fbpx

Bisnis Maklon di Indonesia: Apa, Mengapa, Bagaimana

Bisnis maklon produk kosmetik dan skincare di Indonesia terus tumbuh dan berkembang. Tak bisa dipungkiri, bahwa adanya jasa produksi kosmetik dari perusahaan maklon memang turut membantu pelaku usaha “pemula” yang memiliki keterbatasan modal untuk terus maju.

Jasa maklon bisa memangkas biaya investasi yang cukup besar saat memulai bisnis. Terutama, biaya pendirian pabrik, pengadaan sarana dan prasarana produksi, dan upah tenaga kerja.

Pada hari ini Kamis, 9 Desember 2021 kami akan uraikan apa dan mengapa bisnis maklon bisa tumbuh subur di Indonesia.

Konten

Apa itu Bisnis Maklon?

bisnis maklon produk kosmetik

Bisnis maklon adalah salah satu bentuk model bisnis dalam bentuk penyerahan jasa produksi produk dari vendor (pemilik merek) kepada perusahaan manufaktur (produsen) yang spesifikasinya produknya ditetapkan oleh vendor.

Model bisnis lebih disukai pemilik merek karena mereka tidak harus mengeluarkan modal besar untuk investasi ‘pendirian pabrik’.

Bisnis maklon adalah salah satu jenis bisnis yang banyak dilakukan oleh artis (public figure), perusahaan MLM, dokter kecantikan hingga salon & klinik kecantikan. Pengusaha pemula yang memiliki keterbatasan modal untuk mendirikan pabrik kosmetik dapat memanfaatkan jasa maklon. Mereka dapat memasarkan produk merk sendiri tanpa harus memiliki pabriknya.

Bisnis jasa maklon adalah satu model bisnis dalam pembuatan produk di perusahaan manufaktur (produsen) yang spesifikasinya ditetapkan oleh pemilik merek selaku pengguna jasa. Model bisnis ini lebih disukai pemilik merek karena mereka tidak harus mengeluarkan modal besar untuk investasi pendirian pabrik dan pengadaan mesin produksi.

Sebagai penyedia produk berkualitas dalam bisnis maklon, Adev selalu berorientasi pada proses produksi sesuai standar BPOM sehingga produk yang dihasilkan legal dan aman buat customer.

Insight Bisnis Maklon

Keunikan produk

Untuk membuat produk kosmetik yang laku di pasaran, maka pengusaha harus berinovasi untuk menciptakan produk yang unik (unggul). Salah satu diantaranya adalah menawarkan produk kosmetik berbahan alami.

Ceruk pasar (niche market)

Bila anda memasarkan kosmetik di wilayah Indonesia, maka anda harus memperhatikan karakteristik konsumennya. Salah satunya adalah Indonesia adalah negara yang mayoritas penduduknya adalah muslim.

Kosmetik halal bisa menjadi salah satu aspek unik dari produk kosmetik yang anda pasarkan karena ceruk pasarnya adalah muslim. Selain itu, pastikan bahwa produk tersebut terdaftar BPOM. Menurut laman liputan6.com, pemerintah Indonesia mendorong tumbuhnya industri kosmetik halal agar bisa menembus pasar global.

Segmen Market dalam Bisnis Maklon

Pebisnis atau pengusaha yang menggunakan jasa maklon itu beragam. Ada yang berupa perorangan maupun badan usaha.

Berdasarkan saluran pemasaran produknya pun beragam, ada yang online (internet marketer) adapula offline (toko).

Beberapa segmen pelaku uasaha yang terlibat dalam bisnis maklon adalah sebagai berikut:

  • pemilik usaha waralaba (franchise)
  • pemilik hotel dan penginapan
  • distributor
  • pengelola atau pemilik usaha MLM
  • agen
  • reseller
  • pemilik klinik kecantikan (beauty clinic)
  • pemilik spa kecantikan

Pemilik Usaha ata Business Owner

Klinik kecantikan, spa, hotel, apotek, dokter kecantikan sangat cocok untuk menggunakan jasa maklon kosmetik, terlebih lagi bila usaha anda sudah memiliki merek sendiri. Buat customer anda lekat dengan brand anda dan percayakan produksi produknya kepada kami.

Pemasar internet (internet marketer, imers)

Para pemasar produk lewat internet kini didominasi oleh generasi milenial. Mereka memiliki pakem yang berbeda dengan generasi sebelumnya. Salah satu generasi milenial adalah lekat dengan gadget, transaksi cash less, multitasking dan kritis terhadap fenomena sosial.

Anda bisa menjadi leader di bisnis kosmetik dengan memasarkan merek anda sendiri. Hal ini berbeda bila anda memasarkan merek orang lain yang sudah dipatok harganya.

Anda pun bisa membuat sistem afiliasi/referral untuk pemasaran produk atau menjual produk anda sendiri via toko online (online shop), marketplace atau forum jual beli seperti KasKus. Beberapa brand marketplace yang terpercaya adalah Shopee, Tokopedia, Lazada dan BukaLapak.

Tenaga medis: dokter dan apoteker

Tenaga medis seperti dokter dan apoteker sebenarnya memiliki peluang usaha dengan berbisnis kosmetik.

Bila seorang dokter atau apoteker yang memiliki formula resep kosmetik dan terbukti ampuh, maka dia bisa memproduksinya secara masal dengan bantuan perusahaan manufaktur kosmetik, seperti Adev.

Bagaimana peluang usaha bisnis kosmetik bagi tenaga medis?

Menurut kami, peluangnya cukup cerah.

Di Indonesia, perkataan dokter itu sangat dipercaya oleh pasien. Apapun obat atau produk yang diresepkan oleh dokter biasanya akan ditebus oleh pasien dengan sepenuhnya. Terlebih lagi bila reputasi dokter tersebut sangat bagus.

Hotel, spa, salon & klinik kecantikan

Klinik kecantikan, spa, hotel, apotek, dokter kecantikan sangat cocok untuk menggunakan jasa maklon kosmetik, terlebih lagi bila usaha anda sudah memiliki merek sendiri. Buat customer anda lekat dengan brand anda dan percayakan produksi produknya kepada kami.

Pusat perawatan kecantikan wajah dan badan, seperti span, salon dan klinik kecantikan, umumnya memiliki pelanggan loyal. Jika pengelola usaha tersebut jeli, maka dia bisa membranding usahanya dengan menyediakan produk kosmetik branded.

Pabrik kosmetik Indonesia, seperti pt adev natural Indonesia, bisa membantu anda menyediakan produk kosmetik dengan merk anda sendiri. Orang kebanyakan menyebutnya dengan istilah private label.

Mungkin anda ingin membuat usaha yang lebih besar. Tentunya, pasokan produk yang kontinyu perlu dipastikan. Nah, jasa maklon bisa menyediakan supply produk yang kontinyu buat anda.

Klinik kecantikan yang baik biasanya mempunyai dokter spesialis yang melayani konsultasi klien atau pasien. Oleh karena itu, dokter dan klinik kecantikan bisa menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan jasa maklon.

Silahkan baca artikel kami tentang tips kerjasama dengan perusahaan maklon.

Perusahaan MLM

Perusahaan Multi Level Marketing (MLM) telah memiliki merek (brand), merek produk dan jaringan pemasaran. Bila perusahaan MLM yang anda kelola sering terkendala pasokan produk yang tidak stabil dari supplier, maka anda perlu mempertimbangkan untuk beralih ke produsen lainnya.

Jangan sampai customer anda menunggu order terlalu lama dan mereka pindah ke lain hati. Untuk urusan produksi kosmetik legal, percayakan pada PT ADEV Natural Indonesia.

Perusahaan MLM biasanya sudah memiliki pasar (market) yang terbentuk. Karena fokus membesarkan market, perusahaan MLM seringkali kekurangan sumberdaya untuk melakukan riset dan pengembangan produk.

Perusahaan yang fokus branding, perusahaan MLM, sadar betul bahwa untuk mendirikan sebuah pabrik dibutuhkan biaya yang sangat besar. Sebagai contoh, perusahaan MLM seperti HNI (HPAI) dan Gold Versatile (Gove).

Terlebih bagi para pebisnis pemula. Tentu hal ini menjadi beban yang besar untuk menjalankan sebuah usaha.

Banyak customer yang puas atas layanan dan kualitas produk Adev. Mereka percaya dengan beberapa kelebihan maklon di Adev karena terbukti mampu membantu bisnis mereka tumbuh.

PT Adev Natural Indonesia sebagai perusahaan manufaktur kosmetik menawarkan solusi berupa jasa maklon. Pabrik maklon di Bogor ini berusaha membantu para pemilik merk produk untuk dapat memproduksi jenis  kosmetik tanpa harus mendirikan pabrik yang biaya investasinya besar.

Mengapa Bisnis Maklon Berkembang di Indonesia?

Industri kosmetik adalah salah satu sektor industri yang banyak diminati pengusaha. Hal ini dapat dilihat dari tingkat konsumsi kosmetik, terutama oleh wanita, yang mengalami peningkatan cukup signifikan.

Menurut harian ekonomi bisnis, sekitar dua tahun lalu saja, industri kosmetik tumbuh hingga 7,36%, sedangkan tahun 2019, diperkirakan industri ini akan tumbuh lagi sebesar 7,33%. Tirto menyebutkan bahwa penjualan kosmetik di Indonesia empat tahun lalu diperkirakan dapat mencapai 2 milliar US Dollar.

Keuntungan lebih maksimal di bisnis maklon

Pengusaha yang menggunakan jasa maklon kosmetik dan skincare mendapatkan profit margin maksimal. Selaku pemilik merek, mereka bisa menentukan harga jual produk.

Bila menggunakan sistem keagenan atau reseller, pemilik merek bsa memasarkan produk dengan kuantitas besar dan harga berlapis. Terlebih lagi bila menggunakan sistem pemasaran berjenjang (Multi level Marketing, MLM), maka pengusaha tersebut dapat menjual produknya secara cepat ke membernya. Keuntungan pun cepat diraih. Oleh karena itu, wajar kiranya bila pengusaha MLM mendominasi bisnis maklon kosmetik di Indonesia.

Keterbatasan Biaya dan Modal

Untuk membuat produk kosmetik yang berkualitas, butuh pabrik kosmetik dengan kualitas dan standar yang baik pula. Namun, membangun pabrik tentunya membutuhkan modal yang sangat besar. Belum lagi biaya operasional pabrik yang tak sedikit. 

Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Jurnal Bisnis dan Manajemen menunjukkan bahwa kondisi kinerja UMKM rata-rata menghadapi permasalahan dalam modal. 

Nah, untuk mengatasi keterbatasan modal tersebut, Anda bisa menggunakan layanan jasa pembuatan produk. Dengan bantuan jasa pembuatan produk seperti ADEV, Anda tetap bisa membuat produk kosmetik dan skincare dengan merek sendiri tanpa harus membangun pabrik. Sebagai home industri skincare, Adev berusaha membantu pengusaha menciptakan brand kosmetik merek mereka sendiri. Tentunya, dengan biaya yang terjangkau.

Maklon itu Hemat Modal Investasi

Efisiensi modal adalah salah satu alasan customer menggunakan jasa maklon. Mereka pakai jasa maklon kosmetik ini karena mereka dapat menjual produk sabun berkualitas baik dengan Merk atau Label sendiri tanpa harus berinvestasi mahal. Bayangin aja, modal yang diperlukan buat

  • mendirikan pabrik dan perizinannya
  • pengadaan mesin
  • pengelolaan tenaga kerja produksi
  • pengelolaan limbah di sekitar lingkungan pabrik

Keterbatasan Akses Bahan Baku Berkualitas

Selain keterbatasan biaya dan modal, pebisnis pemula biasanya juga tak punya akses ke penyedia bahan baku kosmetik yang berkualitas baik.

Keterbatasan akses ke bahan baku ini bisa saja mengakibatkan Anda terpaksa menggunakan bahan baku yang berkualitas buruk dan memiliki harga yang mahal.

Lalu bagaimana solusinya? Anda bisa menggunakan layanan jasa pembuatan produk di ADEV. Telah berpengalaman lebih dari 15 tahun, ADEV memiliki jaringan penyedia atau supplier bahan baku yang berkualitas dengan harga yang terjangkau. 

Dengan begitu, Anda bisa membuat produk kosmetik impian menggunakan bahan baku dan bahan aktif yang tepat. 

Keterbatasan Kemampuan SDM dalam Riset Formula

Salah satu perusahaan kosmetik yang melayani jasa maklon adalah PT. ADEV Natural Indonesia. Perusahaan ini telah melayani banyak klien dan rata-rata customernya cukup puas dengan layanan jasa maklon-nya.

Mewujudkan suatu produk kosmetik yang baik tentu membutuhkan kemampuan dari orang-orang yang ahli dalam membuat formulasi dan standar produk. 

Tanpa sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni, produk kosmetik yang baik pun mustahil diciptakan walaupun telah menggunakan bahan baku yang baik. 

Atasi keterbatasan SDM dengan mempercayakan proses produksi pada jasa pembuatan produk seperti ADEV. Kami memiliki laboratorium dan tim Research and Development sendiri untuk menghasilkan formulasi kosmetik terbaik.

Mengapa Produk Kosmetik?

Produk kecantikan meliputi kosmetik dan skincare, saat ini menjadi favorit di Indonesia. Bahkan, menurut data yang dilansir dari SAC, Indonesia terus berkembang menjadi salah satu dari lima pasar teratas untuk kosmetik dan skincare dalam dekade yang akan datang.

Saat ini pun banyak pebisnis muda yang sukses dengan menjual kosmetik dan skincare di Indonesia. Biasanya, mereka memulai usaha tersebut karena berawal dari hobi menggunakan produk kecantikan  atau karena pengalaman menggunakan skincare yang berhasil mengatasi masalah mereka. 

Nah, bagi Anda yang memiliki passion di bidang produk kecantikan, bisnis kosmetik brand sendiri bisa menjadi pilihan. Yuk, ketahui penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Nilai valuasi bisnis kosmetik sangat besar

bisnis maklon kosmetik

Dilihat dari chart di atas dapat dilihat bahwa nilai bisnis produk kecantikan sungguh fantastis. Pada tahun 2013 saja, produk kosmetik jenis anti penuaan (anti aging) saja mencapai angka 25 miliar dollar Amerika Serikat. Tentu nilai bisnis ksometik akan lebih besar lagi pada tahun tahun yang akan datang.

Permintaan Kosmetik Terus Meningkat

Selain jenis yang beragam, permintaan produk kosmetik pun juga semakin meningkat dari waktu ke waktu. Anda dapat membaca artikel terkait makin murahnya produk kosmetik.

Dengan jumlah penduduk lebih dari 250 juta jiwa (tahun 2017), menjadikan Indonesia memiliki pangsa pasar strategis untuk bisnis produk kosmetik.

Disisi lain, persaingan bisnis/harga di tingkat produsen kosmetik pun semakin ketat. Munculnya pengusaha baru “muda” yang ingin mencicipi manisnya bisnis kosmetik, turut menyumbang muncul varian produk baru. Semua hal di atas akan meningkatkan volume penjualan kosmetik di pasaran.

Secara ringkas, di mana ada kebutuhan maka di situlah pasti ada penyedia/pihak yang menyediakan produk/jasa untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Tak terkecuali, adanya jasa maklon produk kosmetik.

Salah satu jenis jasa maklon yang paling diminati adalah maklon kosmetik standar BPOM. Jasa pembuatan produk kecantikan (kosmetika) dan perawatan diri (personal care atau personal hygiene) yang berukuran kecil, pemasar dapat menjual kembali dengan harga berlipat.

Selain alasan margin keuntungan, ada alasan lain kenapa seorang pengusaha lebih memilih bisnis produk kosmetik.

Minat kosmetik di Indonesia semakin meningkat. Bisnis maklon kosmetik menjadi sebuah peluang yang menjanjikan. Tentu saja didukung dengan keberadaan perusahaan dan pabrik maklon kosmetik.

Bisnis kecantikan di Indonesia dinilai makin berkembang dan cemerlang. Menurut data Euromonitor International, bisnis beauty dan personal care tumbuh rata-rata 9% per tahun dan diproyeksi akan terus bertumbuh 7,2% per tahun hingga 2021. 

Data tersebut membuktikan bahwa bisnis kosmetik brand sendiri bisa menjadi peluang yang menguntungkan untuk Anda. 

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi trend bisnis kosmetik di Indonesia. Pertama, jumlah perempuan, sebagai konsumen mayoritas yang terus meningkat dan mengeksplorasi produk baru. 

Kedua, sifat generasi  muda, yang lagi-lagi merupakan konsumen mayoritas, dengan keingintahuan yang tinggi dan kemudahan akses informasi. Generasi muda senang mengeksplorasi produk-produk baru dan menolak merek yang digunakan oleh orangtua mereka.

Jika dulu remaja mengenal kosmetik mulai usia 18 tahun, sekarang remaja berumur 13 hingga 15 tahun sudah mulai mengenal kosmetik. Kini remaja cenderung memiliki ketertarikan yang besar untuk mencoba berbagai jenis produk kosmetik. Apalagi dengan adanya sosial media membuat banyak orang ingin tampil lebih menarik.

Permintaan produk kosmetik dan skincare juga mengalami peningkatan karena adanya beberapa faktor lain seperti meningkatnya pendapatan perkapita masyarakat, adanya promosi, digitalisasi, dan perubahan gaya hidup. 

Selain itu, para public figure seperti selebritis juga kelihatannya terlihat tidak ingin ketinggalan ‘tren’ dengan berusaha memanfaatkan peluang bisnis produk kecantikan seperti kosmetik dan  skincare yang menjanjikan ini secara maksimal.

Market share kosmetik cukup besar

Dilansir dari katadata.co.id, penduduk berjenis kelamin perempuan di Indonesia pada tahun 2019 diproyeksikan jumlahnya akan mencapai 132, 89 juta jiwa. Hal ini tentu saja menjadi ‘angin segar’ untuk mereka yang ingin memulai bisnis kosmetik. Apa keterkaitan bisnis kosmetik dengan peningkatan jumlah penduduk perempuan di Indonesia?

Menurut menperin, pada tahun 2017, nilai ekspor produk kosmetik nasional meningkat menjadi US$ 16,99 juta dari US$ 470,30 juta pada tahun 2016. Berikut adalah data jumlah penduduk Indonesia dilansir dari goinsan.com.

Populasi Indonesia
Jumlah
Populasi saat ini
266,927,712
Populasi Laki-laki
133,084,082 (49.9%)
Populasi Perempuan
133,842,630 (50.1%)

Hampir setiap perempuan ingin selalu tampil dan terlihat cantik. Oleh karena itu, perempuan sangat membutuhkan kosmetik. Tentu saja kondisi ini dimanfaatkan oleh para produsen kosmetik dengan menciptakan inovasi-inovasi baru. Terlebih, saat ini perusahaan kosmetik tidak hanya membidik kaum wanita sebagai target konsumen, tetapi juga kaum laki-laki. Penggunaan kosmetik atau produk perawatan tubuh bagi pria juga lama kelamaan menjadi sebuah tren.

Selain meningkatnya jumlah penduduk, tren kecantikan yang didukung para public figure atau saat ini banyak yang disebut sebagai beauty vlogger mampu menarik minat jutaan pasang mata yang melihatnya di sosial media atau semacamnya.

Dukungan pemerintah ke industri kosmetik

Berdasarkan data dari Kementerian Perindustrian ternyata penjualan kosmetik terus meningkat tiap tahunnya . Konsumen produk kosmetik tidak lagi hanya muncul dari kalangan menengah ke atas, tetapi permintaan muncul dari semua kalangan.

Belum lagi bantuan insentif yang diberikan oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin) untuk mengembangkan industri kosmetik tanah Air agar dapat meningkatkan kapasitas produksi dan  bersaing dengan produk-produk impor yang menjadi ‘tantangan’ karena mendapat permintaan pasar yang tinggi sehingga volume penjualannya meningkat, sedangkan di lain sisi tarif bea masuk mengalami penurunan disebabkan adanya perjanjian perdagangan bebas. 

Bantuan tersebut tercipta dalam bentuk tax allowance dan pembebasan bea masuk impor mesin, dilansir dari website kemenperin. Melimpahnya keanekaragaman hayati dalam bentuk flora di Indonesia juga dapat menjadi salah satu pengaruh kualitas dan kuantitas produk-produk kosmetik Tanah Air. Faktor dukungan pemerintah terhadap industri UMKM turut mendorong pertumbuhan bisnis maklon kosmetik di Indonesia.

Dalam dunia internasional, berdasarkan proyeksi Departemen Riset Indonesia Finance Today, industri kecantikan nasional memiliki peluang yang besar di lingkup ASEAN. Konsumen ASEAN pun kemungkinan besar memiliki selera yang sama dengan konsumen Indonesia jika dilihat dari faktor kesamaan iklim, sosial budaya dan daya beli.

Bagaimana Trend Penggunaan Kosmetik di Indonesia?

Pertumbuhan Industri Kosmetik di Indonesia Positif

Di Indonesia, banyak perusahaan kosmetik yang menghasilkan produk dengan beragam merk (brand). Kemenperin mencatat bahwa pertumbuhan industri kosmetik dan bahan kosmetik di angka 6 (termasuk produk pasta gigi) . Data semenjak dari tahun 2010 hingga 2013 (sudah obsolete) adalah 73, 69, 71, 88 industri kosmetik.

Jumlah produsen kosmetik – Data terbaru dari bisnis.com menunjukkan bahwa jumlah produsen kosmetik di Indonesia tumbuh hingga 25% sepanjang tahun 2017. Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, yang memberikan pemaparan pada acara BeautyFest Asia Award 2018 di Jakarta, 17 Maret 2018 mengatakan bahwa

“Sepanjang tahun lalu (2017), produsen kosmetik di Indonesia mencapai 760 perusahaan dari 603 perusahaan pada 2016. Dari total produsen kosmetik tersebut, sebanyak 95% industri kosmetik nasional merupakan sektor industri kecil dan menengah (IKM) dan sisanya industri skala besar.”

Airlangga Hartarto (menteri perindustrian)

Loyalitas dan User Experience

Laporan survey yang dilakukan Euromonitor International’s Personal Appearance Survey pada tahun 2014 menunjukkan trend penggunaan kosmetik. Hasilnya, pria di negara maju lebih cenderung menggunakan produk kosmetik yang spesifik (seperti anti penuaan, krim pemutih) dibandingkan pria di negara berkembang.

Dikutip dari blog euromonitor.com, hasil survey melibatkan 7 ribu konsumen di 16 pasar berbeda diketahui bahwa faktor pendorong pertumbuhan market kosmetik ada 2, yakni:

  • loyalitas (loyalty)
  • pengalaman pengguna (user experience)

Faktor pengalaman pengguna memainkan peranan penting saat konsumen membeli kosmetik. Jika mereka suka, maka mereka loyal. Angaga loyalitas ini mencapai 2/3, sedangkan 1/3 customer membeli produk baru dengan alasan ingin mencoba sesuatu yang baru.

Ingin mencoba produk yang baru inilah yang menjadi alasan bisnis maklon kosmetik & skincare di Indonesia semakin marak. Oleh karena itu, anda akan mendapati munculnya aneka merk (brand) kosmetik baru yang menawarkan added value buat customer. Perhatikan saja iklan di televisi dan Youtube.

Kemajuan Teknologi & Perubahan Gaya Hidup

Pertumbuhan bisnis kosmetik didorong beberapa faktor. Salah satunya adalah kemajuan teknologi dan gaya hidup (life style).

Gadget (gawai seperti smartphone) yang harganya makin murah membuat setiap orang memiliki hape, bahkan ada yang lebih dari satu.

Adanya gadget tersebut juga membuat gaya hidup juga berubah. Anak muda milenial sekarang lebih suka berbagi konten melalui media sosial, selfie, youtube dan blog pribadi. Jika suatu produk disukai banyak kalangan dan reviewnya positif, maka produk tersebut berpotensi viral.

Kemampuan perusahaan dituntut untuk lebih dekat ketika berinteraksi dengan konsumen sehingga perusahaan dapat memenuhi apa yang dikehendaki oleh konsumen.

Pertumbuhan bisnis kosmetik didorong beberapa faktor. Salah satunya adalah kemajuan teknologi dan gaya hidup (life style). Gadget (gawai seperti smartphone) yang harganya makin murah membuat setiap orang memiliki hape, bahkan ada yang lebih dari satu.

Adanya gadget tersebut juga membuat gaya hidup juga berubah. Anak muda milenial sekarang lebih suka berbagi konten melalui media sosial, selfie, vlog youtube dan blog pribadi. Jika suatu produk disukai banyak kalangan dan reviewnya positif, maka produk tersebut berpotensi viral.

Kemampuan perusahaan dituntut untuk lebih dekat ketika berinteraksi dengan konsumen sehingga perusahaan dapat memenuhi apa yang dikehendaki oleh konsumen.

Kekuatan Brand Produk

Jika sebelumnya penjual online hanya menjual/memasarkan produk milik orang lain dan berhasil sukses, maka orang dia akan berpikir ‘daripada saya membesarkan kerjaan bisnis orang lain, lebih baik saya besarkan merek produk saya sendiri‘. Hal tersebut mendorong orang untuk menciptakan produk unik dan bekerjasama dengan perusahaan maklon.

Untuk itulah, Adev hadir dengan menyediakan jasa maklon yang profesional dan berkelas.

Tantangan Bisnis Kosmetik & Skincare di Indonesia

Setelah membahas peluang bisnis kosmetik brand sendiri, Anda juga perlu tahu beberapa tantangan bisnis di bidang ini. Mengetahui tantangan bisa membuat Anda menentukan strategi yang bisa digunakan di masa yang akan datang. 

Persaingan Harga

Pertumbuhan industri kosmetik yang meningkat setiap tahunnya tentu membuat banyak pelaku usaha memutuskan terjun di bidang ini, termasuk Anda. Hal ini membuat persaingan harga di industri kosmetik menjadi salah satu tantangan yang wajar Anda hadapi nantinya. 

Masyarakat kini diberikan banyak pilihan produk kosmetik dan skincare dengan harga yang variatif, mulai dari harga puluhan ribu hingga jutaan. Maka dari itu, sebagai pelaku usaha, pastikan Anda memulai bisnis kosmetik brand sendiri dengan harga yang sesuai dengan target konsumen. 

Tak hanya menentukan harga yang bisa bersaing,  pastikan juga untuk memiliki formula dan spesifikasi produk yang berkualitas. Karena produk yang berkualitas dengan harga terjangkau tentu akan diminati konsumen. 

Kedua hal di atas akan membantu bisnis kosmetik brand sendiri bersaing di pasaran. Karena kini berbagai merek muncul dengan mengunggulkan formula dan spesifikasi masing-masing. Mulai dari perusahaan berkelas internasional sampai merek-merek lokal yang kini popularitasnya dengan cepat meningkat salah satunya karena platform toko online yang marak.

Untuk membuat produk kosmetik dengan harga yang terjangkau dan formulasi terbaik, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan produk di perusahaan maklon ADEV.

Perubahan Tren Pasar Kosmetik

Bisnis produk kosmetik dengan brand sendiri biasanya akan menguntungkan jika sang pemilik memahami tren yang terus berganti tiap tahunnya. Bahan aktif dalam kosmetik dan skincare yang sesuai dengan trennya akan lebih menarik konsumen. 

Selain itu, konsumen saat ini sudah sangat cerdas dalam memahami bahan baku dan penggunaannya. Selain tampilan akhir  kosmetik dan skincare setelah diaplikasikan, mereka juga memperhatikan khasiat bahan baku yang terkandung cocok atau tidaknya dengan yang mereka butuhkan. 

Pemalsuan Kosmetik

Berkembangnya industri kosmetik dan skincare yang semakin cemerlang membuat Anda tetap harus waspada dengan barang-barang palsu atau ilegal. Bukan tidak mungkin bahwa produk kosmetik dengan merek Anda dipalsukan oleh orang tidak bertanggung jawab. 

Produk kosmetik dan skincare palsu juga terkadang dijual dengan harga yang sangat murah dan jauh di bawah harga pasaran sehingga membuat konsumen tergiur. Dikhawatirkan barang-barang palsu atau ilegal tersebut mengandung bahan-bahan berbahaya bagi kulit, bahkan untuk kesehatan secara keseluruhan. 

Pemalsuan kosmetik yang beredar di pasaran bisa saja membuat produk Anda tak dipercaya oleh konsumen karena khawatir akan mendapatkan barang palsu. Namun, Anda tak perlu khawatir akan tantangan pemalsuan produk. 

Bersama maklon kosmetik legal BPOM ADEV, produk Anda dapat dipastikan keamanannya oleh konsumen. Setiap kosmetik yang diproduksi di ADEV dapat dipastikan keasliannya karena memiliki nomor dan kode yang dapat dideteksi melalui situs cek.adevnatural.co.id.

Kelebihan Bisnis Menggunakan Jasa Maklon

Lebih Fokus Memasarkan Produk

Menggunakan jasa maklon ADEV membuat Anda tak perlu memikirkan proses produksi. Dengan begitu, Anda bisa lebih fokus memikirkan strategi penjualan dan pemasaran produk.

Strategi penjualan yang dipikirkan dengan baik tentu akan membuat produk Anda diterima di pasaran dan menghasilkan keuntungan yang berlipat.

Produk Akan Selalu Tersedia

Dengan jasa pembuatan produk ADEV, Anda bisa langsung menjual produk kepada konsumen tanpa memerlukan waktu yang lama. Apalagi ketika produk Anda sudah menjadi produk andalan yang terlaris di pasaran.

Bila permintaan produk tersebut sedang tinggi-tingginya, Anda bisa saja menghadapi kendala pasokan produk. Cegah hal tersebut dengan bekerja bersama pabrik maklon kosmetik terpercaya.

Selain banyaknya pilihan produk yang bisa Anda custom, terdapat beberapa keuntungan yang akan didapatkan ketika bekerja sama dengan maklon kosmetik Bogor ADEV. Apa saja keuntungannya? 

Bebas menentukan harga dan branding produk

Jasa maklon kosmetik adalah layanan jasa pembuatan produk yang disediakan pabrik kosmetik untuk membuat produk berdasar spesifikasi dari pemilik merk.

Selaku pemilik merk produk, Anda bebas memberikan nama (brand). Disamping itu, anda pun memegang kendali bisnis anda ini secara penuh karena anda bisa menentukan harga jualnya.

Dapat membuat jalur pemasaran produk sendiri

Jalur pemasaran produk kosmetik juga berliku. Produk kecantikan ini memasuki setiap lini masyarakat melalui berbagai jalur distribusi. Sebut saja istilah pemasaran berikut reseller, agen, toko, pemilik MLM, pemilik spa, distributor, pemilik hotel, dan pemilik salon semuanya menyediakan kosmetik sehingga produk tersebut sampai ke konsumen.

Melihat fenomena bisnis kosmetik tersebut tak heran maka tumbuhnya bisnis jasa maklon produk kosmetik. Berikut mari kita simak 5 alasan menggunakan jasa maklon kosmetik.

Merasa Lebih Aman Berjualan

Sebagai penyedia jasa pembuatan kosmetik dan jasa maklon produk kosmetik, PT ADEV Natural Indonesia terus berkomitmen dan berupaya untuk mengembangkan produk-produk kosmetik yang berkualitas, berstandar BPOM, dan mengikuti standar CPKB.

Sertifikat LP POM MUI juga sudah dikantongi perusahaan. Sertifikat jaminan halal ini akan digunakan untuk menghasilkan produk kosmetik dengan segmen market muslim.

Sebelum bekerjasama dengan pabrik maklon kosmetik, Anda harus memerhatikan beberapa hal. Yuk simak penjelasan berikut ini.

Pastikan pabrik maklon kosmetik yang akan bekerjasama dengan Anda sudah tercatat di BPOM dan LPPOM Halal MUI. Dua hal tersebut berkaitan dengan bahan baku yang digunakan dan proses yang dilakukan oleh pabrik tersebut. Jika pabrik sudah jelas kelegalannya, keamanan dan kehalalan produk juga lebih menjanjikan.

Mendapatkan hak istimewa sebagai client

PT Adev Natural Indonesia sudah tercatat di BPOM dan LPPOM MUI sehingga dapat dijamin menggunakan bahan-bahan dasar untuk kosmetik yang sudah jelas aman dan halal dalam proses produksinya.

Anda tertarik untuk memulai bisnis kosmetik sekarang juga? Langsung saja hubungi PT Adev Natural Indonesia, salah satu pabrik maklon kosmetik terpercaya yang berlokasi di Kp. Curug Mekar, Bogor Barat, Indonesia.

Jadi, jangan ragu untuk menghubungi PT ADEV Natural Indonesia. Anda bisa bertanya tentang jasa maklon produk kosmetik dan maklon sabun.

Cara Memenangkan Persaingan Bisnis

Mental pantang menyerah

Bagi orang yang memulai berjualan kosmetik atau pemula, bisnis kosmetik bukanlah bisnis kosmetik yang mudah dilakukan seperti halnya membalikkan telapak tangan. Meskipun memulai sebuah bisnis kosmetik itu tidak mudah untuk dilakukan, tidaklah menyurutkan tekad orang yang memang memiliki mental baja dalam berwirausaha.

Inovasi dan kreatifitas

Persaingan bisnis yang makin ketat mendorong pelakunya untuk semakin kreatif menciptakan dan membuka ceruk (niche) pasar yang baru. Dengan memenangkan persaingan pasar yang terbilang ketat, maka keuntungan yang bisa didapatkan dari bisnis ini juga besar.

Menjadi supplier kosmetik tangan pertama

Anda dapat bekerjasama dengan produsen kosmetik yang memproduksi kosmetik dengan bahan alami/natural yang aman. Anda juga dapat bekerjsama dengan supplier kosmetik herbal dan mendapatkan produk untuk dijual kepada konsumen.

Menjadi supplier kosmetik grosir yang terpercaya memerlukan waktu yang tidak singkat. Ada proses yang harus dilalui. Salah satunya adalah menjual produk kosmetik yang bermutu. Dengan menjual kosmetik halal (bagi muslim), berkualitas (mendapatkan izin BPOM) dan berharga murah, anda akan disukai oleh pelanggan anda. Oleh karena itu jika anda ingin sukses dalam dunia bisnis kosmetik maka pastikan produk kosmetik anda terbuat dari bahan kosmetik yang berkualitas.

Seperti yang telah disebutkan diatas, untuk memulai sebuah bisnis kosmetik bisa dilakukan dengan cara membuat sendiri produk yang anda miliki atau menjual produk yang aman dari supplier kosmetik grosir seperti PT Adev Natural Indonesia, perusahaan maklon kosmetik harga bersahabat. Lalu bagaimana caranya untuk berhasil dalam dunia bisnis kosmetik ini? Berikut ini adalah beberapa tips untuk memulai bisnis dalam dunia kosmetik agar bisa berhasil menjadi pemimpin di pasar kosmetik.

Karena masih terhitung baru, anda bisa mengambil keuntungannya. Anda bisa bekerjasama dengan pabrik atau perusahaan maklon kosmetik untuk membuat kosmetik herbal. Jika anda pemain lama yang telah memiliki pasa kosmetik sendiri, tentunya anda memiliki informasi tentang pelanggan anda.

Produk kosmetik herbal diproduksi dan siap dipasarkan. Boom, anda bisa beriklan untuk menawarkan produk kosmetik herbal anda tersebut. Keuntungan pun mengalir ke kantong anda. Pastikan anda mendapatkan produk dari Supplier Kosmetik Herbal tangan pertama.

Riset pasar

Anda dapat melakukan survey kecil-kecilan untuk mengetahui kriteria produk kosmetik herbal yang diinginkan pelanggan anda. Selanjutnya, spesifikasi produk yang anda peroleh dari konsumen anda tersebut anda deliver ke perusahaan jasa maklon. Anda ciptakan merek anda sendiri. Tentu saja, anda juga harus memperhatikan syarat maklon kosmetik yang ditetapkan oleh perusahaan jasa maklon kosmetik tersebut.

Kuasai product knowledge

Ibarat 2 sisi mata uang, ada kelebihan tentu ada kekurangan. Menjual produk baru bisa menjadi tantangan tersendiri. Ketika anda memasarkan produk dari supplier kosmetik herbal murah untuk dijual kembali degan menggunakan brand anda, anda harus lebih waspada dengan persaingannya. Memperkenalkan brand baru memang bukan perkara yang mudah. Oleh karena itu kerjasama antara penjual dan Supplier Kosmetik Herbal baik online maupun offline harus tetap dijaga baik.

Terapkan strategi pemasaran yang tepat

Ada beberapa strategi pemasaran yang dapat anda terapkan dan akan lebih baik jika anda bekerjasama dengan distributor kosmetik. Pertama, bangun kepercayaan dari konsumen anda. Anda dapat meningkatkan kepercayaan dengan menjual kosmetik bermutu. Kedua, menagkan persaingan dengan kompetitor anda, walaupun mereka sudah memiliki nama.

Mungkin anda akan menerapkan strategi perang harga. Jika anda mendapatkan supplier kosmetik di Surabaya, di Jakarta ataupun di kota lainnya, pastikan anda mendapatkan harga yang termurah. Dengan demikian anda akan bisa mendapatkan profit margin yang cukup dan menjadikan bisnis komstik anda tetap survive.

Kelebihan Menjadi Pemimpin Pasar dalam Bisnis

Salah satu cara mudah mendapatkan keuntungan dalam dunia bisnis kosmetik adalah dengan menjual produk kecantikan yang diperoleh dari produsen, artinya anda menjadi supplier kosmetik tangan pertama. Hal ini disebabkan karena menjual kosmetik tangan pertama memiliki banyak keuntungan. Apa saja? Mari simak ulasannya.

Lebih banyak keuntungannya

Ketika anda menjadi supplier kosmetik tangan pertama, maka anda bisa memaksimalkan keuntungan atau profit, terlebih lagi jika anda menjadi supplier kosmetik atas merek anda sendiri dengan jasa maklon kosmetik BPOM. Hal ini disebabkan karena tidak ada yang memiliki produk dengan brand yang sama dengan anda sehingga anda memonopoli pasar dari brand yang anda miliki.

Namun perlu diingat bagi anda yang menjadi supplier kosmetik tangan pertama atau first hand supplier, pastikan keuntungan yang anda patok tidak terlalu tinggi. Hal ini akan berguna untuk mendapatkan reseller atau agen yang akan memasarkan produk anda. Selain itu juga membuat konsumen tidak enggan untuk mencoba produk anda.

Lebih mudah dikenal

Supaya lebih mudah dikenal oleh pihak lain, jadilah yang pertama atau jadilah satu-satunya. Hal ini juga berlaku jika anda menjadi supplier kosmetik. Jika anda menjadi supplier kosmetik tangan pertama, maka anda akan lebih mudah dikenal oleh konsumen, agen, distributor atau bahkan oleh pesaing anda. Dengan dikenal banyak kalangan, jangkauan pasar anda akan menjadi lebih luas dan keuntungan juga menjadi lebih banyak.

Maklon Adev adalah Solusi Bisnis Kosmetik Legal

Memulai bisnis kosmetik brand sendiri di Indonesia tidaklah mudah. Terlebih bagi pengusaha pemula yang tidak memiliki pabrik sendiri. Namun, Anda bisa mengubah tantangan tersebut menjadi peluang bisnis dengan adanya jasa pembuatan produk di perusahaan kosmetik. 

Jasa produksi kosmetik private label adalah jenis layanan yang dapat membantu Anda dalam memproduksi kosmetik, skincare, dan beragam produk kecantikan dengan brand anda sendiri. Spesifikasi produk yang ingin dibuat nantinya ditentukan oleh Anda sebagai pemilik merek atau brand

Dengan bekerja bersama perusahaan maklon, Anda bisa membuat berbagai varian produk kecantikan yang diminati di Indonesia. Selain proses produksi terbantu, memulai bisnis menjadi lebih mudah karena perizinan NA BPOM telah diurus perusahaan maklon. 

Meskipun Badan POM dan pihak terkait telah mengadakan kegiatan pengawasan dan sidak, namun peredaran kosmetik ilegal dan palsu masih menjadi masalah di Indonesia.

Hal ini mengindikasikan bahwa bisnis kosmetik memang legit sehingga pihak yang nakal berani memalsukan atau memproduksi kosmetik ilegal (tanpa izin edar).

Kosmetik seperti ini jelas berbahaya, baik bagi konsumen akhir selaku pengguna produk maupun industri yang memproduksi kosmetik asli.

Adanya perusahaan maklon kosmetik legal BPOM, seperti Adev, adalah solusi untuk Anda yang ingin mulai berbisnis kosmetik legal.

Anda tidak perlu memiliki modal besar, pusing-pusing memikirkan pendirian pabrik, mengurus karyawan produksi dan semacamnya. Perusahaan jasa maklon akan mengambil alih seluruh proses pembuatan produk kosmetik mulai dari perencanaan dan pengembangan produk, pembuatan hingga pengemasan produk.

Anda tinggal fokus memasarkan dan membranding produk yang sudah jadi.

Namun yang harus Anda ingat, ketentuan memproduksi kosmetik di tiap perusahaan maklon bisa saja berbeda-beda.

Bersama ADEV, Anda bisa memulai maklon dengan biaya yang murah dan syarat yang mudah. Jasa pembuatan produk kosmetik & skincare di ADEV juga sangat cocok bagi pengusaha pemula, pengusaha MLM, dan internet marketer, karena kami tak membatasi minimum jumlah pemesanan (minimum order quantity).

Jadi, tunggu apalagi untuk bisnis maklon kosmetik? Jangan menunda terlalu lama karena Anda bisa langsung mengisi form pemesanan di sini.

5/5 - (2 votes)

4 komentar untuk “Bisnis Maklon di Indonesia: Apa, Mengapa, Bagaimana”

    1. Selamat pagi kak. Biaya maklon kosmetik dapat dimulai dari Rp 30 juta untuk satu varian produk. Harga tersebut sudah termasuk pengurusan legalitas seperti izin BPOM, HKI Merek, dan Halal. Silakan isi formulir (klik di sini) untuk konsultasi mengenai produk yang akan kakak buat bersama tim Business Consultant kami. Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mau bisnis kosmetik merek sendiri?

WeCreativez WhatsApp Support
Business Consultant
Halo, dengan Damai sebagai Business Consultant di sini. Ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top