fbpx

Tantangan & Peluang Bisnis Kosmetik Brand Sendiri di Indonesia

Memulai bisnis kosmetik brand sendiri di Indonesia tidaklah mudah. Terlebih bagi pengusaha pemula yang tidak memiliki pabrik sendiri. Namun, Anda bisa mengubah tantangan tersebut menjadi peluang bisnis dengan adanya jasa pembuatan produk di perusahaan maklon kosmetik

Jasa Maklon kosmetik adalah jenis layanan yang dapat membantu Anda dalam memproduksi kosmetik, skincare, dan beragam produk kecantikan dengan brand anda sendiri. Spesifikasi produk yang ingin dibuat nantinya ditentukan oleh Anda sebagai pemilik merek atau brand

Dengan bekerja bersama perusahaan maklon kosmetik, Anda bisa membuat berbagai varian produk kecantikan yang diminati di Indonesia. Selain membantu dalam proses produksi, maklon kosmetik atau maklon skincare juga bisa menjadi solusi untuk Anda yang ingin memulai bisnis tanpa harus kesulitan mengurus perizinan. 

Nah, sebelum memulai bisnis kosmetik brand sendiri bersama perusahaan maklon, yuk, simak peluang dan tantangannya berikut.                                                                                                                                                                                                                                                                                

Peluang Bisnis Kosmetik Brand Sendiri Indonesia

bisnis kosmetik brand sendiri
  • Save

Produk kecantikan meliputi kosmetik dan skincare, saat ini menjadi favorit di Indonesia. Bahkan, menurut data yang dilansir dari SAC, Indonesia terus berkembang menjadi salah satu dari lima pasar teratas untuk kosmetik dan skincare dalam dekade yang akan datang.

Saat ini pun banyak pebisnis muda yang sukses dengan menjual kosmetik dan skincare di Indonesia. Biasanya, mereka memulai usaha tersebut karena berawal dari hobi menggunakan produk kecantikan  atau karena pengalaman menggunakan skincare yang berhasil mengatasi masalah mereka. 

Nah, bagi Anda yang memiliki passion di bidang produk kecantikan, bisnis kosmetik brand sendiri bisa menjadi pilihan. Yuk, ketahui penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Permintaan Kosmetik Terus Meningkat

Bisnis kecantikan di Indonesia dinilai makin berkembang dan cemerlang. Menurut data Euromonitor International, bisnis beauty dan personal care tumbuh rata-rata 9% per tahun dan diproyeksi akan terus bertumbuh 7,2% per tahun hingga 2021. 

Data tersebut membuktikan bahwa bisnis kosmetik brand sendiri bisa menjadi peluang yang menguntungkan untuk Anda. 

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi trend bisnis kosmetik di Indonesia. Pertama, jumlah perempuan, sebagai konsumen mayoritas yang terus meningkat dan mengeksplorasi produk baru. 

Kedua, sifat generasi  muda, yang lagi-lagi merupakan konsumen mayoritas, dengan keingintahuan yang tinggi dan kemudahan akses informasi. Generasi muda senang mengeksplorasi produk-produk baru dan menolak merek yang digunakan oleh orangtua mereka.

Jika dulu remaja mengenal kosmetik mulai usia 18 tahun, sekarang remaja berumur 13 hingga 15 tahun sudah mulai mengenal kosmetik. Kini remaja cenderung memiliki ketertarikan yang besar untuk mencoba berbagai jenis produk kosmetik. Apalagi dengan adanya sosial media membuat banyak orang ingin tampil lebih menarik.

Permintaan produk kosmetik dan skincare juga mengalami peningkatan karena adanya beberapa faktor lain seperti meningkatnya pendapatan perkapita masyarakat, adanya promosi, digitalisasi, dan perubahan gaya hidup. 

Selain itu, para public figure seperti selebritis juga kelihatannya terlihat tidak ingin ketinggalan ‘tren’ dengan berusaha memanfaatkan peluang bisnis produk kecantikan seperti kosmetik dan  skincare yang menjanjikan ini secara maksimal.

Tantangan Bisnis Kosmetik & Skincare di Indonesia

Setelah membahas peluang bisnis kosmetik brand sendiri, Anda juga perlu tahu beberapa tantangan bisnis di bidang ini. Mengetahui tantangan bisa membuat Anda menentukan strategi yang bisa digunakan di masa yang akan datang. 

Persaingan Harga

Pertumbuhan industri kosmetik yang meningkat setiap tahunnya tentu membuat banyak pelaku usaha memutuskan terjun di bidang ini, termasuk Anda. Hal ini membuat persaingan harga di industri kosmetik menjadi salah satu tantangan yang wajar Anda hadapi nantinya. 

Masyarakat kini diberikan banyak pilihan produk kosmetik dan skincare dengan harga yang variatif, mulai dari harga puluhan ribu hingga jutaan. Maka dari itu, sebagai pelaku usaha, pastikan Anda memulai bisnis kosmetik brand sendiri dengan harga yang sesuai dengan target konsumen. 

Tak hanya menentukan harga yang bisa bersaing,  pastikan juga untuk memiliki formula dan spesifikasi produk yang berkualitas. Karena produk yang berkualitas dengan harga terjangkau tentu akan diminati konsumen. 

Kedua hal di atas akan membantu bisnis kosmetik brand sendiri bersaing di pasaran. Karena kini berbagai merek muncul dengan mengunggulkan formula dan spesifikasi masing-masing. Mulai dari perusahaan berkelas internasional sampai merek-merek lokal yang kini popularitasnya dengan cepat meningkat salah satunya karena platform toko online yang marak.

Untuk membuat produk kosmetik dengan harga yang terjangkau dan formulasi terbaik, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan produk di perusahaan maklon ADEV.

Perubahan Tren Pasar Kosmetik

Bisnis produk kosmetik dengan brand sendiri biasanya akan menguntungkan jika sang pemilik memahami tren yang terus berganti tiap tahunnya. Bahan aktif dalam kosmetik dan skincare yang sesuai dengan trennya akan lebih menarik konsumen. 

Selain itu, konsumen saat ini sudah sangat cerdas dalam memahami bahan baku dan penggunaannya. Selain tampilan akhir  kosmetik dan skincare setelah diaplikasikan, mereka juga memperhatikan khasiat bahan baku yang terkandung cocok atau tidaknya dengan yang mereka butuhkan. 

Pemalsuan Kosmetik

cek keaslian produk
  • Save

Berkembangnya industri kosmetik dan skincare yang semakin cemerlang membuat Anda tetap harus waspada dengan barang-barang palsu atau ilegal. Bukan tidak mungkin bahwa produk kosmetik dengan merek Anda dipalsukan oleh orang tidak bertanggung jawab. 

Produk kosmetik dan skincare palsu juga terkadang dijual dengan harga yang sangat murah dan jauh di bawah harga pasaran sehingga membuat konsumen tergiur. Dikhawatirkan barang-barang palsu atau ilegal tersebut mengandung bahan-bahan berbahaya bagi kulit, bahkan untuk kesehatan secara keseluruhan. 

Pemalsuan kosmetik yang beredar di pasaran bisa saja membuat produk Anda tak dipercaya oleh konsumen karena khawatir akan mendapatkan barang palsu. Namun, Anda tak perlu khawatir akan tantangan pemalsuan produk. 

Bersama maklon kosmetik legal BPOM ADEV, produk Anda dapat dipastikan keamanannya oleh konsumen. Setiap kosmetik yang diproduksi di ADEV dapat dipastikan keasliannya karena memiliki nomor dan kode yang dapat dideteksi melalui situs cek.adevnatural.co.id.

Peranan Perusahaan Maklon di Industri Kosmetik

Apakah Anda bertanya-tanya bagaimana skincare bermerek indie bisa diproduksi produknya dengan mudah? Jawabannya adalah berkat peran pabrik maklon kosmetik, yakni perusahaan yang memproduksi produk kosmetik untuk pihak lain.

Nah, berikut ini adalah beberapa keuntungan menggunakan jasa maklon kosmetik.

Perizinan Lebih Mudah dengan Perusahaan Maklon

Perusahaan maklon kosmetik sangat membantu orang yang kesulitan untuk mengurus perizinan produk BPOM dan kehalalan dari LP POM MUI. Standar mutu produk, kesesuaian standar bahan, jenis kemasan, klaim merupakan beberapa hal yang perlu disiapkan saat register produk di BPOM. 

Perusahaan maklon kan memudahkan para pebisnis sehingga tidak perlu bersusah payah mengurus legalitas produk dan segala macam hal yang berkaitan dengannya. Tidak hanya itu, ADEV juga membantu Anda mengurus legalitas dan sertifikasi produk seperti merek, BPOM dan halal.

Pembuatan Produk Lebih Customize dan Lebih Mudah dengan Maklon

Sebagai perusahaan maklon, ADEV memberikan kebebasan kepada konsumen untuk membuat formula dan spesifikasi produk kosmetik dan skincare. Mulai dari bahan baku, bahan aktif, warna produk,  hingga kemasan.

Anda tertarik memiliki produk skincare dengan merek sendiri  dan memulai bisnis sekarang juga? Langsung saja hubungi Business Consultant ADEV dengan mengisi formulir di laman ‘Order’ sekarang juga dan dapatkan sampel produk dalam 4 hari kerja! 

0 Shares

4 komentar untuk “Tantangan & Peluang Bisnis Kosmetik Brand Sendiri di Indonesia”

    1. Selamat pagi kak. Biaya maklon kosmetik dapat dimulai dari Rp 30 juta untuk satu varian produk. Harga tersebut sudah termasuk pengurusan legalitas seperti izin BPOM, HKI Merek, dan Halal. Silakan isi formulir (klik di sini) untuk konsultasi mengenai produk yang akan kakak buat bersama tim Business Consultant kami. Terima kasih

    1. Selamat pagi kak. Biaya maklon di ADEV dapat dimulai dari Rp30.000.000, sudah termasuk biaya pengurusan legalitas dan desain ya kak. Silakan isi formulir order (klik disini) untuk terhubung dengan Business Consultant kami dan mendapatkan informasi selengkapnya. Terima kasih

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WeCreativez WhatsApp Support
Business Consultant
Halo, dengan Ira sebagai Business Consultant di sini. Ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top
Copy link
Powered by Social Snap