whatsapp-adev
< Seluruh Topik
Navigasi:
Cetak

Modal Maklon Kosmetik & Skincare

Memulai bisnis kosmetik atau skincare lewat sistem maklon (makloon) memang solusi mudah dan menarik bagi Anda yang ingin punya brand sendiri tanpa repot membangun pabrik.

Namun, Anda sebagai calon pembeli jasa produksi perlu mengetahui bahwa investasi modal maklon kosmetik dan skincare bukanlah nominal kecil.

Sebelum melangkah lebih jauh, pastikan Anda memahami berbagai komponen biaya maklon beserta besarannya agar perencanaan bisnis dan produk Anda matang dan siap dijalankan.

Simak informasi selengkapnya tentang modal maklon kosmetik & skincare berikut ini.

Pengertian Modal Maklon Kosmetik & Skincare

modal maklon kosmetik

Modal maklon kosmetik adalah sejumlah dana atau sumber daya finansial yang harus disiapkan dan dikeluarkan oleh calon pembeli jasa produksi (maklon) kosmetik kepada perusahaan maklon agar produk kosmetiknya dapat diproduksi dengan jumlah tertentu.

Modal maklon kosmetik dari sisi calon pembeli jasa meliputi biaya pembelian bahan baku yang diperlukan, biaya formulasi produk, biaya desain kemasan, biaya produksi per unit, dan biaya-biaya tambahan lainnya sesuai kesepakatan dengan perusahaan maklon. Semua biaya tersebut ditotal dan dibayarkan kepada perusahaan maklon agar proses produksi kosmetik dapat dilakukan.

Calon pembeli jasa maklon perlu menganggarkan modal ini dengan akurat sesuai estimasi dan kebutuhannya agar produk kosmetik yang dipesan dapat terproduksi dengan lancar hingga siap untuk dipasarkan ke konsumen. Modal maklon kosmetik dari sisi calon buyer inilah yang nantinya berpotensi menghasilkan keuntungan setelah produk kosmetik terjual.

Komponen Modal Maklon Kosmetik & Skincare

Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan produksi kosmetik dan skincare melalui sistem maklon (makloon), tentunya modal menjadi salah satu hal penting yang perlu dipersiapkan dengan matang.

Biaya maklon menjadi komponen modal yang perlu anda hitungan dalam anggaran bisnis anda. Beberapa biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan maklon diantaranya adalah biaya pembelian bahan baku dan bahan tambahan, biaya kemasan, biaya tenaga kerja, biaya trial and error untuk formulasi produk, biaya produksi, biaya pengurusan izin dan biaya lainnya.

Yuk baca penjelasan kami tentang aneka jenis biaya maklon kosmetik & skincare yang ada di Adev.

Beberapa komponen modal maklon di ataslah yang menjadi beban pengeluaran Anda sebagai calon pembeli jasa maklon. Jumlahnya tidak sedikit, namun hal ini wajar dalam bisnis kosmetik agar produk Anda dapat diproduksi dan beredar secara legal.

Dengan menyediakan modal maklon kosmetik & skincare secara akurat, Anda dapat melakukan produksi melalui sistem maklon dengan lancar hingga produk siap dipasarkan ke konsumen.

Step By Step Cara Menghitung Modal Maklon Kosmetik & Skincare

1. Menentukan jenis produk

Customer menentukan kategori kosmetik/skincare apa yang akan diproduksi, misalnya serum wajah Vitamin C.

Beberapa hal yang menentukan besarnya modal di tahap ini adalah formula, ukuran/isi bersih tiap unit produknya (misal 30ml, 50ml, atau 100ml), dan tingkat kesulitan produksinya.

2. Menyepakati MOQ dan harga jual 

Customer dan perusahaan maklon menyepakati Minimum Order Quantity (MOQ) yang harus dipesan, misalnya 1.000 botol serum untuk pemesanan pertama. Lalu menyepakati harga jual per unitnya ke customer, misal Rp 30.000/botol.

3. Kalikan dengan harga dengan MOQ

Selanjutnya, kalikan jumlah MOQ tersebut dengan harga per satuan masing-masing item. Sehingga didapat total modal maklon sementara.

4. Tambahkan dengan komponen biaya di atas

Maka itulah perkiraan total modal maklon kosmetik atau skincare Anda. Pastikan anggaran modal tersedia sebelum memesan produksi ke maklon.

Contoh Simulasi Perhitungan Modal Maklon Kosmetik & Skincare

Asumsi:

  • Pesanan 1.000 botol toner wajah sebagai produk pertama
  • Isi bersih tiap botol 100ml
  • Disepakati harga produk jadi Rp40.000/botol
  • Minimal order 1.000 botol (MOQ)

Perhitungan modal maklon:

  1. Biaya formula = Rp2.500.000 Untuk pembuatan formula toner wajah khusus dengan bantuan ahli kosmetik.
  2. Bahan baku
  • Air, gliserin, bahan aktif: Rp15.000.000 (untuk 1.000 botol)
  • Botol plastik + tutup: Rp10.000.000 (1.000 pcs @Rp10.000)
  • Label: Rp3.500.000 (1.000 pcs @ Rp3.500)
  1. Biaya produksi: Rp20.000.000 (1.000 botol x Rp20.000 biaya produksi per unit)
  2. Uji laboratorium: Rp8.000.000
  3. Biaya desain kemasan: Rp5.000.000

Total modal = Rp2.500.000 + Rp15.000.000 + Rp10.000.000 + Rp3.500.000 + Rp20.000.000 + Rp8.000.000 + Rp5.000.000 = Rp64.000.000

Dengan modal Rp64.000.000, calon pembeli dapat memesan pembuatan 1.000 botol toner wajah 100ml dengan nilai pesanan 1.000 botol x Rp40.000 = Rp40.000.000.

FAQ seputar modal maklon kosmetik dan skincare

Berapa sebenarnya kisaran modal awal yang harus saya siapkan untuk maklon kosmetik & skincare?

Kisaran modal awal untuk maklon kosmetik dan skincare biasanya dimulai dari Rp 50 jutaan sampai ratusan juta rupiah tergantung dari skala produksi yang diinginkan serta jenis produknya. Semakin tinggi quantity produk yang dipesan, maka semakin besar pula modal yang diperlukan.

Apa saja faktor yang mempengaruhi besarnya modal maklon kosmetik & skincare?

Beberapa faktor utama yang mempengaruhi total modal maklon di antaranya jenis sediaan (toner, serum, sunscreen dll), quantity produksi, biaya formula, harga bahan baku, biaya kemasan, biaya produksi per unit, serta biaya sertifikasi dan promosi produk.

Berapa biaya jasa maklon kosmetik & skincare yang biasanya harus dikeluarkan pemaklon?

Beberapa biaya jasa maklon kosmetik dan skincare yang umum dikenakan ke calon pembeli jasa antara lain:
– Biaya produksi per unitnya (maklon fee)
– Biaya pengadaan bahan baku
– Biaya quality control
– Biaya formula awal produk
– Biaya desain kemasan
– Biaya uji lab sebelum produksi massal
– Biaya perijinan BPOM, Halal, MD, PIRT
Besar biaya maklon tersebut tentu bervariasi tergantung jenis produk, kuantitas produksi, serta kesepakatan dengan vendor makloon-nya. Namun sebagai gambaran perkiraan biaya maklon kosmetik biasanya mulai dari Rp 20.000 per unitnya. Semakin besar pesanannya, biasanya makin murah biaya maklon per unitnya.

Mengapa modal maklon setiap jenis produk kosmetik & skincare bisa berbeda-beda?

Modal maklon untuk setiap item produk kosmetik dan skincare memang berbeda-beda dikarenakan beberapa hal berikut ini:
1. Perbedaan komposisi bahan aktif dalam formulasi. Produk yang mengandung bahan aktif tertentu seperti vitamin C, retinol, atau hyaluronic acid tentu memerlukan bahan baku yang lebih mahal.
2. Tingkat kesulitan produksi. Produk tertentu seperti serum membutuhkan teknologi dan proses yang lebih rumit untuk mempertahankan stabilitasnya dibanding dengan produk sederhana seperti sabun.
3. Perbedaan biaya kemasan. Jenis kemasan seperti tube plastik, pipette glass, atau tube aluminum tentu dikenai biaya yang berbeda dibanding dengan kemasan plastik biasa.
4. Biaya formulasi awal. Beberapa produk yang membutuhkan bantuan ahli kimia kosmetik dalam formulasi awalnya juga akan mengenakan biaya yang lebih mahal.
Oleh karena itu, calon buyer maklon harus memperhitungkan perbedaan spesifikasi pada setiap item produk ketika menghitung besaran modal yang disiapkan.

Mengapa order maklon pertama produk kosmetik atau skincare memerlukan modal paling besar?

Beberapa alasan utamanya adalah:
– Biaya produksi per unit. Pada pemesanan perdana dengan qty terbatas, biasanya maklon mengenakan biaya produksi per unit (maklon fee) yang lebih mahal. Biaya bisa turun untuk order berikutnya jika qty bertambah.
– Minimum order quantity (MOQ). Pembeli jasa maklon biasanya diwajibkan memesan dengan qty minimum di awal (misal 1.000 unit) sehingga pengeluaran modalnya besar.
– Formula dan sampling produk. Pembeli jasa maklon perlu menyiapkan biaya untuk pengadaan formula serta pembuatan sampel awal dari produk kosmetik atau skincare yang dipesan.
– Promosi dan penjualan produk. Di awal peluncuran produk baru, pengeluaran untuk promosi dan penjualan produk biasanya tinggi agar brand cepat dikenal konsumen.
Jadi, modal order pertama maklon kosmetik dan skincare akan jauh lebih besar ketimbang order selanjutnya karena faktor-faktor di atas.

Penutup

Begitulah penjabaran lengkap mengenai komponen-komponen modal maklon yang harus Anda siapkan sebagai calon pembeli jasa produksi kosmetik dan skincare. Setiap item produk tentu memiliki perhitungan modal sendiri-sendiri.

Pastikan anggaran modal maklon Anda terpenuhi sebelum pemesanan agar proses produksinya berjalan lancar. Semoga informasi ini bisa jadi panduan berguna sebelum memulai usaha kosmetik atau skincare melalui sistem maklon!

5/5 - (2 votes)

Tinggalkan komentar


Daftar Isi
Index