whatsapp-adev

Bisnis Kecantikan

Panduan Lengkap Memulai Bisnis Krim Kecantikan

Published:

Updated:

purwanto

No Comments

Apakah Anda ingin memulai bisnis krim kecantikan tapi bingung harus mulai dari mana? Banyak orang tertarik untuk berwirausaha di industri kecantikan yang menjanjikan, namun kurang informasi tentang langkah-langkah memulai usaha.

Padahal persaingan di bisnis kosmetik sangat ketat dan dibutuhkan perencanaan matang agar sukses (agitate).

Oleh karena itu, artikel ini akan memberikan panduan lengkap dari A sampai Z mulai dari alasan mengapa anda bisnis produk ini, step by step memulai dan menjalankan bisnis, hingga strategi pemasaran agar bisnis krim kecantikan Anda dapat bersaing dan sukses di pasaran.

Sangat cocok bagi Anda yang tertarik berwirausaha di bidang kecantikan dan mencari informasi tentang cara memulai usaha yang menguntungkan serta bertahan lama.

Yuk simak selengkapnya!

Mengapa Bisnis Krim Kecantikan Menjanjikan?

Bisnis krim kecantikan merupakan salah satu bisnis kosmetik yang menjanjikan di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya:

Pertumbuhan Industri Kecantikan di Indonesia

Industri kecantikan di Indonesia terus mengalami pertumbuhan yang signifikan. Menurut data yang dihimpun liputan6.com, pada tahun semester 1 tahun 2023, pertumbuhan industri kecantikan mencapai 21,9%.

Jumlah perusahaan kosmetik di Indonesia pada tahun 2022 adalah 913 perusahaan, dan pada pertengahan 2023 menjadi 1.010 perusahaan. Hal ini menunjukkan bahwa bisnis krim kecantikan memiliki potensi pasar yang besar.

Lebih jauh, kompas.id menyebutkan bahwa pertumbuhan industri kecantikan nasional diprediksi mencapai 4,59% per tahun dari 2023-2028.  Kontan mencatat pendapatan industri kosmetik kecantikan dan perawatan pribadi di Indonesia pada tahun 2023 diperkirakan mencapai US$8,09 miliar.

Permintaan Produk Kecantikan Lokal yang Tinggi

Masyarakat Indonesia semakin sadar akan pentingnya perawatan kulit dan kecantikan. Hal ini membuat permintaan akan produk kecantikan lokal semakin tinggi. Bisnis krim kecantikan lokal memiliki keunggulan dalam hal harga dan bahan-bahan alami yang digunakan.

Keunggulan harga produk kecantikan lokal disebabkan oleh biaya produksi yang lebih rendah karena bahan baku diperoleh dari sumber daya alam Indonesia. Selain itu, ongkos transportasi dan distribusi juga lebih murah karena diproduksi secara lokal. Dari sisi bahan, produk lokal banyak memanfaatkan kekayaan hayati Indonesia seperti buah, sayur, rempah, dan tumbuhan herbal yang kaya akan antioksidan dan nutrient penting bagi kesehatan kulit.

Dengan semakin tingginya kesadaran masyarakat tentang produk alami dan lokal, permintaan krim kecantikan dalam negeri diperkirakan akan terus meningkat di masa mendatang. Pelaku bisnis sudah mulai melirik potensi pasar produk perawatan lokal yang cukup menjanjikan. Pemerintah juga perlu mendukung industri kosmetik lokal untuk terus berkembang melalui kebijakan permodalan, riset, pelatihan, dan promosi produk unggulan tanah air.

Potensi Pasar yang Besar

Pasar kecantikan di Indonesia sangat besar dan terus berkembang. Menurut analisis kebutuhan masyarakat, produk kecantikan yang paling diminati adalah produk skincare. Hal ini menunjukkan bahwa bisnis krim kecantikan memiliki potensi pasar yang besar.

Didukung oleh tingkat kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya perawatan kulit yang semakin tinggi, permintaan produk perawatan kulit atau skincare diprediksi akan terus meningkat di tahun-tahun mendatang. Data yang dihimpun kompas.id menunjukkan bahwa nilai pasar skincare di Indonesia pada tahun 2021 mencapai 6,3 miliar USD atau sekitar Rp 98 triliun. Pada 2022, pendapatan produk kecantikan dan perawatan diri di Indonesia mencapai Rp111,83 triliun.

Kemenperin menyebutkan bahwa segmen segmen pasar terbesar industri kosmetik nasional adalah perawatan, termasuk perawatan kulit (skincare) dan personal care, dengan volume pasar 3.16 miliar USD pada tahun 2022.

Kategori produk skincare yang paling populer adalah krim siang dan krim malam, serum wajah, sunscreen atau tabir surya, masker wajah, pembersih wajah, dan toner. Produk-produk inilah yang menjadi fokus para pelaku bisnis krim kecantikan di Tanah Air. Merek-merek lokal terus bermunculan menawarkan produk skincare dengan bahan alami khas Indonesia seperti teh, kopi, dan rempah. Peluang pasar masih sangat terbuka untuk dimasuki bagi merek baru yang mampu menciptakan formulasi unik berkualitas dengan harga terjangkau.

Dengan potensi pasar skincare Indonesia yang besar ini, prospek pertumbuhan bisnis krim kecantikan lokal masih sangat cerah di masa depan asalkan dapat terus berinovasi dan memahami kebutuhan konsumen.

Tahapan Memulai Bisnis Krim Kecantikan

bisnis krim kecantikan

Untuk memulai bisnis krim kecantikan, terdapat beberapa tahapan yang perlu dilakukan. Berikut adalah tahapan-tahapan tersebut:

Riset Pasar dan Persiapan Awal

Sebelum memulai bisnis krim kecantikan, perlu dilakukan riset pasar dan persiapan awal. Beberapa hal yang perlu dilakukan adalah:

Menganalisis Target Pasar

Menganalisis target pasar merupakan langkah awal yang perlu dilakukan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui siapa target pasar yang akan dituju, seperti usia, jenis kulit, dan masalah kulit yang ingin diatasi.

Mempelajari Tren Kecantikan Terbaru

Mempelajari tren kecantikan terbaru sangat penting untuk mengetahui apa yang sedang diminati oleh pasar. Hal ini dapat membantu dalam mengembangkan produk yang sesuai dengan tren terbaru.

Saat ini, tren kecantikan banyak dipengaruhi oleh tuntutan gaya hidup modern dan kepedulian terhadap isu lingkungan. Produk perawatan kulit dari bahan alami kini menjadi sangat populer. Konsumen mulai beralih ke produk organik dan ramah lingkungan yang bebas bahan kimia berbahaya.

Selain itu, produk multifungsi juga sedang naik daun. Konsumen menginginkan produk 2-in-1 atau 3-in-1 yang dapat menyelesaikan beberapa permasalahan kulit sekaligus dengan harga terjangkau. Misalnya, BB cream yang memiliki fungsi sebagai foundation, sunscreen, moisturizer, dan skin treatment dalam satu produk.

Tren lainnya adalah minimalisme, di mana konsumen lebih memilih produk dengan kandungan yang simple namun efektif. Kandungan sederhana ini dianggap lebih aman untuk kulit. Selain itu, kemasan produk yang sederhana dan elegan juga tengah jadi perhatian para beauty enthusiasts saat ini.

Menentukan Brand Identity dan Value Proposition

Menentukan brand identity dan value proposition merupakan langkah penting dalam membangun merek. Brand identity mencakup logo, warna, dan desain kemasan produk. Sedangkan value proposition adalah nilai tambah yang ditawarkan oleh produk.

Membuat Formula Krim Kecantikan yang Berkualitas

Setelah melakukan riset pasar dan persiapan awal, tahapan selanjutnya adalah membuat formula krim kecantikan yang berkualitas. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah:

Memilih Bahan-bahan yang Aman dan Berkualitas

Memilih bahan-bahan yang aman dan berkualitas sangat penting untuk menghasilkan produk krim kecantikan yang berkualitas. Beberapa bahan-bahan alami yang sering digunakan dalam produk kecantikan adalah aloe vera, lidah buaya, dan minyak kelapa.

Bahan-bahan alami seperti aloe vera, lidah buaya, dan minyak kelapa tidak hanya aman karena diambil dari sumber daya hayati Indonesia, tetapi juga mengandung banyak nutrisi yang baik bagi perawatan kulit.

Contohnya, gel aloe vera kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral yang membantu melembabkan, mencerahkan, dan menenangkan iritasi kulit. Sementara lidah buaya diperkaya dengan asam amino, enzim, dan senyawa fenol yang mampu melawan radikal bebas penyebab penuaan dini. Minyak kelapa pula mengandung vitamin E dan beberapa asam lemak esensial yang dapat menjaga kelembaban serta elastisitas kulit.

Selain ketiga bahan di atas, masih banyak lagi sumber daya alam Indonesia yang berkhasiat dalam perawatan kulit, seperti teh hijau, kopi, jahe merah, tomat, dan buah berry lokal. Penggunaan bahan alami asli Indonesia ini selain memperkaya kandungan produk, juga menciptakan daya tarik dan pembeda yang kuat bagi krim kecantikan lokal di mata konsumen.

Menghitung Proporsi Bahan untuk Mendapatkan Formula yang Tepat

Menghitung proporsi bahan merupakan langkah penting dalam membuat formula krim kecantikan yang tepat. Proporsi bahan yang tepat akan menghasilkan produk yang berkualitas dan efektif.

Melakukan Uji Coba Produk

Melakukan uji coba produk sangat penting untuk mengetahui efektivitas dan keamanan produk. Uji coba produk dapat dilakukan pada bagian luar tubuh manusia yang sensitif, seperti tangan atau leher.

Memproduksi dan Mendistribusikan Krim Kecantikan

Setelah formula krim kecantikan selesai dibuat, tahapan selanjutnya adalah memproduksi dan mendistribusikan produk. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah:

Menentukan Lokasi Produksi yang Tepat

Menentukan lokasi produksi yang tepat sangat penting untuk menghasilkan produk yang berkualitas. Lokasi produksi yang baik harus memenuhi standar keamanan dan kebersihan.

Lihat penawaran jasa pembuatan cream wajah dari Adev.

Menentukan Metode Produksi yang Efisien

Menentukan metode produksi yang efisien dapat membantu dalam menghemat biaya produksi. Metode produksi yang efisien juga dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas produk.

Menentukan Channel Distribusi yang Tepat

Menentukan channel distribusi yang tepat sangat penting untuk memasarkan produk. Beberapa channel distribusi yang dapat digunakan adalah toko online, marketplace, dan offline store.

Tips Memasarkan Krim Kecantikan

Setelah produk selesai diproduksi, tahapan selanjutnya adalah memasarkan produk. Beberapa tips memasarkan krim kecantikan adalah:

Membangun Brand Awareness

Membangun brand awareness sangat penting untuk memperkenalkan merek kepada masyarakat. Beberapa hal yang dapat dilakukan adalah:

Membuat Strategi Pemasaran yang Tepat

Membuat strategi pemasaran yang tepat dapat membantu dalam memperkenalkan merek kepada masyarakat. Beberapa strategi pemasaran yang dapat dilakukan adalah iklan online, promosi, dan event.

Membuat Konten yang Menarik untuk Media Sosial

Membuat konten yang menarik untuk media sosial dapat membantu dalam membangun brand awareness. Beberapa konten yang dapat dibuat adalah tutorial penggunaan produk, testimoni pelanggan, dan behind the scenes produksi.

Menjalin Kerjasama dengan Influencer Kecantikan

Menjalin kerjasama dengan influencer kecantikan dapat membantu dalam memperkenalkan merek kepada masyarakat. Influencer kecantikan yang dapat dijadikan partner adalah beauty vlogger Tasya Farasya dan brand skin care lokal seperti Ashanty Beauty Care.

Meningkatkan Penjualan

Setelah brand awareness terbangun, tahapan selanjutnya adalah meningkatkan penjualan. Beberapa tips meningkatkan penjualan adalah:

Menawarkan Diskon dan Promo Menarik

Menawarkan diskon dan promo menarik dapat membantu dalam meningkatkan penjualan. Diskon dan promo menarik juga dapat menarik perhatian masyarakat untuk mencoba produk krim kecantikan yang anda tawarkan.

Strategi pemberian diskon dan promo penjualan yang tepat dapat menjadi salah satu cara efektif untuk merangsang minat beli konsumen terhadap produk baru krim kecantikan. Misalnya, menawarkan potongan harga hingga 20% untuk pembelian perdana bisa menjadi daya tarik kuat bagi konsumen yang masih ragu-ragu mencoba produk yang belum familiar di pasaran.

Selain potongan harga langsung, bonus produk juga bisa menjadi cara promosi menarik. Misalnya memberikan sample produk secara gratis setelah pembelian produk utama, atau paket bundling beberapa varian dengan harga hemat. Promo menarik lainnya adalah program loyalitas atau cashback bagi pelanggan setia.

Promosi penjualan seperti ini tidak hanya efektif untuk meningkatkan awareness produk baru, tapi juga membangun citra positif merek di mata konsumen. Apalagi jika didukung publikasi yang gencar di media sosial dan platform belanja online. Dengan demikian, diskon dan promo yang kreatif bisa menjadi kunci strategis untuk mendongkrak penjualan produk krim kecantikan yang ditawarkan ke pasar.

Menjaga Kualitas Produk dan Pelayanan Pelanggan

Menjaga kualitas produk dan pelayanan pelanggan sangat penting untuk mempertahankan pelanggan. Pelanggan yang puas dengan produk dan pelayanan akan kembali membeli produk dan merekomendasikan kepada orang lain.

Membangun Loyalitas Pelanggan

Membangun loyalitas pelanggan dapat membantu dalam meningkatkan penjualan. Beberapa cara membangun loyalitas pelanggan adalah memberikan reward atau diskon khusus untuk pelanggan setia.

Kesimpulan

Memulai bisnis krim kecantikan bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan riset dan persiapan yang matang untuk menghasilkan produk yang berkualitas. Namun, potensi pasar yang besar dan permintaan yang tinggi membuat bisnis ini menjanjikan. 

Dengan mengamati, meniru, dan memodifikasi produk-produk yang sudah ada, serta mengikuti tren terbaru dan menggunakan aplikasi edit video terbaik, bisnis krim kecantikan dapat sukses di pasaran.

Selanjutnya, baca artikel kami tentang bisnis kosmetik yang menguntungkan.

5/5 - (23 votes)

Tentang

purwanto

Penulis merupakan pribadi yang gemar menulis artikel tentang bisnis dan enterpreneurship. Ia telah berupaya memberikan informasi terbaik dan akurat di artikel ini berdasarkan literasi dan penelitiannya.

Namun artikel ini dibuat hanya untuk tujuan informasi dan tidak ditujukan sebagai saran profesional atau konsultasi bisnis. Setiap pembaca bertanggung jawab penuh terhadap penggunaan informasi dalam artikel ini dan penulis tidak bertanggung jawab atas kerugian atau kerusakan dalam bentuk apa pun yang diduga timbul dari kesalahan, kelalaian, atau kelalaian dalam menyusun artikel ini.

Tinggalkan komentar


Index