fbpx

4 Strategi Sukses Bisnis Parfum Merk Sendiri

Parfum merupakan jenis wewangian yang dibuat dari kombinasi minyak esensial tertentu untuk menghasilkan aroma yang unik. 

Parfum pertama kali digunakan oleh orang Mesir dalam berbagai kesempatan, tak jarang parfum juga digunakan sebagai tanda status. Namun, pada tahun 1190, parfum mulai diproduksi secara komersial di Paris, dan dari sana berkembang menjadi industri bisnis parfum yang besar.

Kini, parfum tersedia untuk semua orang dari berbagai kalangan, hadir di berbagai barang konsumen, dan tentu bisa Anda manfaatkan menjadi sebuah peluang bisnis parfum. Lalu, bagaimana memanfaatkan peluang bisnis parfum agar bisa sukses di pasaran? Simak 4 tipsnya berikut ini!

Riset dan Ketahui Peluang Bisnis Parfum di Pasar Lokal

Sebelum memutuskan untuk terjun dan memulai bisnis parfum, Anda tentu ingin mengetahui bagaimana peluang bisnis parfum di lingkup pasar lokal (dalam negeri), bukan? ADEV, sebagai jasa maklon parfum legal, akan membahas peluang bisnis parfum di pasar lokal untuk Anda. 

Laporan dari Statista menyebutkan pendapatan di sektor wewangian global mencapai $416,8 juta pada tahun 2021. Pasar sektor parfum ini juga diharapkan tumbuh setiap tahun sebesar 4,53%. Lalu, bagaimana peluang bisnis parfum di pasar lokal?

Menurut Statista, pendapatan Indonesia di segmen wewangian mencapai USD 394 juta pada 2019. Pasar diharapkan tumbuh 2,4% setiap tahun (CAGR 2019-2023). Dalam perbandingan global, sebagian besar pendapatan dihasilkan di Amerika Serikat (USD 8.159 juta pada 2019).

Di pasar dalam negeri, parfum merek lokal bersaing baik dengan merek internasional impor. Jenis parfum yang tersedia di pasaran juga sangat terbagi-bagi, sehingga konsumen memiliki banyak pilihan.

Parfum dan cologne memang merupakan komoditas pribadi yang komposisi pasarnya di Indonesia sendiri sangat beragam. Oleh karena itu, Anda sebagai pebisnis harus memahami berbagai wewangian yang diminati konsumen lokal. Simak terus artikel ini untuk mengetahui wewangian jenis apa saja yang banyak diminati. 

Buat Rencana Bisnis Parfum yang Ingin Dibangun

Menentukan Identitas Brand

Selain berkaitan erat dengan aroma dan wewangian, salah satu faktor penting dalam kesuksesan sebuah parfum adalah branding. Tak hanya dalam bisnis parfum, branding juga penting dipikirkan untuk berbagai bisnis lainnya, misalnya bisnis kecantikan

Branding sangat penting bagi bisnis parfum karena akan berdampak secara keseluruhan untuk perusahaan Anda. Branding merek dapat mengubah cara orang memandang merek, serta dapat mendorong dan meningkatkan kesadaran akan merek parfum Anda.

Tak heran ketika membentuk identitas brand dengan baik akan berdampak pada peningkatan omset bisnis, meningkatkan posisi kompetitif di pasar, dan memenangkan loyalitas konsumen terhadap merek Anda. 

Menentukan Target Audiens

Apa itu target audiens? Target audiens adalah sekelompok orang yang dijadikan sebagai tujuan pembuatan produk parfum dengan merek Anda. 

Penargetan dalam pemasaran adalah strategi yang memecah pasar besar menjadi segmen yang lebih kecil untuk berkonsentrasi pada kelompok pelanggan tertentu dalam audiens tersebut. 

Langkah ini akan mendefinisikan segmen pelanggan berdasarkan karakteristik unik mereka dan hanya berfokus untuk melayani mereka.

Lalu, apa pentingnya menentukan target audiens?

Menurut Alexa, menentukan target audiens merupakan hal yang penting karena ketika suatu brand berbicara langsung dengan orang yang ingin ditargetkan, brand tersebut kemungkinan besar akan menarik orang yang tepat. 

Dibandingkan menargetkan audiens yang luas dan bervariasi, target audiens yang spesifik akan membantu strategi pemasaran bisnis parfum Anda menjadi lebih efektif menjangkau orang-orang yang kemungkinan besar ingin berbisnis.

Mengembangkan ‘Cerita’ dari Brand Anda

Cerita membuat orang terpesona dan seringkali lebih mudah diingat daripada fakta. Hal ini juga berlaku untuk brand yang memiliki cerita.

Cerita yang dikembangkan oleh brand Anda dapat membuat konsumen dan produk bisa saling terhubung satu sama lain. 

Menurut hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Brand Management, konsumen yang mengetahui cerita dari sebuah brand akan menggambarkan merek dalam istilah yang jauh lebih positif dan bersedia membayar lebih untuk produk tersebut. 

Hal tersebut membuktikan bahwa cerita dari suatu brand dapat digunakan untuk menciptakan dan memperkuat asosiasi merek yang positif. Anda tentu ingin bisnis parfum dengan merek Anda dipandang positif oleh konsumen, bukan? Maka dari itu, ciptakan cerita yang berisi nilai-nilai brand Anda! 

Tentukan Jenis Wewangian Parfum yang Akan Dikembangkan

Untuk mewujudkan bisnis parfum yang sukses, Anda tentu harus memahami jenis wewangian seperti apa yang disukai oleh konsumen. Bahkan, jika Anda menciptakan wewangian yang tepat, potensi konsumen menjadi loyal akan lebih besar.

Sebelum menentukan jenis wewangian dalam parfum, Anda harus mengetahui terlebih dahulu tentang istilah ‘notes’ dan ‘accords’. Notes merupakan penjelas aroma yang dapat dirasakan saat penggunaan parfum. 

Sedangkan, komposisi beberapa ‘notes’, khususnya komposisi populer yang muncul di banyak parfum berbeda disebut dengan ‘accords’ (dari bahasa Prancis untuk akord musik). 

Nah, sekarang ADEV akan menjelaskan jenis wewangian berdasarkan notes dan accords yang bisa Anda pilih untuk bisnis parfum Anda.

Musk

Pecinta parfum dan wewangian tentu sudah tak asing lagi dengan aroma musk. 

Parfum aroma musk merupakan jenis parfum yang populer dengan kesan wangi yang hangat, sensual, dan dapat meningkatkan rasa percaya diri yang memakainya.

Musk berasal dari moschus yang merupakan cairan yang berasal dari rusa jantan yang tidak bertanduk (musk deer) yang dilindungi.

Namun, Anda tak perlu khawatir, karena musk yang beredar di pasaran saat ini merupakan modifikasi dari musk sintetik yang memanfaatkan kandungan ekstrak tumbuhan. Ingin membuat parfum dengan aroma musk? Percayakan saja pada jasa maklon parfum ADEV!

Vanilla

Aroma vanilla juga disukai oleh banyak orang, tak kalah populer dari musk. Aroma vanilla dapat memberikan kesan wangi yang lembut, hangat, dan manis bagi penggunanya. 

Parfum vanilla yang baik memiliki aroma yang lebih kompleks, bukan sekedar aroma biskuit atau es krim vanila yang sederhana. Penelitian ilmiah juga menunjukkan bahwa aroma vanilla adalah aroma yang menenangkan dan menyenangkan secara universal. 

Amber

Amber adalah aroma yang tercipta dari campuran bahan-bahan yang menggambarkan aroma hangat, lembut, dan manis. 

Aroma amber terdiri dari bahan-bahan natural dan sintesis seperti vanilla, nilam, labdanum, styrax, benzoin dan beberapa lainnya. Amber digunakan untuk menciptakan wewangian oriental yang memberikan kesan yang mewah dengan sentuhan seperti wangi bedak yang lembut.

Jasmine

Aroma jasmine tak sekedar aroma bunga melati, lho. Jasmine memberikan kekayaan dan intensitas pada wewangian karena memiliki aroma bunga yang manis serta lembut.

Aroma jasmine dengan konsentrasi yang berbeda juga memiliki karakternya sendiri, sebagian berbau manis, sebagian musky, sebagian lagi beraroma menyegarkan.

Green Tea

Teh hijau memainkan peran penting dalam banyak budaya dan tradisi di Asia.Terutama orang Jepang dan Cina yang memiliki gagasan yang sangat pasti tentang teh dalam pikiran mereka.

Aroma teh hijau sendiri merupakan aroma yang dikenal menyegarkan dan menyenangkan. Parfum dengan aroma teh hijau akan menyegarkan pikiran sekaligus emosi Anda.

Itu lah beberapa wewangian yang bisa Anda buat untuk bisnis parfum merek sendiri. Selain menggunakan aroma yang sudah ada, pebisnis seperti Anda dapat menemukan kombinasi aroma yang mungkin berhasil dan diminati tetapi belum tersebar luas. 

Lalu, dimana Anda bisa membuat parfum dengan aroma yang beragam? Jasa maklon kosmetik ADEV solusinya! Yuk, ketahui informasi tentang maklon parfum selengkapnya di bawah ini. 

Bekerja Sama Dengan Jasa Maklon Parfum Berkualitas

Setelah mengetahui strategi bisnis parfum, tentu merupakan hal yang sia-sia jika Anda tidak mewujudkannya menjadi bisnis yang nyata. 

Tidak punya pabrik untuk memproduksi parfum dengan aroma yang unik? Tenang, jasa maklon parfum ADEV siap membantu mewujudkan bisnis Anda! 

Maklon parfum adalah jasa pembuatan parfum (produk wewangian) yang disediakan oleh perusahaan maklon kosmetik & skincare, ADEV. 

Setiap parfum yang dibuat di ADEV dapat terdiri dari kombinasi minyak esensial tertentu dan menghasilkan aroma parfum yang unik. Minyak esensial tersebut kemudian diencerkan dengan alkohol untuk menghasilkan konsentrasi aroma yang diinginkan. 

ADEV menyediakan jasa pembuatan parfum dengan berbagai varian aroma wewangian yang unik dan beragam. Karena kami mengerti bahwa aroma wewangian dari suatu parfum memiliki pengaruh yang signifikan untuk kesuksesan bisnis parfum Anda.

Jenis-jenis parfum seperti body mist, cologne, eau de perfume, dan eau de toilette dapat diproduksi oleh ADEV. 

Tak hanya memproduksi berbagai wewangian parfum yang unik serta beragam, ADEV juga akan membantu proses legalitas merek parfum Anda, di antaranya adalah BPOM, HKI merek, serta sertifikasi Halal. 

Tertarik memiliki bisnis parfum merek sendiri? Tunggu apa lagi, yuk, wujudkan parfum impianmu bersama ADEV!

0 Shares

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WeCreativez WhatsApp Support
Business Consultant
Halo, dengan Ira sebagai Business Consultant di sini. Ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top
Copy link
Powered by Social Snap