fbpx

3 Tips Mudah Temukan Ide Bisnis yang Paling Cocok untuk Anda

Membangun bisnis yang bisa bertahan secara berkelanjutan merupakan suatu tantangan tersendiri. 

Butuh banyak cara yang dilakukan untuk membuat bisnis Anda berjalan lancar sekaligus bertahan lama. Salah satunya adalah dengan merencanakan ide bisnis secara matang terlebih dahulu.

Rencana ide bisnis yang matang bisa turut menguatkan niat Anda untuk membangun sebuah brand, lho.

Belum punya gambaran tentang ide bisnis yang cocok untuk Anda? Tak perlu khawatir, dengan 3 tips berikut ini, ADEV akan membantu Anda untuk menemukan ide bisnis tersebut. Yuk, simak tips selengkapnya di bawah ini. 

Sesuaikan dengan Passion Anda

  • Save
close up. young man making notes in a notebook, standing near the window.

Ingin membangun sebuah usaha tetapi masih bingung soal ide bisnis? Anda bisa mencoba mengawali sebuah bisnis sesuai dengan passion atau kegemaran. 

Misalnya, Anda adalah seseorang yang memiliki passion di dunia kecantikan. Maka ketika memutuskan membangun bisnis kecantikan, Anda biasanya dengan senang hati tergerak untuk mengikuti segala tren di dunia kecantikan.

Membangun sebuah bisnis sesuai passion adalah suatu langkah yang baik. Karena seseorang yang memiliki passion akan terus menerus berpikir untuk mewujudkan sesuatu, dan Anda tidak pernah akan berhenti sebelum sesuatu itu terjadi. 

Dalam proses merealisasikannya, dia tidak akan pernah menyerah. Orang yang membangun bisnis sesuai passion juga akan melakukan yang terbaik yang dapat dilakukan.

Kegigihan dan tekad ini lah yang bisa membawa bisnis Anda menjadi sukses dan bertahan lama. 

Bangun Bisnis yang Bersifat Problem Solving

ide bisnis
  • Save

Ingin membangun sebuah bisnis yang bertujuan untuk menjadi solusi dan membantu lebih banyak orang? Ide bisnis yang bersifat problem solving mungkin tepat untuk Anda! 

Anda bisa membangun bisnis untuk menjawab masalah sehari-hari yang dialami banyak orang. Ide bisnis bersifat problem solving ini juga sukses dilakukan oleh salah satu mitra ADEV, yaitu Rodeos. 

Dalam wawancara eksklusif bersama ADEV, founder brand Rodeos Adam Selamet Nugraha berharap bahwa sabun Rodeos dapat menjadi solusi bagi mereka yang memiliki masalah kulit berjerawat. 

“Justru, bisnis itu kan lahir dari masalah, yang diselesaikan oleh kita dari perusahaan. Orang bermasalah karena jerawat, kita harus punya solusinya. Nah, semakin lama kita harus semakin ahli untuk profesional dalam membantu masalah konsumen.” ungkap Adam. 

Selain mendapatkan keuntungan, membangun ide bisnis yang bersifat problem solving ini mungkin dapat sekaligus membuat Anda melaksanakan tanggung jawab sosial kepada masyarakat sekitar seperti yang dilakukan Rodeos. 

“Kalau suka (dalam berbisnis) sih ketika dapat testimoni, itu Alhamdulillah udah suka banget. Kemudian juga mitra-mitra dan reseller kita yang tadinya tidak punya penghasilan, kesulitan ekonomi, dengan jualan rodeos akhirnya sedikit membantu.” tutur Adam kepada tim Marketing ADEV. 

Ingin mengikuti jejak sukses Rodeos dalam membantu mengatasi masalah jerawat konsumennya? Gunakan saja jasa maklon kosmetik ADEV! 

ADEV sebagai perusahaan jasa maklon kosmetik dapat membantu Anda membuat produk kosmetik dan personal care yang bisa menjadi solusi untuk permasalahan kulit banyak orang. 

Manfaat produk kosmetik yang dibuat juga bisa disesuaikan sesuai keinginan Anda, misalnya mengatasi jerawat, mencerahkan, melembapkan, hingga anti-wrinkle.

Manfaatkan Tren & Peluang yang Sedang Berkembang

ide bisnis
  • Save

Pernahkah Anda tertarik untuk membeli sesuatu karena sedang tren dan semua orang membicarakannya? Tentu pernah, bukan? Seakan tak mau ketinggalan, banyak orang yang memutuskan membeli sesuatu karena adanya tren. 

Oleh sebab itu, ide bisnis dengan memanfaatkan tren merupakan ide yang layak Anda coba. Memanfaatkan tren yang sedang berkembang ini membuat Anda berkesempatan meraih keuntungan yang tak sedikit, lho. 

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi adanya tren. Salah satunya adalah event atau musim sebuah tren itu sendiri, sebagai contoh pada event ramadhan dan lebaran, permintaan akan busana muslim meningkat drastis karena menjadi tren bagi masyarakat yang beragama islam.

Ide bisnis juga dapat muncul karena adanya suatu peristiwa, contohnya beberapa waktu lalu dunia sangat dipengaruhi oleh pandemi COVID-19. 

Hal ini menyebabkan adanya peningkatan terhadap produk kebersihan dan kesehatan seperti masker, sabun, disinfektan, dan hand sanitizer

Namun, hal yang perlu Anda ingat adalah tren bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian. Anda sebagai pebisnis juga harus berinovasi agar bisnis tetap berjalan secara berkelanjutan.

Nah, itu lah tips menemukan ide bisnis yang cocok untuk Anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang masih bingung untuk memulai bisnis!

Last Updated on 29 April 2021 by Desya Nur Fitriyani

0 Shares

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WeCreativez WhatsApp Support
Business Consultant
Halo, dengan Ira sebagai Business Consultant di sini. Ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top
Copy link
Powered by Social Snap