fbpx

Krim Pemutih Wajah Untuk Remaja yang Aman dan Permanen

Krim pemutih wajah untuk remaja yang aman dan permanen adalah satu jenis produk perawatan kulit yang banyak dicari. Ciri produk kosmetik skincare untuk memutihkan wajah remaja adalah terdaftar BPOM.

Memilih dan membeli satu merk cream pemutih wajah untuk remaja itu gampang-gampang susah. Produk pencerah wajah kusam ini tersedia di pasaran dengan berbagai merk, harga, kemasan dan variabel produk lainnya.

Buat anda yang lagi cari produk pemutih wajah terbaik, silakan baca ulasan Adev tentang produk kosmetik yang satu ini, terutama buat remaja. Yuk kita mulai dengan mengenali karakteristik kulit remaja.

Karakteristik Kulit Wajah Remaja

Setiap kulit kulit anak remaja itu unik. Kulit anak remaja berbeda karakteristiknya dengan kulit orang dewasa. 

Lapisan epidermis lebih tipis

Kulit anak remaja umumnya lebih halus dan masih tipis lapisan kulit ari nya (epidermis). Oleh karena itu, supaya tetap terawat perlu diperhatikan alat dan bahan kosmetik yang digunakan.

Salah satu jenis kulit yang terbilang rewel adalah kulit sensitif. Pemilihan produk kecantikan seperti krim pemutih wajah haruslah diperhatikan. Tujuannya adalah agar tidak beresiko negatif saat digunakan.

Kulit anak remaja jenis sensitif umumnya lebih tipis. Pada saat kosmetik menempel pada kulit luarnya, maka akan menimbulkan efek yang berbeda dengan kulit normal. Salah satu efek dari penggunaan kosmetik pada anak berkulit sensitif adalah munculnya iritasi dan rasa panas kulit. Jika dibiarkan bisa merusak kulit wajah.

Salah satu alternatif solusi nya nya adalah anda perlu menggunakan kosmetik yang mengandung bahan alami  seperti yoghurt.

Produksi sebum berlebih

Masa remaja pada umumnya merupakan masa pubertas seseorang. Dilansir dari dermnetnz.org, pubertas adalah periode di dalam hidup ketika seorang individu mengalami perkembangan fisik secara signifikan. 

Pada kulit wajah, hormon testosteron berperan penting pada masa pubertas. Hormon ini bertanggung jawab atas beberapa perubahan seperti meningkatkan produksi sebum. Fluktuasi hormon dari siklus menstruasi juga mempengaruhi perubahan kulit. Tidak heran beberapa gangguan kulit akan terjadi, seperti:

  • jerawat
  • psoriasis
  • dermatitis seboroik
  • dan masih banyak lagi. 

Namun, masalah yang paling sering terjadi pada kulit wajah remaja adalah jerawat.

Wajah berjerawat

Dilansir dari webmd.com,  lebih dari 85% remaja memiliki masalah kulit wajah yang sama yakni pori-pori tersumbat sehingga muncul komedo dan jerawat yang menimbulkan rasa sakit. Hal tersebut dipengaruhi juga oleh faktor genetik. Jika orangtuanya memiliki keluhan kulit, misalnya jerawat, kemungkinan besar anaknya juga akan mengalami hal tersebut. Namun jangan khawatir, masalah kulit seperti jerawat dapat dicegah dan diminimalkan dampaknya. 

Meskipun remaja sering mengalami masalah kulit wajah, tetapi pada dasarnya kulit mereka belum terlalu banyak membutuhkan ‘bantuan’ bahan-bahan kimia. Masalah-masalah kulit tersebut muncul karena perubahan yang terjadi di dalam tubuh dan dapat hilang dengan perawatan wajah sederhana yang sesuai. 

Waktu yang Tepat Menggunakan Krim Wajah Bagi Remaja

Merawat kulit wajah harus dilakukan sedini mungkin sebagai pencegahan rusaknya sel-sel kulit yang parah. Kerusakan sel-sel kulit merupakan sesuatu yang pasti terjadi dengan berbagai penyebab, mulai dari paparan sinar UV, polusi, kosmetik dan lain-lain. Tentu saja kerusakan tersebut dapat diminimalisir dengan perawatan wajah sejak dini. 

Pada dasarnya, kulit remaja belum membutuhkan perawatan wajah yang rumit. Hal tersebut dikarenakan kulit wajah remaja masih mengandung kolagen dan elastin yang cukup dan belum mengalami banyak oksidasi. Remaja sebaiknya tidak terlalu banyak kosmetik atau perawatan wajah yang berlebihan karena dapat memberi dampak yang kurang baik. Terutama produk perawatan wajah yang mengandung berbagai bahan kimia. Sebaiknya produk-produk semacam itu dihindari terlebih dahulu. 

Cara Merawat Kulit Wajah untuk Remaja

  1. Gunakan produk perawatan wajah yang alami dengan komposisi produk yang sedikit sehingga kulit tidak terpapar banyak zat kimia. Pilih produk tanpa pengharum, bahan berbahaya seperti merkuri, hidroquinon dan steroid, dan alkohol yang dapat membuat kulit menjadi kering. 
  2. Bersihkan wajah dengan mencucinya dua kali sehari yakni pagi dan malam. Remaja belum perlu melakukan double cleansing, kecuali dalam keadaan menggunakan kosmetik tebal. 
  3. Gunakan toner wajah dan pelembab setelah mencuci wajah. 
  4. Gunakan tabir surya (sunscreen) setidaknya dua kali sehari. Meskipun berada di dalam ruangan, sinar matahari yang menembus kaca tetap dapat memberikan efek negatif pada kulit. 
  5. Cuci tangan sebelum menyentuh wajah. Sebaiknya, jangan menyentuh wajah ketika tidak perlu. Hal tersebut untuk menghindari bakteri pada tangan dan kuku yang dapat menyebabkan infeksi pada kulit wajah. 
  6. Jangan gunakan kosmetik berlebihan.

Rujukan artikel alodokter.

Tips Perawatan Kulit Wajah Remaja

Tidak hanya dari luar, kulit juga perlu dirawat dari dalam. Merawat kulit dari dalam dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut: 

  • Minum 2 liter air per hari 
  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah,
  • Olahraga teratur, setidaknya 3-5 kali seminggu selama 30 menit
  • Jaga pola tidur, setidaknya 7-8 jam sehari
  • Jangan terlalu lama menatap layar elektronik,  misalnya hp, laptop dan televisi. 

Pada usia remaja, produk seperti serum, essence dan semacamnya belum diperlukan. Jika ingin menggunakan produk perawatan wajah tambahan, gunakan masker dari bahan-bahan alami seminggu sekali. 

Ciri Produk Krim Pemutih Wajah yang Cocok untuk Remaja

Anak remaja masa kini sudah banyak yang ingin tampil lebih cantik seperti halnya orang dewasa. Baik dalam keseharian atau ketika mengikuti even-even tertentu. Hal ini membuat orang tua merasa perlu menyediakan kosmetik aman untuk anaknya. Padahal kosmetik untuk anak di pasaran tidaklah sebanyak kosmetik untuk orang dewasa. So, perlu kehati-hatian ekstra untuk membeli kosmetik.

Harga Terjangkau dan Ramah di Kantong

Para remaja biasanya belum memiliki penghasilan sendiri. Mereka masih bergantung kepada orang tua sehingga meminta lebih pun terkadang takut memberatkan. Oleh karena itu, mereka butuh produk dengan harga yang terjangkau tetapi tetap berkualitas.

Formulanya Ringan 

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, remaja belum memerlukan produk perawatan dengan komposisi yang terlalu kompleks. Bahkan, remaja sangat disarankan untuk menggunakan produk dengan komposisi bahan-bahan alami atau minim bahan kimia.

Selama produk tersebut menutrisi, melindungi, dan dapat mengatasi permasalahan kulit yang sedang dialami, misalnya jerawat, produk tersebut sudah cukup. 

Review & Rekomendasi Produk Krim Pemutih Wajah untuk Remaja

Emina Bright Stuff Moisturizing Cream

Produk untuk remaja yang akhir-akhir ini sangat booming dari Emina. Kandungan ekstrak summer plum dan vitamin E-nya menjadikan produk ini krim yang diklaim mampu melembabkan sekaligus mencerahkan.

Diperkaya dengan UVA dan UVB protector, produk ini juga melindungi kulit wajah dari dampak buruk sinar matahari. Harga produk ini sekitar Rp Rp 23.500-

Wardah Nature Daily Aloe Hydramild Moisturizer Cream

Krim pelembab bertekstur ringan dan tidak lengket dengan kandungan pH balance yang diklaim cocok untuk setiap jenis kulit. Kandungan olive oil dan vitamin e-nya diklaim mampu menutrisi langsung ke lapisan-lapisan kulit. Vitamin e juga merupakan kandungan yang dipercaya dapat mencerahkan kulit.

Harga produk ini sekitar Rp 21.000,-

Natur-E Daily Nourishing Face Cream

Krim wajah sehari-hari dengan kandungan vitamin E, minyak biji delima dan diperkaya tabir surya. Diklaim mampu menutrisi, melembabkan dan melindungi kulit dari efek buruk sinar UVA dan UVB penyebab kulit wajah menjadi kusam.

Harga produk ini adalah Rp 32.500

Olay Natural White Pinkish Fairness UV Protection

Krim pelembab dan pencerah wajah dari Olay yang juga mengandung anti UV untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat dampak buruk sinar matahari. Selain itu, produk yang diperkaya dengan susu dan ekstrak mawar Perancis ini juga diklaim mampu melembutkan, menyamarkan bintik hitam dan meratakan warna kulit.

Harga produk ini adalah Rp. 20.200

Viva Whitening Cream

Facial cream dari PT Vitapharm (Viva Cosmetic) yang legendaris. Krim ini mengandung “Natural whitening Complex Agent” yang diklaim menyamarkan noda hitam pada wajah.

Harga produk ini adalah Rp 11.400

Wardah Lightening Cream Day and Night

Rangkaian krim pelembab sekaligus pencerah dari Wardah. Dua krim ini mengandung vitamin B3, Allantoin, dan licorice extract. Vitamin B3 berfungsi untuk mengatasi warna kulit tidak merata, melembabkan, dan menjaga kekenyalan kulit; Allantoin berfungsi mengurangi kulit kemerahan karena iritasi dan menghidrasi kulit; sedangkan Licorice extract berfungsi mengurangi produksi melanin yang menyebabkan penggelapan dan hiperpigmentasi pada kulit sehingga kulit tampak lebih cerah, noda hitam dan bintik gelap pun tersamarkan. 

Lightening Day Cream-nya dilengkapi dengan SPF 30 PA+++ untuk melindungi kulit dari sinar UV yang dapat penyebab kulit kusam dan munculnya noda gelap pada wajah.  Sementara Lightening Night Cream-nya diklaim mampu membantu mengoptimalkan proses pencerahan kulit di malam hari dan menyamarkan noda hitam sehingga dilengkapi kandungan 7 active white complex, AHA, dan seaweed extract untuk menjaga kondisi kulit.

Harga Day Cream adalah Rp34.900, sedangkan harga Night Cream adalah Rp35.900

Caring Colours Fair White Moisturizer

Produk yang tidak hanya mampu melembabkan, tetapi juga mencerahkan dan menyamarkan pori-pori kulit. Pelembab ini mengandung whitening complex ™ dan provit B yang diklaim mampu mencerahkan kulit dan memberi efek glowing yang lembut pada wajah.

Harga produk ini adalah Rp 33.700

Pixy White-Aqua Gel Cream Night Cream

Harga produk ini adalah Rp 50.000 (Femaledaily)

Produk krim malam ini diformulasikan dengan kandungan hydra active dan natural whitening complex yang diklaim mampu melembapkan, menyegarkan, mencerahkan dan menyamarkan noda hitam.

Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan vitamin E dan ginkgo biloba yang berfungsi sebagai antioksidan. Produk ini diklaim cocok untuk semua jenis kulit. 

Mustika Ratu Whitening Krim Malam

Harga produk ini adalah Rp33.600 (mustikaratuonline.com)

Mustika ratu merupakan salah satu brand kosmetik lokal yang berkualitas dan terjangkau. Salah satunya adalah krim malam dengan kandungan sari bengkoang. Produk ini diklaim mampu mencerahkan, menyamarkan noda hitam dan memperlambat proses penuaan dini pada kulit wajah. 

Theraskin Beauty Whitening Cream

Harga produk ini adalah Rp 30.000 hingga Rp50.000

Theraskin merupakan produk perawatan wajah dari PT L-Essential . Salah satu produknya adalah whitening cream atau krim yang diklaim mampu mencerahkan wajah. Produk whitening krim Theraskin terdiri dari beberapa jenis, sesuai dengan paket skincare yang tersedia. 

  • Theraskin whitening cream untuk kulit normal diklaim mampu mencegah komedo dan kerutan halus pada wajah selain dapat mengatasi kulit wajah yang kusam dan mencerahkan sesuai dengan warna kulit. Krim ini digunakan pada malam hari. 
  • Theraskin Beauty Whitening Cream yang tersedia dalam paket glowing juga diaplikasikan sebelum tidur. Produk ini diklaim mampu menutrisi, merawat dan mencerahkan kulit. 
  • Theraskin renewal cream yang tersedia dalam paket oliy diklaim mampu mencerahkan, mengenyalkan, melembabkan dan sekaligus mengontrol produksi minyak pada wajah. Sama seperti dua krim sebelumnya, krim ini digunakan pada malam hari. 
  • Theraskin Gluconolactone Cream yang tersedia dalam paket sensitif merupakan krim malam yang diklaim mampu menutrisi dan mencerahkan kulit sensitif. 

Sariayu Putih Langsat Night Cream

Sariayu Putih Langsat Night Cream merupakan krim malam yang diperkaya dengan ekstrak buang langsat, hibiscus, Pro Vitamin B5 dan orange oil. Krim ini diklaim mampu menutrisi kulit secara efektif di malam hari sehingga membuat kulit menjadi lebih kenyal, halus dan tampak lebih cerah di pagi harinya.

Harga produk ini adalah Rp32.700 (marthatilaarshop.com)

Pixy Day Moisturizing Cream Whitening

Pelembab wajah yang diformulasikan dengan natural whitening powder dan derivat vitamin C. Tidak hanya melembabkan, produk ini diklaim mampu melembabkan dan memiliki tekstur yang tidak lengket serta tidak meninggalkan kesan mengkilap pada wajah.

Harga produk ini adalah Rp25.000 (pixy.co.id)

4.9/5 - (26 votes)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *