fbpx

Sabun Rumput Laut, Baik Untuk Mencegah Penuaan Dini

Sabun rumput laut memiliki manfaat yang baik untuk kulit wajah. Oleh karena itu, kini banyak pedagang online yang menjual sabun rumput laut. Beberapa merek sabun yang dijual adalah Ratnasari, Wahida dan Pelangi.

Sebagai produsen sabun, Adev pun menawarkan jasa maklon untuk anda yang ingin bisnis sabun dengan merek sendiri.

Apa itu Sabun Rumput Laut?

sabun rumput laut

Sabun rumput laut atau seaweed soap adalah jenis sabun yang dalam formulanya terkadung bahan rumput laut (karagenan, tepung rumput laut).

Pada proses pembuatan sabun, karagenan dari rumput laut ditambahkan saat terbentuk trace. Trace ditandai dengan munculnya gliserin.

Kandungan Nutrisi Rumput Laut

Jenis nutrisi
Unit
kadar (%, b/b)
Keterangan
Protein
 
5,19 ±0,13
 
Berat basah
Abu dan mineral
Abu (mineral)
36,93 ± 0,34
 
berat kering
 
Ca (mg/100 g)
 
1540,66 +/- 6,99
berat kering
 
Fe (mg/100 g)
 
132,65 +/- 3,47
berat kering
 
P (mg/100 g)
 
474,03 +/- 1,01
berat kering
Vitamin A (mikrogram RE/100 g)
 
 
489,55 +/- 8,4
berat kering
Vitamin C (mg/100 g)
 
 
49,01 +/- 0,75
berat kering
Lemak (%, b/b)
 
1,63 ± 0,01
 
berat kering
Alginat
Kadar (%, b/b)
 
37,91 +/- 0,34
berat kering
 
Warna
 
Kuning kecoklatan
berat kering
 
pH
 
6,86 +/- 0,005
berat kering
 
Ukuran Partikel
 
150 mesh
berat kering

Jenis Asam Lemak dalam Rumput Laut

Asam lemak
Kadar (%)
Asam laurat (12:0)
1,45 +/- 0,08
Asam miristat (14:0)
3,53 +/- 0.11
Asam palmitat (16:0)
29,49 +/- 1.48
Asam palmitoleat (16:1)
4,10 +/- 0,24
Asam oleat (18:1)
13,78 +/- 1,35
Asam linoleat (18:2)
33,58 +/- 1,41
Asam linolenat (18:3)
5,94 +/- 1,49

Manfaat Sabun Rumput Laut

Membantu regenerasi sel kulit mati

Sebagai bahan kosmetik, rumput laut bermanfaat untuk mempercepat proses regenerasi sel kulit mati, proses detoks, dan menutrisi kulit. Kandungan karagenan dan vitamin dalam rumput laut berfungsi untuk mempertahankan kelembaban kulit dan menangkal radikal bebas (penyebab kanker). Untuk mendapatkan manfaat tersebut, anda bisa menggunakan sabun rumput laut pada saat mandi.

Anda bisa mendapatkan sabun rumput laut (Sheaweed Soap) dari produsen kosmetik, PT. ADEV Natural Indonesia. Dengan diperkaya vitamin A dan vitamin C, sabun dari rumput laut dapat membantu pemeliharaan jaringan kolagen dalam tubuh.

Protein mencegah penuaan dini

Tri Handayani, Sutarno, Ahmad Dwi Setyawan melakukan penelitan bertajuk Analisis Komposisi Nutrisi Rumput Laut Sargassum crassifolium J. Agardh.

Pada penelitian ini diperoleh rata-rata kadar protein sebesar 5,19±0,13% dari berat basah. Kadar protein talus S. crassifolium ini sesuai dengan pendapat Burtin (2003), bahwa rumput laut coklat mengandung protein sebesar 3-9% dari berat basah, sedangkan rumput laut merah dan hijau mengandung protein sebesar 6-20% dari berat basah.

Manfaat protein dalam tubuh adalah untuk membentuk jaringan baru (kulit) sehingga mencegah penuaan dini. Selain itu, rumput laut juga kaya akan kandungan Vitamin B kompleks, Vitamin C , Magnesium, dan berbagai mineral lainnya yang membantu metabolisme sel kulit.

Beberapa Penelitian Tentang Sabun dari Rumput Laut

Pemanfaatan Kappaphycus Alvarezii

Mahasiswa Unair, Mahiastuti Tribuana Tungga Dewi, melakukan penelitian dengan judul Pemanfaatan Kappaphycus Alvarezii Menjadi Produk Sabun Rumput Laut Di Balai Besar Pengujian Dan Penerapan Hasil Perikanan (Bbp2hp), Cipayung, Jakarta Timur, Provinsi D.K.I Jakarta.

Latar belakang penelitian mahasiswa tersebut adalah Indonesia memiliki berbagai jenis rumput laut, salah satunya adalah Kappaphycus alvarezii. Dari jenis tanaman laut tersebut diekstrak kandungan karagenan-nya. Karaginan yg diperoleh dari Kappaphycus alvarezii sangat penting peranannya sebagai:

  1. penstabil
  2. pengental
  3. pembentuk gel
  4. pengemulsi

Karagenan dimanfaatkan sebagai pengental dalam pasta gigi karena kemampuannya mengikat air secara efektif dan kemampuan membentuk gel yang stabil terhadap degradasi enzimatis. Atas dasar pemikiran fungsi karagenan dalam pasta gigi, maka karagenan dimanfaatkan dalam pembuatan sabun transparan. FYI, interaksi antara karagenan dan karoten pada kulit manusia mengakibatkan kulit menjadi lebih halus.

Dari hasil observasi dapat diketahui bahwa pada proses pembuatan sabun, suhu dan kecepatan sangat berpengaruh pada sabun yang dihasilkan. Suhu yang terlalu rendah dan pengadukan yang terlalu lambat akan mengakibatkan penggumpalan. Suhu yang terlalu tinggi akan menghasilkan busa yang berlebih. Bila hal ini terjadi akan menghambat dalam proses pencetakan sabun transparan.

Pemanfaatan Ekstrak Rumput Laut Cokelat

Marianti A Manggau, Riska Damayanty, Lukman M melakukan penelitiaan dengan tajuk Uji Efektivitas Kelembaban Sabun Transparan Ekstrak Rumput Laut Cokelat (Sargassum Cristaefolium C. Agardh) dengan Variasi Konsentrasi Sukrosa. Baca di web universitas hasanudin.

Fungsi sukrosa atau dalam pembuatan sabun transparan adalah untuk meningkatkan transparansi (kejernihan) sabun dan meningkatkan kelembaban kulit (sebagai pelembab, humektan). Kemampuan karagenan dalam mengikat air dipadukan dengan sukrosa menjadi dasar dari pelaksanaan penelitian ini. Variabel konsentrasi sukrosa dipilih pada anga 20%, 25%, 30%, dan 35%. Selanjutnya, respon kelembaban kulit diukur dengan skin analyzer melalui uji panel (11 orang).

Dari hasil penelitian diketahui bahwa kelembaban kulit panelis mengalami peningkatan dari 15-19% (jenis kulit kering) menjadi 30-50% (jenis kulit normal). Namun dari uji beda disimpukan bahwa semua formula sabun tidak memberikan efek melembabkan yang berbeda pada kulit (p>0,05).

Sabun Rumput Laut Negeri Laskar Pelangi

Penelitian pembuatan sabun Sabun Rumput Laut Negeri Laskar Pelangi dilakukan oleh Haris Apriyanto, Awwab Hafizh, Siti Zahara, Eka Pebriandi dari Universitas  Bangka Belitung. Simak artikel lengkapnya di web dikti.

Mahasiswa yang mengikuti lomba PKM tersebut melakukan percobaan untuk membuat sabun dengan kandungan rumput laut.

Berikut adalah resep sabun yang coba dibuat.

Nama Bahan
Komposisi (%)
Minyak Kelapa
30
Steric acid
10
NaOH
6.7
Gula
15
Gliserin
3
Alkohol
10
Rumput laut
10
Air
10
Pewangi
5

Sabun yang dihasilkan dari komposisi tersebut diatas memiliki karakteristik tekstur lembut dan warna kurang (tidak) transparan. Mereka menjelaskan tidak beningnya sabun diduga karena jumlah alkohol, larutan gula dan gliserin yang kurang pas (memadai).

Sabun Rumput Laut (Sheaweed Soap) Untuk Mencegah Penuaan Dini
5/5 - (29 votes)