fbpx

Tips Membeli Kosmetik

Tips membeli kosmetik yang aman, cepat dan cocok sesuai jenis kulit sebaiknya diketahui wanita remaja. Selain membaca review pembeli krim dan daftar cream aman dan berbahaya dari BPOM, anda perlu mengetahui ciri-ciri produk dan ciri ciri kulit yang tidak cocok memakai cream.

Bagaimana cara membeli kosmetik yang bagus dan aman untuk kulit wajah? Apakah kosmetik wajah hasil racikan dokter, kosmetik wajah herbal (alami) itu aman dan baik untuk kulit?

Kami coba berikan tips membeli kosmetik yang aman yang mampu mencerahkan kulit wajah secara alami dalam artikel ini.

Cara dan Tips Membeli Kosmetik

Wajah adalah salah satu bagian terpenting di tubuh kita. Bila sampai kita melakukan cara perawatan wajah yang salah, efeknya juga sangat buruk, bahkan sangat berbahaya bagi kulit wajah kita. Bukan saja kecantikan urung diperoleh, akan tetapi juga kesehatan kulit wajah yang menjadi taruhannya.

Maka dari itulah penting sekali untuk membiasakan diri dalam melakukan perawatan wajah secara baik dan benar. Bukannya gampang tergoda dengan produk yang menjanjikan kecantikan secara instan, tetapi kita perlu tahu bagaimana dampaknya untuk kesehatan kulit kita. Mari simak lansiran menarik untuk memahami lebih dalam lagi hal tersebut.

Untuk mendapatkan kosmetik yang aman untuk kulit itu tidak sulit. Mengikuti tips yang diberikan oleh pakar kecantikan bisa membantu anda sehingga terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan memilih dan membeli produk pemutih wajah yang aman berkualitas dan tepat, maka kulit wajah Anda tidak akan rusak.

Produk pemutih wajah sekarang ini memang sedang trend di Indonesia terlebih lagi di kalangan remaja, masa puber yang ada pada remaja sering kali membuat para remaja ingin terlihat lebih cantik dengan kulit wajah yang putih. Oleh karena itu sebagian besar dari mereka memilih untuk menggunakan produk pemutih. Pasalnya, sekarang ini banyak produk pemutih wajah yang dipasarkan

Hindari kosmetik Wajah Berbahaya

Wajah merupakan salah satu bagian tubuh yang paling sering dirawat dan diperhatikan oleh sebagian besar orang terutama oleh wanita. Hal tersebut karena wajah atau muka merupakan bagian tubuh yang dianggap menjadi daya tarik seseorang.

Sebagian dari wanita tak tanggung – tanggung untuk melakukan berbagai cara demi mendapatkan kulit wajah yang bersih, putih dan terawat. Tak jarang pula, sebagian wanita tersebut menggunakan produk pemutih untuk membuat kulit wajah menjadi lebih putih.

Hal tersebut di atas dimanfaatkan oleh produsen kosmetik ilegal untuk memproduksi produk kosmetik wajah yang kurang berkualitas dan cenderung berbahaya. Di dalam produk pemutih tersebut bisa saja terkandung beberapa bahan kimia berbahaya untuk kulit wajah karena pembuatannya tidak mengikuti standar BPOM. Oleh karena itu, Anda sebaiknya berhati – hati dan lebih teliti di dalam memilih produk pemutih wajah tersebut.

Memilih cream pemutih wajah tidak hanya didasarkan pada harganya semata. Produk kosmetik mahal tidak selalu berefek positif bagi penggunanya. Terlebih lagi jika produk tersebut adalah ilegal atau palsu.

Cek harga dan kualitas produk

Tidak selamanya produk cream pemutih wajah murah itu berkualitas murahan. Banyak produk kosmetik buatan lokal berharga murah tapi berkualitas internasional. Anda hanya perlu mencoba kecocokan produk dengan jenis kulit.

Prioritaskan untuk memakai cream pemutih wajah yang cocok dengan jenis kulit. Pasalnya, setiap orang mempunyai jenis kulit yang berbeda. Ada jenis kulit kering, lembab, sensitif dan jenis kulit normal.

Setiap produk kosmetik diformulasikan khusus untuk menyesuaikan dengan jenis kulit yang berbeda tersebut. Dengan kata lain, kosmetik yang digunakan oleh si A belum tentu cocok jika digunakan oleh si B.

Jangan mudah tergiur iklan

Pada umumnya, orang akan tergoda untuk menggunakan cream pemutih wajah yang dipakai temannya. Anda bisa jadi juga seperti itu. Kosmetik yang cocok untuk kulit temanmu, belum tentu cocok untuk kulitmu.

Kulit kering dan berminyak memerlukan cara perawatan yang berbeda, termasuk jenis kosmetik yang digunakan. Untuk kulit kering memerlukan banyak pelembab atau conditioner untuk mempertahankan kulit tetap lembab dan itu sangat berkebalikan dengan kulit berminyak.

Oleh karena itu produk kosmetik yang dipakai temanmu belum tentu cocok Anda pakai. Hal itu bergantung pada jenis kulit yang dimiliki.

Cek kecocokan produk dengan jenis kulit

Untuk penggunaan kosmetik merek baru, Anda bisa lakukan tes kecocokan terlebih dahulu. Ambil sedikit kosmetik dan usapkan pada kulit. Coba rasakan beberapa hari jika perlu. Jika tidak ada perubahan atau muncul iritasi (sensasi terbakar), produk tersebut cocok untuk Anda gunakan karena formulasinya sesuai dengan jenis kulit.

Anak remaja yang jadi penerima tamu atau pelengkap hajat seperti nikahan terlihat cantik karena riasan kosmetik. Orang tua atau tukang riasnya kadang menggunakan produk kosmetik yang ada. Padahal produk tersebut untuk kulit orang dewasa, Jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama dan terlalu sering (plus tidak cocok) maka hal ini bisa berbahaya.

Untuk menghindari resiko rusaknya kulit wajah anak remaja saat menggunakan produk seperti krim pemutih wajah, maka lakukan uji kecocokan terlebih dahulu. Caranya coba aplikasikan sedikit produk pada bagian kulit yang tidak terlihat. Diamkan sejenak. Jika tidak terlihat perubahan atau muncul kesan terbakar (panas) maka pemakaian produk tersebut bisa dilanjutkan.

Setelah selesai pemakaian, segera bersihkan sehingga pori-pori kulit bisa bernafas dan kembali normal.

Legalitas aman dan halal cream pemutih wajah

Kehalalan dan keamanan produk kosmetik adalah indikator penting bagi pembeli. Produk kosmetik halal dicirikan dengan adanya logo halal yang resmi dikeluarkan oleh LPPOM MUI.

Produk aman dibuktikan dengan adanya NA BPOM di kemasan produk yang bisa dicek validitasnya secara online di situs cek BPOM.

Keinginan untuk selalu tampil cantik memang dambaan kebanyakan remaja wanita. Namun, jangan sampai mengabaikan kesehatan karena pengen hasil instan. Kami rekomendasikan untuk menggunakan produk yang halal dan telah jelas aman.

Apalah gunanya mendapatkan wajah cantik dalam tempo singkat, jika pada akhirnya mengalami kerusakan kulit untuk jangka panjang. Jangan mudah tergiur dengan produk pemutih instan.

Untuk mendapatkan dua manfaat dari kecantikan, yaitu aman dan halal, Anda harus melakukan beberapa langkah berikut sebelum membeli sebuah produk kosmetik.

Memeriksa label pada kemasan produk

Pastikan bahwa produk kosmetik tersebut sudah terdaftar pada Depkes melalui BPOM dan mendapat sertifikasi halal dari MUI. Dengan adanya dua label ini, produk tersebut lebih terjamin kehalalan dan keamanannya.

Memeriksa komposisi bahan

Memeriksa komposisi bahan yang digunakan dalam pembuatan cream pemutih wajah tersebut adalah penting. Pastikan tidak ada bahan berbahaya, seperti merkuri, pewarna tekstil, dan lainnya, di dalam bahan tersebut.

Selain itu, pastikan juga cream pemutih wajah tersebut tidak terdapat bahan yang haram. Hal ini wajib Anda lakukan sebagai seorang muslim.

Kosmetik yang mengandung bahan berbahaya akan membuat kulit Anda menjadi teriritasi. Bahkan, lebih parahnya lagi bisa menyebabkan munculnya kanker kulit dalam jangka panjang.

Produk kosmetik dengan kandungan bahan berbahaya tersebut bisa secara instan berefek pada kulit. Efek positif dalam waktu cepat tersebut terlihat sejak awal penggunaan.

Namun, setelah digunakan beberapa lama, baru terasa muncul efek samping pemakaian, seperti kulit mengelupas, rasa terbakar dan perih.

Cek Komposisi/Kandungan Produk

Selain memastikan bahwa tidak ada bahan berbahaya, mengecek komposisi (kandungan) produk berguna untuk melihat kecocokannya dengan jenis kulit penggunanya.

Misalnya, produk yang berbahan dasar air (ditandai dengan kandungan “aqua” atau “water” yang terdapat pada daftar paling awal komposisi) cocok untuk kulit jenis berminyak, sedangkan produk berbahan dasar minyak lebih cocok untuk kulit kering.

Begitu pula dengan bahan-bahan aktifnya. Misalnya, kulit berminyak yang juga mengalami masalah jerawat disarankan untuk menggunakan produk dengan bahan Salicylic acid atau tree tea oil.

Mengecek komposisi dilakukan untuk menghindari pembelian produk dengan kandungan yang sebenarnya tidak sesuai dengan jenis kulit dan keluhannya. Penggunaan produk yang salah dapat menyebabkan produk tidak berefek apa-apa pada kulit, merusak kulit dan menyebabkan masalah baru atau bahkan memperparah masalah kulit yang sudah ada.

Cek komposisi Kosmetik

Perbedaan kulit antara anak remaja dan orang dewasa memerlukan penanganan yang berbeda. Oleh karena itu, pembuat kosmetik tentu memperhatikan betul komposisi kosmetik yang dibuatnya. Sebelum diedarkan ke pasaran, bahan-bahan dalam kosmetik diteliti dan diuji terlebih dahulu.

Namun, ada sebagian produsen kosmetik ilegal (tanpa izin) memalsukan produk kosmetik. Mereka hanya ingin mendapatkan keuntungan pribadi semata tanpa memperhatikan kesehatan pelanggan. Padahal yang menanggung resiko pemakaian produk adalah pelanggan dan produsen kosmetik legal. Kadangkala bahan kosmetik berbahaya dimasukkan ke dalam kosmetik untuk mendapatkan hasil yang cepat.

Bahan kosmetik berbahaya sebaiknya dihindari, terlebih lagi buat kulit wajah anak remaja yang masih cenderung tipis dan sensitif. Pemakaian kosmetik berbahaya dalam jangka panjang bisa merusak kulit. Beberapa bahan berbahaya dalam produk kosmetik adalah merkuri dan zat pewarna rhodamin. Efek yang muncul dari penggunaan kosmetik biasanya kulit menjadi teriritasi, bercak merah atau noda hitam.

Memeriksa tanggal kedaluwarsa (Expired Date)

Pastikan bahwa produk yang Anda beli memiliki tanggal kedaluwarsa (expired date) yang masih lama. Jika sudah mendekati tanggal kedaluwarsa, sebaiknya hindari produk tersebut. Anda bisa mencari produk sejenis dengan tanggal kadaluarsa yang lebih lama.

Jika produk sudah kedaluwarsa, jangan sekali-kali untuk membeli atau menggunakannya. Produk kedaluwarsa bisa berdampak buruk pada kulit.

Produk-produk perawatan kulit wajah biasanya sudah tersimpan cukup lama di toko. Sebaiknya periksa expired date atau tanggal kadaluarsa produk sebelum membelinya. Rasanya sayang jika membeli produk yang tanggal kadaluarsanya sudah sebentar lagi dari waktu pembelian. Terlebih jika produk yang dibeli sudah lewat tanggal kadaluarsanya.   

Bagi seorang muslim, produk kosmetik halal dan legal adalah suatu keharusan. Selain alasan aman digunakan, penggunaan kosmetik halal adalah wujud ketaatan dalam beragama.

Untuk mendapatkan produk dengan jaminan halal, produsen perlu mengajukan sertifikasi ke LP POM MUI. Beberapa prosedur, kelengkapan dokumen, dan visitasi ke lapangan dicek dan dilakukan untuk memastikan bahwa pembuatan kosmetik memang sesuai dengan syari’at agama Islam. Misalnya saja bahan kosmetik haram yang berasal dari babi dan turunannya, seperti gelatin, tidak boleh digunakan. Pemeriksaan standar halal dilakukan oleh orang yang memiliki otoritas misalnya LP POM MUI.

Muara akhir dari produk kosmetik halal adalah untuk kesehatan dan keamanan konsumen. Proses sertifikasi ini tidak mudah. Oleh karena itu, produsen yang membuat produk halal tentu memiliki standar jaminan mutu (kualitas) yang bagus.

Lihat kekurangan dan kelebihan produk dari review user

Sebagai pengguna kosmetik krim pemutih wajah, anda sebaiknya faham kelebihan dan kekurangan produk yang anda gunakan. Pengetahuan akan manfaat bahan aktif dalam kosmetik perlu dimiliki sehingga punya alasan kuat mengapa beli produk tersebut. Jika anda kurang tahu, maka anda bisa menanyakan pada sales pada saat membelinya. Untuk pembelian produk online, anda bisa melihat testimoni dan review yang diberikan oleh customer yang telah duluan beli dan pake produk tersebut.

Bagi produsen, pembuatan kosmetik seperti Krim pemutih wajah tidak boleh sembarangan dan asal-asalan. Jangan hanya mengharapkan keuntungan besar tanpa memperhatikan kesehatan pelanggannya. Salah satu tips terbaik buat anda adalah pastikan produk kecantikan yang anda beli terdaftar di Badan POM dan masih aktif statusnya. 

Cek Kemasan 

Ketika hendak membeli produk perawatan wajah di toko, pastikan kemasan masih terpasang dengan sempurna atau tersegel. Ada beberapa kejadian ketika oknum-oknum nakal yang tidak bertanggung jawab membuka paksa produk-produk perawatan di toko tapi tidak berniat membelinya. Entah karena alasan iseng atau hanya sekedar ingin mencoba. 

Cek Nomor Notifikasi BPOM

Salah satu tolok ukur keamanan sebuah produk adalah nomor registrasi dari BPOM atau lebih dikenal dengan nomor NA. Nomor NA merupakan tanda jika produk tersebut sudah lulus uji yang dilakukan oleh BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan) terkait keamanan bahan-bahan dari komposisi produk dan legal untuk dipasarkan. 

Cek keberadaan nomor NA yang biasanya terdapat pada bagian belakang kemasan produk. Supaya lebih yakin, cek nomor tersebut di situs cekbpom.pom.go.id untuk menguji keaslian dan kecocokkannya dengan yang didaftarkan di BPOM. 

Konsultasi Pada Dokter Lebih Baik

Jika masih bingung jenis produk perawatan yang ingin digunakan, misalnya terkait bahan-bahan yang sesuai dengan jenis dan masalah kulit yang dimiliki, mengkonsultasikan kepada dokter akan lebih baik.

Ceritakan pada dokter jenis kulit dan masalah yang dialami jika ada, sehingga dokter dapat memberikan saran produk yang sesuai dan memang sudah terbukti ampuh dalam dunia medis.

Langkah seperti itu dapat meminimalisir pemilihan produk yang salah, memperbesar kemungkinan produk yang digunakan akan cocok, dan keluhan yang dialami pada kulit wajah pun akan cepat membaik.

Konsultasi dengan dokter bukanlah keharusan. Namun, jika Anda ada budget dan punya dokter pribadi atau langganan, ada baiknya tanyakan apakah produk kosmetik (merek baru) yang dibeli aman untuk dipakai.

Hal ini perlu Anda lakukan untuk selalu memastikan bahwa produk yang digunakan aman bagi kesehatan kulit.

Sayangi kulit dengan selalu menggunakan kosmetik yang aman dan halal, sehingga Anda pun akan mendapatkan cream pemutih wajah yang aman dan cepat putih.

Untuk langkah aman pembelian kosmetik buat anak remaja, silahkan perhatikan tips sederhana berikut ini. 

Semoga artikel ini bermanfaat.

5/5 - (25 votes)