fbpx

Manfaat Masker Pisang & Cara Mudah Membuat Masker Pisang

Masker pisang tanpa campuran bisa kamu buat sendiri di rumah. Manfaat produk kosmetik alami ini akan terasa untuk perawatan (memutihkan) kulit  wajah.

Hari ini kami sajikan beberapa cara membuat masker pisang untuk memutihkan wajah. Simpel dan Murah.

Mengapa Pisang dibuat Maskeran?

Pisang juga kaya akan vitamin C yang berguna untuk memutihkan kulit secara efektif dan alami. Dilansir dari laman bobo.grid.id, satu buah pisang mengandung 10 mg vitamin C. Kadar tersebut setara dengan 15% kadar asupan vitamin C harian tubuh. Selain itu, manfaat vitamin C adalah memperbaiki sistem imun (kekebalan tubuh). Luar biasa khasiat buah pisang.

Nutrisi lain dalam buah pisang adalah vitamin B6 ‘Pyridoxide’ yang berguna untuk menumbuhkan sel-sel baru pada tubuh. Penggantian sel kulit mati (penyebab kulit kusam dan gelap) akan lebih cepat jika nutrisi kulit terpenuhi.

Buah pisang memiliki banyak kandungan yang baik seperti vitamin A, B, E dan potasium (atau kalium). Vitamin dan mineral dalam pisang tersebut sangat baik untuk tubuh, terlebih lagi untuk perawatan kulit wajah. Jika ingin memperoleh manfaat kecantikan dari buah pisang caranya mudah, cukup dengan membuat pisang tersebut menjadi adonan masker wajah.

Jenis pisang yang baik untuk masker wajah

Pisang Ambon

Jenis pisang yang baik dan bagus untuk masker wajah itu apa ya? Apakah pisang ambon atau jenis pisang lainnya? Apakah pisang saja (tanpa campuran) dapat digunakan sebagai masker untuk perawatan memutihkan kulit tanpa tambahan bahan alami lain?

Kebanyakan orang menggunakan pisang ambon untuk membuat masker wajah karena mudah didapat. Beragamnya kandungan nutrisi dalam buah pisang ambon dan pisang lainnya dapat menjadi solusi alami yang baik untuk mengatasi masalah wajah. Misalnya saja, antioksidan dalam masker pisang dapat digunakan untuk memudarkan noda atau bintik hitam di wajah, melembabkan kulit, dan menangkal radikal bebas yang bisa mengakibatkan penuaan dini.

Setiap wanita tentu ingin memiliki penampilan yang sempurna di depan khalayak. Salah satu anggota tubuh yang perlu dijaga dan dirawat oleh setiap wanita adalah wajah. Mengapa demikian? Karena wajah adalah area pertama yg menjadi sorotan mata khalayak umum.

Merawat kecantikan wajah tidak harus dengan biaya mahal. Anda tidak perlu ngiri dengan artis yang sering muncul di televisi. Mereka memang melakukan perawatan mahal di salon atau di klinik kecantikan karena mereka dibayar atau endorse. Untuk menghemat belanja bulanan, anda bisa memanfaatkan bahan-bahan yang ada di rumah. Dengan demikian, anda tidak harus mengeluarkan biaya mahal. Misalnya saja dengan memanfaatkan buah-buahan seperti pisang untuk dijadikan masker wajah.

5 Resep Cara Membuat Masker Wajah dari Pisang

Perlu kamu ketahui, jika buah pisang dapat meminimalisir masalah jerawat dan mengurangi masalah keriput pada kulit. Nah berikut ini ada beberapa macam ramuan masker pisang beserta manfaatnya yang berguna menjaga kecantikan kulit wajah kamu seperti mengatasi masalah jerawat.

Masker Pisang dan Madu

5 Resep Masker Berbahan Pisang untuk Perawatan Kulit Wajah

Pisang mampu memberikan kelembaban pada kulit wajah anda, kandungan yang ada dalam pisang mampu menutrisi kulit wajah dengan maksimal. Jika ingin mendapatkan yang lebih maka sebaiknya dicampur dengan 1 sendok madu. Selain pisang, anda juga dapat memanfaatkan lidah buaya untuk perawatan wajah dan rambut.

Ramuan pertama dari 5 Resep Masker Berbahan Pisang yang bisa kamu pergunakan untuk membuat wajah dan kulit menjadi lebih cantik dan sehat adalah ramuan pisang dan madu. Buah pisang memiliki kandungan yang berfungsi untuk membersihkan wajah, sedangkan madu memiliki fungsi untuk menjaga kulit tetap lembab. Maka dengan mencampurkan keduanya dalam satu wadah maka akan menjadi satu ramuan masker yang baik untuk kulit.

Cara membuat masker pisang dan madu itu cukup mudah. Pertama sediakan satu sendok madu dengan pisang yang sudah di haluskan sebelumnya. Setelah kedua bahan tersebut tercampur merata menjadi satu, maka aduk sampai rata kedua bahan tersebut kemudian oleskan campuran masker tersebut ke seluruh bagian kulit wajah dan diamkan selama 15 menit, setelah itu bersihkan menggunakan air dingin.

Masker Pisang dan Lemon

Ramuan kedua dari 5 Resep Masker Berbahan Pisang adalah pisang dan lemon. Nah bagi kamu yang memiliki kulit dengan jenis berminyak, maka kamu bisa menggunakan ramuan pisang dan lemon.

Cara membuat masker pisang dan lemon hampir sama dengan ramuan yang pertama. Sediakan satu pisang dengan setengah perasan jeruk lemon. Campurkan kedua bahan tersebut kedalam satu wadah, jangan lupa untuk menghaluskan terlebih dahulu buah pisangnya.

Kandungan zat asam sitrat (citric acid) yang terdapat dalam buah lemon, dipercaya bisa membuat kadar minyak pada wajah hilang dan bisa mengeksfoliasi kulit yang mati di wajah. Aplikasikan masker pisang dan lemon keseluruh bagian wajah. Kemudian, diamkan selama 10 sampai 15 menit lalu membilasnya menggunakan air sampai bersih.

Masker Pisang dan Kunyit Bubuk

Ramuan pertama dari 5 Resep Masker Berbahan Pisang  yang ketiga adalah pisang dan kunyit bubuk. Kandungan antibakteri yang terdapat dalam kunyit dapat meminimalisir terjadinya jerawat.

Cara membuat masker pisang dan kunyit bubuk juga mudah. Pertama, cukup mencampurkan kedua bahan tersebut kedalam satu wadah, tapi sebelumnya pisang harus sudah dihaluskan. Kemudian oleskan ke seluruh bagian wajah kamu, dan diamkan selema 10 sampai 15 menit sebelum dibilas.

Masker Pisang dan Alpukat

Ramuan keempat dari 5 Resep Masker Berbahan Pisang adalah masker pisang dan alpukat.  Buah alpukat memang sudah dikenal sebagai buah yang memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan kulit. Buah yang satu ini dipercaya bisa membuat kulit wajah menjadi lembab dan kenyal, sedangkan buah pisang berperan sebagai pembersih. Maka jika keduanya dijadikan menjadi satu bahan campuran, maka semua masalah kulit wajah bisa teratasi sempurna.

Cara membuat masker pisang dan alpukat cukup simple. Anda perlu mencampurkan setengah buah alpukat yang sudah dihaluskan dengan satu buah pisang yang sudah di haluskan pula kedalam satu wadah. Kemudian, campurkan kedua bahan tersebut sampai merata kemudian oleskan keseluruh bagian kulit wajah. Biarkan kurang lebih selama 20 menit, kemudian bilas menggunakan air bersih. Baca juga artikel tentang bahan alami lainnya untuk memutihkan kulit wajah.

Masker Pisang dan Yoghurt

Ramuan kelima dari 5 Resep Masker Berbahan Pisang adalah yoghurt dan pisang. Yoghurt merupakan salah satu jenis makanan fermentasi susu yang bisa berfungsi sebagai penyembuh radang yang muncul di wajah misalnya saja kemerahan akibat jerawat.

Cara membuat masker pisang dan yoghurt itu simpel. Anda perlu mencampurkan sepertiga gelas yoghurt dengan pisang yang sudah dihaluskan. Kemudian, mengoleskannya ke seluruh bagian area wajah yang meradang dan biarkan selama 15 menit dan bilas dengan air. Cara tersebut bisa menjadi salah satu masker wajah yang ampuh mengobati masalah radang yang terjadi.

Video Cara membuat masker pisang

Untuk memudahkan anda memahami pembuatan masker pisang, silakan tonton video berikut.

Itulah beberapa cara membuat masker buah pisang untuk kecantikan wajah. Kamu bisa mencoba cara tersebut dengan mudah di rumah.

Bolehkah Maskeran di Pagi Hari

Pada saat tubuh beristirahat di malam hari karena rutinitas yang padat, maka pagi hari yang segar dan cerah merupakan waktu yang tepat untuk memanjakan tubuh anda. Khususnya untuk area wajah, karena aktivitas yang padat bisa membuat wajah menjadi terlihat lebih kusam karena kurang diperhatikan.

Sebaiknya agar wajah anda semakin tampil cerah dan bersinar, lakukanlah perawatan pada wajah setiap pagi hari saat waktu dirasa senggang. Untuk melakukan perawatan wajah pada pagi hari, anda tidak perlu menggunakan produk kecantikan dengan harga selangit, anda cukup memanfaatkan bahan – bahan alami yang mudah didapatkan di sekitar kalian seperti lidah buaya yang kaya manfaat.

Nah, langkah yang benar setelah anda bangun dari tempat tidurmu sebaiknya segera untuk mencuci muka namun tanpa menggunakan sabun. Kemudian pastikan juga wajah anda telah bersih dari kotoran yang menempel di wajah anda. Jika wajah sudah bersih, anda bisa menggunakan bahan – bahan alami untuk di aplikasikan pada wajah lalu memijatnya secara perlahan, untuk langkah terakhir bilas wajah anda dengan menggunakan air bersih.

Semoga artikel tentang masker berbahan pisang ini bermanfaat buat anda.

4.6/5 - (21 votes)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mau bisnis kosmetik merek sendiri?

WeCreativez WhatsApp Support
Business Consultant
Halo, dengan Damai sebagai Business Consultant di sini. Ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top