whatsapp-adev

Bisnis Kecantikan

10 Ide Bisnis Online yang Menjanjikan & Untung Ruginya

Published:

Updated:

Ros Diyanti

No Comments

Di era digital ini, banyak berbagai jenis bisnis online yang dapat Anda coba, seperti bisnis e-commerce, marketplace, affiliate marketing, dropshipping, bisnis lewat sosial media, menjadi blogger, video editor, logo designer, full stack developer, hingga membuka jasa atau pelayanan online.

Menurut laporan kominfo, yang dikutip dari data Ernst & Young, nilai penjualan bisnis online di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya sebesar 40 persen. Hal ini menunjukkan bahwa semakin banyak orang yang memilih untuk berbelanja secara online.

Dengan adanya akses internet yang luas dan kemajuan teknologi, bisnis online telah menjadi tren yang semakin populer dan menjanjikan. 

Namun, diperlukan pengetahuan dan keterampilan dalam membangun bisnis online yang sukses. Oleh karena itu, yuk ketahui apa itu bisnis online, jenis-jenis bisnis online, serta kemudahan dan kesulitan bisnis online berikut ini.

Pengertian Bisnis Online

Credit Image

Bisnis online merupakan kegiatan bisnis yang dilakukan melalui jaringan internet. Dalam bisnis online, transaksi jual-beli, pemasaran, dan interaksi dengan pelanggan dilakukan melalui platform online seperti website, media sosial, ataupun melalui berbagai aplikasi lainnya.

Berikut ini penjelasan terkait 10 jenis bisnis online yang mungkin cocok bagi Anda:

10 Jenis Bisnis Online yang Mudah Dijalankan

E-commerce

Credit Image

Electronic commerce atau e-commerce merupakan kegiatan jual beli produk atau jasa yang dilakukan melalui internet atau media elektronik lainnya. 

E-commerce memberikan berbagai manfaat bagi Anda (pelaku usaha) dan konsumen, seperti adanya kemudahan transaksi, efisiensi biaya, hingga luasnya jangkauan pasar.

Berdasarkan informasi dari kompas.com, umumnya terdapat 4 model bisnis e-commerce, yaitu:

  • Business to Business (B2B)

Model bisnis ini melibatkan transaksi elektronik antara perusahaan. Dalam B2B, perusahaan menjual produk atau layanan kepada perusahaan lain.

  • Business to Consumer (B2C)

Model bisnis ini melibatkan perdagangan elektronik antara bisnis dan konsumen. Dalam B2C, perusahaan menjual produk atau layanan secara langsung kepada konsumen akhir. 

  • Consumer to Business (C2B)

Model bisnis ini terjadi ketika konsumen menyediakan produk atau layanan kepada perusahaan. Dalam C2B, konsumen berperan sebagai pemasok atau penyedia layanan kepada perusahaan. 

  • Consumer to Consumer (C2C)

Model bisnis ini melibatkan transaksi elektronik antara konsumen langsung. Dalam C2C, konsumen menjual produk atau layanan kepada konsumen lainnya.

Bisnis e-commerce adalah salah satu jenis bisnis online yang memiliki peluang usaha menjanjikan di era digital saat ini.

Dilansir dari katadata, berdasarkan research dari Google, Temasek, dan Bain & Company, pada tahun 2022, nilai ekonomi sektor e-commerce di Indonesia mencapai US$59 miliar.

Angka tersebut setara dengan 76,62% dari total nilai ekonomi digital Indonesia yang mencapai US$77 miliar. 

Marketplace

Credit Image

Marketplace adalah sebuah platform digital yang menghubungkan penjual dan pembeli, dan memungkinkan mereka untuk melakukan transaksi jual-beli secara online. 

Umumnya, setiap marketplace menawarkan berbagai macam produk dari banyak kategori, seperti fashion, elektronik, kecantikan, hingga kebutuhan sehari-hari. 

Apa saja sih contoh marketplace?

Beberapa contoh marketplace yang populer di Indonesia adalah Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Blibli dan Lazada. 

Menurut informasi katadata, shopee merupakan marketplace yang paling banyak dikunjungi di Indonesia pada kuartal I tahun 2023.

Dalam rentang Januari hingga Maret, Shopee mendapatkan sekitar 157,9 juta kunjungan setiap bulannya, jumlahnya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan pesaing-pesaingnya.

Selama periode yang sama, Tokopedia mendapatkan rata-rata 117 juta kunjungan, sementara Lazada mencapai 83,2 juta kunjungan, BliBli sebanyak 25,4 juta kunjungan, dan Bukalapak sekitar 18,1 juta kunjungan per bulannya.

Hadirnya marketplace memberikan kemudahan bagi Anda, pelaku usaha untuk memasarkan produk Anda tanpa harus membuat website sendiri. Dengan begitu, Anda bisa menghemat biaya dan waktu dalam mengelola bisnis online Anda. 

Marketplace juga memberikan berbagai fasilitas yang mendukung transaksi online, seperti sistem pembayaran yang aman, pengiriman yang cepat, dan layanan pelanggan yang responsif. 

Bila anda menjalankan usaha jualan produk kecantikan, yuk baca juga tips bisnis skincare.

Affiliate marketing

Credit Image

Apakah Anda pernah mendengar tentang affiliate marketing? Apa itu affiliate marketing?

Affiliate marketing merupakan model bisnis dimana Anda mempromosikan produk atau layanan milik suatu perusahaan melalui tautan khusus (link afiliasi) yang diberikan kepada Anda.

Link afiliasi tersebut dapat Anda cantumkan pada setiap postingan di website/blog, sosial media, ataupun platform lainnya. 

Demandsage.com menyatakan bahwa pada tahun 2023, industri pemasaran afiliasi global diperkirakan akan mencapai $17 miliar, lho…wah menarik yah?

Namun, bagaimana sih dengan sistem keuntungan yang didapatkan seorang affiliate marketing?

Jadi, affiliate marketing ini bekerja dengan sistem komisi. Setiap kali ada orang yang membeli produk atau layanan melalui link afiliasi milik Anda, maka Anda akan mendapatkan komisi dari penjualan tersebut. 

Dengan menjadi affiliate marketing, Anda tidak perlu menciptakan produk sendiri. Sehingga, dapat dikatakan affiliate marketing ini sangat cocok bagi Anda yang ingin memulai bisnis online dengan modal yang relatif rendah atau bahkan tanpa modal. 

Bagaimana, apakah Anda tertarik dengan affiliate marketing? 

Dropshipping

Credit Image

Dropshipping merupakan salah satu jenis bisnis online dimana Anda berperan sebagai perantara antara penjual dan pembeli. 

Dengan sistem dropship, Anda dapat menjual produk kepada pelanggan tanpa harus memiliki atau menyimpan stok barang. 

Anda hanya perlu mempromosikan barang yang dijual oleh supplier melalui media sosial, website, atau marketplace. Ketika pesanan dari pembeli, seorang dropshipper akan menghubungi supplier dan mengirimkan data pembeli.

Setelah itu, supplier akan mengirimkan barang langsung ke alamat pembeli atas nama dropshipper sebagai pengirim. Keuntungan dari sistem dropshipping akan Anda dapatkan dari selisih harga jual dan harga beli barang.

Bisnis dengan sistem dropshipping bisa Anda mulai dengan mudah dan cepat tanpa perlu modal besar. Selain itu, bisnis dengan sistem ini juga cocok bagi Anda yang ingin memulai bisnis tanpa resiko besar.

Bisnis dengan sosial media

Credit Image

Sosial media menjadi platform yang cukup populer untuk mengembangkan bisnis.

Melalui media sosial, Anda dapat membagikan konten, promosi, dan informasi yang relevan terkait bisnis Anda, serta dapat berinteraksi langsung dengan pelanggan. 

Hal tersebut dapat membantu memperluas jaringan pemasaran, meningkatkan brand awareness, mendapatkan feedback dari pelanggan, dan tentu saja dapat meningkatkan penjualan. 

Bagaimana cara memulai bisnis dengan sosial media?

Nah, bisnis dengan sosial media dapat Anda mulai dengan menentukan platform sosial media yang tepat. 

Kemudian, buatlah konten yang menarik dan relevan dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Anda bisa membuat konten yang bersifat edukatif, inspiratif, hiburan, promosi, atau testimoni. Lalu, jangan lupa untuk berinteraksi dengan audiens secara aktif dan konsisten. 

Selain itu, untuk mendukung kesuksesan bisnis dengan sosial media, Anda juga dapat memanfaatkan fitur-fitur bisnis yang ada di sosial media. Seperti, posting, stories, live streaming, Ads, hashtag, hingga fitur analytics.

Pada Januari 2022, jumlah pengguna sosial media di Indonesia berdasarkan survei We Are Social  dipstrategy.co.id, mencapai 191 juta. Jumlah ini mengalami peningkatan sebesar 12,35% dibandingkan dengan tahun sebelumnya, di mana Indonesia memiliki 170 juta pengguna media sosial.

Berikut adalah 5 sosial media paling populer di Indonesia periode Mei 2022:

  1. Facebook
  2. Youtube
  3. Instagram
  4. Tiktok
  5. Twitter

Credit Image

Menurut informasi dari katadata dari hasil riset Influencer Marketing Hub, menyatakan bahwa pada tahun 2026 nilai penjualan melalui platform sosial media secara global diperkirakan mencapai US$2,9 triliun. 

Hal ini berarti nilai penjualan di sosial media akan meningkat hingga 400% dibandingkan dengan tahun 2020, ketika nilai penjualan mencapai US$560 miliar. WAHHH… sungguh menakjubkan!

Nilai penjualan melalui sosial media diperkirakan terus meningkat setiap tahunnya, lantaran semakin banyak orang yang memilih untuk berbelanja online dari rumah menggunakan ponsel mereka. 

Blogger

Credit Image 

Jika Anda yang memiliki minat serta kemampuan menulis konten yang menarik dan bermanfaat bagi pembaca, maka menjadi blogger cocok untuk Anda coba. 

Blogger dapat diartikan kegiatan mengelola blog sebagai media online untuk menyampaikan informasi, opini, hiburan, atau melakukan promosi produk dan jasa kepada khalayak luas. 

Peluang bisnis blogger sangat besar, mengingat jumlah pengguna internet di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya. 

Credit Image

Dilansir dari dataindonesia, hasil survei (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) APJII, pada periode 2022-2023, pengguna internet di Indonesia mencapai 215,63 juta orang. Jumlah ini mengalami peningkatan sebesar 2,67% dibandingkan periode sebelumnya yang hanya sebanyak 210,03 juta pengguna. 

Jumlah pengguna internet tersebut setara dengan 78,19% dari total penduduk Indonesia yang berjumlah 275,77 juta orang. Persentase ini mengalami peningkatan sebesar 1,17% dibandingkan periode 2021-2022 yang hanya sebesar 77,02%.

Berdasarkan data tersebut, dengan jumlah pengguna internet yang terus meningkat, maka Anda sebagai blogger punya peluang yang sangat besar untuk menjangkau pembaca/audiens yang lebih luas. 

Video editor

Credit Image

Jika Anda mahir menggunakan software editing video, maka menjadi video editor dapat Anda coba.

Seorang video editor bertanggung jawab untuk menciptakan konten video yang menarik, berkualitas tinggi dan sesuai dengan kebutuhan klien.

Selain itu, Anda juga harus memiliki kemampuan mengedit dan mengolah video secara profesional, seperti mengatur urutan video, menambahkan efek, musik, teks, dan transisi yang sesuai. 

Di era digital ini, permintaan akan konten video dapat dikatakan terus meningkat, lho…

Banyak orang yang membutuhkan jasa editing video untuk berbagai keperluan, seperti YouTube, Instagram, TikTok, webinar, podcast, iklan, film pendek, dan lain-lain.

Oleh karena itu, menjadi seorang video editor dapat memberikan peluang bisnis yang menjanjikan.

Modal untuk memulai bisnis sebagai video editor bervariasi tergantung kebutuhan. Namun, umumnya Anda memerlukan laptop atau komputer yang memiliki spesifikasi yang cukup untuk menjalankan software editing video, seperti Adobe Premiere Pro, Final Cut Pro, Sony Vegas Pro.

Berdasarkan hasil analisa di internet, ditemukan bahwa permintaan jasa video editor di Indonesia cukup signifikan.

Berikut beberapa informasi yang dapat memberikan gambaran tentang permintaan jasa video editor:

  1. Pertumbuhan YouTuber: Dengan meningkatnya jumlah YouTuber di Indonesia yang memiliki jumlah subscriber di atas 1 juta, permintaan akan jasa video editor juga meningkat. YouTuber tersebut ingin memposting dan membuat video yang lebih berkualitas dengan bantuan jasa editor. [niagahoster.co.id]
  2. Permintaan Jasa Edit Video Profesional: Video yang telah melalui proses editing harus mampu menyampaikan keunggulan produk atau pesan dengan baik. Oleh karena itu, banyak perusahaan atau individu yang mencari jasa video editor profesional untuk membantu mereka dalam menghasilkan video yang menarik dan berkualitas. [sribu.com]
  3. Platform Jasa Video Editor: Terdapat platform dan situs web yang menyediakan jasa video editor dari freelance video editor berpengalaman. Melalui platform ini, Anda dapat menemukan jasa video editing dengan harga terjangkau dan menemukan tim yang memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam bidang ini. [fastwork.id][ebisee.com]
  4. Kemudahan Pengadaan Jasa: Untuk memenuhi kebutuhan jasa video editor, Anda dapat menggunakan fitur permintaan jasa pada beberapa platform. Dengan melakukan tender pengadaan jasa, Anda dapat mendapatkan penawaran harga terbaik dari penyedia jasa video editor terpercaya. [indotrading.com]

Dengan permintaan yang terus meningkat dan adanya platform atau situs web yang menyediakan jasa video editor, terdapat peluang bagi individu atau perusahaan yang memiliki keterampilan dalam editing video untuk memasuki bisnis jasa video editor. Penting untuk memahami kebutuhan pasar dan memberikan kualitas yang baik dalam pelayanan jasa edit video untuk memenangkan kepercayaan klien dan membangun reputasi dalam industri ini.

Logo designer

Credit Image 

Menjadi seorang logo designer mengharuskan Anda memiliki keterampilan desain yang kuat dan tingkat kreativitas yang tinggi untuk menciptakan suatu logo bisnis, merek, atau individu. 

Peluang bisnis logo designer juga terbilang cukup besar, mengingat logo merupakan salah satu elemen penting dalam branding dan pemasaran.

Kira-kira, apa saja sih modal yang harus dipersiapkan oleh seorang logo designer?

Seorang logo designer hanya membutuhkan perangkat komputer atau laptop yang mumpuni, software desain grafis yang sesuai dengan kebutuhan, dan koneksi internet yang stabil. Woahh…cukup mudah bukan?

Lalu, software apa sajakah yang biasanya digunakan seorang logo designer?

Nah, berbicara mengenai software, biasanya seorang logo designer menggunakan berbagai software desain grafis, seperti Adobe Illustrator, Photoshop, ataupun CorelDraw.

Namun, perlu Anda ingat bahwa seorang logo designer harus bisa menciptakan logo yang unik dengan memperhatikan orisinalitas dan relevansi logo. 

Anda tidak boleh meniru logo lain yang sudah ada dan harus mampu membuat logo sesuai dengan preferensi klien.

Full stack developer

Credit Image 

Full stack developer merupakan sebuah profesi di bidang pengembangan website atau aplikasi yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam pengembangan front-end (bagian yang terlihat oleh pengguna) dan back-end (bagian yang berinteraksi dengan server dan database).

Sebagai seorang full stack developer, Anda harus memiliki pemahaman yang luas tentang teknologi dan bahasa pemrograman. 

Anda perlu memiliki pemahaman yang kuat tentang bahasa pemrograman front-end dan back-end seperti HTML, CSS, JavaScript, Python, PHP, dan lainnya. Selain itu, penting untuk terus mengikuti perkembangan teknologi dan tren terkini dalam pengembangan web.

Hal tersebut karena Anda harus mampu mengembangkan aplikasi web yang lengkap, mulai dari antarmuka pengguna hingga bagian server dan database.

Peluang bisnis full stack developer sangat besar, karena website atau aplikasi merupakan salah satu produk digital yang banyak dicari oleh berbagai sektor industri.

Dalam memulai bisnis sebagai seorang full stack developer, biasanya Anda memerlukan laptop atau komputer yang mumpuni, software pemrograman yang sesuai dengan kebutuhan, dan koneksi internet yang stabil.

Jasa online

Credit Image

Jasa online adalah jenis bisnis online yang menyediakan berbagai layanan/jasa kepada pelanggan melalui internet, seperti jasa penulisan, penerjemah online, les online, bahkan jasa konsultasi dan kursus online.

Saat ini, banyak orang membutuhkan layanan yang cepat, mudah, dan murah melalui internet. Sehingga, bisnis jasa online punya peluang sukses yang besar.

Modal untuk memulai bisnis jasa online dapat bervariasi tergantung pada jenis layanan yang Anda tawarkan. 

Beberapa jasa mungkin membutuhkan perangkat lunak atau peralatan tertentu, sedangkan yang lain hanya memerlukan keahlian dan koneksi internet yang lancar dan stabil.

Beberapa informasi mengenai permintaan jasa online di Indonesia berikut ini bisa jadi insight ketika anda menjalankan bisnis::

  1. Jasa Transportasi dan Logistik Online: Riset yang dilakukan oleh Institute for Development of Economics and Finance (Indef) menunjukkan bahwa industri transportasi dan logistik online terus mengalami pertumbuhan di Indonesia. Hal ini terbukti bahwa jasa transportasi dan logistik online tetap tangguh di tengah gejolak ekonomi. [money.kompas.com]
  2. Jasa Pengiriman Cepat: Selama pandemi COVID-19, permintaan akan jasa pengiriman cepat barang dari e-commerce meningkat pesat. Sebanyak 80% pembeli barang di e-commoney.kompas.commerce menginginkan layanan pengiriman instan atau same-day delivery. [investor.id]databoks.katadata.co.id]
  3. Jasa Logistik: Permintaan akan jasa logistik juga mengalami peningkatan signifikan, terutama karena pertumbuhan e-commerce dan adanya kegiatan “work from home” (WFH) selama pandemi. Permintaan jasa logistik meningkat sekitar 30%. [ekbis.sindonews.com]
  4. Jasa Online Lainnya: Selain itu, terdapat berbagai jenis jasa online lainnya yang diminati di Indonesia, antara lain:
    • Jasa Admin Sosial Media dan Desain Grafis: Peluang untuk menjadi admin sosial media atau desainer grafis secara online sangat cocok bagi mereka yang memiliki keterampilan dalam bidang tersebut. Jasa ini dapat dilakukan secara freelance atau sebagai pekerjaan full-time. [lifepal.co.id]
    • Jasa Toko Online dan Afiliasi: Dalam era digital, banyak orang menjalankan bisnis dengan membuka toko online. Selain itu, menjadi afiliasi untuk memasarkan produk orang lain juga menjadi peluang usaha online yang menguntungkan. [lifepal.co.id]
    • Jasa Kursus dan Tutor Online: Permintaan akan jasa kursus online dan tutor online meningkat seiring dengan kegiatan belajar dari rumah. Orang-orang mencari peluang untuk belajar dan meningkatkan keterampilan melalui kursus dan tutor online. [lifepal.co.id]
    • Jasa Pembuatan Website dan Desain Template: Bagi mereka yang memiliki keterampilan dalam coding dan desain web, mereka dapat menawarkan jasa pembuatan website, desain template, dan tema website secara online. [lifepal.co.id]
    • Jasa Blogging: Blogging dapat menjadi peluang usaha online yang menghasilkan uang melalui traffic atau jumlah pengunjung yang mengakses blog. Konten berkualitas dan bermanfaat dapat menarik pengunjung dan menghasilkan penghasilan melalui iklan atau kerjasama dengan brand. [lifepal.co.id]

Permintaan jasa online di Indonesia terus meningkat seiring dengan perkembangan teknologi dan adopsi digital.

Ada banyak peluang untuk menjalankan bisnis jasa online, terutama dalam bidang transportasi dan logistik, pengiriman cepat, logistik, serta berbagai jenis jasa online lainnya yang telah disebutkan di atas.

Ketika Anda menyediakan jasa online, pastikan untuk memberikan layanan yang berkualitas tinggi dan dapat memenuhi tenggat waktu yang telah disepakati. 

Selain itu, jangan lupa juga untuk memberikan pelayanan yang baik, profesional, dan jujur agar mampu membangun kepercayaan pelanggan.

Nah, itulah 10 jenis bisnis online yang dapat Anda pilih. Selanjutnya, sebelum memulai bisnis online, sangat disarankan bagi Anda untuk mengetahui apa saja keuntungan/kelebihan dan kekurangan dari bisnis online tersebut. 

Hal tersebut bertujuan agar Anda dapat mengoptimalkan peluang yang ada dan dapat mengatasi hambatan yang mungkin muncul.

Apa saja keuntungan/kelebihan dan kekurangan dari bisnis online? Berikut penjelasannya.

Keuntungan/Kelebihan Bisnis Online

Credit Image

Ada beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan dalam menjalankan bisnis online, diantaranya yaitu:

  • Lebih hemat biaya
  • Jangkauan pasar yang lebih luas
  • Tempat dan waktu fleksibel

Berikut penjelasan lengkapnya untuk Anda.

Lebih hemat biaya

Salah satu keuntungan bisnis online yang utama adalah lebih hemat biaya. Anda dapat menjalankan bisnis online dari rumah, sehingga tidak memerlukan modal yang besar untuk biaya sewa tempat ataupun membangun toko fisik. Anda juga tidak perlu membeli banyak peralatan. 

Anda hanya perlu memiliki perangkat yang terhubung dengan internet, seperti komputer atau smartphone, dan platform online untuk menjual produk atau jasa Anda.

Dengan begitu, Anda bisa menghemat biaya operasional dan dapat meningkatkan keuntungan bisnis.

Jangkauan pasar yang lebih luas

Bisnis online memungkinkan Anda untuk menjangkau pelanggan dari berbagai daerah, bahkan negara. 

Dalam bisnis offline, jangkauan pasar terbatas pada area lokal di sekitar toko fisik Anda. Namun, dengan bisnis online, Anda dapat menawarkan produk atau layanan Anda kepada siapa saja, di mana saja, asalkan mereka memiliki akses internet. Sehingga, dapat dikatakan bahwa bisnis online memiliki jangkauan pasar yang lebih luas.

Anda juga bisa mempromosikan produk atau jasa Anda melalui media sosial, website, atau platform e-commerce yang banyak dikunjungi oleh orang-orang. Dengan begitu, Anda memiliki peluang lebih besar untuk meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnis Anda.

Tempat dan waktu fleksibel

Tempat dan waktu dalam menjalankan bisnis online sangat fleksibel. Bisnis online memberikan Anda kebebasan untuk bekerja di mana saja dan kapan saja, asalkan ada koneksi internet. 

Anda bisa bekerja di rumah, di kafe, di taman, atau di tempat lain yang nyaman bagi Anda. Selain itu, Anda juga tidak perlu terikat oleh jam kerja atau aturan kantor. Fleksibilitas ini memungkinkan Anda untuk menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi dengan lebih baik.

Nah, itulah beberapa keuntungan/kelebihan dari bisnis online. Selanjutnya, yuk ketahui apa saja kekurangannya. 

Kekurangan Bisnis Online

Credit Image 

Selain keuntungan, bisnis online juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan, seperti:

  • Persaingan ketat
  • Bergantung pada koneksi internet
  • Tantangan mendapatkan kepercayaan pelanggan

Berikut penjelasan lengkapnya.

Persaingan ketat

Salah satu tantangan utama dalam bisnis online adalah adanya persaingan yang ketat. Dengan pertumbuhan bisnis online yang pesat, banyak pesaing yang bermunculan setiap hari. Hal ini membuat Anda harus bersaing dengan ribuan bahkan jutaan pesaing dari dalam maupun luar negeri. 

Adanya persaingan yang ketat ini membuat Anda harus memiliki strategi pemasaran yang efektif dan kreatif untuk menarik perhatian dan loyalitas pelanggan. 

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan, misalnya menawarkan harga yang bersaing, memberikan diskon atau promo menarik, menyediakan variasi produk, memberikan garansi atau jaminan kualitas, dan memberikan layanan yang baik.

Bergantung pada koneksi internet

Bisnis online sangat bergantung pada koneksi internet yang stabil dan cepat. Tanpa koneksi internet yang baik, Anda tidak bisa menjalankan bisnis online dengan lancar.

Anda akan kesulitan mengakses website, media sosial, email, atau platform jualan online yang Anda gunakan untuk berbisnis. Anda juga tidak bisa berkomunikasi dengan pelanggan, supplier, atau mitra bisnis Anda secara efektif.

Dihimpun dari berbagai sumber, kecepatan koneksi internet di Indonesia masih kurang mumpuni jika digunakan untuk bisnis. Beberapa fakta terkait koneksi internet di Indonesia adalah sebagai berikut:

  1. Kecepatan Koneksi Internet Seluler: Indonesia masih memiliki kecepatan internet seluler yang relatif rendah jika dibandingkan dengan beberapa negara di Asia Tenggara. Median kecepatan download internet seluler di Indonesia pada tahun 2022 mencapai 17,24 Mbps, yang masih kalah dari Vietnam dan beberapa negara lainnya. Namun, terdapat peningkatan kecepatan internet mobile di Indonesia dari tahun ke tahun. [tekno.kompas.com][tekno.kompas.com]
  2. Kecepatan Koneksi Internet Kabel: Untuk koneksi internet kabel, Indonesia berada di urutan ke-114 dari 180 negara dalam hal kecepatan internet fixed broadband. Kecepatan rata-rata untuk kategori ini mencapai 26,95 Mbps. Perlu dicatat bahwa kecepatan internet fixed broadband di Indonesia masih jauh lebih rendah dibandingkan dengan negara tetangga seperti Singapura. [tekno.kompas.com]
  3. Koneksi Serat Optik: Koneksi serat optik merupakan salah satu jenis koneksi yang memiliki kecepatan tinggi, namun harganya cenderung lebih tinggi. Kecepatan koneksi serat optik dapat mencapai puluhan hingga ratusan Mbps, tergantung dari paket yang dipilih. Koneksi ini sering menjadi pilihan bagi bisnis yang membutuhkan kecepatan dan stabilitas internet yang tinggi. [hypernet.co.id]

Dalam memilih koneksi internet untuk bisnis, kecepatan koneksi merupakan faktor utama yang perlu dipertimbangkan. Perlu diperhatikan bahwa kecepatan koneksi internet dapat bervariasi tergantung dari lokasi dan provider yang digunakan.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memiliki rencana cadangan atau backup plan jika terjadi masalah dengan koneksi internet. Misalnya, dengan berpindah ke tempat lain yang memiliki koneksi internet yang lebih baik.

Tantangan mendapatkan kepercayaan pelanggan

Kepercayaan pelanggan sulit untuk didapatkan dalam bisnis online, karena tidak adanya interaksi langsung antara penjual dan pembeli. Pelanggan/pembeli hanya dapat melihat dan membeli produk atau layanan melalui layar komputer atau ponsel mereka. 

Hal itu membuat pelanggan merasa ragu-ragu atau tidak yakin untuk membeli produk atau menggunakan layanan dari bisnis online, karena takut akan risiko penipuan, barang palsu, barang rusak, atau barang tidak sesuai dengan deskripsi yang sering terjadi dalam transaksi online. 

Untuk mengatasi tantangan ini, Anda harus bisa meyakinkan pelanggan bahwa produk atau jasa Anda berkualitas, sesuai dengan deskripsi, dan aman untuk dibeli. Anda juga harus bisa memberikan pelayanan yang ramah, responsif, dan profesional kepada pelanggan.

Selain itu, jangan lupa untuk menyertakan testimoni atau ulasan positif dari pelanggan sebelumnya karena dapat membantu Anda membangun kepercayaan pelanggan. 

Itulah beberapa kekurangan dari bisnis online yang harus Anda pertimbangkan. Dengan begitu, diharapkan Anda dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mengatasi tantangan tersebut dan dapat membangun bisnis online yang sukses.

Berikut adalah tabel perbandingan keuntungan/kelebihan dan kekurangan dari bisnis online:

NoKelebihan/KeuntunganKekurangan
1.Lebih hemat biayaPersaingan ketat
Tidak memerlukan biaya sewa tempat atau toko fisik. Hemat biaya operasional dan modal awal.Tantangan bersaing dengan ribuan bahkan jutaan pesaing. Memerlukan strategi pemasaran yang efektif dan kreatif.
2. Jangkauan pasar yang lebih luasBergantung pada koneksi internet
Dapat menjangkau pelanggan dari berbagai daerah dan negara. Menggunakan media sosial, website, atau platform e-commerce untuk mempromosikan produk.Bergantung pada koneksi internet yang stabil dan cepat. Dibutuhkan rencana cadangan jika terjadi masalah dengan koneksi internet.
3. Tempat dan waktu fleksibelTantangan mendapatkan kepercayaan pelanggan
Fleksibilitas bekerja di mana saja dan kapan saja asalkan ada koneksi internet. Memungkinkan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.Sulit mendapatkan kepercayaan pelanggan karena tidak ada interaksi langsung. Pelanggan merasa ragu-ragu terhadap risiko penipuan dan barang tidak sesuai dengan deskripsi. Membutuhkan kualitas produk yang baik, pelayanan yang ramah, dan testimoni pelanggan.

Kesimpulan

Credit Image 

Bisnis online merupakan bisnis yang dijalankan melalui internet, tanpa perlu membuka toko fisik. 

Ada beberapa jenis bisnis online yang dapat Anda pilih, seperti e-commerce, marketplace, affiliate marketing, dropshipping, bisnis lewat sosial media, menjadi blogger, video editor, logo designer, full stack developer, hingga membuka jasa atau pelayanan online.

Di era digital ini, bisnis online menjadi pilihan yang tepat untuk Anda karena menawarkan berbagai kelebihan/keuntungan yang menarik, seperti biaya yang lebih hemat, jangkauan pasar yang lebih luas, serta tempat dan waktu bisnis online yang sangat fleksibel. 

Selain kelebihan, bisnis online juga punya beberapa kekurangan yang perlu Anda perhatikan sebelum memulai bisnis ini. Seperti, adanya persaingan yang ketat, sangat bergantung pada koneksi internet, dan sulit mendapatkan kepercayaan pelanggan.

Nah, sekarang Anda sudah tahu tentang bisnis online. Selanjutnya, yuk baca juga konten kami tentang cara berbisnis online.

5/5 - (26 votes)

Tentang

Ros Diyanti

Penulis merupakan pribadi yang gemar menulis artikel tentang bisnis dan enterpreneurship. Ia telah berupaya memberikan informasi terbaik dan akurat di artikel ini berdasarkan literasi dan penelitiannya.

Namun artikel ini dibuat hanya untuk tujuan informasi dan tidak ditujukan sebagai saran profesional atau konsultasi bisnis. Setiap pembaca bertanggung jawab penuh terhadap penggunaan informasi dalam artikel ini dan penulis tidak bertanggung jawab atas kerugian atau kerusakan dalam bentuk apa pun yang diduga timbul dari kesalahan, kelalaian, atau kelalaian dalam menyusun artikel ini.

Tinggalkan komentar


Index