fbpx

Maklon Lip Cream: 4 Alasan Bisnis Lip Cream Itu Menjanjikan

Maklon lip cream sangat mungkin menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Terlebih, produk perawatan dan kecantikan makin digemari seiring perkembangan zaman. Kemajuan teknologi dan urbanisasi merupakan bagian dari faktor pendukungnya. Selain itu, peran perusahaan jasa maklon kosmetik juga secara tidak langsung berpengaruh terhadap bisnis kosmetik di Indonesia.

Kira-kira, mengapa lip cream digemari? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Peluang Bisnis Kosmetik di Indonesia

maklon lip cream

Ilustrasi toko kosmetik. Sumber: freepik.com

Pada awal tahun 2020, Koran Tempo merilis sebuah artikel berkaitan dengan industri kosmetik yang dimuat dalam situs resmi Kemenperin . Dalam artikel tersebut, disebutkan bahwa Kementerian Perindustrian menargetkan pertumbuhan industri kosmetik di atas sembilan persen tahun ini, setelah tahun 2019 kemarin pertumbuhannya mencapai 2019. 

Tidak hanya itu, dalam artikel tersebut, CEO Social Bella, John Marco Rasjid mengutip dari Euromonitor, mengatakan pasar kecantikan dan perawatan diri di Indonesia akan tumbuh menjadi USS 8,46 miliar pada 2022. Menurut John, ada tiga faktor penting yang mendorong pertumbuhan industri kecantikan, yakni:

  1. Populasi penduduk usia muda yang sangat besar di Indonesia
  2. Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang cukup baik untuk menopang industri 
  3. Kontribusi media sosial yang besar 

Poin ketiga disetujui juga oleh Dinar Amanda, Co-Founder Rollover Reaction, salah satu brand kosmetik lokal.  Kemajuan teknologi, media sosial dan platform digital akan mempengaruhi variasi jenis produk kosmetik dan memudahkan akses konsumen untuk membeli produk-produk tersebut. Selain itu, Dinar beropini jika produk lokal semakin diminati dan mampu bersaing baik di pasar lokal maupun global. Dilihat dari semakin tingginya permintaan konsumen terhadap inovasi produk dalam negeri. 

CNBC Indonesia dalam artikelnya merujuk pada data Badan Pusat Statistik  (BPS) triwulan I tahun 2020, sektor kosmetik yang masuk ke dalam industri kimia, farmasi dan obat tradisional, meningkat sebesar 5,95%. 

Bahkan pada masa pandemi seperti saat ini. Mungkin saja anjuran pemerintah untuk mengurangi aktivitas di luar membuat kegiatan merias diri menjadi salah satu upaya kaum hawa untuk menjaga mood ketika di rumah seharian. 

Pada kegiatan ekspor, industri kosmetik juga mencapai nilai Rp4,44 triliun pada awal tahun 2020. Hal ini berarti nilainya naik 15,2% dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya. 

Tidak heran industri ini menjadi salah satu sektor andalan yang berpotensi dalam Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional (2021-2035), Industri kosmetik juga menjadi prioritas dalam pengembangan dan diharapkan dapat berperan besar sebagai penggerak utama perekonomian di masa yang akan datang.

Dalam artikel tersebut , Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin  juga  mengatakan produk kosmetik saat ini sudah menjadi tren atau gaya hidup dan pasarnya pun meluas. 

Selain itu, berdasarkan informasi cekindo.com, ada beberapa fakta tentang potensi pasar kosmetik di Indonesia: 

  • Pasar kosmetik diperkirakan tumbuh 7,2% atau Rp77,3 triliun 
  • Indonesia memiliki 30.000 jenis tanaman kosmetik, aromatik dan obat yang merupakan kedua terbesar dunia, setelah Brasil.
  • Ratusan produsen kosmetik Indonesia yang dikelola secara keluarga mencari mitra untuk memasarkan produk mereka di dunia internasional.
  • Pada tahun 2021, 7% total pendapatan sektor kosmetik akan berasal dari penjualan online.
  • Menurut Nielsen dan Euromonitor, kontribusi terbesar terhadap pertumbuhan nilai industri kosmetik Indonesia adalah produk perawatan rambut, produk perawatan kulit dan makeup 

Melihat fakta di atas, tak menutup kemungkinan jika Indonesia turut memainkan peranan penting dalam perdagangan kosmetik di dunia, terlebih lagi di kawasan Asia Tenggara. Ditambah lagi saat ini produksi kosmetik untuk brand milik perseorangan dapat dibantu oleh perusahaan jasa maklon kosmetik. Kualitas produk -produk jasa maklon kosmetik pun sudah teruji tidak bisa dipandang sebelah mata. Bahkan banyak produk yang sudah masuk ranah impor. 

Apa Faktor Peningkatan Minat Kosmetik di Indonesia? 

Maklon Lip Cream

Ilustrasi toko kosmetik. Sumber: freepik.com

Urbanisasi

Saat ini faktor utama urbanisasi adalah banyaknya lapangan kerja dan pusat pendidikan yang berada di perkotaan. Sudah pasti wanita menjadi salah satu bagian dari pelaku urbanisasi. 

Pemusatan lapangan pekerjaan di perkotaan yang lebih banyak, mendorong terjadinya urbanisasi dari desa ke kota.  Selain itu,  isu kesetaraan gender menjadi salah satu faktor penyebab meningkatnya penggunaan tenaga kerja wanita di segala lini pekerjaan. Hal ini mengakibatkan tenaga kerja wanita makin banyak terlihat (meningkat jumlahnya). 

Tidak hanya faktor pekerjaan, urbanisasi juga terjadi karena faktor pendidikan. Terlebih lembaga pendidikan tinggi (kampus) kebanyakan berada di kota besar.  Tuntutan untuk tampil maksimal di area-area publik seperti kantor dan kampus,  membuat semakin banyak wanita berpikir mereka membutuhkan produk kecantikan yang dapat membantu menunjang penampilan mereka. 

Selain itu, perpindahan warga dari desa ke kota juga memberi dampak meluasnya pengetahuan dan perubahan pola hidup wanita. Salah satunya tentang penggunaan kosmetik. 

Pada saat para urban  kembali ke desa pun, mereka sangat mungkin membawa budaya dari kota. Termasuk penggunaan kosmetik pewarna bibir seperti  lip cream, sehingga semakin banyak orang yang mengenal jenis produk ini dan menggunakannya. 

Gaya hidup

Sosial media disebut-sebut sebagai salah satu teknologi yang mengubah gaya hidup masyarakat, termasuk cara berpenampilan. Tidak heran mudah sekali sebuah tren, misalnya tren make up tertentu, tersebar luas dan diikuti oleh banyak orang. Setelahnya produk kosmetik yang digunakan pun akan banyak dicari dan meningkat penjualannya. Jadi, secara tidak langsung, pergeseran gaya hidup karena pengaruh teknologi turut mendorong peningkatan jumlah pengguna kosmetik.

Produk Lip Cream di Indonesia 

Maklon Lip Cream

Contoh produk lip cream lokal. Sumber: Female Daily

Salah satu produk kosmetik yang sedang banyak diminati adalah lip cream.  Hal ini dapat dilihat dari semakin banyak perusahaan kosmetik yang berlomba-lomba dan berinovasi mengeluarkan produk lip cream dengan berbagai keunggulan. Dibandingkan lipstick dan liptint, kemunculan produk lip cream baru jauh lebih masif.

Setiap produk lip cream yang diluncurkan pun selalu berhasil menarik minat dan ‘diburu’ oleh masyarakat. Terlebih lip cream dengan konsep yang menarik, kemasan yang unik, warna yang bervariasi  dan aspek-aspek lain yang menjadi pembeda dari produk sejenisnya.

Apa Perbedaan Lip cream, Lipstick dan Liptint?

Menurut tim Research and Development ADEV Natural Indonesia, lip cream adalah produk pewarna bibir yang sama seperti lipstick, hanya saja teksturnya cair. 

Efek yang dihasilkan lip cream pada umumnya adalah glossy dan matte. Glossy adalah efek berkilau, sementara matte adalah efek kering seperti yang dihasilkan lipstick.  

Sementara itu, lip tint berbeda dengan lip cream dan lipstick yang terbuat dari minyak. Lip tint tidak mengandung lilin dan mayoritas terbuat dari air (water based). 

Lalu, mengapa lip cream begitu diminati?

Mungkin penjelasan di bawah ini adalah jawabannya.

Keunggulan Produk Lip Cream

Dilansir dari berbagai sumber,  lip cream memiliki beberapa keunggulan di bawah ini sehingga banyak diminati oleh berbagai kalangan:

1. Hasil akhir yang matte 

Lip cream memberikan warna pada bibir dengan hasil hasil matte atau halus, pekat hanya dalam satu pulasan, dan bebas kilap sehingga tidak terlihat berminyak.  Hasil akhir lip cream yang matte ini memberikan kesan make up yang tidak berlebihan sehingga sangat cocok untuk mereka yang menyukai make up alami dan pantas digunakan dalam berbagai acara. 

2. Tahan lama 

Dibandingkan lipstick dan liptint, lip cream disebut-sebut lebih tahan lama menempel di bibir. Tidak heran saat ini semakin banyak brand kosmetik yang mengeluarkan produk lip cream yang tahan lama hingga belasan jam. Belum lagi ditambahkan keunggulan waterproof, transferproof, bahkan smudgeproof atau tahan meskipun tersentuk atau tergosok.

3. Kemasan yang beragam dan unik 

Lip Cream disebut memiliki kemasan yang lebih aman dibandingkan lipstick yang rawan patah. Kemasan ini juga yang membuat lip cream lebih travel friendly. 

 Produk lip cream biasa juga tersedia dalam kemasan  tube  dengan berbagai desain. Sebagian besar kemasannya transparan sehingga konsumen dapat dengan mudah melihat warnanya tanpa harus membuka tube-nya. Kemasan seperti itu sangat menarik minat konsumen.  

4. Harga Variatif

Sebagian besar produk lip cream dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Meskipun begitu, pilihan warna dan kualitasnya tidak perlu diragukan. Bahkan terkadang kualitas lip cream yang murah dapat memberikan hasil sebagus produk pewarna bibir mahal. 

Mengapa Lip Cream Lebih Diminati Ketimbang Produk Pewarna Bibir Lainnya ?

Maklon Lip Cream

Ilustrasi warna lip cream. Sumber: freepik.com

Seperti yang kita ketahui, Lip Cream bukan satu-satunya produk pewarna bibir. Masih ada lipstick, liptint, dan yang paling baru adalah tinted lip balm. Namun, lip cream dapat dikatakan sebagai produk pewarna bibir yang lebih banyak diminati oleh kaum hawa dari berbagai usia dibandingkan dengan produk pewarna bibir lainnya.

Misalnya saja, lipstick lebih identik dengan wanita dewasa, sementara lipgloss dan lip tint identik dengan perempuan usia remaja. Terkait hal ini, Professional Make Up Artist Bubah Alfian mengatakan dalam sebuah artikel, lip cream dapat dikatakan sebagai lipstick modern yang disukai oleh perempuan segala umur. 

Selain itu, lip cream  cocok digunakan untuk segala acara, baik formal maupun informal. Gradasi warnanya juga sangat bervariasi. Lip cream dapat digunakan oleh mereka yang menyukai tampilan wajah alami atau natural make up, maupun mereka yang menyukai bold makeup. 

Coba saja tanyakan rekan-rekan kerja atau teman-teman perempuan di sekitar Anda, produk pewarna bibir apa yang lebih mereka sukai atau yang sering mereka gunakan?

Pasti sebagian besar mereka menjawab lip cream. 

Peluang Bisnis Lip Cream

Anda mulai tertarik untuk  berbisnis lip cream? Jangan khawatir produk Anda akan kalah dengan produk impor. Saat ini, sudah banyak orang yang memilih untuk menggunakan produk lokal, lho. Terlebih mulai bermunculan produk lokal yang menawarkan kualitas hampir sama dengan produk impor, tetapi dijual dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Membuat produk lip cream dengan merek sendiri tidak perlu memiliki pabrik terlebih dahulu karena Anda bisa memanfaatkan jasa maklon lip cream

Lalu, Lip Cream Seperti Apa yang Harus Saya Ciptakan?

Mengandung sebagian besar bahan alami 

Tren produk perawatan dan kecantikan tubuh berbahan alami sedang meningkat. Sebagian besar orang memilih untuk menggunakannya karena menganggap produk berbahan dasar alami lebih minim bahan berbahaya atau minim efek samping. 

Bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk lip cream di antaranya minyak kelapa, minyak biji bunga matahari, minyak jojoba, dan masih banyak lagi. Pewarna untuk lip cream juga dapat berasal dari bahan alami, lho. Misalnya saja beberapa jenis bunga dan umbi bit. 

Jelas kehalalannya

Dilansir dari cekindo.com, 58% perempuan Indonesia saat ini akan memilih kosmetik halal dibandingkan kosmetik lainnya. Salah satu faktornya adalah semakin banyak jumlah wanita muslim yang bekerja dengan penghasilan cukup besar dan lebih peduli dengan kehalalan produk yang mereka beli. 

Dapat sekaligus menutrisi bibir

Produk kosmetik yang multifungsi saat ini juga banyak diminati. Cobalah ciptakan lip cream yang dapat menutrisi dan melembapkan bibir, atau bisa sekaligus digunakan sebagai blush on atau pemerah pipi. 

Perusahaan Jasa Maklon Lip Cream Memudahkan Mereka yang Mau Berbisnis 

Potensi pasar yang begitu besar dan tingginya jumlah peminat, mendorong perusahaan-perusahaan kosmetik untuk semakin bersaing merebut hati konsumen. Baik yang melakukan produksi sendiri atau tidak, mereka secara intensif meningkatkan kualitas dan kuantitas produk-produknya.  Di sinilah perusahaan jasa maklon kosmetik ikut berperan. 

Perusahaan jasa maklon memudahkan mereka, perusahaan atau perseorangan, yang ingin berbisnis kosmetik tetapi tidak bisa melakukan produksi sendiri karena kendala-kendala tertentu. Perusahaan atau perseorangan tersebut membuat sebuah perjanjian kerja sama bersama perusahaan jasa maklon untuk memproduksi produk-produk sesuai dengan konsep yang mereka miliki.

Produksi sepenuhnya akan dilakukan oleh perusahaan jasa maklon. Penyediaan kelengkapan produk, misalnya bahan baku atau kemasan, dilakukan oleh perusahaan dan perseorangan terkait dengan membayar sejumlah biaya yang sudah ditentukan. Syarat maklon kosmetik juga tidak terlalu sulit. Pada umumnya, perusahaan jasa maklon kosmetik dapat menciptakan berbagai produk perawatan dan kecantikan tubuh, termasuk pewarna bibir seperti lip cream. 

Jasa Maklon Lip Cream ADEV 

Belum banyak perusahaan maklon kosmetik yang dapat memproduksi lip cream. 

Namun, tidak dengan ADEV.

ADEV merupakan perusahaan jasa maklon yang sudah bertahun-tahun berpengalaman memproduksi berbagai jenis produk perawatan dan kecantikan tubuh atau kosmetik dengan produk unggulan sabun batangan. Salah satunya lip cream berkualitas dengan 14 pilihan warna yang menarik. Ciptakan produk lip cream yang transferproof, waterproof, full-coverage, serta warna yang stabil dengan brand sendiri bersama ADEV. Jasa maklon lip cream ADEV adalah partner terbaik untuk Anda memulai bisnis.

Tidak hanya ingin memproduksi lip cream? 

Tentu bisa. Di ADEV, tersedia banyak pilihan produk mulai dari jenis bodycare, haircare, skincare, lipcare, decorative cosmetics, fragrance hingga men’s corner (produk perawatan tubuh khusus untuk pria). Produk-produk tersebut dapat Anda miliki dengan brand sendiri dengan biaya yang terjangkau dan dalam jumlah minimum pemesanan yang rendah. Bersama ADEV, Anda bebas menciptakan konsep produk kosmetik impian untuk mulai berbisnis.

Anda tidak perlu khawatir dengan legalitas produk. ADEV adalah maklon kosmetik BPOM yang memastikan setiap produknya terdaftar di Badan POM dan memiliki nomor notifikasi.

Ingin mulai berbisnis sekarang juga? Mudah saja. Segera hubungi tim bussiness consultant kami melalui kontak yang tersedia di sini dan diskusikan produk Anda. Anda juga bisa mengetahui informasi selengkapnya mengenai jasa maklon kosmetik ADEV melalui tim bussiness consultant kami yang selalu siap merespon dalam jam operasional yakni Senin-Jumat, pukul 07.30-17.00 WIB. 

Yuk, mulai bisnis lip cream Anda bersama ADEV!

Referensi

 

Last Updated on 16 Oktober 2020 by purwanto

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ingin memiliki brand kosmetik sendiri?

Sudah siap menciptakan brand kosmetik sendiri?

Close X

Formulir ini merupakan 

  1. Pilihlah kategori yang dbuat blabla
  2. Varian yang diisi bla bla bla
  3. Oke kalau gitu
  4. Data diri digunakan untuk blabla bla

Tutorial Pengisian Formulir

Scroll to Top