fbpx

Prosedur Maklon

Inilah 6 Tahapan Cara & Prosedur Maklon di Perusahaan Kosmetik yang perlu anda tahu. Setiap pabrik kosmetik memiliki alur proses & tahapan prosedur maklon tertentu yang berbeda dengan perusahaan lainnya.

Tidak punya pabrik tetapi ingin memiliki bisnis kosmetik brand sendiri? Tenang, ada perusahaan maklon kosmetik yang bisa mengatasi masalah tersebut.

Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui tentang prosedur maklon di pabrik kosmetik ADEV. Yuk, simak 6 tahapan cara maklon produk di PT Adev Natural Indonesia. Cukup mudah dan tidak menyulitkan lho!

1. Konsultasi Konsep Produk

konsultasi maklon

Tahapan prosedur maklon pertama yang harus Anda lakukan adalah tahap konsultasi bersama Business Consultant ADEV terkait konsep produk yang diinginkan. Dalam tahap konsultasi ini, Anda bisa menyampaikan jenis produk yang ingin dibuat, bahan aktif yang digunakan, manfaat produk, tekstur, warna, dan lain-lain. 

Bingung dalam menentukan konsep produk? Jangan khawatir, kami siap membantu Anda dalam memberikan referensi berdasarkan data tren produk kosmetik yang sedang diminati di industri kecantikan Indonesia.

Konsultasi konsep produk bertujuan untuk memberikan kesamaan pemahaman antara pihak konsumen dan pihak ADEV. Tak hanya berlangsung pada proses awal maklon, konsultasi juga bisa dilakukan ketika Anda sudah menerima produk, lho. Tim Business Consultant ADEV akan selalu memberikan pelayanan terbaik untuk Anda. 

Lantas, bagaimana cara untuk berkonsultasi mengenai produk maklon? Anda dapat melakukan konsultasi via WhatsApp, telepon, maupun berkonsultasi secara langsung di Marketing Office ADEV.

Namun, pastikan Anda menghubungi tim Business Consultant kami terlebih dahulu dengan mengisi formulir pada laman ‘Order’. Yuk baca prosedur maklon selanjutnya.

2. Pembuatan Contoh Produk

prosedur maklon di perusahaan kosmetik

Setelah selesai berkonsultasi bersama Business Consultant ADEV, tahapan prosedur maklon selanjutnya adalah pembuatan sampel produk sesuai konsep yang sudah ditentukan.

Pembuatan sampel tentu sangat penting untuk menemukan formula produk kosmetik yang tepat sebelum diproduksi secara massal. 

Kami memiliki tim Research and Development yang berpengalaman dan mumpuni dalam membuat produk kosmetik. Maka dari itu, pembuatan sampel kosmetik ADEV hanya membutuhkan waktu 4 hari kerja.

Sampel yang telah dibuat juga telah lolos uji stabilitas, uji viskositas, dan uji mikro untuk memastikan kualitas sampel sebelum diterima konsumen.

Setelah contoh produk sesuai dengan keinginan client, maka prosedur maklon selanjutnya adalah mengurus perizinan produk sehingga siap edar.

3. Pengurusan Izin Produk: HKI, BPOM, dan Halal

syarat maklon kosmetik

Perkembangan di industri kecantikan membuat produk kosmetik sangat mudah didapatkan. Namun sayangnya, tak semua produk kosmetik telah melalui prosedur perizinan yang legal. Kosmetik tersebut sering juga disebut sebagai kosmetik abal-abal. Maraknya peredaran kosmetik abal-abal tentu membuat banyak orang khawatir akan keamanan suatu produk. 

Bersama pabrik maklon kosmetik ADEV, Anda diwajibkan untuk memenuhi perizinan dan legalitas produk kosmetik yang dibuat.

Melansir penelitian di Universitas Sriwijaya, perizinan di bidang kosmetika berfungsi sebagai upaya untuk melakukan seleksi terhadap kegiatan pembuatan dan peredaran produk kosmetika yang aman, dengan maksud untuk memberikan jaminan kualitas produk kosmetika yang diperdagangkan agar memenuhi standar keamanan, kemanfaatan dan mutu.

a. Pendaftaran Merk (Brand) Produk

Terdapat beberapa dokumen yang harus Anda lengkapi sebagai syarat maklon di perusahaan kami. Kelengkapan dokumen bertujuan untuk mendaftarkan legalitas produk Anda, seperti daftar merek dan izin BPOM. 

Pendaftaran merek membutuhkan beberapa dokumen, seperti:

  • Foto atau scan tanda tangan;
  • Fotokopi KTP, 
  • Fotokopi NPWP,
  • Logo produk. 

b. Pendaftaran NA BPOM Produk

Banyak pihak mengatakan bahwa mendapatkan izin atau notifikasi BPOM kosmetik itu ribet. Pengalaman kami ketika mengurus izin BPOM pun memang mengatakan demikian. Hal ini tentu merepotkan bagi orang yang sibuk dan tidak punya waktu untuk mondar-mandir mengurus persyaratan notifikasi produk kosmetik ke BPOM.

ADEV sebagai produsen kosmetik berstandar BPOM akan membantu Anda dalam mendapatkan legalitas produk seperti merek, NA BPOM, hingga sertifikasi Halal dari MUI. Anda hanya perlu melengkapi beberapa persyaratan dokumen di bawah ini. 

Produk yang berstandar BPOM sudah pasti akan lebih dipercaya oleh konsumen. Oleh karena itu, Anda membutuhkan beberapa dokumen yang harus dipenuhi, seperti:

  • Surat kuasa terkait pengedaran produk
  • Surat pembagian merek jika Anda juga memproduksi kosmetik di perusahaan lain, dan
  • Desain kemasan untuk pendaftaran BPOM.

Baca ulasan kami tentang cara daftar BPOM.

4. Pembuatan Desain Kemasan Produk

prosedur maklon di pabrik kosmetik

Tampilan dari suatu desain produk bertujuan sebagai ‘perangkap emosional’ yang dapat menarik perhatian konsumen Anda. Bahkan, kini banyak yang tertarik membeli suatu produk karena kemasannya yang cantik. Maka dari itu, penting untuk memikirkan bagaimana visual desain produk yang akan Anda gunakan. 

Belum memiliki desain untuk kemasan produk Anda? Tak perlu bingung mencari di tempat lain, percayakan saja pembuatan desain produk Anda kepada ADEV. Desain kemasan yang sudah dibuat juga akan lebih sesuai dengan kemasan primer yang tersedia. ADEV juga memiliki tim Quality Control tersendiri agar desain yang dibuat dapat memenuhi ketentuan klaim dan standar BPOM.

5. Proses Produksi

Setelah beberapa rangkaian tahapan prosedur maklon di atas telah selesai, saatnya berlanjut ke proses produksi. Proses produksi kosmetik impian Anda dapat segera dilakukan setelah Anda melunasi biaya maklon produk kosmetik. Selain itu, kami juga akan memastikan persiapan produksi (pemesanan bahan baku, formula, dan kemasan) telah selesai. 

Proses produksi kosmetik di ADEV telah berstandar BPOM dan mengikuti aturan CPKB yang diawasi oleh Apoteker Penanggung Jawab Teknis yang berpengalaman. Proses produksi akan dilakukan dalam jangka waktu 20 hari kerja untuk produk baru dan 10 hari kerja untuk pemesanan ulang. 

6. Proses Pengiriman Produk

Setelah proses produksi selesai, Business Consultant ADEV akan memberikan informasi kepada Anda bahwa produk sudah siap untuk dikirim. Produk akan segera dikirim sehari setelah Anda melunasi keseluruhan biaya dan pelunasan sudah diverifikasi oleh tim Finance ADEV. 

Pabrik ADEV yang terletak di Bogor ini akan memberikan banyak keuntungan untuk pengiriman produk kosmetik ke tempat Anda karena mudah dan cepatnya akses. 

Nah, itu lah 6 tahapan cara dan prosedur maklon di perusahaan maklon skincare dan kosmetik Bogor, ADEV. Prosedur di atas tentu sangat memudahkan Anda dalam membangun bisnis kosmetik, bukan?

Pelajari lebih lanjut informasi terkait prosedur maklon berikut:

Yuk, mulai bisnis kosmetik dengan brand Anda sendiri bersama ADEV sekarang! Simak juga video ini untuk mengetahui tentang prosedur maklon selengkapnya.

Kesimpulan Proses Maklon Produk Kosmetik di ADEV

prosedur maklon

Secara ringkas, ada 6 tahapan atau prosedur maklon di Adev. Langkah awal adalah Anda mengunjungi halaman depan situs adev.co.id, kemudian mengisi formulir.   Setelah itu, anda perlu melakukan action seperti berikut:

  1. Konsultasikan dan diskusi bersama Business Consultant terkait konsep produk yang Anda inginkan;
  2. Pembuatan sampel produk sesuai konsep yang sudah ditentukan;
  3. Pendaftaran legalitas produk seperti merek dan Izin BPOM;
  4. Pembuatan desain kemasan produk;
  5. Proses produksi;
  6. Pengiriman produk.

Anda juga bisa menghubungi salah satu Sales Representative ADEV melalui kontak yang tersedia untuk mengetahui berbagai informasi tentang maklon terbaru.

Cara Maklon Produk

Konsultasi Konsep Produk

Kamu bisa berikan gambaran konsep produk yang akan diproduksi. Bersama tim business consultant Adev, Kamu juga akan mendapatkan berbagai informasi tentang maklon, termasuk rekomendasi bahan-bahan pilihan yang dapat digunakan. 

Sudah punya konsep produk acuan? Ingin mengeskplor konsep produk lebih jauh? Diskusikan dengan kami. 

Pembuatan Contoh Produk

Contoh produk (sampel) akan dibuat oleh tim RnD dalam waktu 4 hari kerja. Sampel akan kami berikan sekaligus dengan informasi mengenai komposisi, manfaat dan hpp produknya. 

Pengurusan Izin Produk

Beiringan dengan proses pembuatan sampel, Adev akan mengurus semua izin produk yang dibutuhkan, mulai dari BPOM, halal, dan HAKI (merek)

Pembuatan Desain Kemasan Produk

Setelah menentukan nama merek produk, kamu bisa memulai proses pembuatan desain kemasan

Proses Produksi

Proses produksi meliputi persiapan bahan baku, penjadwalan, proses pembuatan, dan pengecekan kualitas.

Pengiriman Produk

Setelah proses produksi selesai dan biaya sudah dilunasi, produk siap dikirim. Estimasi waktu pengiriman produk disesuaikan dengan moda transportasi atau jasa kurir (ekspedisi) yang digunakan

5/5 - (2 votes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WeCreativez WhatsApp Support
Business Consultant
Halo, dengan Damai sebagai Business Consultant di sini. Ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top