fbpx

Cara Memulai Bisnis Kosmetik dengan Branding Produk

0 Shares

Cara memulai bisnis kosmetik dengan branding produk dapat dimulai dengan memilih perusahaan maklon terbaik, mendaftarkan merek produk, dan melakukan promosi brand produk.

Skala bisnis besar maupun kecil seperti ritel memerlukan strategi branding efektif yang berdampak pada nilai kompetitif usaha di pasaran.

Bisnis kosmetik memiliki banyak pesaing di pasar tertentu. Produk kosmetik baru diluncurkan secara teratur dan perusahaan Anda harus melawannya. 

Maka dari itu, branding merupakan satu aspek penting dalam bisnis Anda. Karena strategi pemasaran menggunakan branding yang dibuat dengan bijak menjadi bagian penting dalam memulai bisnis kosmetik.

Tahukah Anda, apa itu branding? Bagaimana branding memberikan efek signifikan pada bisnis perusahaan? Yuk, simak ulasan lengkap tentang cara memulai bisnis kosmetik dengan branding produk berikut ini.

Apa itu Brand (Merk)?

Pengertian

Secara sederhana, brand (merek) adalah janji Anda kepada pelanggan. Brand menjadi tempat bergantungnya harapan pelanggan kepada Anda.

Brand menjadi pembeda (keunikan) tawaran bisnis Anda bila dibandingkan dengan pesaing. Brand diambil dari siapa, ingin menjadi apa dan apa yang orang pikirkan tentang Anda.

Apakah Anda inovatif di bidang industri sejenis? Apakah Anda berpengalaman dan handal? Apakah produk/jasa yang Anda tawarkan high-cost dan berkualitas tinggi atau low-cost dan berkualitas tinggi?

Keunikan

Brand layaknya sudut pandang orang lain terhadap Anda. Anda tidak dapat mengambil semua keunikan dan bisa semua untuk semua orang. Siapapun anda, sebaiknya brand berangkat dari kebutuhan pelanggan dan keinginan mereka.

Dasar utama brand adalah logo. Website, kemasan, media promosi dan aspek terkait harus terintegrasi dengan logo. Logo membantu untuk mengkomunikasikan brand Anda.

Strategi Branding dan Ekuitas Merek

Bagaimana strategi branding? Strategi branding meliputi apa, bagaimana, dimana, kapan dan kepada siapa Anda merencanakan komunikasi dan mengirimkan pesan brand.

Tempat dimana Anda memasang iklan merupakan bagian dari strategi branding. Saluran distribusi pemasaran Anda juga bagian dari strategi branding. Termasuk didalamnya adalah apa yang Anda komunikasikan secara visual dan verbal merupakan bagian strategi branding.

Branding memperkuat ekuitas merek

Strategi branding yang dijalankan secara konsisten akan memperkuat ekuitas merek (brand equity). Dampaknya adalah terjadi peningkatan nilai tambah pada produk atau layanan perusahaan Anda. Anda pun bisa menjual produk kosmetik brand sendiri dengan harga lebih tinggi dibandingkan produk yang sejenis tapi tanpa merek.

Strategi Coca Cola

Contoh paling nyata dari strategi branding yang berhasil adalah minuman Coke vs soda generik. Karena Coca Cola telah membangun ekuitas merek yang kuat, maka dia bisa menjual produknya dengan harga lebih tinggi dan pelanggan pun mau membayarnya.

Strategi Nike

Nilai tambah intrinsik pada ekuitas merek seringkali muncul dalam bentuk persepsi kualitas atau ikatan emosional. Contohnya, Nike mengasosiasikan produknya dengan atlet terkenal. Nike berharap pelanggannya akan memindahkan ikatan emosinya dari atlet ke produk. 

Bagi Nike, strategi branding tersebut bukan hanya fitur sepatu yang mampu meningkatkan nilai jual sepatu.

Sebelum memulai bisnis kosmetik, Anda perlu terlebih dahulu mendefinisikan brand. Berikut ini tahapan mendefinisikan brand.

Cara Mendefinisikan Brand

Mendefinisikan brand bisa dikatakan sebagai perjalanan untuk menemukan kembali bisnis yang telah dijalankan. Hal ini bisa sangat sulit, menghabiskan waktu dan sangat tidak nyaman. Berikut ini ada beberapa pertanyaan yang bisa dijawab untuk menemukan brand yang cocok dengan usaha Anda.

  1. Apa misi perusahaan Anda?
  2. Apa manfaat atau fitur dari produk dan layanan Anda?
  3. Apa yang pelanggan dan calon pelanggan pikirkan tentang perusahaan Anda?
  4. Tingkatan kualitas seperti apa yang diharapkan dari customer terhadap perusahaan Anda?

Lakukan penelitian: Pelajari kebutuhan, kebiasaan/perilaku dan keinginan dari pelanggan dan calon pelanggan. Jangan mengandalkan apa yang Anda pikirkan tentang pikiran mereka. Cari tahu apa yang mereka pikirkan.

Tips Branding

  • Ciptakan logo dan sebarkan
  • Tuliskan pesan dari brand Anda. Apa pesan kunci yang ingin Anda sampaikan melalui brand? Setiap pekerja harus aware dengan atribut merek Anda
  • Integrasikan brand. Branding meliputi seluruh aspek bisnis Anda. Misalnya saja bagaimana menjawab telepon, apa yang dikenakan oleh tim sales Anda, email signature, dll
  • Buat tagline. Tulislah tagline yang mudah diingat, bermakna dan pernyataan ringkas yang mengandung esensi brand Anda.
  • Rancanglah template dan standar brand untuk keperluan pemasaran (marketing). Gunakan skema warna, penempatan logo, dan penampilan yang sama.
  • Jujurlah dengan brand Anda. Pelanggan tidak akan kembali atau mereferensikan brand Anda bila tidak memenuhi apa yang dijanjikan dalam brand.
  • Konsisten

Branding Produk Kosmetik

Anda pun dapat melakukan branding produk kosmetik sehingga menjadi yang terbaik dan terlaris di pasaran. Anda perlu benchmarking dengan brand kosmetik luar negeri. Pasalnya, konsumen di Indonesia sering menjadikan artis luar negeri sebagai trend. 

Ketika Anda jeli melihat produk kosmetik paling bagus di dunia internasional dan mem-branding dengan merek sendiri, maka produk tersebut bisa booming di Indonesia.

Bila Anda adalah seorang pengusaha yang memiliki jaringan pemasaran luas, maka branding produk kosmetik bisa jadi peluang usaha yang cocok untuk dikembangkan. Umumnya, mereka adalah perusahaan MLM atau internet marketer tunggal, pemilik klinik kecantikan, spa dan hotel

Ada beragam produk kecantikan yang bisa di-branding. Misalnya saja krim pemutih, body lotion, dan masker. Anda perlu riset lebih jauh dengan Google Trend untuk melihat data historis dan forecast kedepannya.

Tips Membeli Jasa Maklon Kosmetik untuk Branding

Jasa Maklon kosmetik merupakan jasa pembuatan produk kecantikan (kosmetik), baik dalam bentuk sediaan cream (krim), lotion, masker, shampoo, serum, dan parfum. Anda perlu memilih perusahaan jasa maklon kosmetik terbaik dan terpercaya.

Saat ini, ada beberapa pabrik kosmetik dan skincare di Bogor, Jakarta, Surabaya dan Bandung. Anda perlu memperhitungkan berapa biaya maklon kosmetik dan harga jual produk sehingga mendapat keuntungan maksimal.

Cek Produk Terdaftar BPOM

Banyak merek produk kosmetik beredar di pasaran. Bahkan, trend penjualannya terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Pasalnya, kosmetik tidak hanya diminati oleh wanita dewasa saja tetapi juga wanita remaja dan pria.

Salah satu produk yang banyak digunakan oleh konsumen adalah pemutih kulit. Oleh karena itu, berbagai merek produk pemutih kulit dengan beragam harga dapat anda jumpai di pasaran. Misalnya saja cream wajah, lotion, maupun minuman suplemen kecantikan.

Konsumen lebih memilih kosmetik yang aman dan terpercaya. Cirinya adalah produk tersebut terdaftar di Badan POM. 

Bila Anda ingin mencoba peluang usaha untuk menjual kosmetik merek sendiri, maka pastikan produk tersebut terdaftar di Badan POM. Anda bisa menghubungi perusahaan maklon kosmetik seperti ADEV yang bisa Anda membantu pendaftaran produk ke BPOM.

Perusahan kosmetik legal dan terpercaya

Cara Memulai Bisnis Kosmetik dengan Branding Produk
  • Save

Wajah dan kulit adalah bagian terpenting tubuh yang bersentuhan dengan kosmetik. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk bermitra dengan perusahaan maklon kosmetik yang legal dan terpercaya, seperti ADEV.

Penyedia jasa produksi skincare di Bogor tersebut, telah berpengalaman dalam membuat aneka jenis produk kecantikan. Misalnya saja sabun, lip care, lip balm, shampoo, cream, lotion, masker, serum, dan produk lainnya.

ADEV juga merupakan perusahaan maklon kosmetik yang sudah jelas legalitasnya. Terbukti dengan banyak produknya yang terdaftar di BPOM. Anda dapat mengunjungi kantor pemasaran ADEV di:

Ruko Taman Yasmin Sektor VI no 132, RT.04/RW.09, Curugmekar, 

Kec. Bogor Barat, Kota Bogor, Jawa Barat 16113

Sesuaikan dengan budget Anda

pemutih wajah murah
  • Save

Setiap perusahaan maklon di Indonesia menjual jasanya dengan harga yang berbeda-beda. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan kalkulasi biaya maklon sehingga usaha tetap untung.

ADEV sebagai penyedia jasa pembuatan produk kosmetik, mempunyai harapan untuk membantu UMKM tumbuh dan berkembang. Maka dari itu, Anda tidak perlu risau dengan biaya maklon. Silakan konsultasikan budget dan kebutuhan Anda dengan tim Business Consultant ADEV. 

Keuntungan Private Label Kosmetik

Para pengusaha kosmetik yang memasarkan produk dengan merek sendiri diuntungkan dengan peningkatan permintaan produk ini. Tidak hanya menguasai pasar kosmetik, para pebisnis tersebut memperoleh keuntungan lain.

Nah, untuk memiliki produk kosmetik dengan merek sendiri Anda perlu bekerjasama dengan perusahaan maklon yang terbaik. Berikut ini beberapa kelebihan dan keuntungan menggunakan private label kosmetik:

  • Bebas untuk menentukan harga jual produk, memilih sistem pemasaran dan menentukan tingkat keuntungan ingin diambil.
  • Memiliki kebebasan untuk menentukan siapa distributor produk dan berapa jumlah yang perlu mereka pasarkan
  • Memiliki kebebasan untuk mencari konsumen sebanyak mungkin
  • Merasakan kepuasan tersendiri karena telah memiliki merek produk yang mampu bersaing di pasaran

Untuk memulai bisnis kosmetik dengan menjual produk merek sendiri, maka gunakan jasa maklon yang terpercaya.

Rekomendasi Pabrik Maklon Kosmetik

Ketika produk yang dijual booming, maka Anda perlu stok produk yang cukup. Untuk itu, kerjasama dengan perusahaan maklon kosmetik mutlak diperlukan. Salah satu rekomendasi terbaik kami adalah ADEV.

Spesialisasi produksi

Sebenarnya, jasa maklon kosmetik ini merupakan bentuk kerjasama yang saling menguntungkan antara produsen dan pemasar. Masing-masing pihak bisa fokus pada spesialisasinya.

Produsen fokus di produksi, sedangkan pemilik merek bisa fokus memasarkan produk. Jangan sampai melewatkan kesempatan ini atau didahului oleh pesaing Anda.

Banyak manfaat maklon

Dengan menggunakan jasa maklon Anda bisa mendapatkan keuntungan lain. Diantaranya adalah:

  • Hemat modal dan biaya investasi (peralatan, tenaga kerja dan investasi peralatan pabrik)
  • Jaminan kualitas produk karena proses produksi terstandarisasi BPOM
  • Mendapatkan produk siap jual karena pengemasan (pengepakkan) dilakukan produsen
  • Dapat menekan biaya produksi
  • Mempercepat waktu produksi
  • Memudahkan perizinan produk kosmetik

Jadi, jika Anda berencana membuat kosmetik dengan merek sendiri, yuk, bekerjasama dengan ADEV, penyedia jasa maklon kosmetik dan skincare terbaik dan terpercaya. 

Hubungi tim Business Consultant ADEV untuk mendapatkan informasi biaya dan harga maklon kosmetik terbaru. Anda bisa memesan jenis kosmetik yang diinginkan dengan MOQ yang rendah, yaitu sebanyak 1000 pcs.

Semoga artikel tentang cara memulai bisnis kosmetik dengan branding ini bermanfaat untuk Anda.

Last Updated on 27 January 2021 by Desya Nur Fitriyani

0 Shares

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Copy link