whatsapp-adev
< Seluruh Topik
Navigasi:
Cetak

Tips Mendapatkan Harga Maklon Kosmetik Yang Terbaik

Berikut adalah penjelasan komprehensif tentang tips untuk mendapatkan harga maklon kosmetik yang terbaik:

Bandingkan harga dari minimal 5-10 perusahaan maklon kosmetik

Bandingkan harga dari setidaknya 5 perusahaan maklon kosmetik yang terdekat dengan lokasinya dengan anda. Salah satu perusahaan maklon yang bisa dicoba adalah PT Adev Natural Indonesia.

Selain harga, perhatikan juga hal-hal seperti daftar bahan dan peralatan yang dimiliki. Pastikan bahan-bahan yang digunakan aman, terstandar, dan berkualitas baik. Cek juga apakah mesin dan peralatan sudah modern dan food grade. Ini akan mempengaruhi kualitas produk akhir.

Lihat pula metode dan teknologi produksi yang mereka gunakan. Umumnya perusahaan maklon terkemuka sudah menggunakan teknologi mutakhir untuk memastikan konsistensi produk, sehingga lebih baik dari produsen maklon biasa.

Perhatikan pilihan desain kemasan yang ditawarkan. Pilih yang paling sesuai dengan konsep produk anda. Mintalah juga portofolio desain kemasan mereka untuk acuan. Usahakan tidak sama dengan produk-produk lain agar lebih orisinil.

Sebelum ke fasilitas, cek terlebih dulu apakah sudah sertifikasi CPKB BPOM, ISO 9001, GMP, dan lain sebagainya. Ini akan memastikan proses produksi mereka berstandar tinggi.

Pastikan ada garansi kualitas, misalnya dengan memberikan jaminan uang kembali jika produk gagal dalam uji stabilitas atau daya tahan lainnya. Atau kalau bersedia mengganti produk jika cacat produksi.

Pilihlah jasa maklon yang paling sesuai dengan anggaran dan kebutuhan produk anda. Jangan mau tergiur harga murah jika fasilitas dan layanan belum tentu baik. Begitu pula sebaliknya, jangan mau harga mahal sebelum pastikan anda butuh semua fitur dan layanan yang ditawarkan.

Tentukan detail kebutuhan produk Anda dengan jelas sebelum request penawaran harga

Agar bisa mendapatkan penawaran harga maklon yang akurat, Anda perlu menentukan detail kebutuhan produk dengan sejelas-jelasnya sebelum meminta penawaran biaya kepada perusahaan maklon. Beberapa hal yang harus ditentukan adalah:

  1. Jenis dan formulasi produk kosmetik yang akan diproduksi. Misalnya sabun wajah, gel pelembab kulit, masker wajah, serum kecantikan, dan sebagainya. Tentukan juga bahan-bahan apa saja yang akan digunakan beserta konsentrasinya jika perlu.
  2. Teknik produksi yang diinginkan seperti metode pencampuran bahan secara manual atau dengan mesin. Proses pemanasan atau tidak. Teknologi untuk menjaga konsistensi pengadukan agar homogen dan lain-lain.
  3. Desain, bahan, dan kualitas kemasan yang diinginkan. Apakah plastik, karton, kaca dan sebagainya. Informasikan juga jika ada permintaan khusus terkait desain kemasan.
  4. Volume atau kapasitas produksi yang diharapkan dalam satu batch produksi. Misal 1000 unit per batch atau 10.000 unit per batch.
  5. Informasikan juga mengenai rencana peluncuran produk seperti kapan produk diharapkan siap dipasarkan.

Semakin lengkap dan terperinci informasi yang Anda sampaikan maka penawaran harga yang diberikan pun akan semakin akurat. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan biaya maklon kosmetik yang paling kompetitif dan sesuai dengan detail kebutuhan produk Anda.

Lakukan negosiasi harga maklon kosmetik secara berkesinambungan

Negosiasi harga maklon kosmetik bisa dilakukan secara bertahap agar Anda mendapatkan harga terbaik. Berikut ini ada beberapa strategi yang bisa dilakukan:

  1. Tanyakan kemungkinan potongan harga untuk pemesanan dalam jumlah tertentu, misalkan minimal 1000 unit per batch atau lebih. Biasanya perusahaan maklon menawarkan potongan istimewa untuk pemesanan dalam kuantitas besar.
  2. Tanyakan juga opsi potongan harga jika Anda mau membeli bahan baku komponen melalui perusahaan maklon tersebut. Pilihan ini bisa membuat harga produksi jadi lebih ekonomis karena bahan baku yang didapat seringkali lebih murah dari supplier.
  3. Lakukan negosiasi pembayaran dengan termin bertahap, misal 50% DP lalu sisanya setelah pengiriman barang. Tanyakan apakah ada diskon khusus jika pembayaran tunai penuh dimuka. Hal ini bisa mengurangi modal awal dari pihak Anda.
  4. Setelah beberapa kali produksi, ajukan negosiasi kembali untuk batch berikutnya. Misalnya potongan harga khusus karena Anda sudah loyal menjadi pelanggan tetap. Atau, potongan karena jumlah order kali ini lebih banyak dari sebelumnya.
  5. Jangan ragu untuk terus melakukan negosiasi di setiap kesempatan. Selalu ada celah untuk mendapatkan penawaran dan harga lebih kompetitif lagi dari produsen maklon kosmetik.

Dengan negosiasi yang konsisten, Anda akan semakin hafal titik lemah sehingga menemukan peluang potongan biaya produksi terbaik dari perusahaan maklon kosmetik tersebut.

Pesan maklon kosmetik dalam batch besar untuk mendapatkan skala ekonomis

Salah satu cara ampuh untuk mendapatkan harga maklon kosmetik yang lebih murah adalah dengan memesannya dalam batch produksi yang besar, misalnya 5000 unit per batch.

Keuntungan memproduksi kosmetik secara massal dalam jumlah besar antara lain:

  1. Biasanya perusahaan maklon kosmetik akan memberikan potongan harga spesial untuk order besar dan produksi massal. Ini karena semakin besar batch maka efisiensi mereka juga meningkat.
  2. Dengan batch besar, biaya produksi per unitnya bisa menjadi lebih murah hingga 20-40% dibanding batch kecil. Anda akan mendapatkan skala ekonomis.
  3. Selain itu, ada potongan tambahan untuk pembelian bahan baku dalam jumlah banyak. Semakin besar modal yang diinvestasikan, semakin besar diskon yang didapatkan.

Namun perlu diperhatikan, batch besar berarti persediaan produk kosmetik yang disimpan juga lebih banyak. Pastikan menyimpan produk dengan cara yang benar untuk menjaga kualitasnya, misal suhu konstan, cahaya rendah, kelembaban terjaga, sirkulasi udara baik, dan sebagainya agar produk awet hingga waktu pemasaran tiba.

Dengan batch besar, Anda bisa mendapatkan efficiency pengadaan bahan dan produksi, yang pada akhirnya mendapatkan harga maklon kosmetik per unitnya semakin murah.

Manfaatkan promo dan diskon saat low season pabrik maklon

Salah satu waktu terbaik untuk mendapatkan penawaran spesial dan harga maklon kosmetik yang lebih murah adalah dengan memanfaatkan masa low season atau sepi order yang biasanya terjadi beberapa kali dalam setahun.

Beberapa waktu yang sering menjadi low season bagi pabrik maklon kosmetik antara lain:

  1. Awal tahun, yaitu Januari hingga Maret. Banyak calon klien yang masih menyusun target dan rencana bisnis sehingga order produk kosmetik cenderung menurun.
  2. Masa menjelang Ramadhan dan setelah lebaran, yaitu 2 bulan sebelum dan sesudah lebaran. Banyak aktivitas produksi yang dikurangi untuk persiapan hari raya.
  3. Akhir tahun yaitu Oktober hingga Desember juga terkadang sepi karena banyak perusahaan fokus mengejar target tahunan.

Nah, biasanya untuk menarik klien di masa-masa low season tersebut, kebanyakan pabrik maklon kosmetik akan menawarkan:

  • Diskon harga maklon hingga 10%
  • Promo biaya desain kemasan gratis
  • Merchandise cantik sebagai bonus
  • Dan masih banyak penawaran spesial lainnya

Jadi, jika Anda sedang merintis usaha kosmetik, jangan lewatkan momen low season ini untuk produksi perdana dengan biaya yang lebih hemat.

Dengan menerapkan tips di atas, Anda dapat memaksimalkan efisiensi dan mendapatkan penawaran serta negosiasi harga maklon kosmetik yang terbaik.

Tinggalkan komentar


Daftar Isi
Index