fbpx

5 Tren Kecantikan 2021 untuk Peluang Bisnis Kosmetik

Tren kecantikan terus berkembang setiap tahunnya. Sebagai pelaku bisnis di bidang kosmetik, Anda perlu memperhatikan tren kecantikan 2021 agar produk yang dibuat terus relevan dengan perkembangan pasar. Anda tentu tak ingin menjual produk yang ketinggalan zaman, bukan? 

Maka dari itu, yuk, simak artikel tentang tren kecantikan 2021 yang bisa jadi peluang dan inovasi bisnis Anda berikut ini. 

1. Produk Multifungsi Semakin Populer

tren kecantikan 2021

Pernahkah Anda mendengar tentang produk kosmetik multifungsi? Sesuai namanya, produk multifungsi adalah suatu produk yang memiliki fungsi lebih dari satu. Produk kosmetik multifungsi seringkali menambahkan kata 2-in-1 dalam penawarannya. 

Produk yang menawarkan kemudahan dan keringkasan bagi para penggunanya ini ternyata semakin populer dan diprediksi bisa menjadi tren kecantikan 2021. 

Dilansir dari laman WGSN, sebuah perusahaan peramalan tren, formula bar padat adalah kategori produk yang cocok dengan tren multifungsi ini. Misalnya, Hydrating Shampoo Bar dari Christophe Robin berfungsi untuk membersihkan rambut sekaligus merawat kulit kepala. 

Selain itu, terdapat Anti-Blemish Solutions Cleansing Bar for Face & Body dari brand Clinique yang dapat digunakan di seluruh tubuh, dikatakan dapat membantu mengurangi kemerahan dan mengatasi jerawat serta membersihkan. 

All Natural Mosquito Repellent Soap dari brand Osana merupakan sabun multifungsi yang dilengkapi kandungan citronella dan ekstrak daun menthol natural untuk membersihkan tubuh sekaligus menghindari gigitan nyamuk ketika berpergian. 

Nah, produk-produk multifungsi di atas datang dari brand luar negeri yang memiliki harga cukup mahal. Namun, tak perlu khawatir, Anda juga bisa membuat produk sabun bar multifungsi berkualitas dengan harga terjangkau bersama jasa maklon kosmetik BPOM ADEV. 

ADEV menyediakan layanan maklon sabun multifungsi yang bisa digunakan sebagai sabun wajah dan sabun badan. Formulasi sabun multifungsi ADEV juga selalu mengutamakan mutu dan kualitas. Tak heran jika sabun multifungsi ADEV sudah dipercaya beberapa brand kosmetik lokal dan sangat laris di pasaran. 

Bagaimana? Tertarik membuat sabun multifungsi yang jadi tren kecantikan 2021 dengan brand Anda sendiri? 

2. Kosmetik Ramah Lingkungan

tren kecantikan 2021

Belakangan ini, banyak yang mulai peduli dan menyuarakan tentang hidup yang ramah lingkungan. Tak heran jika istilah-istilah seperti go green, eco friendly, dan sustainable living kini sering kita dengar. 

Gaya hidup tersebut ternyata berpengaruh cukup besar terhadap kehadiran produk kosmetik ramah lingkungan. Orang-orang juga mulai beralih ke produk ramah lingkungan sebagai langkah kecil untuk menyelamatkan bumi kita. 

Kosmetik ramah lingkungan sebagai tren kecantikan 2021 ini didukung oleh pernyataan dari Mintel, perusahaan riset pasar yang berbasis di London. 

Mintel menyebutkan bahwa brand kecantikan memiliki peluang untuk menghadirkan inovasi produk ramah lingkungan yang waterless / water saving formula seiring dengan konsumen yang kini berusaha untuk hidup lebih berkelanjutan (sustainable living).

Menurut Mintel Global New Products Database (GNPD), hampir setengah dari produk kecantikan dan personal care ramah lingkungan yang diluncurkan pada 2019 berasal dari produk perawatan kulit atau skincare.

Mintel juga menyebutkan format bar atau padat adalah formula yang tepat untuk produk ramah lingkungan. Karena, selain membutuhkan sedikit air dalam pembuatan, formula padat juga dapat membantu menjaga stabilitas bahan, khususnya yang mudah rusak atau teroksidasi seperti vitamin C.

Dari sisi bisnis, kosmetik padat seperti sabun batang juga sangat cocok untuk Anda! Bagaimana tidak? Produk sabun batang dengan formula padat membutuhkan biaya yang lebih murah. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang tak sedikit dari bisnis sabun batang.

3. Ekstrak Tumbuhan yang Bermanfaat

ekstrak tumbuhan
sumber: freepik

Kandungan bahan aktif dalam suatu produk kecantikan menjadi unsur yang penting. Apalagi, ketika produk tersebut merupakan produk perawatan kulit. Bagi pebisnis yang masih awam mengenai kandungan dalam produk, tren kecantikan 2021 ini mungkin bisa membantu Anda.

Melansir Sozio, ekstrak tumbuhan yang bermanfaat diprediksi menjadi tren kecantikan 2021 karena klaim tumbuhan terus menunjukkan pertumbuhan yang stabil seiring dengan meningkatnya permintaan konsumen akan formulasi alami dan nabati. Apa saja ekstrak tumbuhan tersebut? Ini di antaranya: 

Centella Asiatica 

Daun pegagan atau yang lebih dikenal dengan nama Centella Asiatica belakangan menjadi favorit dalam dunia kecantikan. Kepopuleran Centella Asiatica bahkan diprediksi masih terus berlanjut dan bisa menjadi salah satu tren kecantikan 2021. 

Menurut studi yang dipublikasikan dalam jurnal Advances in Dermatology and Allergology, Centella Asiatica memiliki senyawa aktif triterpenoid saponin, meliputi asiaticoside, asam asiatik aglikon, madecassoside dan asam madasiatic. 

Centella juga mengandung komponen lain, antara lain minyak atsiri (0,1%), flavonoid, tanin, fitosterol, dan asam amino.

Centella Asiatica dipercaya dapat bertindak sebagai anti bakteri, anti oksidan, anti fungal yang efektif dalam meningkatkan pengobatan luka kecil, luka hipertrofik, luka bakar, psoriasis dan skleroderma. 

Karena manfaatnya tersebut, Centella Asiatica banyak digunakan sebagai kandungan skincare yang bertujuan untuk mengurangi peradangan dan menenangkan kulit. 

Tertarik membuat skincare dengan bahan aktif Centella Asiatica? Anda bisa mempercayakannya kepada jasa maklon skincare ADEV. Kami memiliki bahan aktif Centella Asiatica berkualitas yang bisa menjadi bahan aktif dalam produk sabun, toner, cream wajah, serum, dan lain-lain. 

Bakuchiol

Bakuchiol merupakan ekstrak dari biji tanaman babchi (Psoralea corylifolia). Bakuchiol diprediksi menjadi tren kecantikan 2021 karena disebut sebagai alternatif alami dari retinol. Retinol adalah senyawa aktif dalam skincare yang digunakan untuk kebutuhan anti-aging atau anti penuaan. 

Lalu, apa yang menjadikan bakuchiol ini istimewa? 

Bakuchiol berasal dari ekstrak tanaman, sehingga bakuchiol bisa meningkatkan pergantian sel dan kolagen tanpa menimbulkan efek samping dan iritasi yang tidak diinginkan. Sedangkan, penggunaan retinol bisa memicu iritasi pada kulit yang sensitif. 

Melansir dari penelitian dalam jurnal British Journal of Dermatology, bakuchiol yang kaya akan antioksidan merangsang produksi kolagen dan mengurangi tanda-tanda penuaan seperti garis halus, kerutan, kelemahan kulit, dan kerusakan kulit akibat sinar matahari secara keseluruhan. 

Penggunaan bakuchiol tidak menyebabkan kulit bersisik, rasa menyengat, terbakar dan gatal pada kulit.

Mugwort

Bagi Anda yang mengikuti perkembangan industri kecantikan Korea Selatan, pasti tak asing lagi dengan tanaman yang satu ini. Mugwort atau daun baru cina adalah tanaman yang telah digunakan selama beberapa generasi dalam dunia pengobatan, perawatan kulit dan kuliner Korea.

Mugwort yang memiliki nama ilmiah Artemisia Vulgaris ini terkenal dengan kemampuannya dalam menyeimbangkan hormon, meredakan nyeri otot, mengatur siklus menstruasi, dan memulihkan sirkulasi. 

Tak berhenti di situ, Mugwort juga banyak dimanfaatkan sebagai kandungan produk perawatan kulit. Ekstrak tanaman Mugwort memiliki sifat detoksifikasi dan penyembuhan yang sangat kuat. 

Hal ini menjadikan Mugwort sebagai bahan yang tepat untuk jenis kulit yang rentan berjerawat, kering atau sensitif. Selain itu, ekstrak Mugwort juga memiliki efek anti inflamasi, anti jamur, dan anti bakteri. Tak heran jika Mugwort bisa menjadi salah satu bahan aktif yang menjadi tren kecantikan 2021. 

4. Inovasi Pengharum dalam Kosmetik

jasa maklon parfum

Pada tahun 2020 lalu, dunia banyak mengalami perubahan dan penyesuaian baru akibat pandemi. Perubahan tersebut ternyata turut mempengaruhi penggunaan pengharum atau fragrances dalam dunia kosmetik dan tren kecantikan 2021. 

Menurut Jenni Middleton, direktur dari WGSN Beauty, menyebutkan bahwa ada inovasi baru tentang pengharum di tahun pandemi ini. Jenni menjelaskan bahwa fungsi pengharum tak berhenti untuk sekedar menaikan mood atau meringankan stres.

Kini inovasi parfum atau pengharum bisa dikembangkan sebagai pengingat pada tempat-tempat yang tidak bisa lagi kita kunjungi, seperti aroma musim panas, aroma gunung, dan aroma-aroma yang spesifik pada lokasi tertentu.

Di sisi lain, produk dekoratif mengalami penurunan namun tidak lepas dari inovasi ini untuk menghidupkan dan memberi sensasi tersendiri ketika menggunakannya. Ada lipcream aroma kopi hingga dengan fragrance extract sayur-sayuran seperti bit juga bisa menjadi bagian inovasi. 

Inovasi tren kecantikan 2021 ini bisa Anda adaptasi untuk produk yang akan dibuat bersama maklon lipcream dan maklon parfum ADEV. Kami menyediakan berbagai jenis parfum yang bisa mendekatkan atau mengeksplorasi wewangian natural seperti botanical garden, lily garden, dan masih banyak lagi.

5. Kemasan Kosmetik yang Berkelanjutan

sumber: freepik

Banyaknya orang-orang yang mulai peduli dengan lingkungan membuat industri kecantikan beralih ke kemasan kosmetik yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Kemasan yang ramah lingkungan juga biasanya didukung dengan desain kosmetik yang sederhana.

Desain kemasan produk berfokus pada kesederhanaan dan skema warna yang bersih membantu suatu brand lebih menonjol dari yang lain dan memberikan kesan klinis pada merek. Contohnya desain pada kemasan produk dari brand The Ordinary, Paula’s Choice, Kiehl’s, Mizon, Benton, dan Klairs. 

Bersama ADEV, Anda bisa membuat desain kemasan produk dengan mengadopsi tren kecantikan 2021 ini. ADEV menyediakan layanan pembuatan desain kemasan yang termasuk ke dalam biaya maklon kosmetik. Desain kemasan bisa Anda pilih sesuai dengan preferensi pribadi. 

Nah, itulah beberapa tren kecantikan 2021 yang bisa Anda terapkan menjadi inovasi bisnis kosmetik. Tertarik membuat produk tersebut dengan brand Anda sendiri? Yuk, klik tombol di bawah ini untuk memulai!

5/5 - (3 votes)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WeCreativez WhatsApp Support
Business Consultant
Halo, dengan Damai sebagai Business Consultant di sini. Ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top