fbpx

Mengenal Maskne dan Produk Kosmetik yang Bisa Mengatasinya

Masa pandemi membuat kita beradaptasi dengan banyak kebiasaan baru, salah satunya kebiasaan menggunakan masker untuk mencegah penyebaran virus COVID-19. 

Namun, keharusan menggunakan masker dalam kehidupan sehari-hari ternyata juga dapat menimbulkan masalah jerawat meradang pada kulit wajah. Masalah jerawat yang muncul karena penggunaan masker disebut dengan ‘maskne’. 

Maskne ternyata menjadi masalah yang umum dialami banyak orang selama pandemi. Terbukti menurut data dari Think with Google: Year in Search 2020, terdapat peningkatan dalam pencarian terkait maskne.

Artikel kali ini akan membantu Anda untuk mengenal apa itu maskne dan bagaimana cara mengatasinya. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini. 

Maskne, Jerawat Akibat Memakai Masker

maskne
  • Save

Hidup di masa pandemi membuat kita sering kali mendengar istilah-istilah baru, salah satunya adalah istilah ‘maskne’. 

Maskne atau mask acne adalah istilah yang digunakan untuk masalah jerawat yang disebabkan oleh penggunaan masker. Ciri-ciri maskne adalah ketika muncul jerawat dalam waktu 6 minggu sejak mulai memakai masker secara rutin.

Menurut artikel ilmiah yang dipublikasikan dalam International Journal of Dermatology, kemungkinan maskne timbul karena gesekan antara bahan tekstil pada masker dan kulit. 

Peningkatan kelembaban dan suhu di area yang tertutup masker juga mempengaruhi timbulnya jerawat. Oleh sebab itu, jerawat akibat maskne biasanya muncul di area O-Zone wajah atau area sekitar bibir, dagu, dan rahang. 

  • Save

Munculnya jerawat di area tersebut tentu bisa mengganggu penampilan. Bahkan, orang yang menderita jerawat memiliki tingkat kecemasan yang lebih tinggi, harga diri yang rendah, dan depresi dibandingkan dengan individu tanpa jerawat.

Waktu berakhirnya pandemi masih belum bisa dipastikan, maka dari itu butuh tindakan mencegah dan mengatasi masalah ini. 

Tindakan tersebut dilakukan demi terciptanya kesehatan dan kenyamanan setiap individu dalam menggunakan masker, terutama bagi petugas kesehatan. Berikut adalah cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi maskne. 

Cara Mengatasi Maskne dengan Produk Kosmetik Perawatan

  • Save

Masalah yang terjadi pada kulit wajah tentu harus diatasi untuk tercapainya kesehatan dan kebersihan kulit. Nah, terdapat beberapa cara mengatasi maskne yang bisa dilakukan dengan menggunakan produk kosmetik perawatan, ini di antaranya:

Sabun Pencuci Wajah

  • Save

Mencuci kulit wajah merupakan langkah pertama yang dilakukan untuk mencapai kebersihan. Kulit yang bersih tentu akan terhindar dari beragam masalah, termasuk maskne. 

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memilih sabun pencuci wajah yang tepat. Pilihlah sabun pencuci wajah yang memiliki formula yang lembut (gentle cleanser). 

Pilih juga sabun pencuci wajah yang memiliki formula antibakteri untuk mencegah berkembangnya bakteri penyebab jerawat. Anda juga bisa memilih sabun pencuci wajah dengan kandungan bahan aktif alami seperti tea tree dan centella asiatica. 

Moisturizer

Pelembab atau moisturizer adalah salah satu komponen utama dari perawatan kulit sehari-hari. Pelembap biasanya digunakan untuk mengurangi garis-garis halus, menghaluskan, menghidrasi kulit, bahkan mengatasi masalah kulit seperti maskne. 

Bagaimana cara pelembap bekerja mengatasi masalah ini? Pelembab berperan penting dalam memelihara fungsi penghalang lapisan kulit (skin barrier) yang sehat. 

Lapisan penghalang kulit yang terawat dan sehat secara langsung akan mengurangi gangguan bakteri penyebab jerawat di permukaan kulit. 

Untuk menghindari masalah baru seperti tersumbatnya pori-pori, gunakan jenis pelembap yang berbentuk krim, gel, serum, atau mist. Hindari menggunakan moisturizer berbentuk ointment

Obat Topikal Jerawat

Obat topikal jerawat juga dikenal sebagai obat totol jerawat. Obat totol jerawat biasanya diklaim dapat mengempeskan dan mengatasi jerawat dalam waktu yang cepat. 

Bahan aktif yang umumnya terkandung di antaranya adalah benzoil peroksida, asam salisilat, belerang (sulfur), AHA, dan retinoid. Namun, bahan-bahan tersebut berisiko membuat kulit menjadi kering. 

Oleh sebab itu, lebih direkomendasikan menggunakan obat totol jerawat dengan bahan aktif natural yang bisa bekerja sebagai anti-inflamasi dan antioksidan. 

Sunscreen

  • Save

Sinar matahari memang bermanfaat untuk merangsang produksi vitamin D. Namun, sinar matahari UVA UVB juga bisa menjadi penyebab rusaknya skin barrier

Maka dari itu, penggunaan sunscreen bermanfaat untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang bisa merusak skin barrier

Walaupun menggunakan masker yang menutupi sebagian besar area wajah, Anda masih perlu menggunakan sunscreen karena sinar matahari dapat menembus masker. 

Nah, itu lah penjelasan mengenai maskne dan produk yang digunakan untuk mengatasinya. 

Ingin membuat produk yang bisa mengatasi masalah ini? Anda bisa membuatnya dengan bantuan jasa maklon kosmetik ADEV, yang telah berpengalaman selama lebih dari 16 tahun.  

Beragam produk kosmetik dan perawatan yang aman dan berkualitas dapat diproduksi di pabrik ADEV yang sudah memiliki pabrik kosmetik grade A berstandar CPKB BPOM. 

Tak perlu khawatir soal biaya maklon dan syarat maklon, karena segala prosesnya pasti memudahkan Anda. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, mulai bisnis kosmetik Anda bersama ADEV dengan klik tombol di bawah ini. 

0 Shares

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WeCreativez WhatsApp Support
Business Consultant
Halo, dengan Ira sebagai Business Consultant di sini. Ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top
Copy link
Powered by Social Snap