fbpx

4 Tips Bisnis Online Agar Produk Kosmetik Anda Cepat Laris

Ketika membangun sebuah bisnis kosmetik, Anda tentu ingin bisnis tersebut berjalan dengan baik dan bisa menghasilkan keuntungan yang bisa menjadi kunci utama dalam perekonomian. 

Di era digital seperti saat ini, bisnis online merupakan bisnis yang berpeluang besar menghasilkan keuntungan untuk Anda.

Sistem belanja online menawarkan sejumlah keuntungan yaitu kenyamanan dalam hal waktu, jangkauan, serta keanekaragaman barang.

Namun, tentunya harus ada cara yang digunakan agar bisnis online di bidang kosmetik mengalami perkembangan dan membuat produk Anda cepat laris di pasaran. Bagaimana caranya? Simak selengkapnya di artikel berikut ini. 

Ciptakan Foto Produk Kosmetik yang Menarik

Pengalaman berbelanja kosmetik online tentu berbeda dengan berbelanja secara langsung ke toko. Ketika berbelanja secara offline, Anda bisa melihat barang yang diinginkan sekaligus bisa menyentuhnya secara langsung. 

Faktor seperti visual merchandising, display produk, dan store atmosphere berpengaruh penting dalam keputusan pembelian Anda ketika berbelanja di toko. 

Berbeda dengan berbelanja secara online, Anda hanya bisa melihat barang yang diinginkan dari layar ponsel, bukan?

Lalu, apa yang membuat konsumen tertarik dengan suatu produk walaupun hanya melihat dari layar ponsel? Jawabannya adalah foto produk kosmetik yang menarik dan terlihat profesional. 

Dalam menjalankan bisnis online, foto produk kosmetik bukanlah sesuatu yang bisa diabaikan. Bahkan bisa dikatakan bahwa foto produk adalah faktor pertama yang menentukan konsumen mengklik produk kosmetik Anda atau tidak.

Foto produk termasuk ke dalam salah satu aspek visual marketing yang dapat dipergunakan untuk membangun koneksi dan pendekatan emosional dengan para pelanggan secara lebih personal, lebih interaktif, dan pada akhirnya akan membantu konsumen melakukan pembelian. Kekuatan visual akan membuat pemasaran produk lebih kuat dan lebih berkesan

Agar produk kosmetik Anda dilirik oleh konsumen, pastikan menggunakan foto yang sama dengan produk asli. Hindari terlalu banyak diubah dengan menggunakan “filter” berlebihan, baik cahaya maupun warna.

Perhatikan juga angle atau sudut pengambilan foto produk. Sesuaikan dengan konsep estetika, tetapi juga tidak menipu ukuran produk sebenarnya.

Anda juga bisa menambahkan properti tambahan yang mendukung produk kosmetik Anda. Misalnya, produk kosmetik Anda adalah produk sabun bar kecantikan dengan aroma sakura, maka bisa menambahkan properti bunga sakura dengan nuansa merah muda di sekitarnya. 

Selain menampilkan visual produk melalui foto, Anda juga bisa menampilkan produk kosmetik terbaik melalui media audio visual seperti video.

Optimalkan Penggunaan Media Sosial

Sudah punya foto produk yang menarik dan terlihat profesional? Ini lah saatnya Anda memanfaatkan foto tersebut untuk menciptakan minat beli konsumen. 

Agar visual dan foto produk kosmetik yang sudah ada tidak terbuang sia-sia dan bisa menunjang bisnis online, pastikan untuk mengoptimalkan penggunaan media sosial seperti Instagram, Facebook, bahkan TikTok. 

Optimalkan juga konten media sosial dan pastikan sesuai dengan target konsumen produk kosmetik brand Anda sendiri. 

Customer Service yang Cepat Tanggap

Bisnis online memang banyak memudahkan pebisnis dan konsumen. Sayangnya, tak jarang muncul kendala dalam bisnis online kosmetik yang Anda jalani.

Kendala yang biasanya dihadapi adalah stok produk kosmetik dan masalah pengiriman. Untuk menjawab kendala tersebut, pastikan Anda memiliki customer service yang bisa menyelesaikan masalah dengan tanggap. 

Customer service juga perlu menjawab pertanyaan konsumen dengan cepat serta tepat. Pastikan Anda memberikan solusi pada konsumen, bukan malah membiarkan masalah tersebut tak terselesaikan.

Untuk mencegah adanya informasi yang tidak tersampaikan ke konsumen, toko bisnis online Anda harus mampu memberikan informasi secara rinci tentang produk yang dijual, cara pemakaian, dan lain sebagainya. 

Dilansir dari studi yang dipublikasikan di Jurnal Manajemen dan Bisnis, indikator informatif dapat diukur dengan hal-hal sebagai berikut: informasinya banyak, akurat, beragam, serta bermanfaat untuk konsumen bisnis online Anda. 

Bangun Brand yang Jujur

Transparansi merupakan kata kunci yang berarti kejujuran yang dapat dibuktikan. Transparansi adalah hal yang harus dijunjung untuk semua bisnis, termasuk bisnis online kosmetik merek Anda sendiri. 

Setiap konsumen ingin tahu sebanyak mungkin tentang Anda, nilai Anda, dan biaya produk atau layanan Anda.

Membangun bisnis online dengan jujur dapat membantu mengurangi jumlah keluhan yang datang. Fokuskan brand Anda pada hal yang benar-benar bisa diberikan kepada konsumen. 

Hindari menggunakan strategi penjualan terbuka yang mendorong konsumen untuk membeli produk Anda. 

Sebaiknya ganti dengan evaluasi jujur tentang bagaimana produk kosmetik merek Anda sendiri bisa memecahkan masalah yang dialami konsumen, misalnya produk lip serum bisa melembapkan dan menutrisi bibir sehingga bibir tidak pecah-pecah lagi. 

Mencari jasa pembuatan kosmetik yang bisa mendukung brand Anda menjadi brand yang jujur? Percayakan saja pada pabrik maklon kosmetik ADEV!

ADEV bisa membantu Anda memproduksi berbagai jenis kosmetik mulai dari sabun bar, skincare, haircare, bodycare, parfum, hingga decorative cosmetics

ADEV telah memiliki sertifikasi CPKB A dari BPOM, sehingga seluruh produk kosmetik yang diproduksi dapat dipastikan standar kualitas, mutu, dan keamanannya. 

Tunggu apa lagi? Wujudkan brand kosmetik impian sekarang juga dan gunakan tips-tips di atas agar bisnis online Anda cepat laris!

0 Shares

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WeCreativez WhatsApp Support
Business Consultant
Halo, dengan Ira sebagai Business Consultant di sini. Ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top
Copy link
Powered by Social Snap