fbpx

Tren Pasar Kecantikan dan Personal Care 2021 yang Wajib Pebisnis Kosmetik Ketahui

Setelah krisis yang diakibatkan oleh pandemi, terjadi perubahan perilaku konsumen di tahun 2021 yang turut mempengaruhi tren pasar kecantikan dan personal care.

Sebagai pebisnis kosmetik, Anda tentunya perlu mengetahui hal yang berkaitan dengan perilaku konsumen agar tepat dalam menentukan strategi penjualan yang bisa menghasilkan keuntungan untuk bisnis.

Tren pasar kecantikan ini juga bisa menjadi panduan sebelum memulai bisnis bersama jasa maklon kosmetik demi mewujudkan produk kosmetik yang sesuai dengan permintaan. 

Yuk, simak artikel tentang tren pasar kecantikan dan personal care di tahun 2021 yang wajib Anda ketahui berikut ini. 

‘Clean Beauty’ Jadi Pilihan Baru

  • Save

Clean beauty secara harfiah diartikan sebagai ‘kecantikan yang bersih’. Clean beauty berarti produk kosmetik atau skincare yang mengutamakan keamanan dan dibuat tanpa bahan-bahan yang bisa memberikan efek berbahaya pada kesehatan.

Dilansir dari penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Women’s Dermatology, produk kosmetik dan perawatan pribadi yang mengusung konsep ‘kecantikan yang bersih’ diproyeksikan menghasilkan pendapatan lebih dari $20 miliar pada tahun 2024 mendatang.

Clean beauty disebut akan menjadi standar dan tren pasar pada aspek kecantikan dan personal care. Hal ini terjadi karena adanya pergeseran minat konsumen yang lebih tertarik pada keamanan dan transparansi kandungan suatu produk. 

Clean beauty sebenarnya tidak fokus pada penggunaan bahan-bahan yang benar-benar alami saja, misalnya tumbuh-tumbuhan herbal. Namun juga dapat mengandung bahan yang dibuat melalui teknologi laboratorium yang aman. 

Asalkan bahan yang dibuat dengan teknologi laboratorium tersebut harus terbebas dari kandungan berbahaya atau non-toxic.

Clean beauty memastikan bahwa bahan yang digunakan adalah bahan yang hanya dibutuhkan untuk kulit, diuji secara klinis dan dipastikan tidak memberikan dampak buruk pada kulit maupun lingkungan ketika digunakan. 

Ingin buat brand skincare yang mengusung konsep clean beauty? Ini saatnya Anda untuk membuat produk skincare dengan merek sendiri, apalagi produk perawatan kulit masih akan menjadi titik paling terang dari industri kecantikan global hingga tahun 2025. 

Anda bisa mempercayakan pembuatan skincare pada jasa maklon kosmetik ADEV! 

Seluruh proses produksi kosmetik dan skincare di ADEV dilakukan di pabrik kosmetik yang telah memiliki sertifikat CPKB A dari BPOM serta telah melalui proses pengujian klinis di laboratorium, lho. 

Praktik Skinimalism yang Baik untuk Kulit

  • Save

Tren kecantikan yang diprediksi akan berkembang di tahun 2021 adalah ‘skinimalism’ yang berasal dari kata ‘skin’ dan ‘minimalism’

Menurut Pinterest Predicts, skinimalism adalah praktik minimalis dari rutinitas kecantikan yang membiarkan tekstur kulit alami bersinar dengan sendirinya tanpa membutuhkan banyak produk.

Ide di balik skinimalism adalah menggunakan sedikit produk untuk menjaga kulit tetap sehat.

Ahli dermatologi menyarankan untuk cukup fokus pada tiga produk dasar. Tiga produk itu di antaranya sabun wajah yang berfungsi untuk membersihkan kulit dari kotoran dan sebum, krim pelembap untuk membuat kulit terlindungi dengan sehat, dan tabir surya atau sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV. 

Anda bisa mengadopsi tren skinimalism dengan membuat tiga produk skincare dasar yang bermanfaat untuk membuat kulit menjadi cerah dan membiarkan konsumen memamerkan tampilan natural dan kecantikan alami mereka. 

ADEV sebagai produsen kosmetik dan skincare juga mendukung tren skinimalism dengan menyediakan produksi kosmetik yang multifungsi seperti sabun bar untuk wajah dan tubuh, krim pelembap yang bisa digunakan pada siang dan malam hari, krim yang memiliki kandungan SPF, lip serum yang bisa mencerahkan sekaligus menutrisi bibir, dan masih banyak lagi. 

Konsumen Akan Terus Perhatikan Kebersihan dan Kesehatan

  • Save

Kebersihan dan kesehatan menjadi perhatian utama banyak orang, terutama ketika pandemi berlangsung seperti saat ini. 

Dibuktikan dengan adanya lonjakan permintaan terbesar pada kategori bath and shower pada tahun 2020 lalu akibat COVID-19. Hal ini terjadi karena konsumen menjadi semakin sadar dalam meningkatkan kebersihan dan kebersihan pribadi.

Tren ini bisa menjadi panduan Anda untuk membuat produk yang berfokus ke kebersihan dan perawatan diri seperti sabun mandi yang berbentuk bar atau cair. 

ADEV bisa membantu Anda mewujudkan produk tersebut dengan formulasi yang sesuai dengan keinginan, seperti warna, aroma, bahan aktif, hingga kemasan. 

Sebaliknya, produk kosmetik yang berkaitan untuk merias penampilan mengalami penurunan volume penjualan yang signifikan, seperti kosmetik dekoratif dan wewangian. 

Inovasi Belanja Online Jadi Jawaban Tren Pasar

Penggunaan e-commerce untuk belanja produk kecantikan dan perawatan pribadi diprediksi masih menjadi yang terdepan dalam kompetisi 2021 dan seterusnya. 

Brand kecantikan terus bersaing untuk meningkatkan perhatian konsumen dan berusaha untuk menciptakan pengalaman berbelanja yang positif, baik secara online maupun offline.

Perkembangan e-commerce juga membantu brand kosmetik mendapatkan akses yang mudah ke konsumen yang baru. Tak heran merek kosmetik tingkat global, lokal, private label, dan independen bersaing untuk mendapatkan perhatian dari konsumen.

Lalu, bagaimana caranya agar brand kosmetik Anda dapat bersaing di pasar online

Terdapat beberapa hal yang harus pebisnis perhatikan seperti keterlibatan konsumen, informasi produk tambahan, dan mungkin diskon besar-besaran. 

Anda bisa menggunakan fitur live streaming untuk membuat konsumen merasa lebih berinteraksi dan terlibat yang bisa mengarahkan mereka ke keputusan pembelian. 

Brand kecantikan sebaiknya terus membangun interaksi digital dan platform belanja online untuk membuat konsumen merasa semakin nyaman membeli produk kosmetik tanpa terlebih dahulu memeriksanya secara langsung.

Sesuaikan dengan keinginan konsumen yang kini cenderung memprioritaskan efektivitas, keterjangkauan, aspek multi fungsi dari suatu produk, dan menggunakan formulasi klinis yang didukung sains.

Brand kecantikan yang memiliki nilai dan tujuan, memahami tren digital, didukung secara klinis, memiliki harga yang terjangkau, kemungkinan besar akan mengalami perkembangan yang pesat.

ADEV sebagai jasa maklon kosmetik terbaik bisa mewujudkan dan mendukung Anda membangun brand kecantikan yang sesuai dengan tren pasar kecantikan seperti di atas. 

ADEV menyediakan beragam pilihan produk kosmetik yang bisa dikembangkan untuk brand Anda.

Tak perlu khawatir soal kualitas produk, karena dengan biaya maklon yang terjangkau dan syarat maklon kosmetik yang mudah, seluruh pembuatan kosmetik dilakukan oleh SDM berpengalaman, teruji klinis di laboratorium, dan terjamin legalitasnya (BPOM, HKI, Halal).

Yuk, mulai bisnis kosmetik Anda sekarang juga dengan klik tombol di bawah ini! 

0 Shares

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WeCreativez WhatsApp Support
Business Consultant
Halo, dengan Ira sebagai Business Consultant di sini. Ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top
Copy link
Powered by Social Snap