fbpx

Tips Merawat Kulit dengan Skincare saat Puasa

Saat menjalankan ibadah puasa, kulit menjadi lebih kering karena tubuh rentan kekurangan cairan. Kulit yang kering ini sebaiknya tak dibiarkan begitu saja karena bisa menimbulkan iritasi seperti mengelupas dan mengalami kemerahan. 

Nah, agar kulit Anda tetap lembap dan sehat, ada beberapa tips menggunakan produk perawatan kulit atau skincare saat puasa. Apa saja? Yuk, simak di bawah ini!

Gunakan Pembersih Wajah dengan Kandungan yang Ringan & Lembut

Menjalankan puasa bukan berarti menghambat segala aktivitas Anda, bukan? Di bulan Ramadhan ini, Anda tetap bisa beraktivitas seperti biasa baik di dalam maupun di luar rumah. 

Nah, setelah beraktivitas seharian, Anda tentu butuh membersihkan wajah. Tak hanya sekedar membersihkan, pembersih wajah juga merupakan cara untuk meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit.

Maka dari itu, pembersih wajah merupakan salah satu rutinitas skincare saat puasa yang wajib ada karena bisa membebaskan wajah dari segala kotoran dan debu. 

Terdapat dua tahap dalam membersihkan wajah, metode ini biasa disebut dengan double cleansing

Tahap pertama, Anda dapat menggunakan pembersih pertama (first cleanser) berbahan dasar minyak (oil-based) yang dirancang untuk menghilangkan kotoran berbahan dasar minyak pula, termasuk make-up, sunscreen, sebum, dan polusi.

Setelah menghilangkan kotoran tersebut, Anda dapat melanjutkan ke tahap kedua menggunakan pembersih berbasis air (water-based) seperti sabun batang kecantikan, facial whip, atau facial foam

Pembersih di tahap kedua (second cleanser) ini bertujuan untuk benar-benar dapat bekerja di dalam kulit, menghilangkan kotoran dan keringat. 

Lalu, tipe pembersih seperti apa yang cocok digunakan sebagai rutinitas skincare saat puasa? 

Anda bisa memilih pembersih dengan kandungan yang ringan dan lembut. Hindari menggunakan pembersih wajah yang bisa membuat kulit terasa terlalu kering. Hal ini berlaku digunakan untuk seluruh tipe kulit, termasuk kulit berminyak. 

Melansir dari Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, dua formula lembut umumnya merupakan cara yang lebih baik untuk melawan minyak berlebih, daripada satu formula kuat yang dapat membuat kulit terasa terlalu kering.

Anda bisa memilih pembersih wajah yang memiliki kandungan yang melembapkan seperti ceramide, hyaluronic acid, atau collagen

Gunakan Skincare Melembapkan yang Cocok dengan Jenis Kulit

Setelah wajah bersih dari segala kotoran, sebum, dan debu, Anda bisa melanjutkan ke tahap skincare selanjutnya. 

Seperti halnya pembersih wajah, rangkaian skincare saat puasa juga harus memiliki manfaat untuk melembapkan. Skincare dengan kandungan yang melembapkan juga akan sekaligus membantu memperkuat skin barrier Anda. 

Berikut adalah rekomendasi skincare saat puasa yang bisa Anda gunakan: 

Toner

  • Save

Toner digunakan untuk menyeimbangkan pH kulit Anda setelah menggunakan pembersih wajah. Penggunaan toner juga bermanfaat untuk mempersiapkan kulit Anda untuk menerima kandungan skincare selanjutnya.

Kulit diibaratkan seperti spons yang mengering. Jika Anda mengoleskan krim kental pada spons kering, tentu permukaan spons tidak akan menerima krim tersebut. 

Namun, lain halnya jika Anda membasahi spons tersebut, tentu krim akan lebih mudah meresap. Inilah mengapa Anda perlu menggunakan toner.

Secara langsung, toner dapat membuat penyerapan kandungan aktif skincare secara lebih optimal. Saat menjalankan puasa, pilihlah toner yang memiliki kandungan melembapkan kulit daripada menghilangkan kelembapannya.

Essence

  • Save

Apa itu essence? Essence merupakan produk skincare berbahan dasar air yang mengandung kandungan bahan aktif yang tinggi untuk melembapkan, melindungi, dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Ketika essence diaplikasikan untuk membersihkan kulit setelah menggunakan pembersih dan toner, ini membantu mengembalikan hidrasi pada sel-sel kulit. 

Ketika diaplikasikan sebelum serum dan pelembap, ini membantu kulit menyerap produk selanjutnya dengan lebih baik.

Moisturizer

  • Save

Moisturizer atau pelembap adalah rangkaian skincare saat puasa yang tak boleh Anda lewatkan. Penggunaan moisturizer bertujuan untuk merawat kondisi kulit yang kering. 

Moisturizer juga dapat bermanfaat untuk melembapkan, meningkatkan kelembutan, kelenturan, dan kehalusan kulit

Anda dapat menggunakan moisturizer yang mengandung asam hialuronat atau hyaluronic acid

Moisturizer berbahan hyaluronic acid memiliki kemampuan mengikat molekul air yang sangat baik. Dengan demikian, hyaluronic acid memiliki sifat melembapkan sekaligus cocok untuk semua jenis kulit. 

Hindari menggunakan Scrub yang Berisiko Sebabkan Iritasi

Salah satu langkah yang biasa dilakukan ketika menggunakan skincare adalah eksfoliasi. Eksfoliasi merupakan langkah yang dilakukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang ada pada wajah. 

Eksfoliasi umumnya dilakukan setiap satu minggu sekali. Walaupun tak dilakukan secara rutin setiap hari, bukan berarti Anda bisa melewatkan tahap eksfoliasi ini, lho. 

Karena membiarkan sel-sel kulit mati menumpuk di wajah bisa menimbulkan masalah seperti kulit kusam, komedo, dan jerawat. 

Umumnya, terdapat dua jenis eksfoliator yang bisa Anda gunakan, yaitu chemical exfoliator dan physical exfoliator

Keduanya sama-sama bisa Anda gunakan, tetapi untuk mencegah kulit yang semakin kering dan terkelupas, sebaiknya hindari physical exfoliator seperti face scrub

Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan chemical exfoliator dengan konsistensi bahan aktif yang rendah dan minim berisiko menimbulkan iritasi. 

Gunakan Face Mist dengan Refreshing Sensation

Beraktivitas di siang hari selama bulan Ramadhan mungkin bisa menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian besar orang. Nah, Anda bisa menggunakan face mist yang memiliki refreshing sensation dan bisa melembapkan kulit di siang hari.

Anda bisa memilih face mist dengan kandungan aloe vera yang menyegarkan dan baik untuk kulit. 

Nah, itulah beberapa tips penggunaan skincare saat puasa yang bisa Anda terapkan agar kulit bisa tetap terasa lembap dan sehat! 

Ingin membuat skincare dengan beragam kandungan yang bisa melembapkan, mencerahkan, dan mengatasi jerawat? Yuk, hubungi maklon kosmetik ADEV dan wujudkan brand skincare dengan merek Anda sendiri! 

Last Updated on 15 April 2021 by Desya Nur Fitriyani

0 Shares

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WeCreativez WhatsApp Support
Business Consultant
Halo, dengan Ira sebagai Business Consultant di sini. Ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top
Copy link
Powered by Social Snap