fbpx

Manfaat & Cara Membuat Masker Tomat

Tomat adalah buah kaya nutrisi yang bermanfaat untuk perawatan kulit wajah. Kamu bisa membuat masker tomat untuk memutihkan wajah, mengatasi jerawat dan bruntusan dan lainnya.

ADEV Natural Indonesia, kali ini akan membahas kandungan nutrisi tomat, manfaat masker tomat dan cara membuatnya.

Kandungan Nutrisi Tomat

masker tomat

Vitamin A, B, C

Buah Tomat kaya akan nutrisi dan vitamin yang baik untuk memutihkan kulit wajah. Dilansir dari website homeremediesforlife menjelaskan bahwa Tomat memiliki vitamin A yang dapat memudarkan bintik-bintik hitam, bekas jerawat, dan penuaan.

Vitamin B yang ditemukan di dalam Tomat membantu mengurangi kerutan dan garis-garis halus serta meningkatkan produksi sel-sel kulit baru.

Selain itu, ditemukannya vitamin C yang dapat membantu meningkatkan kolagen dan memelihara elastisitas kulit.

Mineral

Nutrisi lain yang terdapat pada Tomat diantaranya kalsium, membantu mengatasi kulit kering yang mengelupas. Potasium berguna sebagai moisturizer yang dapat menghidrasi kulit. Magnesium membuat kulit menjadi tampak berseri dan bercahaya. Zat tersebut juga membantu kulit menghirup oksigen sehingga bisa memperlambat proses penuaan.

Likopen

Kandungan likopen melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Selain itu, sifat astringent di dalamnya bisa mengecilkan pori-pori. Tomat juga memiliki asam alami yang dapat mengurangi produksi minyak serta dapat menenangkan kulit dari terik sinar matahari.

Nutrisi dan vitamin diatas itulah, yang membuat buah Tomat dijadikan sebagai bahan pemutih alami. Buah ini juga diklaim cepat sekali dalam memutihkan kulit wajah.

Apa itu Masker Tomat?

Masker tomat adalah produk kosmetik untuk perawatan wajah yang terbuat dari buah tomat yang dihaluskan dan atau dicampur dengan bahan alami lainnya seperti madu, lemon dan susu.

Manfaat Masker Tomat

Manfaat buah Tomat lainnya selain untuk memutihkan kulit wajah juga banyak sekali. Berikut kami uraikan manfaatnya di bawah ini.

Mengecilkan pori-pori

Pori-pori tersumbat dapat menyebabkan munculnya komedo bisa diatasi dengan Tomat. Kandungan astringent dalam Tomat berfungsi sebagai penghambat produksi minyak yang berlebih serta mengecilkan pori-pori di kulit. Sebagai contohnya, kamu bisa mengubah Tomat menjadi masker.

Pertama, haluskan tomat dengan blender dan tambahkan minyak zaitun satu sendok. Kemudian, campurkan kedua bahan tersebut ke dalam wadah. Aduk hingga merata dan oleskan ke seluruh wajah. Tunggu 15-20 menit setelah itu barulah bilas menggunakan air bersih.

Mengatasi jerawat

Zat likopen yang ditemukan pada tomat menjaga kulit dari bahaya sinar matahari. Flavanoid pada buah ini berfungsi sebagai anti-radang untuk mengatasi permasalahan jerawat yang berlebih di wajah. Amazine.co dalam artikelnya menjelaskan zat flavanoid berperan sebagai penetralisir radikal bebas, sehingga mampu meniminalkan efek kerusakan sel dan jaringan tubuh.

Mengatasi kulit berminyak

Tomat memiliki asam alami yang dapat mengurangi produksi minyak pada kulit. Asam alami pada buah ini akan menyerap minyak dengan sempurna, sehingga dapat menstabilkan minyak dan menyingkirkan minyak yang berlebih. Untuk mengatasi kulit berminyak Anda bisa mengubah buah Tomat menjadi masker atau scrub.

Mencerahkan Wajah

Tomat dapat mencerahkan kulit wajah. Kandungan zat likopen pada Tomat melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang dapat mengakibatkan kulit kusam, bintik-bintik hitam, kerutan dan berbagai permasalahan kulit lainnya.

Resep Masker Tomat dan Cara Membuatnya

Perawatan wajah untuk memutihkan juga bisa menggunakan buah Tomat. Buah ini merupakan salah satu bahan alami yang dipercaya dapat memutihkan kulit wajah dengan cepat. Mari kita cari tahu terlebih dahulu nutrisi dan vitamin yang ada pada Tomat.

Terdapat beberapa metode untuk memutihkan wajah menggunakan Tomat. Anda bisa mengikuti cara-cara di bawah ini. Praktekan semua cara di bawah ini hingga Anda menemukan metode yang cocok untuk memutihkan.

Masker tomat alami

Campurkan tomat yang sudah di haluskan (blend). Lalu oleskan keseluruh kulit wajah. Kemudian, biarkan selama 20 menit dan bilas menggunakan air bersih.

Atau Anda bisa mengkonsumsi buah tomat secara langsung dengan cara di jus atau di makan langsung setiap hari. Hal itu membantu menyamarkan warna kulit. Lakukan kedua hal tersebut secara rutin.

Masker tomat dan lemon

kombinasi Tomat dan Lemon, siapkan 1 sendok air Lemon campurkan dengan Tomat yang sudah di haluskan. Kemudian, oleskan ke wajah dengan rata. Diamkan selama 15 menit. Lalu bilas menggunakan air hangat dan lanjut dengan air dingin. Lakukan metode berikut 3 kali dalam seminggu.

Masker tomat dan susu

Campurkan setengah gelas susu. Jenisnya bebas bisa susu bubuk atau cair. Tambahkan buah Tomat yang sudah di jus. Kemudian, aduk hingga merata dan oleskan ke seluruh kulit wajah. Diamkan selama 20 menit. Setelah itu, bilas menggunakan air dingin. Jika Anda ingin hasil kulit yang putih secara maksimal. Lakukan metode di atas secara rutin.

Masker tomat dan mentimun

Tomat dan mentimun memiliki sifat astrigen yang dapat mengecilkan pori-pori di wajah, menghidrasi kulit, dan mencerahkan kulit wajah. Jika Anda ingin memiliki kulit seperti itu.

Ikutilah kiat-kiat pemanfaatan buah tomat dan mentimun berikut. Haluskan setengah buah Tomat dan kupas seperempat Timun. Aduk hingga merata dan tempelkan di wajah. Setelah 15 menit bilas menggunakan air dingin. Anda juga bisa menambahakan 1 sendok madu atau perasan Jeruk. Oleskan pada wajah secara merta. Lakukan hal tersebut secara rutin.

Itulah informasi mengenai manfaat tomat dan cara membuat masker tomat.

5/5 - (21 votes)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *