fbpx

Sabun Beras: Pengertian, Manfaat & Review Pengalaman Pakai

Sabun beras Indonesia Jepang dan Thailand (Thai) itu sama atau beda manfaat dan efek sampingnya? Anda perlu baca review dan testimoni dari orang yang pengalaman pakai sabun beras untuk jerawat sehingga tau aman atau berbahaya jika digunakan di wajah.

Yuk baca ulasan Adev berikut ini.

Apa itu Sabun Beras?

Sabun Beras Review Manfaat & Efek Samping Pengalaman Pakai Sabun Beras

Sabun beras adalah jenis sabun yang dibuat dari bahan susu beras (tajin, air cucian beras, rice milk). Tajin sendiri memiliki sejarah panjang di Indonesia.

Menurut stylepresso.com, definisi (pengertian) sabun beras adalah sabun tradisional Thai (Thailand). Sabun susu beras dibuat secara tradisional. Jenis sabun kecantikan ini dibuat dari ekstrak ‘susu’ yang diambil dari beras jasmine. Di dalam sabun beras juga terkandung bahan alami lainnya sehingga baik digunakan untuk kulit. Wanita Thailand banyak bersyukur karena dengan sabun beras, kulit mereka menjadi halus dan bersih.

Selanjutnya kita bahas lebih jauh tentang susu beras.

Dilansir dari Wikipedia, di Indonesia tajin diberikan kepada bayi sebagai pengganti air susu pada keluarga miskin pada jaman dulu. Pada prakteknya kebiasaan meminumkan tajin kepada bayi dilakukan oleh semua kalangan di pelosok Nusantara.

Kandungan nutrisi air cucian beras (tajin)

Bahan pembuatan sabun beras

Kandungan gizi yang ada dalam air tajin diantaranya adalah enzim, mineral, antioksidan, Vitamin B dan Vitamin E. Selain itu ada komponen mikro (trace element) bernama selenium yang sangat bermanfaat untuk tubuh, khususnya bayi.

Beberapa komponen dalam tajin adalah glukosa, 2 macam poliglukosa, magnesium (Mg), kalsium (Ca) dan protein. Glukosa bermanfaat untuk mempermudah penyerapan elektrolit. Oleh karena itu, tajin baik digunakan untuk dehidrasi si kecil karena diare (mencret).

Komponen polimer poliglukosa mampu memadatkan feses sehingga si kecil tidak kehilangan cairan berlebih. Kandungan protein dalam air tajin cukup tinggi, berkisar di angka 7% hingga 10%.

Meskipun kandungan gizi susu beras jauh di bawah susu hewan, tetapi air tajin tetap dianggap baik untuk membantu mengatasi dehidrasi bayi ketika mengalami diare.

Profesor Djoko Said Damardjati, seorang pakar beras dan peneliti pengolahan hasil pertanian, mengatakan bahwa air cucian beras yang dimasak masih memiliki gizi dan vitamin yang bermanfaat buat tubuh.

Terlebih lagi, beras yang belum melalui proses sosoh (masih ada kulit arinya), kandungan gizinya jauh lebih tinggi.

Sabun susu beras

Merek sabun beras yang direview adalahSabun beras 3in1. Penjualnya menuliskan maksud dari 3 in 1 adalah sabun tersebut terbuat dari susu, madu dan mutiara. Sabun beras yang dijual merupakan pengembangan dari sebelumnya. Yang baru pada produk adalah mengandung whitening agent dan moisturizer dengan jumlah lebih banyak (2 kali lipat dibandingkan dengan formula sebelumnya.

Sabun Beras 3in1 sangat bagus untuk membersihkan kotoan (daki) ataupun bekas hitam:

  1. Bagian ketiak
  2. Bagian selangkangan
  3. Bagian siku & lutut

Manfaat Sabun Beras

Manfaat dan kelebihan sabun susu beras 3in1 Thailand by K.Brothers:

  1. Mengandung mutiara sehingga dobel whitening
  2. Madu membuat kulit terasa sangat halus dan tidak kering
  3. Produk kecantikan dari bahan alami
  4. Tidak mengandung bahan kimia
  5. Membersihkan dan mencerahkan kulit
  6. Menghilangkan bintik-bintik hitam
  7. Menghaluskan kulit
  8. Membuat kulit lembab berseri2
  9. Berfungsi untuk menjadikan kulit lebih halus, bebas kotoran, dan kenyal
  10. Menghilangkan bekas jerawat dan jerawat
  11. Berfungsi menanggalkan bekas make up pada wajah
  12. Berfungsi mencerahkan ketiak hitam, celah-celah paha dan lutut, serta siku hitam
  13. Aman untuk semua jenis kulit termasuk kulit kering dan kulit sensitif
  14. Dapat digunakan untuk kulit wajah dan tubuh
  15. Bisa untuk menghilangkan BB alias Bau Badan juga loh

Sebelumya perlu anda ketahui bahwa sabun susu beras ini dapat digunakan untuk wajah ataupun tubuh. Berikut ini beberapa manfaat dari penggunanan sabun beras :

  • Dapat menyamarkan flek hitam, bintik diwajah dan noda hitam bekas jerawat.
  • Dapat memutihkan kulit tubuh maupun wajah anda secara alami serta dapat membuat rona wajah anda menjadi rata dan tidak belang.
  • Dapat membuat kulit menjadi lembut serta menjaga kelembaban kulit.
  • Mampu mengikis kulit yang mati serta dapat membersihkan kotoran, kosmetik, dan minyak pada wajah hingga ke dalam pori-pori.
  • Mampu mengikis noda atau flek hitam pada ketiak, lipatan lutut, selangkangan, serta siku.
  • Dapat mencegah timbulnya jerawat.
  • Dapat menghilangkan bau badan tidak sedap, tubuh akan bau aroma wangi yang alami seperti aroma wangi manis pada beras.
  • Mampu merawat serta menjaga kondisi kulit hingga usia tua.
  • Namun secara umum sabun beras ini mampu menjaga kesehatan, kesegaran serta menjaga kelembaban kulit.

Cara Membuat Sabun Beras

manfaat sabun beras

Bahan-bahan yang diperlukan dalam membuat sabun beras

Sabun beras terbuat dari susu beras dengan tambahan bahan alami lain seperti minyak zaitun (olive oil) dan madu. Sabun susu beras didesain untuk menghaluskan kulit. Beras mengandung vitamin B3 yang mampu membantu pemutihan kulit secara alami.

Untuk menambahkan estetika dan wangi sabun, maka ke dalam formulanya ditambahkan bahan lain seperti pemutih dan minyak atsiri (essential oil, parfum). Karena berasal dari bahan alami, maka jenis sabun muka ini aman digunakan untuk semua jenis kulit.

Komposisi utama sabun beras adalah susu beras, madu, susu hewani (kambing atau sapi), minyak zaitun, bubuk mutiara minyak sawit, dan glyserin. Jika anda menggunakan bahan alami pilihan dalam membuat sabun, maka kinerja sabun dalam memutihkan dan menghaluskan kulit secara alami akan lebih maksimal. Berikut adalah contoh resep pembuatan sabun beras yang dilansir dari stylecraze.com:

  • Beras (Jasmine Rice)
  • Air
  • Minyak atsiri (pilih sesuai kesukaan). Contohnya avocado oil, sweet almond oil, coconut oil and olive oil
  • Bahan herbal seperti rosemary, thyme, lavender, marjoram atau tanaman herbal lainnya. Kami juga telah menulis artikel tentang sabun herbal.
  • Alkali (Lye, NaOH)

Langkah-langkah pembuatan sabun beras

Sabun beras dibuat melalui reaksi saponifikasi seperti halnya cara pembuatan sabun lainnya, seperti sabun susu kambing ataupun sabun transparan. Untuk memudahkan anda memahami cara pembuatan rice milk soap (sabun susu beras), maka silakan tonton video berikut ini.

Penjual sabun kecantikan, baik itu reseller ataupun agen, mencari produsen sabun yang menjual produknya dengan harga grosir. Pusat grosir kosmetik memang tempat termurah untuk membeli produk kecantikan, termasuk sabun beras. Tidak masalah sabun susu beras tersebut dibuat dari beras Thailand, Jepang, atau Indonesia (lokal) seperti Mutiara. Bagi pembeli: Selalu perhatikaan perbedaaan sabun beras asli dan palsu sehingga anda tidak tertipu.

Cara Memakai Sabun Beras

Cara Menggunakan Sabun

Sabun beras ini dapat digunakan seperti sabun-sabun pada umumya, tetapi gunakan dengan cara khusus supaya hasilnya akan cepat terlihat.

  • Pertama-tama gosokkan sabun susu beras pada bagian wajah maupun tubuh pada saat mandi.
  • Jika terdapat bagian permukaan kulit yang bermasalah seperti ada noda atau flek hitam, kulit belang, serta ada warna hitam pada lipatan tubuh maka gosok sabun pada area tersebut agal lama.
  • Setelah sabun beras digosok secara merata, kemudian biarkan hingga 2 sampai 3 menit supaya kandungan yang terdapat dalam sabun bisa meresap secara sempurna. Setelah itu bilas dengan menggunakan air hingga bersih.

Gunakan sabun beras ini secara teratur, dengan demikian anda akan dapat melihat perbedaan kulit anda dengan sebelumnya. Selain bisa membuat kulit tampak semakin putih, anda juga dapat merasakan kondisi kulit yang lebih sehat, lebih segar, lembab, lebih lembut serta dapat mengeluarkan aroma yang wangi alami seperti aroma kandungan beras.

Review Pengalaman Pakai Sabun Beras

Review sabun beras oleh Alak Entwurfs

Alak Entwurfs dari Malaysia menceritakan pengalaman dia pake sabun beras. Dia mendapatkan sabun tersebut karena bonus pembelian Biowhite Aura Hydrolyze. Di blognya dia menuturkan bahwa setelah menggunakan sabun sekian waktu, kulit muka dia terasa perih (pedih) seperti ditusuk-tusuk jarum. Di dahinya muncul bintik-bintik merah yang terasa perih.

Review sabun beras oleh ZxaatyZoti

Berbeda dengan Alak, ZxaatyZoti justru mendapatkan hasil positif setelah menggunakan sabun dari beras ini. Pada awalnya dia memotong sabun beras menjadi 4 bagian. Biar hemat kali ya. Setelah memakai selama 3 hari, dia merasakan perih (pedih) di mukanya. Dia pun googling dan mendapati info bahwa hal tersebut efek samping (side effect) pada kulit. Dia pun melanjutkan pemakaian sabun beras. Dia mendapati mukanya yang awalnya berminyak banget akhirnya menjadi lebih baik (tidak berminyak). Ada perbedaan sebelum dan pengunaan sabun beras.

Review sabun beras oleh KebeletCantik

Pengalaman kebeletcantik memakai sabun beras berbeda dengan 2 blogger sebelumnya. Dia merasa kulitnya wajahnya lebih cerah dan lembut banget sejak kali pertama pemakaian. Aromanya wanginya beras dan busanya banyak, begitu kata dia. Sabun susu beras juga bisa dipake buat mandi. Jadi sabun kecantikan ini cocok untuk menghilangkan bekas jerawat yang ada di punggung atau perut. Berikut ini adalah review positif dan negatif sabun beras dari kebeletcantik.

Review Positif

  • Murah
  • Awet dipakenya
  • Bisa untuk segala jenis kulit
  • Nggak bikin terlalu kering, nggak terlalu lembab juga

Review Negatif

  • Nggak ada di supermarket. Anda perlu belanja di toko Online
4.6/5 - (39 votes)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mau bisnis kosmetik merek sendiri?

WeCreativez WhatsApp Support
Business Consultant
Halo, dengan Damai sebagai Business Consultant di sini. Ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top