fbpx

Melanin “Pigmen Warna Kulit” & Persepsi Cantik di Indonesia

Kalo kamu merasa kulit kamu gelap atau kusam dan pengen membuatnya lebih putih, maka silakan baca artikel ini hingga tuntas.

Pengan tahu merk suplemen terbaik apa saja yang bisa memutihkan badan? Yuk, simak pembahasan selengkapnya dari adev.co.id di bawah ini.

Persepsi cantik

Pola pikir manusia berubah mengikuti zamannya. Namun, pola pikir sendiri ada yang membawa dampak positif dan negatif tergantung bagaimana cara orang mencernanya.

Dikutip dari tulisan Yunizar di kompasiana.com, faktor utama penyebab pola pikir manusia berubah dipengaruhi oleh media seperti tv, radio, majalah, sosmed dan sebagainya. Faktor tersebut berimbas pada perspektif masyarakat tentang kecantikan perempuan.

Kecantikan perempuan di zaman sekarang sebagaimana tayangan-tayangan di iklan, social media dan lainnya. Yang mengharuskan mereka memiliki kulit putih, bersih, halus, memiliki tubuh yang langsing, tinggi dan banyak lagi.

Sehingga perspektif tersebut membentuk mereka (perempuan), berlomba-lomba untuk mempraktekkan hal diatas. Sebagai contoh kongkritnya memutihkan wajah. Bahkan, pria pun sudah banyak yang mempraktekannya.

Melihat dari persoalan diatas, makanya banyak perempuan yang mulai menggunakan produk-produk kecantikan untuk menunjang kecantikannya, khusunya dalam memutihkan kulit wajah. Informasi berikut berhubungan dengan produk pemutih wajah yang bisa Anda miliki dan gunakan setiap hari untuk perawatan. Simak ya!

Apa itu Melanin?

Melanin adalah pigmen kulit berwarna gelap (hitam). Fungsi melanin bagi kulit penduduk Negara tropis adalah melindungi tubuh dari sengatan sinar matahari.

Manusia dilahirkan dengan memiliki kulit yang terdiri dari lapisan epidermis dan dermis. Pada lapisan epidermis, terdapat pigmen melanin yang dapat menghasilkan warna kulit. 

Namun jika pigmen melanin diproduksi terlalu berlebihan, seseorang yang memiliki kulit putih pun akan terlihat lebih gelap, dan bahkan terlihat kusam jika tidak dirawat.

Lalu bagaimana kita bisa menekan produksi pigmen melanin pada lapisan epidermis di kulit kita? 

Sinar UV bisa menyebabkan oksidasi radikal bebas yang meicu kanker. Wanita yang tinggal di daerah tropis cenderung mempunyai kadar melanin lebih banyak, sehingga kulit menjadi lebih gelap.

Baca penjelasan kami tentang uv index pada artikel body lotion.

Kali ini, kami coba uraikan cara membuat masker pemutih wajah dengan menggunakan bahan alami yang ada di rumah. Buat kamu yang tidak cocok menggunakan pemutih buatan pabrik (dari bahan kimia),maka pemutih alami bisa jadi solusi yang tepat.

Lantas, pertanyaannya bahan alami apa yang bisa menjadikan kulit putih alami? Untuk mengetahuinya silakan kamu simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Kaitan antara Melanin dan Warna Kulit

Pigmen melanin pada kulit merupakan zat dalam tubuh yang bertanggung jawab terhadap warna gelap (hitam) pada kulit seseorang.

Pigmen melanin dihasilkan pada lapisan epidermis oleh sel melanosit. Karakteristik melanin berbeda pada setiap individu dan dipengaruhi oleh genetik.

Dilansir dari study.com, Warna pigmen melanin bervariasi, mulai dari merah kekunigan hingga coklat kehitaman. Ada 2 jenis bentuk dasar melani, yakni eumelanin dan pheomelanin.

Eumelanin

Eumelanin merupakan bentuk melanin yang paling banyak dijumpai. Warnanya cenderung kecoklatan.

Pheomelanin

Bentuk lainnya dari melanin adalah pheomelanin. Warna yang dihasilkan pigmen ini adalah merah kecoklata dan sering dikaitkan dengan bintik-bintik (freckles) dan rambut merah.

Produksi melanin dalam tubuh

Produksi melanin dalam tubuh dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti:

  • paparan sinar matahari
  • genetik
  • ukuran sel melanosit
  • kondisi khusus, seperti albino

Selain pigmen, perubahan hormon juga berpengaruh pada warna kulit.

Mengapa Kulit Berubah Warna?

Wajah merupakan hal paling penting yang harus diperhatikan oleh setiap individu. Wajah memiliki kulit yang sensitif terhadap infeksi bakteri dan bahan kimia yang terkandung dalam kosmetik yang anda pakai. Oleh sebab itu anda harus sesering mungkin merawat kulit wajah, agar wajah selalu sehat, bersih dari bakteri, serta bebas dari kontraminasi bahan kimia yang berbahaya.

Wajah yang terkontraminasi bahan kimia, akan menjadi kering dan kusam. Mungkin disebabkan anda terlalu sering mencuci muka menggunakan facial foam. Selain itu, make up yang banyak mengandung mercury juga bisa mengeringkan kulit wajah. Kulit wajah yang kering akan memberikan tampilan wajah yang kusam dan berjerawat.

Wajah kusam dan berjerawat sangatlah menganggu penampilan. Wajah kusam dan berjerawat sering kali menjadikan anda kurang percaya diri. Percaya diri seseorang sangatlah penting untuk meyakinkan seseorang agar Anda bisa dipercaya. Misalnya dalam hal perjanjian kontrak kerja maupun perjanjian dalam hal lainnya.

Untuk menghilangkan kusam di wajah, wanita jaman dulu menggunakan racikan bahan alami sehingga menjadi produk seperti masker atau lulur. Berbeda dengan wanita jaman dulu, cewek masa kini yang kerja kantoran lebih prefer menggunakan kosmetik untuk mengatasi masalah wajah kusam atau wajah berminyak. Umumnya, mereka pengen hasil instan dalam memutihkan wajah.

Mengenal Produk Kosmetik Pemutih

Tahukah kamu bahwa tidak semua kosmetik berupa krim pemutih wajah itu cocok dan aman digunakan? Oleh sebab itu, kamu harus selektif dan berhati-hati saat memilih dan pembeli produk pemutih kulit wajah. Jadi kosmetik komersial bukan satu-satunya Cara memutihkan wajah secara alami.

Krim pemutih wajah yang tidak aman biasanya mengandung bahan kosmetik berbahaya seperti merkuri dan hidrokuinon. Hasil kulit putih memang cepat terlihat, tetapi efek samping jangka panjang bisa membahayakan kesehatan.

Untuk melindungi konsumen, pemerintah melalui Badan POM mengharuskan industri kecantikan yang membuat krim pemutih harus mendaftarkan produknya sebelum dipasarkan di Indonesia.

Buat kamu yang cari perusahaan kosmetik yang buka jasa maklon, maka silahkan hubungi PT. Adev Natural Indonesia. Perusahaan ini membuka jasa produksi kosmetik & skincare private label.

Kosmetik alami vs kosmetik sintetis

Hasil yang terlihat dari menggunakan bahan kecantikan kulit wajah tradisional memang tidak secepat penggunaan kosmetik yang dibuat dari bahan – bahan kosmetik sintetis secara kimia. Namun, perlu anda ketahui bahwa menjaga kecantikan wajah tradisional adalah alternatif terbaik. Wanita masa kini tentunya tahu mengenai dampak buruk dari pemakaian kosmetik ‘berbahaya’ di masa mendatang. Dengan demikian, kesehatan dan kecantikan kulit itu perlu diperlakukan secara seimbang.

Kecantikan kulit putih

Sejatinya, kecantikan kulit itu bukanlah soal warna kulit berwarna putih. Paradigma masyarakat Indonesia (bekas jajahan bangsa Eropa) menjadikan patokan kecantikan adalah kulit putih ala wanita Eropa. Pemikiran tersebut mestinya dibenahi, sehingga menjaga kesehatan kulit tubuh (terawat mulus halus dan sehat) itu lebih baik meskipun tidak putih. Itulah kecantikan kulit yang sebenarnya.

Biaya kecantikan

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kecantikan kulit wajah tradisional. Kuncinya hanyalah telaten, rutin, dan sabar. Penggunaan bahan – bahan tradisional untuk merawat kulit wajah akan membuat kulit wajah terawat dengan hasil yang baik karena menggunakan bahan – bahan alami tradisional.

Menjaga kecantikan kulit wajah tradisional pun sebenarnya sangat mudah. Bahan – bahannya juga seringkali kita temukan di sekitar kita. Jika dihitung – hitung, memang menjaga kecantikan kulit wajah tradisional jauh lebih hemat daripada kita harus membeli produk – produk kosmetik modern yang mahal.

5/5 - (22 votes)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *