fbpx

Manfaat Sabun

Secara umum, manfaat sabun adalah membersihkan tubuh atau bagian tubuh dari kotoran. Untuk kepentingan pemasaran produk, anda bisa menambahkan bahan aktif ke dalam kandungan sabun.

Dengan demikian, sabun akan memiliki ciri khas dan berbeda dengan sabun yang telah ada di pasaran.

Sebenarnya, berangkat dari manfaat sabun itulah muncul aneka macam sabun saat ini.

Manfaat Sabun

manfaat sabun

Sebagai bahan kerajinan

Cek juga cara membuat kerajinan dari sabun berbentuk ikan dan bunga. Bentuk tersebut dapat anda modifikasi hiasan menjadi bentuk boneka atau cupcake. Cocok untuk prakarya siswa yang kreatif.

Untuk menutrisi kulit (nourishing)

Sabun herbal mengandung kebaikan bahan alami sehingga bergizi untuk kulit. Bahan herbal memiliki khasiat yang membuat kulit nyaman, menyembuhkan dan menghilangkan stres.

Sebagai Terapeutik

Karakteristik/sifat herbal dari tanaman yang terkandung dalam sabun dapat menetralisir tensi darah. Selain itu juga berkhasiat untuk menimbulkan efek segar pada pikiran badan dan jiwa.

Sebagai zat aromatik

Sabun herbal memiliki aroma yang unik. Sifat aromatik ini berbeda dengan pewarna dan pewangi (fragrance) buatan. Umumnya sabun dari proses kimia dibuat dari lemak hewan dan sedikit mengandung minyak atsiri (essential oil). Minyak esensial yang diekstrak dari tumbuhan mampu memberikan aroma yang alami dan menyenangkan (wangi).

Untuk menyembuhkan Penyakit Kulit

Anda yang memiliki jenis kulit sensitif atau kulit mengalami penyakit psoriasis atau eksim dapat dibantu penyembuhannya dengan sabun herbal (natural handmade soap). Sabun gliserin adalah jenis sabun yang cocok untuk kulit yang sensitif dan halus.

Saat anda membuat sabun alami herbal maka pastikan kandungan (komposisi) gliserinnya tinggi. Gliserin mampu mempertahankan kulit tetap sehat dan lembut dengan cara mengabsorp air di udara.

Manfaat sabun madu

Sabun madu propolis HPAI mendapat review dan testimoni positif dari customer. Efek samping dan manfaat sabun madu akan lebih maksimal jika cara memakai sabun tersebut benar. Cek harga sabun madu sebelum anda beli online ataupun offline.

Yuk, baca ulasan Adev berikut ini.

Sabun madu transparan adalah jenis sabun yang diperkaya dengan kandungan madu cukup tinggi. Madu sendiri merupakan bahan alami hasil sekresi lebah yang memiliki banyak manfaat. Madu kaya akan gula dari golongan fruktosa. Beberapa orang menyebut fruktosa sebagai gula madu (38.2%).

Lihat tabel kandungan madu berikut.

Komponen madu
Kadar
Fruktosa
38.20%
Glukosa
31.30%
Maltosa
7.10%
Sukrosa
1.30%
Air
17.20%
Gula paling tinggi
1.50%
Abu (analisis kimia)
0.20%
Lain-lain
3.20%

Sumber: Wikipedia

Untuk melembabkan kulit

Salah satu karakteristik madu adalah sifatnya higroskopis (mudah menyerap “uap” air) seperti halnya kristal gula yang mudah mencair. Jadi sangat wajar kalau jenis sabun ini bisa melembabkan kulit.

Higroskopi sendiri dimaknai sebagai proses penangkapan air oleh suatu bahan di udara.

Contoh sederhana dan paling mudah memahami proses higroskopi adalah ketika kita menyimpan gula di udara terbuka maka akan terlihat basah atau meleleh. Melelehnya gula tersebut terjadi karena zat gula menangkap air yang ada di udara.

sabun madu transparan

Contoh produk abun madu transparan

Untuk mengobati jerawat

Madu mengandung zat antioksidan dan antimikroba. Zat antimikroba mampu membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat.

Dalam formula sabun madu, tidak hanya madu saja sebagai bahan sabun. Ada bahan lain yang digunakan dalam pembuatan sabun honey. Bahan tersebut diantaranya adalah propylene glycol, succrosa, thriethanol amina dan bahan-bahan lain untuk memaksimlakan manfaat produk.

Sabun Transparan Madu juga disebut sebagai glyserin soap. Selain madu, bahan yang digunakan adalah glyserin. Glyserin adalah jenis pelarut yang melembabkan. Produk ini merupakan turunan dari minyak sawit.

Manfaat Sabun Madu Propolis Kolagen HPAI

Untuk mengencangkan kulit

Selain sebagai pelembab, sabun madu juga diperkaya dengan kolagen. Adanya kolagen dalam sabun muka akan membantu wajah nampak kenyal, kencang dan tidak kaku seperti pakai topeng.

Sabun madu membuat kulit lebih elastis, berisi dan lebih muda.

Kalo untuk jualan, kamu bisa positioning sabun madu sebagai sabun cuci muka yang lembut.

Penggunaan sabun badan untuk sabun wajah bisa menimbulkan masalah kulit pada sebagian orang. Komposisi bahan sabun yang tidak cocok, terutama untuk kulit sensitif, bisa memicu masalah kulit seperti gatal dan iritasi. Untuk mengobati masalah kulit maka perlu konsultasi ke dokter kecantikan. Tak jarang, sebagian dokter juga menyarankan sabun tertentu yang harganya mahal. Untuk itu, penting memperhatikan kesesuaian sabun dengan jenis kulit tertentu.

4.9/5 - (33 votes)

8 komentar untuk “Manfaat Sabun”

    1. Yth Nabil Annisa,
      Untuk skala rumah tangga anda dapat menggunakan kompor (gambar 4). Usahakan panas yang dihasilkan stabil sehingga suhu reaksi yang diinginkan dapat dicapai.
      Selamat bereksperimen membuat sabun
      Terima Kasih

    1. Dear Mita
      Bisa langsung digunakan, tidak perlu menunggu lama, asalkan selama proses pembuatannya sabun yang dibuat dengan formulasi ekses fat sehingga tidak ada kelebihan alkali yang dapat mengiritasi kulit.
      Terimakasih

  1. Salam kenal kak, bisakah/bolehkah saya mengajukan penawaran produk kami, madu murni kepada PT ADEV Natural Indonesia, barangkali ada kebutuhan bahan baku madu murni di PT ADEV yang bisa kami bantu supply nya? Mohon respon postifnya ke email. Terimakasih.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mau bisnis kosmetik merek sendiri?

WeCreativez WhatsApp Support
Business Consultant
Halo, dengan Damai sebagai Business Consultant di sini. Ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top