkan selama 20 menit, kemudian cuci dengan air dingin, dan akhiri dengan mencuci wajah Anda dengan air biasa.

Cara Memutihkan Kulit Alami dengan Jeruk Nipis

Sementara itu, apabila Anda memiliki jenis kulit wajah yang berminyak. Anda bisa menambahkan air mawar atau pun minyak zaitun pada perasan jeruk nipis, dan caranya sama dengan mengoleskan pada kulit wajah Anda secara merata.

Untuk Anda yang memiliki jenis kulit jering, akan tetapi ingin memiliki kulit wajah yang putih alami bisa dengan menambahkan bahan yang berupa madu murni dan juga minyak zaitun. Jadi, untuk satu sendok makan air perasan jeruk nipis Anda campurkan dengan satu sendok makan minyak zaitun dan satu sendok makan madu murni. Silakan Anda campurkan bahan tersebut hingga rata, lalu pakai untuk dioleskan ke seluruh permukaan wajah Anda hingga rata. Setelah itu, diamkan selama 15 menit atau sampai mengering, dan bersihkan dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

Perlu Anda ingat, untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal dalam memutihkan wajah secara alami, Anda bisa melakukan perawatan ini secara rutin setidaknya 3 hari dalam 1 minggu.

Cara Memutihkan Kulit Alami dengan Tomat

orange tomatoes

Selain baik untuk kesehatan tubuh, tomat juga dapat Anda gunakan untuk solusi kulit yang bersih, dan terlihat cerah.

Paparan sinar matahari menyebabkan kulit terlihat kusam dan tidak rata. Tomat bisa membantu menjadi jawaban atas masalah ini karena kaya akan vitamin C, E dan beta karoten, tomat meratakan warna kulit sekaligus mencerahkan kulit dan menampakkan kilau alaminya.

Cara Penggunaan:

  1. Ambil jus dari satu tomat dalam mangkuk
  2. Tambahkan sedikit bubuk kunyit bersama dengan bubuk kayu cendana secukupnya untuk membentuk pasta
  3. Oleskan paket pencerah kulit ini pada wajah Anda dan rileks sampai mengering.
  4. Bilas masker dengan air bersih dan amati perbedaannya.

Memutihkan Wajah Secara Alami Dengan Jeruk Nipis

Untuk bisa mendapatkan kulit wajah yang putih alami hingga kinclong dari bahan-bahan alami, Anda bisa andalkan jeruk nipis. Mengapa? Sebab, kandungan yang ada di dalam jeruk nipis ini mampu membuat pori-pori di kulit wajah Anda menjadi lebih kencang, yang sekaligus bisa membuat wajah jadi lebih putih. Selain hal tersebut, vitamin C yang ada pada jeruk nipis ini merupakan bahan alami yang mampu membantu tumbuhnya sel-sel kulit baru, juga sebagai antioksidan yang sangat berguna untuk menyehatkan kulit.

Cara untuk membuat pemutih wajah dari jeruk nipis ini sangat gampang sekali, yakni pertamanya dengan menyiapkan satu buah jeruk nipis lalu memerasnya hingga keluar airnya. Setelah itu, silakan Anda tampung air jeruk nipis tersebut di mangkok dan ambilah kapas untuk dicelupkan, kemudian Anda oleskan di kulit wajah secara merata, terutama pada bagian-bagian yang terlihat gelap. Diamkan selama 30 menit, lalu bersihkan wajah Anda dengan menggunakan air  biasa hingga bersih. Jika Anda melakukan perawatan dengan jeruk nipis ini secara rutin dan teratur maka Anda akan mendapatkan kulit wajah yang putih, indah dan juga bercahaya. Selain dengan cara memeras air jeruk nipis tersebut dan mengoleskannya dengan menggunakan kapas, Anda juga bisa melakukan dengan cara memotong jeruk nipis menjadi beberapa bagian, lalu menggunakan bagian dalam jeruk nipis tersebut untuk dioleskan ke kulit Anda.

Kelebihan Memutihkan Kulit secara Alami

Memutihkan kulit secara alami terhitung lebih murah dan lebih aman untuk jangka waktu yang lama, walaupun Anda tentu harus telaten dalam menjalankan cara ini.

Perlu diketahui bahwa kulit yang cerah tidak bisa didapatkan secara instan. Maka dari itu, sebaiknya Anda tak mudah percaya ketika ada produk yang memberikan klaim jaminan putih dan cerah secara instan. 

Karena bisa saja produk tersebut mengandung bahan berbahaya untuk kulit Anda, seperti merkuri dan hidrokuinon. 

Padahal masih banyak kandungan pencerah kulit yang aman seperti Niacinamide, Licorice, Vitamin C, Kiribirth, dan lain-lain. 

Lalu, bagaimana cara memutihkan kulit yang aman dan tak membutuhkan jangka waktu yang panjang? Menggunakan produk kosmetik perawatan seperti skincare dan bodycare adalah solusinya!

Banyaknya orang yang ingin mencerahkan kulit membuat skincare dan bodycare dengan kandungan pencerah sangat laris di pasaran. Hal tersebut bahkan bisa Anda manfaatkan menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. 

Lalu, dimana Anda bisa memproduksi produk kosmetik yang bisa memutihkan dan mencerahkan secara aman dan legal? Jasa maklon kosmetik ADEV jawabannya!

ADEV bisa membuat berbagai produk kosmetik mulai dari sabun bar, skincare, dan bodycare yang bisa mencerahkan kulit. 

Tak perlu khawatir soal kualitasnya, karena formula setiap produk dibuat oleh SDM yang berpengalaman, teruji di laboratorium, dan proses pembuatannya telah bersertifikat CPKB dari BPOM.

Tertarik membangun bisnis skincare atau bodycare yang bisa memutihkan? Yuk, hubungi Business Consultant ADEV untuk berdiskusi dengan klik tombol di bawah ini!

Nah, begitulah cara untuk membuat produk pemutih wajah alami yang aman dan juga berkhasiat untuk memutihkan kulit wajah Anda hingga kinclong bercahaya. Bagaimana, Anda tertarik untuk membuatnya sendiri di rumah? Selamat mencobanya ya, dan semoga bisa berhasil untuk mendapatkan kulit wajah putih seperti yang Anda idam-idamkan.

4.5/5 - (51 votes)

19 komentar untuk “7 Cara Memutihkan Kulit secara Alami, Aman dan Mudah”

    1. Untuk evaluasi hasilnya biasanya sudah terlihat setelah 2 minggu. Namun akan berbeda hasilnya antara orang satu dan orang lainnya. Anda mungkin telah tahu bahwa sensitifitas kulit dalam merespon bahan kosmetik sangatlah berbeda satu sama lain. Akan tetapi secara umum, hasilnya sudah terlihat setelah dua minggu penggunaan. Jadi, tidak percuma

    1. Terima kasih atas kunjungan anda di web kami. Silakan di share dengan teman atau keluarga anda jika memang artikel ini bermanfaat. Terima kasih

  1. Sarannya sngt bermanfaat. Tapi mhon maaf tidak semua wanita ingin putih. Saya sbgai pemilik kulit sawo matang sngt bersyukur dgn kulit eksotis yg sdh diciptakan Tuhan. Mgkn lebih tepatnya “cerah” Bukan putih ato lebih tepatnya terawat. dan cantik tidak harus putih

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mau bisnis kosmetik merek sendiri?

WeCreativez WhatsApp Support
Business Consultant
Halo, dengan Damai sebagai Business Consultant di sini. Ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top