fbpx

Syarat Maklon Kosmetik

Ketentuan dan syarat maklon produk kosmetik yang sulit bisa menjadi salah satu faktor penghambat bagi calon pebisnis untuk mulai bisnis dengan brand sendiri. Kata ‘syarat’ seringkali sudah dibayangkan sebagai sesuatu yang sulit untuk dipenuhi.

Padahal, tidak sesulit itu, lho. Tenang saja, semua bayangan kesulitan itu tidak akan kamu alami di ADEV.

Sebagai perusahaan maklon kosmetik terbaik yang telah berpengalaman, ADEV selalu berusaha memberikan solusi bagi konsumen. Harapannya adalah pengusaha atau beautypreneur dapat memulai bisnis kosmetik dengan brand sendiri secara lebih mudah.

Ingin tahu apa saja syarat maklon kosmetik di ADEV? Simak penjelasannya di bawah ini.

Apa itu Syarat Maklon Kosmetik?

syarat maklon kosmetik

Syarat maklon kosmetik adalah segala ketentuan yang diperlukan dan harus dipenuhi agar proses maklon dapat berjalan dengan baik. Syarat maklon juga dapat diartikan sebagai ketentuan atau peraturan yang ditetapkan perusahaan makloon dan harus diikuti oleh konsumen.

Beberapa persyaratan maklon harus dipenuhi konsumen agar proses pembuatan produk berjalan lancar. Seberapa cepat konsumen melengkapi berkas syarat-syarat maklon turut berperan dalam cepat-lambatnya penyelesaian order maklon.

Masih bingung apa itu maklon? Baca uraian lengkap kami tentang maklon.

Berkas-berkas Persyaratan Maklon untuk Perusahaan Perorangan

  • Bukti Identitas Kartu Tanda Peduduk (KTP)
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

Berkas Syarat Maklon untuk Badan Usaha (Perseroan)

  • Surat Izin Usaha Perusahaan (SIUP)
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) Direktur Utama
  • Formulir Pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI)

Syarat & Ketentuan Maklon Produk Kosmetik di ADEV

Selaras dengan tujuan perusahan untuk menjadi solusi terbaik bagi pebisnis kosmetik, maka ADEV mewajibkan syarat-syarat maklon yang mudah dipenuhi konsumennya. Dengan demikian, pengusaha yang baru akan memulai kiprah bisnisnya di dunia kecantikan dapat terbantu.

Secara ringkas beberapa Syarat Mudah untuk Maklon Produk Kosmetik di ADEV adalah menyiapkan konsep produk, membayar biaya administrasi, dan melengkapi berkas registrasi merek dan pendaftaran notifikasi edar ke BPOM

Sebelum proses produksi dimulai, konsumen perlu menyiapkan beberapa hal terkait syarat maklon kosmetik seperti di bawah ini:

Adanya Konsep Produk

Syarat maklon kosmetik yang satu ini tidak mutlak harus berasal dari konsumen. Tidak masalah jika konsumen belum memiliki gambaran pasti mengenai desain produk yang akan dibuat.

Tim Business Consultant ADEV akan membantumu menentukan konsep produk sesuai dengan keinginan. Diskusi dapat dilakukan secara online maupun offline.

Jika memiliki produk acuan, kamu juga dapat memberikannya kepada ADEV sebagai gambaran yang jelas mengenai konsep produk.

Membayar Biaya

Syarat maklon selanjutnya adalah membayar biaya maklon. Secara garis besar, biaya maklon produk di ADEV dibagi menjadi tiga, yakni commitment fee, biaya pra-produksi, dan biaya pelunasan.

Besar kecilnya biaya pembuatan produk bergantung pada beberapa faktor. Selengkapnya baca penjelasan ADEV tentang biaya maklon.

Adanya Merek (Brand) Produk

Sebuah produk lebih mudah dikenal konsumen dengan adanya merek. Merek juga dapat menjadi ciri khas produkmu yang membedakan dengan produk orang lain. Strategi branding yang tepat akan memudahkanmu memasarkan dan menjual produk.

Adanya merek (brand) produk merupakan salah satu syarat maklon kosmetik yang wajib dipenuhi.

Dalam pendaftaran NA BPOM pun, merek produk pun disyaratkan dalam formulir pengajuan.

Ada 2 pilihan terkait identitas ‘merek’ produk. Pilihan pertama, pendaftaran merek dapat dilakukan oleh konsumen sendiri. Pilihan kedua, pendaftaran merek dilakukan oleh ADEV.

Di ADEV, merek dapat didaftarkan oleh pihak konsumen ataupun pihak ADEV.

Pendaftaran merek membutuhkan beberapa berkas seperti:

  • Foto atau scan tanda tangan perusahaan vendor maklon
  • Logo produk
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi NPWP

Konsumen juga dapat menggunakan merek yang sudah dimiliki sebelumnya, hanya saja perlu ada surat pembagian merek.

Jika konsumen memproduksi merek yang sama dan diproduksi di pabrik lain, maka perlu ada surat kuasa pembagian merek.

Surat pembagian merek merupakan sebuah surat kuasa yang harus disiapkan oleh konsumen yang sudah pernah memproduksi kosmetik di pabrik lain dengan merek yang sama. Surat tersebut berfungsi sebagai tanda kesepakatan pembagian produksi untuk merek tersebut.

Berbeda dengan registrasi produk di Badan POM dan LPPOM MUI yang harus dilakukan oleh ADEV.

Melengkapi Berkas Registrasi Produk ke Badan POM

Produk yang berstandar BPOM sudah pasti akan lebih dipercaya oleh konsumen. Oleh karena itu, syarat maklon kosmetik yang satu ini tidak kalah penting.

Dalam proses ini, dibutuhkan:

  • Surat kuasa terkait pengedaran produk
  • Surat pembagian merek jika kamu juga memproduksi kosmetik di perusahaan lain, dan
  • Desain kemasan untuk pendaftaran BPOM.

Setelah semua persyaratan lengkap, maka pengajuan merek ke Ditjen Hak Kekayaan Intelektual (HAKI), notifikasi NA BPOM dan sertifikasi halal produk LPPOM MUI pun dapat diproses lebih lanjut.

Setelah melengkapi semua persyaratan maklon, maka ada beberapa tahapan lagi yang perlu kamuikuti. Selengkapnya baca prosedur maklon di ADEV.

Selain Syarat yang Mudah, Inilah Keunggulan Jasa Maklon ADEV

Selain syarat yang mudah dan biaya yang terjangkau, ini dia lima pelayanan unggulan yang ADEV berikan:

1. Bebas Custom Produk

Konsumen bebas menentukan konsep produk dan mendiskusikannya bersama Business Consultant ADEV.

2. Respon Cepat

Para Business Consultant ADEV selalu merespon konsumen dengan cepat dan informatif terkait keseluruhan proses maklon.

3. Membership

Membership maklon adev

Jika kamu sudah bekerjasama dengan ADEV selama beberapa tahun atau memesan dalam jumlah besar*, kamu dapat menjadi salah satu anggota program membership ADEV dan mendapatkan berbagai keuntungan

4. Ketentuan MOQ (Minimum Order Quantity)

Seperti yang sudah dibahas di atas, bahwa minimal order makloon kosmetik & skincare adalah 3000 pcs. Jumlah tersebut masih sangat terjangkau dibandingkan perusahaan maklon lainnya.

Namun jumlah minimal order maklon di ADEV masih bersifat negotiable, bergantung pada nilai order maklon secara keseluruhan dan jenis produk.

5. Perlindungan dari Pemalsuan Produk

Inilah fitur terbaru dari maklon kosmetik ADEV. Saat ini, banyak kasus pemalsuan produk kosmetik di pasaran yang sudah jelas akan merugikan pemilik produk asli dan membahayakan konsumen.

Oleh karena itu, untuk mencegah hal tersebut terjadi kepada produk-produk konsumennya, ADEV menghadirkan pelayanan Cek Keaslian Produk dalam bentuk situs.

Melalui situs cek.adevnatural.co.id, produk dapat diperiksa keasliannya menggunakan nomor dan kode produk eksklusif yang hanya dimiliki oleh produk-produk ADEV. Nomor dan kode produk tersebut dicetak pada bagian belakang kemasan.

Bersama ADEV, ayo mulai bisnis kosmetikmu sekarang juga!

4.8/5 - (30 votes)