fbpx

Skinfluencer, Strategi Promosi untuk Kembangkan Brand Kosmetik Anda

Pernahkah Anda membeli suatu produk kosmetik karena dipromosikan oleh seseorang di media sosial? Jika iya, kemungkinan besar Anda sudah terpengaruh dengan seorang ‘skinfluencer’.

Selama beberapa tahun belakangan, sebutan ‘skinfluencer’ di dunia kecantikan sudah tak asing lagi terdengar di telinga. 

Layaknya beauty vlogger atau beauty blogger, kehadiran skinfluencer juga didukung oleh era digital yang berkembang begitu pesat.

Tak dipungkiri, era digital yang berkembang pesat memang berperan penting memunculkan inovasi-inovasi di berbagai bidang, termasuk di bidang pemasaran atau digital marketing

Strategi promosi untuk menarik konsumen pun menjadi semakin kreatif dan beragam dengan memanfaatkan platform digital seperti media sosial. Sifat media sosial yang sangat ‘visual’ ini berperan besar dalam meningkatnya penggunaan Facebook, Instagram, TikTok, dan YouTube.

Nah, di antara banyaknya strategi promosi di media sosial, strategi skinfluencer ini bisa diterapkan untuk brand kosmetik Anda, lho. Yuk, ketahui penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Apa yang Dimaksud dengan Skinfluencer?

skinfluencer

Skinfluencer adalah istilah yang berasal dari kata ‘skin’ yang berarti kulit dan ‘influencer’ yang berarti pengaruh. 

Skinfluencer dapat diartikan sebagai orang-orang yang seringkali membahas topik tentang kulit serta memiliki pengaruh yang signifikan untuk membuat orang-orang yang melihatnya menjadi ‘terpengaruh’ dan percaya. 

Mereka seakan memiliki obsesi dengan semua hal perawatan kulit dan dengan senang hati berbagi rahasia pada audiensnya.

Skinfluencer biasanya bersemangat membicarakan tentang bahan-bahan aktif, berbagi video rutinitas perawatan kulit, dan tak jarang mereka memamerkan kondisi kulitnya. 

Strategi Promosi Melibatkan Skinfluencer

influencer

Seberapa berpengaruhnya skinfluencer untuk promosi brand kosmetik Anda? Sangat berpengaruh ketika Anda memilih influencer yang tepat!

Didukung dengan peningkatan belanja online, konsumen cenderung mencari review produk kosmetik terlebih dahulu. Review produk juga terbukti sebagai faktor pertimbangan konsumen sebelum membeli. 

Semakin bagus review yang didapatkan, maka semakin tertarik pula orang-orang untuk mencobanya. Nah, ketika review disampaikan oleh seorang yang memiliki otoritas, tentu akan menambah rasa ketertarikan konsumen, bukan? 

Seseorang yang berpengalaman tak melulu berlatar belakang dari dunia medis, lho. Skinfluencer yang memiliki pengalaman dalam menggunakan suatu produk juga tentu bisa membagikan hal yang dirasakannya kepada audiens. 

Influencer adalah sumber utama bagi konsumen yang mencari informasi tentang produk kecantikan sebelum membelinya.

Skinfluencer, bagaimanapun, memiliki otoritas yang lebih tinggi pada topik dermocosmetics, karena mereka biasanya merupakan kombinasi dari dermatologis, estheticians, dan penggemar skincare

Fakta bahwa mereka berbagi konten yang mempromosikan produk secara jujur dari banyak merek di berbagai segmentasi harga, menciptakan rasa percaya pada audiens. 

Audiens mungkin tidak mendapatkan pandangan yang jujur dari spesialis perawatan kulit yang bekerja untuk brand tertentu.

Singkatnya, konten yang dibagikan influencer menjadi sangat penting bagi konsumen untuk mengumpulkan informasi dan panduan dalam keputusan pembelian produk Anda. 

Strategi influencer yang tumbuh dalam beberapa tahun terakhir ini sangat relevan dengan  segmen kosmetik dan perawatan kulit. Salah satu contoh keberhasilan skinfluencer ditunjukan dengan adanya lonjakan permintaan produk dari brand CeraVe

Seluruh produk dari brand CeraVe terjual habis di Amerika Serikat setelah seorang skinfluencer bernama Hyram Yarbro yang memiliki 5 juta followers menggembar-gemborkan kualitas dari produk CeraVe.

Konsumen cenderung mengikuti dan mempercayai influencer perawatan kulit dan kecantikan karena mereka juga konsumen yang sama-sama menggunakan produk tersebut.

Sebagai pebisnis kosmetik, Anda bisa menggunakan strategi promosi bersama skinfluencer dengan pendekatan yang tepat. Pastikan influencer memiliki keterkaitan dan nilai yang erat dengan brand Anda. 

Misalnya, influencer tersebut memiliki ketertarikan dengan produk natural, minimalis, dan ramah lingkungan. Pastikan brand kosmetik Anda juga memiliki nilai yang sama. 

Karena ketika Anda memilih influencer yang tidak sesuai, kemungkinan besar pesan promosi yang dibangun tidak akan tersampaikan kepada target konsumen yang diinginkan. Pastikan juga produk kosmetik yang Anda tawarkan memiliki kualitas yang baik dan aman.

Ingin buat produk kosmetik yang aman dan berkualitas? Konsultasikan saja bersama ADEV! Jasa maklon kosmetik ADEV bisa membantu Anda dalam memproduksi kosmetik yang berkualitas, dengan biaya maklon dan syarat maklon yang memudahkan.

Produk kosmetik yang diproduksi di ADEV dibuat di pabrik yang telah memiliki sertifikat CPKB, selalu dipastikan menggunakan bahan-bahan yang aman untuk kulit, dan telah lolos uji laboratorium. 

Jadi, produk kosmetik Anda pun aman untuk dipromosikan dengan berbagai strategi, termasuk promosi dengan menggunakan jasa influencer. 

Nah, itu lah penjelasan mengenai skinfluencer yang bisa menjadi strategi promosi untuk mengembangkan bisnis Anda. Semoga bermanfaat, sahabat ADEV!

Please rate this post

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WeCreativez WhatsApp Support
Business Consultant
Halo, dengan Damai sebagai Business Consultant di sini. Ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top