fbpx

Maklon

Perusahaan penyedia jasa maklon telah terbukti membantu pengusaha atau pebisnis kosmetik semakin mudah berbisnis. Bagi pebisnis pemula sekalipun, maklon menjadi solusi terbaik untuk mereka. Dengan jasa ini, pebisnis tinggal memikirkan strategi memasarkan produknya saja.

Mau berbisnis kosmetik brand sendiri dengan jasa maklon terbaik?

Konsultasi Maklon
harga maklon kosmetik murah

Eits, sebelum memutuskan menggunakan jasa maklon, kamu sudah tahu belum apa itu maklon? 

Jika belum, kamu sedang berada di artikel yang tepat. Di sini, kamu tidak hanya akan mengetahui apa itu maklon, kamu juga akan menemukan istilah penting terkait maklon, sistem dan cara kerja maklon, macam-macam maklon, hingga rekomendasi pabrik maklon untuk bisnis kosmetik.

Yuk, langsung simak artikel ini sampai habis!

Apa itu Maklon?

Apa itu maklon

Maklon adalah bentuk kerja sama bisnis yang dijalankan oleh perusahaan manufaktur (pabrik) dan pemilik merek. Artinya, pabrik membuat produk atas permintaan pemilik merek produk. Istilah makloon atau maklon merupakan kata serapan dari bahasa Belanda “maakloon”. 

Arti kata maakloon adalah biaya atau upah produksi (manufacturing). Pada kamus KBBI, maklon memiliki kata baku maklun yang memiliki makna upah membuat pakaian, perhiasan, dan sebagainya. Dengan demikian, secara harfiah, artinya maklon adalah upah atas pembuatan produk.

Menurut kamus interglot, bahasa Inggris maklon adalah manufacturing cost (biaya manufaktur) atau cost of making (ongkos produksi). 

Kini, semakin jelas pengertian maklon itu apa, yaitu biaya atau upah atas pembuatan produk. Contohnya maklon produk kosmetik. 

Arti Maklon menurut Pebisnis

Indra Permana dalam bukunya 69 Sixty Nine Revolution menyebutkan bahwa strategi dan sistem maklon merupakan kerja sama produksi antara pemilik merek dengan perusahaan manufaktur.

Dalam dunia bisnis, arti maklon adalah win-win solution antara pemilik merek (brand owner) dengan produsen produk. Maklon menjadi solusi terbaik karena pebisnis dapat membuat produk tanpa harus memiliki pabrik sendiri.

Istilah Penting Terkait Maklon

Toll vs. Contract vs. Fully Fledged Manufacturing 

Jasa titip produksi adalah istilah lain dari makloon yang mengandung arti pengerjaan pembuatan produk dilakukan oleh pihak lain.

Melansir beberapa sumber, terdapat tiga istilah dalam bidang maklon in english, yakni toll manufacturing, contract manufacturing, dan fully fledged manufacturing.

  • Toll manufacturing

Perusahaan penyedia jasa maklon dengan ciri utama yaitu manufaktur hanya memberikan pelayanan produksi saja, tanpa menyediakan bahan baku produksi. Dengan jasa maklon ini, pelangganlah yang menyediakan bahan baku dan menentukan spesifikasi produk serta jumlah produksinya.

  • Contract manufacturing

Jika toll manufacturing hanya memberikan pelayanan produksi saja, jasa maklon ini sekaligus menyediakan bahan baku produksi sehingga risiko persediaan bahan ada pada manufaktur tersebut. 

Contract manufacturing juga disebut sebagai jasa maklon fungsi terbatas atau maklon sebagian. Maklon sebagian adalah jasa pembuatan produk dimana pabrik menyediakan fasilitas produksi, sedangkan bahan baku dan bahan penunjang disuplai oleh vendor.

  • Fully fledged manufacturing

Jenis jasa maklon ini adalah yang paling lengkap. Perusahaan yang menerapkan Fully fledged manufacturing akan bertanggung jawab dalam penyediaan bahan baku, proses produksi, dan menanggung resiko yang terkait dengan penjualan produk. Fully fledged manufacturing ini juga disebut sebagai pabrikan maklon penuh.

Job Order Maklon

Job order maklon adalah pekerjaan produksi yang dilakukan apabila ada order (pesanan) yang diterima oleh pabrik atau penyedia jasa maklon.

CMT (Cut, Make, Trim)

Istilah makloon berkaitan erat dengan aktivitas konveksi dalam bahasa Inggris yaitu Cut Make Trim (CMT). Istilah makloon di Indonesia lebih lazim dikenal dalam dunia pakaian (clothing) atau yang berkenaan dengan jahit-menjahit.

Admin maklon

Biaya atau admin maklon adalah sejumlah dana yang harus anda bayarkan ke perusahaan maklon yang besarnya sesuai dengan jumlah produk yang kamu order.

Cara Kerja Sistem Makloon

Ada 3 komponen utama dalam sistem makloon, yaitu penyedia, pengguna, dan produk. Produk diproduksi oleh penyedia berdasarkan order dari pengguna jasa.

Konsep atau cara kerja maklon cukup sederhana.

Pernahkah kamu menjumpai atau membaca label kemasan produk buatan pabrik yang berbunyi:

Produk X

Diproduksi oleh : PT. ABC

Untuk : PT. PQR

Didistribusikan oleh : PT. XYZ

Itulah contoh gambaran sistem jasa maklon bekerja. 

Ilustrasi Sistem Maklon

Lebih lanjut, kamu dapat lebih mudah memahami sistem maklon dengan ilustrasi di bawah ini.

Ketiga perusahaan (PT ABC, PT XYZ dan PT PQR) tersebut masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan.

PT ABC : Pabrik manufaktur yang mempunyai fasilitas produksi yang belum maksimal

PT PQR : Brand yang telah dikenal luas

PT XYZ : Perusahaan yang memiliki jaringan distribusi yang luas di dalam dan di luar negeri

Maka, PT ABC dan PT XYZ bersepakat untuk memanfaatkan kelebihan masing-masing dengan menggunakan sistem maklon.

Dari ilustrasi tersebut terlihat bahwa kerja sama maklon terjadi antara produsen (industry manufacturer) dengan pemilik merek atau brand suatu produk. Sistem kerja sama maklon merupakan sistem kerja sama yang saling menguntungkan antara produsen dan pemilik merek. 

Pabrik maklon bisa lebih fokus produksi sesuai standar BPOM (tanpa memikirkan bagaimana menjualnya), sedangkan pemilik brand bisa lebih fokus memasarkan dan menjual produk (tanpa memikirkan produksi).

Penyedia/Perusahaan/Pabrik Maklon

Perusahaan maklon adalah sebuah badan usaha yang menyediakan jasa produksi suatu produk yang spesifikasi produknya ditetapkan oleh vendor. Umumnya perusahaan maklon memiliki fasilitas produksi yang kapasitasnya belum maksimal.

Pabrik maklon adalah tempat memproduksi produk dengan spesifikasi berdasar pesanan vendor, baik badan usaha ataupun perseorangan. Vendor wajib membayar sejumlah biaya untuk kepentingan proses produksi di pabrik. 

Baca ulasan selengkapnya tentang pabrik maklon kosmetik.

Pengguna atau Vendor Maklon

Pengguna maklon umumnya memiliki pasar namun tidak memiliki sumber daya untuk produksi.

Dengan kata lain, pengguna maklon adalah orang atau pihak yang memiliki merek produk dan atau memiliki jaringan pemasaran yang luas. Beberapa diantaranya adalah:

  • Pengusaha jaringan pemasaran berjenjang (perusahaan MLM)
  • Pemilik atau pengelola usaha
  • Pemasar internet (internet marketers, imers)

Penjelasan selengkapnya, silahkan baca artikel kami tentang pelaku bisnis maklon.

Produk Maklon

Produk maklon adalah produk yang diproduksi oleh pabrik dengan spesifikasi berdasarkan pesanan vendor.

Spesifikasi produk maklon perlu dicatat dan dituangkan dalam dokumen perjanjian.

Proses Maklon

Prosedur maklon tiap perusahaan berbeda-beda, bergantung pada jenis perusahaan dan barang yang diproduksinya. Meskipun jenis komoditas produknya sama, maka alur maklon pun belum tentu sama. Hal tersebut terjadi karena setiap perusahaan punya nilai dan budaya yang unik.

Peraturan atau ketentuan perusahaan maklon pun mencerminkan nilai perusahaan.

Terkait dengan biaya maklon, ada perusahaan yang mengharuskan menyelesaikan pembayaran lunas di awal. Tetapi, ada pula yang hanya minta pembayaran tanda jadi (down payment, DP). Cara pembayarannya pun unik. Ada yang harus sekali bayar, ada pula yang boleh dicicil.

Maklon Kosmetik Semakin Dilirik 

Maklon Kosmetik

Ketika membahas maklon, umumnya yang muncul di benak masyarakat awam adalah jasa maklon di bidang tekstil, makanan, dan obat-obatan. Namun, ada salah satu sektor yang terus mengalami pertumbuhan yang mendorong jasa maklon di bidang ini semakin dicari.

Sektor tersebut adalah industri kosmetik, industri yang memiliki prospek yang cerah di masa depan. Kosmetik pun tidak terbatas pada produk dekorasi wajah saja, tetapi mencakup produk perawatan kulit (skincare), perawatan rambut (haircare), dan perawatan tubuh (bodycare). 

Tak bisa dipungkiri, meningkatnya pengguna kosmetik-kosmetik tersebut membuat jasa maklon kosmetik semakin dilirik. 

Tips Memilih Perusahaan Maklon Terbaik

Riset Statista.com memproyeksikan segmen kecantikan dan perawatan pribadi akan bertumbuh sekitar 6,46% setiap tahunnya (CAGR 2021-2025). Peluang bisnis kosmetik yang menjanjikan ini perlu dimanfaatkan. 

Kamu yang ingin memulai bisnis di bidang kosmetik, kini tidak perlu khawatir. Perusahaan maklon kosmetik hadir untuk memberikan kemudahan dalam bisnis kosmetik. Namun, kamu perlu memperhatikan perusahaan maklon yang akan kamu jadikan mitra. 

Supaya tidak salah memilih, simak dan terapkan tips berikut ini.

Reputasi Perusahaan Bagus

Tentu kamu ingin memiliki produk kosmetik yang berkualitas tinggi agar bisa bersaing di industri kosmetik. Oleh karena itu, penting bagi pengusaha dan pemilik bisnis kosmetik bermitra dengan perusahaan maklon memiliki reputasi yang bagus dan terpercaya.

Lalu, tahukah kamu perusahaan seperti apa yang terpercaya memproduksi barang dengan kualitas terbaik? Yuk, baca tips-tips selanjutnya.

Produknya Terdaftar di Badan POM

Legalitas produk menjadi aspek yang wajib diperhatikan. kamu perlu memastikan produk kosmetik yang dibuat mendapatkan izin resmi dari BPOM

Melansir Google Year in Search (2021), tiga hal yang menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli produk kosmetik, yaitu izin resmi, bahan baku, dan merek. Dengan produk yang terdaftar di Badan POM, kamu dapat menjual produk kepada konsumen dengan lebih percaya diri.

Menjual produk kosmetik merek sendiri yang terjamin legalitasnya menjadi suatu kebanggaan sendiri dan meningkatkan value di pandangan konsumen. Kamu bisa menggunakan jasa maklon kosmetik ADEV yang juga bisa membantu kamu mendaftarkan produk kosmetik di BPOM.

Pelayanan Fast Response

Speed is a new currency, begitulah slogan dalam bisnis. Untuk scale up dan pengembangan bisnis, maka anda perlu bekerjasama dengan pabrik maklon kosmetik yang cepat tanggap (fast response).

Layanan yang cepat bisa membuat customer retention tinggi. Mereka akan loyal pada perusahaan yang responsif. Ketika menemui masalah, maka masalah tersebut dapat segera teratasi.

Beda halnya apabila layanan lambat. Saat kita membutuhkan solusi yang cepat, tetapi respons customer service lambat, maka kita akan berpikir untuk mencari perusahaan lain yang lebih cepat dan tanggap dalam merespon. Jadi, pilihlah perusahan kosmetik yang fast response seperti PT ADEV Natural Indonesia.

Riset Produk Lengkap dan Cepat

Pasar kosmetik di Indonesia termasuk volatil. Artinya, siklus produk di market tidak bertahan lama. Ada yang mengatakan jangka waktunya sekitar 2-3 tahun.

kamu perlu bekerja sama dengan manufaktur maklon yang memahami dan andal dalam meriset trend bisnis dan kecantikan. Selain itu, kemampuan forecast atau memprediksi trend di masa depan juga bisa membuat bisnis kamu lebih unggul. kamu bisa membuat prototype produk lebih cepat dibandingkan kompetitor.

Untuk membuat prototype produk, pabrik maklon perlu dilengkapi dengan laboratorium yang memadai. Di laboratorium inilah dilakukan penelitian dan pengembangan produk.

Jika bisa mengantisipasi perubahan cepat di pasar, maka kamu tidak akan ketinggalan trend pasar. Bahkan, kamu bisa menjadi leader di pasar. Implikasinya, keuntungan usaha menjadi semakin besar.

Rekomendasi Perusahaan Maklon Terbaik

PT ADEV Natural Indonesia adalah perusahaan manufaktur kosmetik atau jasa maklon kosmetik yang ada di Bogor, Indonesia. Banyak vendor yang mempercayakan pembuatan produknya di perusahaan maklon ini, mulai dari Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Solo, Makasar, dan masih banyak lagi.

Jasa maklon ADEV adalah perusahaan yang menghasilkan produk kosmetik yang aman dan berkualitas. Pabrik maklon ini juga amanah (terpercaya) dan cepat tanggap terhadap keluhan dan kebutuhan pelanggan. 

Bagi kamu yang ingin mengembangkan brand (merek), maka kamu tidak perlu memulai usaha dari nol di bidang manufacturing. Kamu bisa fokus untuk memasarkan produk, sedangkan produksinya dapat kamu serahkan kepada manufaktur penyedia maklon. 

Ini adalah peluang bisnis yang perlu kamu manfaatkan secara maksimal. Jasa maklon seperti ADEV tidak ingin membuat customer kesulitan. Justru ingin memudahkan urusan bisnisnya. Untuk itu, kami menyediakan syarat maklon yang mudah dengan biaya maklon kosmetik yang terbilang murah.

Selain itu, kamu akan mendapatkan pelayanan yang lengkap mulai dari produksi hingga pendaftaran legalitas BPOM dan Halal. Tunggu apa lagi? Yuk, buat produk kosmetik dengan brand kamu sendiri!

Macam-macam Maklon Produk Kecantikan

Beberapa contoh jasa maklon produk kecantikan (kosmetik) di ADEV adalah sebagai berikut:

Jadi, kamu ingin maklon produk kosmetik apa? Beritahu kami dengan menekan tombol di bawah ini.

Pelajari lebih lanjut tentang maklon melalui tautan berikut:

5/5 - (8 votes)