fbpx

Content Marketing, Strategi yang Bisa Tingkatkan Penjualan Bisnis

Ada banyak strategi pemasaran untuk membuat bisnis berjalan dengan sukses. Dari cara paling tradisional dengan menawarkan produk Anda melalui word-of-mouth hingga menggunakan iklan yang dipersonalisasi di media sosial.

Dari semua strategi pemasaran tersebut, pernahkah Anda mendengar istilah content marketing? Content marketing kini merupakan salah satu strategi pemasaran yang cukup populer, lho. 

Strategi ini juga bisa turut meningkatkan penjualan, terutama bagi Anda yang memasarkan produk melalui platform digital atau berbisnis secara online. Mau tahu lebih lanjut mengenai strategi yang satu ini? Simak selengkapnya di bawah ini. 

Apa itu Content Marketing?

content marketing
  • Save

Content marketing adalah strategi pemasaran dengan pembuatan dan pendistribusian konten tentang brand yang relevan dan menarik kepada target audiens. Strategi ini bisa Anda pilih ketika melakukan perencanaan bisnis.

Content marketing atau konten pemasaran dapat berbentuk artikel, infografik, foto, atau video. Distribusi konten ini tentunya akan membantu audiens untuk mengenal bisnis Anda.

Tujuan dilakukannya strategi content marketing sendiri adalah untuk menarik, memperoleh, dan melibatkan target audiens untuk melakukan aksi bisnis yang menguntungkan (pembelian). 

Content marketing berfokus pada penambahan nilai (value) pada kehidupan konsumen, misalnya dengan memberikan edukasi, membantu konsumen memecahkan masalah, menghibur dengan konten, bahkan mendukung konsumen membuat keputusan yang tepat.

Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal PLOS One pada tahun 2021, menunjukan bahwa konsistensi dalam pembuatan konten pemasaran yang sesuai dengan kebutuhan target audiens mempengaruhi efektivitas strategi menjadi lebih tinggi.

Elemen Content Marketing yang Perlu Anda Ketahui

Relevansi

Relevansi konten adalah penyajian konten yang sesuai dan nyata dengan kebutuhan konsumen. 

Misalnya, sebagai pebisnis kosmetik, Anda bisa membagikan konten seputar penggunaan kosmetik. Hindari membahas konten yang tak berkaitan dengan fokus brand Anda. 

Kemudian pastikan juga informasi dalam konten sudah didukung dengan visual yang sesuai tren dan karakter dari brand Anda sendiri

Informatif

Meskipun content marketing adalah salah satu strategi pemasaran, Anda tetap perlu membagikan konten yang bersifat informatif, tak melulu berjualan produk. 

Informasi konten adalah penyajian informasi untuk menambah pengetahuan konsumen. Anda bisa memberikan edukasi mengenai informasi manfaat bahan aktif yang terkandung dalam kosmetik, hingga masalah kulit yang bisa diatasi dengan produk kosmetik.

Menggunakan konten untuk memberikan informasi atau menawarkan saran tentang topik yang diminati audiens akan membantu Anda untuk membangun percakapan sekaligus membangun kepercayaan. 

Kepercayaan tersebut dapat berubah menjadi minat pada produk dan layanan Anda, lho.

Keunikan

  • Save
Red arrow hitting yellow note with massage what makes you unique? over dartboard background

Keunikan adalah konten yang disajikan secara berbeda sehingga mampu menarik perhatian audiens. Dalam hal ini, Anda bisa menampilkan keunikan produk yang tak dimiliki oleh brand lain.

Unik juga dapat berupa tampilan konten, seperti pemilihan warna, konsep media sosial, dan lain-lain. 

Keunggulan Strategi Content Marketing

Menumbuhkan Kepercayaan yang Lebih Tinggi terhadap Brand

Kini konsumen sudah semakin cerdas dalam memilih produk yang tepat untuk mereka. Konsumen cenderung membeli produk dari brand yang sudah mereka percaya, terutama dari sisi kualitasnya. 

Memperluas Brand Awareness

Content marketing yang berbentuk artikel, video, dan foto dapat meningkatkan kesadaran terhadap brand Anda. Yang semula orang-orang tidak tahu, menjadi tahu akan kehadiran brand kosmetik Anda. 

Kesadaran merek adalah istilah umum yang menggambarkan seberapa akrab (sadar) konsumen dengan suatu merek atau produknya. Sederhananya, kesadaran merek adalah ukuran seberapa mudah diingat dan dikenali suatu merek bagi target audiensnya.

Cara Maksimalkan Content Marketing untuk Tingkatkan Penjualan

  • Save

Kegiatan content marketing dapat dianggap efektif ketika konten yang Anda buat dapat memicu tingkat keterlibatan audiens (engagement), contohnya ketika konten produk berhasil mendapatkan like, komentar, bahkan share

Tak berhenti di situ, strategi ini dianggap efektif ketika konten dapat memperkuat kepercayaan audiens kepada brand, meningkatkan nilai yang dirasakan audiens, dan mengarah pada respons yang lebih baik terhadap merek. 

Singkatnya, audiens akan berpikir bahwa brand Anda adalah brand yang bagus. Dengan demikian, hal ini akan mempermudah brand untuk fokus mencapai tujuan bisnis seperti meningkatkan penjualan. 

Lalu, bagaimana cara untuk memaksimalkan content marketing untuk brand Anda? 

Anda bisa meningkatkan cara berkomunikasi. Kemampuan dalam berkomunikasi sangat penting untuk pekerjaan di bidang apa pun. Namun, pada content marketing Anda harus bisa mengasah skill komunikasi baik secara lisan dan tulisan (verbal, dan nonverbal).

Komunikasi yang baik tentu akan membuat informasi yang disampaikan menjadi lebih efektif, baik itu dalam bentuk foto, video, maupun artikel.

Nah, itulah strategi content marketing yang bisa diterapkan untuk bisnis Anda. Semoga artikel ini dapat membantu ya, Sahabat ADEV!

0 Shares

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WeCreativez WhatsApp Support
Business Consultant
Halo, dengan Ira sebagai Business Consultant di sini. Ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top
Copy link
Powered by Social Snap